Ada Bule Mencoba berlatih Pencak Silat di Ambon

Open rekrutment siswa baru PSHT Cabang kota Ambon
Open rekrutment siswa baru PSHT Cabang kota Ambon

Bule mencoba Pencak silat di Ambon

Sebagai salah satu cara untuk melakoni satu hobby olahraga mungkin di salah one satu tulisan sebelumnya, banyak hal yang telah dilakukan sang mister ini, mulai dari mencoba hobby bermain gitar, saya masih ingat dulu di sela sela jam kerja saya menemaninya bersama salah satu teman yang jago main gitar hunting beli gitar di sepanjang  pantai losari di sekumpulan toko oleh oleh dan alat music dan gitar itupun berakhir saya jual di toko online karena tak pernah dipakai. So pencarian hobby music kandas  lagi.

Kini 2019, banyak resolusi yang kami buat termasuk dalam olahraga buat sang bule, dan di Ambon yang paling sering hanya jogging dan pakai alat elliptical dirumah. Ternyata itu tak efek tetap  kami mencari olahraga baru.

Suatu hari si mister ini browsing tentang Pencak Silat, dan menemukan adanya banner pencak silat, ada rekrutment buat murid baru dikota Ambon. Langsung kami kontak nomor yang ada di pengumuman tersebut dan ternyata Pencak Silat ini malah ada beberapa tempat latihan di kota Ambon di semua kabupaten kota pun ada, saya saja kaget mendengarnya.

Maka kami suatu malam datanglah ke Masjid Al Fatah Ambon, karena jadwal latihan mereka di halaman masjid yang luas tiap  hari senin, rabu dan sabtu.

PSHT ( Persaudaraan Setia Hati Terate ) itulah nama perguran silatnya, dari situ kami berkenalan dengan

Pekatuh dan anggota yang kebanyakan perantau dari Jawa yang sudah lama tinggal di kota Ambon kebanyakan para penggerak roda ekonomi dengan bisnis kuliner nya tapi ternyata mereka punya

Komunitas olahraga yang sangat solid ya di PSHT ini. PSHT sendiri  kantor pusatnya di kota Madiun Jawa timur, dan cabang cabangnya tersebar di seluruh Indonesia. Di Kota Ambon sendiri ada beberapa titik tempat latihan pencak silat ada di depan Masjid Alfatah, ada di kebun cengkeh di kantor kementerian pertanian.

Baju pencak silat PSHT
Baju pencak silat PSHT

Para murid yang berlatih pun beragam dari umur 7 tahun sampai umur 50 tahunan, tidak tanggung tanggung sekali latihan minimal 3 jam, mulai dari jam 9 sampai jam 12. Awal melihat brosur saya pun

Sempat tertarik, tapi langsung melihat mereka berlatih di alam terbuka diatas paving blok berdebu tanpa alas kaki dan  latihannya berat dan berlangsung berjam jam, saya pribadi  tak sanggup dimana di kota Ambon selalu krisis air ( mencuci baju silat harus rajin kan latihannya rebahan di tanah dan lari lari ) dalam pikiran kami mereka ada dojo sendiri jadi enak berlatih ternyata terbuka.

Tapi banyak hal yang dijarkan olahraga pencak silat ini khususnya persaudaraan. Salah satu pelatih

Dengan ramah menerima kami dan bercerita sejarah tentang pencak silat.

Menurut Wikipedia, pengertian pencak silat adalah

Suatu seni bela diri  tradisional yang berasal dari  Indonesia . Seni bela diri ini secara luas dikenal d negara negara tetangga seperti MalaysiaBrunei, dan SingapuraFilipina selatan, dan Thailand selatan sesuai dengan penyebaran berbagai suku bangsa Nusantara.

Berkat peranan para pelatih asal Indonesia, kini Vietnam juga telah memiliki pesilat-pesilat yang tangguh. Induk organisasi pencak silat di Indonesia adalah Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Organisasi yang mewadahi federasi-federasi pencak silat di berbagai negara adalah Persekutuan Pencak Silat Antara Bangsa (Persilat), yang dibentuk oleh Indonesia, Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam.

Pencak silat adalah olahraga bela diri yang memerlukan banyak konsentrasi.[1] Ada pengaruh budaya Cina, agama HinduBudha, dan Islam dalam pencak silat. Biasanya setiap daerah di Indonesia mempunyai aliran pencak silat yang khas. Misalnya, daerah Jawa Barat terkenal dengan aliran Cimande dan Cikalong, di Jawa Tengah ada aliran Merpati Putih dan di Jawa Timur ada aliran Perisai diri

Setiap empat tahun di Indonesia ada pertandingan pencak silat tingkat nasional dalam Pekan Olahraga Nasional. Pencak silat juga dipertandingkan dalam SEA Games sejak tahun 1987. Di luar Indonesia juga ada banyak penggemar pencak silat seperti di Australia, Belanda, Jerman, dan Amerika.

Di tingkat nasional olahraga melalui permainan dan olahraga pencak silat menjadi salah satu alat pemersatu nusantara, bahkan untuk mengharumkan nama bangsa, dan menjadi identitas bangsa. Olahraga pencak silat sudah dipertandingkan di skala internasional.Di Indonesia banyak sekali aliran-aliran dalam pencak silat, dengan banyaknya aliran ini menunjukkan kekayaan budaya masyarakat yang ada di Indonesia dengan nilai-nilai yang ada di dalamnya.

Jadi kembali ke topik cerita, Mr Big dengan semangat saya daftarkan, kami melihat langsung latihan di suatu malam, dan Mr Big tetap semangat mau mendaftar, dan  kami pun heran tak ada biaya sama sekali hanya di suruh beli bajunya seharga Rp 160k itupun kami tak beli karena masalah ukuran baju, sesuai namanya MR BIG Bajunya 3XL, jadi taka da baju silat yang tersedia dengan ukuran itu. Alhasil harus jahit donk, tapi sudah saya pahami bahwa saya harus melihat perkembangan mr big, tidak boleh ada kasus gitar terulang, so hari perdana senin malam si mister ikutan latihan dari  jam 9 dan pulang rumah jam 11 an malam, perdana berlatih pulang-pulang  baju kotor semua, mandi tengah malam dan kelelahan. Kalau penasaran lihat latihan pencak silat silahkan buka di youtube, melelahkan… dan berlanjut di hari rabu malam, Mr Big tetap ikut tentunya dengan menggunakan seragam biasa maklum kami belum beli baju silatnya dan  belum beli kain pula.

Alhasil di malam kedua latihan mr big pulang dan bilang  “ nampaknya pencak silat ini bukan olahraga buat saya, kurang cocok, badan saya remuk redam” so saya pamit tadi sama pelatih dan mungkin pakai elliptical di rumah cocok buat dia or jogging saja  dekat rumah.

Dengan bahagia saya katakana saya setuju, pencak silat terlalu berat buat dia, setidaknya dia sudah mencoba dan berlatih, saya jadi tak enak sama pelatih di PSHT Ambon di masjid al fatah, saya pribadi mengucapkan terima kasih dan mohon maaf yang sebesar besarnya kepada, Mas Abdul, dkk.

Ternyata pencak silat untuk mr big kurang cocok walau banyak bule lainnya tetap menggeluti olahraga pencak silat dengan segudang manfaatnya untuk kesehatan dan juga untuk persaudaraan.

Bagi kalian yang mau belajar pencak silat di kota Ambon bisa kontak di banner diatas ya

Demikian secercah torehan sang wna yang mencoba hobby baru belajr pencak silat dan hanya bertahan 2x latihan dan sudah angkat bendera putih. Kita nantikan episode episode pencarian hobby sejati buat mr big/bule/wna/mister dan butuh waktu bertahun tahun buat menemukan hobby sejati yang konsisten di lakukannya.

Salam Rempong.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *