cara perpanjang paspor manual dan paspor via online di kantor imigrasi Ambon

Cara perpanjangan paspor  secara manual di kantor imigrasi kota Ambon

Kali ini mau berbagi pengalaman memperpanjang paspor untuk ketiga kalinya, paspor perdana saya buat di kota Manado, periode petualangan saat dinas dikota Tinutuan, kisahnya bisa kalian baca disini, lalu episode pulang Makassar, saya perpanjang paspor nya di Kota Daeng, bisa dibaca disini, kali ini takdir membawa saya ke kota Pattimura, Ambon Manise, dan paspor saya berakhir pula 2019 ini jadi akhirnya saya melakukan perpanjangan disini kebetulan disini kantor imigrasinya sepi pengunjung tempat terbaik untuk melakukan perpanjangan.

SYARAT PERPANJANGAN PASPOR 2019 ( Pengalaman di Kanim Ambon )

  1. Download aplikasi Imigrasi Online di HP kalian ( Android or Ios ) daftar dan masukkan permohonan antrian untuk datang bisa cek tanggal dan jam rencana bawa berkasnya. Pihak kanim tak akan mau menerima berkas tanpa input antrian via aplikasi Imigrasi Online.
  2. Persiapkan berkasnya, malamnya saya email ke kantor imigrasi dan mereka balas dengan cepat, berkas yang saya perlu siapkan hanya 4 berkas ( Paspor asli, copy paspor halaman depan kertas A4, copy ktp, surat keterangan domisili dari RT/RW/lurah ) karena saya ktp nasional alamat Makassar namun perpanjang di Ambon jadi perlu bukti surat domisili.
  3. Datang ke Kantor imigrasi dan tunjukkan barcode bukti daftar online dari aplikasi di HP kalian lalu petugas akan memberikan formulir 2 halaman, 1 halaman formulir PERDIM dan 1 halaman yang isinya data diri, nama orang tua, email, dan suami / istri dll. Berkas di isi, dan 1 halaman lainnnya butuh di bubuhi materai Rp 6,000 bisa di beli di meja POSPAY di sudut kanim di tempel dan tanda tangan kedua berkas tersebut  tulis nama di MAP Biru lalu berikan ke petugas CS imigrasi.
  4. Petugas akan mengecek, karena di Ambon hampir tak ada antrian sama sekali, sehari Cuma ada beberapa orang yang datang urus paspor, jadi lega dan berasa kantor milik sendiri . Petugas akan memanggil nama untuk masuk di bagian foto dan sidik jari yang juga di sisi kanan CS. Setelah petugas nanya mau kemana? Silahkan jawab negara impian anda dalam waktu dekat maka waktunya scan ibu jari sampai jari kelingking dan kedua tangan, petugas mencocokkan juga data diri di paspor lama dengan baru terakhir di suruh bergaya buat di foto, di cek fotonya kalau sudah okay selesai. Ada kaca di sediakan di ruang foto jadikan bisa berkaca dulu sambil sisiran.
  5. Petugas CS akan memberi 2 kertas untuk pembayaran dan 1 halaman untuk pengambilan paspor setelah tiga hari dari hari pembayaran.Jika kalian urus sebelum jam 4 sore maka bisa langsung ke petugas POSPAY di sudut ruang tunggu stand by disana jadi tak perlu repot cari ATM atau ke bank seperti jaman dulu, saya langsung buka internet banking BNI dan eksekusi di multipayment dengan mencari kode G2 masukkan kode pembayaran dan langsung muncul nama dan jumlah pembayaran selesai , saya screen shot dan print di rumah buat bukti ke petugas nantinya.
  6. Tiga hari setelah penyerahan formulir kembali ke kanim membawa bukti bayar ( screenshoot transaksi sukses internet banking dan 1 lembar kertas pengambilan saya serahkan ke petugas .
  7. Petugas memberi saya 1 halaman pernyataan permintaan paspor lama diberikan dengan alasan ada visa USA yang masih berlaku di Paspor lama saya, dan jangan lupa bubuhi materai 6000 lagi .
  8. Petugas memanggil nama kita dan menyerahkan paspor baru dengan design baru warna lebih hijau dengan lambang Pancasila di sampulnya, dan paspor lama yang sampulnnya warna hijau gelap dengan cap timbul bendera.
  9. Silahkan tanda tangan di buku besar dan tulis nama sebagai bukti penyerahan dan paspor silahkan di cek dan dibawa pulang.

Prosenya 3 hari dari hari penyerahan formulir, biayanya Rp 355 ribu dan beli matrei Rp 6000, dua lembar ( Rp 12000 ) total tak sampai 400 ribu.

Beda paspor lama dengan baru di setiap lembaran visa kosong nya ada gambar yang berbeda, contoh gambar orang utan, komodo, bunga raflesia dll, persis dengan paspor US juga sama halaman visa nya juga bergambar  pemandangan atau hewan atau peristiwa bersejarah. Sampul paspor baru warna hijau Tosca kalau yang lama hijau gelap dengan cap timbul bendera berkibar. Untuk Halaman utama paspor yang baru ada semacam symbol bintang di bagian data identitas kalau sebelumnya logo Pancasila. Jumlah halaman sama.

Saya sempat bolak balik karena salah waktu foto copy ktp saya gabung dengan halaman depan paspor, wajib dipisahkan  dan di kanim ambon tak ada counter foto copy harus keluar mencari sehingga saya sempat kembali ke kantor baru balik lagi kesana dan ternyata sudah jam istirahat jadi saya disuruh kembali lagi jam 2. Jadi hari pertama kesana saya bolak balik 3 ke kanim, besoknya ada kesalahan lagi saya di telpon di suruh datang mengembalikan paspor lama, karena saat itu saya sudah isi duluan formulir pengambilan paspor lama dan petugasnya menyerahkan ke saya saat mau pulang ternyata paspor lama wajib di serahkan saat bersamaan dengan paspor baru. Melelahkan juga tapi ya selesai dalam tiga hari. Untunglah tak ada antrian, sepi, kenapa tak pakai system online ? karena disini tak antrian sisa datang saja

yang apply Cuma 1-2 orang, ruangan layanan hanya ramai ketika musim haji tiba atau umrah.Sebelumya juga saya sempat email ke kanim dan juga DM di IG mereka dan dibalas, senang sekali ada instansi layanan masyarakat aktif di sosmed,

 Untuk perpanjangan paspor secara online lebih mudah lagi sebenarnya tak perlu bolak balik seperti kasus saya, apalagi kalau kalian mau proses di kantor imigrasi yang antriannnya banyak maka di sarankan pakai metode perpanjangan paspor online.

CARA PERPANJANGAN PASPOR SECARA ONLINE

  1. Masuk di website www.imigrasi.go.id

Layanan Publik, Layanan Online, Layanan Paspor Online. Kemudian pilih  tabel Pra Pemohonan Personal untuk memilih jenis permohonan yang diperlukan, apakah pembuatan paspor baru, penggantian habis berlaku atau halaman penuh atau perubahan data dalam paspor. Isi juga nomor paspor lama, jenis paspor (24 atau 48 halaman), serta kantor imigrasi terdekat. Tidak ada perbedaan antara paspor 24 dan 48 halaman. Yang membedakan hanya harganya (Rp 155.000 untuk paspor 24 halaman, dan Rp 355.000 untuk paspor 48 halaman).

  • Mengisi formulir pembayaran

mengisi form pembayaran. Kantor imigrasi pusat akan mengirim email yang berisi surat pengantar untuk melakukan proses pembayaran.Surat tersebut harus dicetak terlebih dahulu untuk ditunjukkan ke teller bank BNI 46 atau bank mana saja bisa. Maka sebaiknya setelah selesai mendaftar secara online, segera pergi ke kantor cabang bank BNI 46 untuk melakukan pembayaran, saya pengalaman bayar via internet banking BNI dan beri bukti printing screen shoot transaksi saja,  Harga yang harus dibayar sudah tertera di surat tersebut, ditambah dengan biaya administrasi sebesar Rp5.000. Bukti pembayaran yang diterima dari bank / screen capture dari transksi banking di HP pun bisa di print sebagai bukti bayar dan harus dibawa ke kantor imigrasi.

  • Mengisi Halaman Permohonan Jadwal Wawancara

Selesai melakukan pembayaran, buka kembali email yang diterima dari pihak kantor imigrasi. Tolng Klik link yang tertera di badan email tersebut. Link tersebut mengarahkan ke halaman permohonan jadwal wawancara. Tentukanlah hari dan tanggal untuk datang ke kantor imigrasi.

  • Cetak Formulir

Setelah menentukan tanggal dan hari, serta menyimpan data, kantor imigrasi akan mengirim email yang berisi tanda terima permohonan pembuatan paspor. Di tanda terima tersebut akan tertera tanggal dan waktu untuk datang ke kantor imigrasi. Silakan download dan cetak tanda terima tersebut lalu isi data-data yang diperlukan.

  • Siapkan Dokumen yang Diperlukan,

Sebelum datang ke kantor imigrasi siapkan dokumen yang diperlukan, seperti, Akte lahir, Ijazah terakhir, Kartu Keluarga, KTP, Surat Nikah (bagi yang sudah nikah) dan Paspor lama. Fotokopi semua dokumen  satu per satu di ukuran A4. Untuk di Ambon kalau perpanjangan hanya bawa copy KTP, Copy halaman depan paspor lama, paspor lama, dan keterangan domisili. serta bawalah bukti pembayaran yang diterima dari bank,

  • Datang Ke Kantor Imigrasi Sepagi Mungkin

Datanglah sebelum jadwal wawancara di mulai,  jangan telat biar proses juga lancar.

Mudah kan untuk perpanjangan paspor baik manual maupun secara online.

Semoga bermanfaat buat kalian ya, dan ingat perpanjangan hanya bisa dilakukan ketika paspor kalian mulai 0-6 bulan sebelum masa berakhirnya. Kalau sudah lewat berarti namanya pembuatan baru, syaratnya lebih ribet so mending perpanjang kan dari pada buat baru. Kalau kalian tak terlalu banyak ke luar negeri cukup yang 24 halaman aja toh irit kan yaa…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *