Milestone 1 tahun diet ketofastosis

1 TAHUN MENJALANI DIET KETO / KETOFASTOSIS LIFE STYLE

Per Maret 2018 ini akhirnya kami berdua resmi merayakan 1 tahun menjalani pola hidup ketofastosis ( KF ) atau diet keto.

Tak ingat hari apa pas mulai tapi masih ingat episode belanja pertama amunisi di tokopedia dengan kwitansi di gambar ini, dimana di masa itu kami mulai menghindari karbohidrat alias dan menjadikan lemak dan protein sebagai asupan utama dalam memproduksi energy di tubuh kami.

Tampilan di Maret 2017 berat badan 54 kg dengan ukuran baju 12 ngepas terkancing ( before keto )
Tampilan di Maret 2017 berat badan 54 kg dengan ukuran baju 12 ngepas terkancing ( before keto )

Perjuangan berat di awal adalah tahap adaptasi badan yang lemas loyo, kalau saya pribadi sangat mudah mengatasinya istiilah Healing Crisis melanda. Kalau Mr Big yang ngomel terus  ngoceh marah stress melanda. Saya ingat saya harus banyak stok sabar niat waktu itu ikut KFLS adalah berat badan Mr Big 117kg sedang saya pribadi adalah 54 kg, itu adalah berat badan terberat saya sepanjang hidup dengan tinggi badan pas-pasan, termasuk berisi karena saya ingat baju kantor dengan ukuran 12 sudah dikancing pas waktu itu biasa lemaknya banyak di perut.

Ini Foto Februari 2018 lalu, posisi kurang okay sih tapi size baju sudah longgar jadi berasa kecil sendiri.

Nah semuanya berproses penuh perjuangan, apalagi kami hidup di Ambon, semua bahan bahan amunisi harus di beli di Makassar dan belanja online. Butuh budget besar saya akui, walau banyak makanan di tinggalkan seperti nasi dll, semua makanan bertepung biasa, mengandung gula semua ditinggalkan bagi orang awam ini sungguh berat.

Saat kunjungan ke ibukota Maret 2017 lalu
Saat kunjungan ke ibukota Maret 2017 lalu ( awal diet KF )
Foto di ambil tanggal 16 Maret 2018 lalu
Foto di ambil tanggal 16 Maret 2018 lalu, target 90kg 🙂 

Saya belanja VCO di tanggal 11 Maret 2017 lalu dan berurutan belanja belanja amunisi lain seperti Himalayan salt, baking soda, Madu IH, magnesium oil, Vco, Java Cocoa, Kerupuk Rambat, Tepung keto. Semua saya lakukan di periode 10-15 Maret 2017. Berarti saya anggap saya mulai keto di periode tersebut.Cobaan saat kesemutan tengah malam dan Mr Big teriak teriak kata dia awal awalnya diet keto menderita sekali banyak penderitaan daripada happy -nya itu belum lihat saya berat badannya drop turun.

Milestone dunia Keto life style kami mengalami bebeberapa momentum saya catatkan di white board di rumah ini.

  1. Berat badan, baru 2 minggu lebih berat badan saya sudah turun ke 48 kg sedang Mr Big yang tiap hari marah dan menentang menjalani keto pun kaget saat dia tak pernah timbang badan tiba tiba timbang dan menjadi 114kg. Dimana tak pernah dalam periode tinggal di Indonesia berat badannya turun 114, jaman dulu pakai komsumsi produk Herbalife beratnya tetap di angka 117kg. Dan terus menerus turun, perjalanan waktu Mr Big sempat menyentuh 101 kg saat habis masuk UGD dan kembali naik lagi karena sudah kurang disiplin pola makannya di angka 103-105 kg. Padahal targetnya adalah 90 kg. Jika Mr Big bisa menyentuh 90 kg adalah kemenangan terbesarnya dan bisa dapat reward tuh dari aku J . Jubah long dress dari Arab 5 buah. Makanya dia tetap semangat mengejar target. Sedang saya sepanjang hanya 3 bulan berat badanku turun drastic di angka 44-45 kg. Untuk menaikkan sangat sulit. Biasanya yang berat menurunkan berat badan kan kalau kami dalam pola KFLS malah mau menaikkan.Size 12 sekarng malah bisa S atau M kecil untuk Mr Big dia turun 1 size. Lumayan lah. Mohon doanya semoga dia tetap istiqamah karena dalam segala hal mulai dan sukses itu mudah tapi menjalani dengan konsisten dan disiplin adalah hal terberat dalam hidup. Apalagi menjalani menu keto di Ambon juga penuh tantangan.

2.Kesehatan, selama periode KFLS, dulu Mr Big langganna Panadol, dan selalu berkeringat sekarang sudah tidak lagi, walau kalau kena flu masih maksa minum obat, sebenarnya bisa sembuh sendiri. Susah mengatur sih orang yang sudah dewasa mendisiplinkan  agak sulit. Kalau saya alhamdulilah sejak hidup tidak terlalu banyak karbo, penyakit menjauh, paling saya kena flu atau radang tenggorokan itupun saya tak minum obat apapun, andalan saya minum airhangat + cuka apel di pagi hari dan minum madu IH rutin dengan Mr Big  tiap hari. Sepanjang tahun 2017-2018 alhamdulilah saya tak pernah berobat ke dokter hanya medical check up saja di Prodia di Desember tahun lalu. Sisanya ya Mr Big yang pernah kena asam lambung di Juni 2017 karena tak disiplin dalam pola makanan ( langsung minum UC 1000 saat perut kosong ) dan pernah masuk UGD 6 Desember 2017 lalu karena gejala yang sama. Alhamdulilah dia sudah sehat dan saya sangat menjaga pola makanan dan juga komsumsi asupan Madu IH dan kapsul VCO nya.  Mendisiplinkan orang lain menjalani hidup keto malah lebih berat dari diri sendiri. Itupun untuk Mr Big sebenarnya asupan karbo masih sering kemasukan jika dia main dirumah temannya. Mr Big kurang menghilhami teorinya hanya selalu berpatokan bahwa aturan makan di kfls itu berat sekali diantara semuanya.Saya sudah tempel di dinding semuanya saya tiap hari edukasi tetap aja kadang nanya ulang.Begitulah mengurus suami yang berketo, diluar sana berat memang buat pria pria menjalani pola KFLS, kebanyakan adalah wanita tangguh makanya kami sebut kf warrior.

3. Kelincahan dan kekuatan,kalau saya pribadi malah lebih efisien hidup pola KFLS, makan jarang hanya 2x sehari namun kekuatan luar biasa. Cuma kalau dikantor saya sering lemas dimana menu kami normal jadi saya sisa remove nasi tapi pola makanan normal kan nasi lebih banyak dari pada lauk jadi saya harus beli tambahan di luar agar tetap berkekuatan. Untuk Mr Big sih malah dia lemas kenapa? Karena dia malas minum VCO, malas komsumsi air kaldu. Padahal itu semua sumber kekuatan yang luar biasa. Mr Big dengan kebiasaannya dari Amerika yang doyan makan ya di paksa untuk disiplin mengurangi porsi makan.

4.Perubahan pola makanan, jadi sebelum diet keto sebenarnya Mr Big memang  tak terlalu suka nasi kalau makan nasi biasanya lauknya yang banyak dan nashi sedikit sekali jadi ketika kami harus mengucapkan selamat tinggal kenapa nasi Mr Big tetap baik baik saja, yang dia sedih ketika harus meninggalkan pola makan mie/pasta dan roti kesukaan dia. Jadi di awal awal periode KFLS kami saya selalu membuatkan bagel low carb resepnya ada di vide dibawah ini.Jadi semacam pengganti nasi atau roti, namun karena saya capek mencarikan format  bagel yang enak dan tepung almond  juga mahal, pokoknya dengan pola KF memang harus punya budget lebih. Maklum kalau KFLS di Indonesia timur semuanya mahal bahanya nih. Apalagi semuanya di beli online Semua harus home made belum ada bakuler Keto di Ambon. Beda dengan Makassar yang sudah banyak bahkan ada café nya. Lama kelamaan sekarang karena saya sudah tak sanggup. Sekarang belanjaan mingguan harus banyak stok sosis dan ayam/ nugget karena kalau makan malam saya pasti masak dirumah atau beli lauk di luar. Misalnya pun kalau saya beli lauk diluar pasti belinya 1 porsi baru dirumah saya tambahkan dengan sosis/nugget karena lauk menu 1 porsi ( tanpa nasi ) itu porsinya kecil sekali untuk porsi orang besar seperti Mr Big. Jadi saya juga tak mau dia kelaparan jadi menu protein saya tambahkan. Itulah budget terbedar kami.Kadang juga kan bosan jadi saya harus pintar pintar, saat pulang kantor saya coba diversifikasi tempat beli makan beda  beda tiap hari biar ada variasi menu.Memang haurs benar benar jadi super warrior ini. Saya harus maksimal asupan gizi harus tetap terjaga dan Mr Big juga tanggung jawab saya, jadi benar benar tak bisa ditinggal lama. Karena kalau saya tinggal pola makannya berantakan.Anggap saja saya adalah  God Warrior lah ya membantu dan meniatkan semuanya jadi amal jariyah saja. So Far saya rutinkan madu IH walau mahal ke Mr Big saat pagi dan malam hari.

5.Komunitas Keto, saya punya grup kf di Makassar dan di Ambon, di Ambon sendiri di internal kantor saya ada 5 yang akhirnya ikut keto,namun kelima ini karena kurangnya bahan amunisi sering cheating dan tak disiplin memang berat badan mereka turun drastic tapi stagnan saat ini karena kadang mereka tidak keto tapi low carb saja. Susah mengatur orang memang jadi saya serahkan ke masing masing cheating nya tanggung sendiri akibatnya

6. OLahraga, saya pribadi ada alat dirumah saya rajib pakai diawal awal rajin tapi mulai Maret ini saya akan rajin kembali menggunakanya alat nya sedang Mr Big saat ini lagi rajin berolahnraga bersama tetangga kami yaitu jalan setelah solat subuh. Sudah bertahan 1 bulan semoga istiqamah.

7.Rambut rontok di awal keto sempat panic tapi saya cuek saja sekarang sih baik baik saja.

8.Cek GDP rutin diawal awal sekarang sudah malas kalau merasa butuh baru cek lagi, padahal harusnya tetap rajin ya. Ada kalanya kami lelah mau makan yang enak enak bosan dengan makanan yang ada, mau muntah lihat lemak hahhahah ya ada momentumnya masa seperti itu akan datang tapi kalau ingat bahwa apa yang kamu berikan ke tubuh akan kamu tuai saya jadi paham kembali bahwa jangan hanya mikir nikmat sebatas leher saja. Tapi dampak bagi kesehatan saya jadi kembali sadar ya kenikmatan makanann itu hanya sampai di batas tenggorokan sisanya masuk ketubuh bisa merusak atau memberi energy dan kemanfaatan sisa pilih mau yang mana mau nikmat di leher atau nikmat sehat jangka panjang.

9.Ukuran tubuh, paling terasa lingkar perut langsung langsing hahhahaha. Ukuran detailnya ada digambar dibawah , saya sering bingung kalau ada orang bilang susah menurunkan berat badan, keto adalah solusinya.Menurut saya pola KFLS yang terbaik dalam hal ini tapi harus istiqamah dan tahan nafsu makan ahahhahah

10.Fisik lebih kuat stamina dan prima dan harus banyak olahraga kardio seperti angkat dumble biar otonya ber volume/massa.

11.Ukuran kacamata Mr Big, setiap tahun bule ini hobby beli kacamata baru, saya ingat kami pesan di optik melawai di MCM, di ukur matanya ada kartunya, dan tiba giliran tahun ini kami order kacamata baru dan ukuranya kok berbeda silindernya turun 1, kata petugasnya mungkin di optik sebelumnya yang ukur salah, padahal saat saya periksa ke dokter mata juga Mr big diukur sama dokternya. Saya rasa ini ada pengaruhnya dari pola hidup low carb ini.

Sebelas  Milestone saya menjalani keto, terus terang saya juga kadang tak terlalu disiplin bahwa asupan karbo harus dibawah 10 gram. Karena sulit sekali untuk bisa istiqamah hidup dikota yang berlimpah karbohidrat, berkantor dengan orang orang yang penganut makan banyak karbo, tak ada makanan low carb disini,  tapi saya terus terang tak suka makanan manis, teh hijau sudah ibarat air minum bagi saya, dan kemana mana ya bawa gula pengganti. Mr Big minum original coffe / kopi murni kasih diabetasol dan creamer.Tapi tanpa sepengetahuan saya Mr Big juga suka makan kue kalo di jamu diluar, ya namaanya juga saya tak bisa kontrol 24 jam.Satu hal PR terbesarku belum pernah sukses buat roti keto yang disukai Mr Big, padahal sudah sampai tahap beli tepung ketobic cake flour rasanya tetap berbeda. Itu tetap saya explore buat dapatkan resepnya. Trial error resep bisa di lihat di youtube channel saya dengan play list DIET KETO. Penuh perjuangan agar mr big tetap happy menjalani diet nya. Kalau saya pribadi sangat istiqamah menjalani sesuatu beda sama Mr Big yang kurang istiqamah kadang kadang jadi harus di kawal dengan baik 🙂

Demikian milestone pola hidup kfls yang kami jalani selama 12 bulan di kota Ambon manise, semoga kita semua sehat sehat terus ya, bukankah itu yang paling penting dalam hidup. Terus belajar, beli bukunya tetap aktif di grup agar terus bisa istiqamah anyway sekarang sudah ada aplikasi nya KETOFASTOS INDONESIA di Android download deh sekarang,dijamin banyak ilmu dan informasi seminar dalam aplikasi tersebut. Buruan ya…

APLIKASI KETOFASTOSIS INDONESIA di Android

Stay healthy stay ketosis !!!!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *