HOW TO LIVE & SURVIVE IN AMBON MANISE

HOW TO LIVE & SURVIVE IN AMBON MANISE

20 hal yang harus kalian tahu sebelum pindah ke AMBON

Hijrah bertugas seperti garis tangan saya atau pun mau tinggal permanen di kota Ambon perlu persiapan dengan mengetahui kondisi existing saat ini, menemukan hal dasar penunjang kehidupan kalian kelak di kota ini akan sangat diperlukan untuk mempermudah hidup dan kelancaran kebahagian sehari hari di kota berhawa panas ini.

Menemukan service/ jasa dalam segala hal di kota Ambon lumayan cukup sulit, hidup di Ambon sebagai perantau akan ada saja warna warninya, kisah mencari rumah kontrakan, mencari tempat laundry yang nyaman dan terjangkau, mencari tenaga asisten yang bisa bantu bantu dirumah dalam hal bersih bersih, atau hanya sekedar membantu untuk perbaiki lampu atau pasang kabal lampu, pasang AC baru, membeli tabung gas, membersihkan tangka air ( tandom air ), membeli air galon, membeli kain, mencari tukang jahit, mencari sekolah buat anak, mencari tempat kursus, mencari tempat gaul / hiburan dan tempat makan yang enak dan terjangkau semua perlu informasinya. Kalau tidak nanti hidup kalian jadi berat seberat hati Dylan hahhaha.

Mungkin bagi sebagian orang mereka tidak menganggap itu sebagai sesuatu yang sulit bagi saya di kota Ambon perlu kesabaran dan perlu strategy dan fulus untuk bisa memuluskan semuanya. Ada uang ada barang ada uang ada jasa. Itulah prinsip  hidup kan apalagi kalau kalian jauh dari keluarga dan hidup dikota hanya bersama keluarga inti ( pasangan suami / istri /anak ).

Kali ini saya mau menuliskan tentang  “How to live & survive  in  AMBON“  Dilihat dari 20  aspek, 20 hal yang harus kalian ketahui sebelum  pindah ke AMBON mulai dari tempat tinggal, akomodasi, air bersih, sekolah, tempat kursus, tempat belanja, tempat olahraga, klinik dokter, dokter langganan, rumah sakit, sampah, tukang teknisi, urusan bersih bersih, beli air dengan truk tangki, pompa rusak dan urusan tetek bengek rumah tangga  lainnya.

Bagi pembaca baru di blog ini saya pernah mengisahkan beberapa hal di tulian sebelumnya tentang drama bersihkan tangki air dirumah, mencari rumah kost dll.

20 Hal yang penting yang harus kalian tahu sebelum pindah ke AMBON

1 .Mencari rumah kontrakan di Kota Ambon ( sekarang semakin banyak pendatang yang masuk di Ambon saya mohon maaf kurang maksimal update info ini ), untuk kalian mau tinggal dengan budget tinggi bisa ke CITRLAND ( budget 40an juta keatas )  atau yang mau hidup di lingkuang penduduk muslim bisa di kebun cengkeh atas dan galunggung ( 25 an juta keatas ), kalau mau di wilayah campuran bisa di tengah kota atau bisa ke LATERI. Silahkan di sesuaikan kesukaan lingkungan masing masing.Itu semua kosong ya tanpa perabot.

 

2. Teknisi AC di kota Ambon, saya menggunakan jaza 3S ( Pasangan duet Mas Sutrisno & Mas Suherman ) juga bisa di kontak di jam setelah jam kerja ( senin – jumat ) dan full time di week end ( sabtu & minggu ). Tahu sendiri dilema berurusan dengan AC dikota ini lumayan butuh sabar semua pakai ongkos sedang cuaca Ambon luar biasa panas akhir akhir ini ( dari dulu kok panasnya kecuali musim hujan ).

Teknisi 3S siap membantu anda untuk urusan listrik dan AC dirumah kalian di AMBON
Teknisi 3S siap membantu anda untuk urusan listrik dan AC dirumah kalian di AMBON

3.Asisten bersih bersih, saya selama setahun disini baru 2 kali menggunakan jasa ini, itupun karena referensi tetangga dan tidak continue baru bulan ini saya mulai konsisten menggunakan jasa mereka di saat week end.Dimana ada saya yang jadi mandor. Job desk terberat Sang asisten Cuma menyetrika dan merapikan hasil setrika, bersih bersih rumah kecil kami dan menyapu halaman, simple sebenarnya saya dan Mr Big sebenarnya setahun ini survive semuanya sendiri tapi ada tawaran dari tetangga sekaligus membantu ekonomi keluarga tetangga jadi sekalian karena saya juga di week end banyak bekerja untuk IMERS saya. Untuk saat ini sang asisten ibu Ju sudah full jadwal di saya week end, ada 2 rumah di kompleks sudah book di hari kerja karena mereka full time dirumah jadi aman kalau hari kerja mandori ibu Ju, belum lagi teman teman kantor saya sudah mulai request jadwal project bersih bersih.Alhamdulilah bu Ju yang datang dari kampung ini, yang single mom harus hidupi 3 anaknya karena suaminya baru wafat. Sekarang jadwal seminggunya sudah full. Alhamdulilah….. semoga lancar lancar saja, plan ke depan nanti saya mau bekali bu ju dengan HP sehingga lebih digital servicenya, tak perlu cara manual mencarinya.Dan nanti akan saya buatkan video di Youtube ya biar kalau bu Ju bisa maksimalkan jasanya bisa melayani seantero Ambon.Untuk saat ini fokus di kompleks kami karena Bu Ju terbatas dan by kontrak exclusive nanti kalau saya sudah pindah baru saya umumkan kontaknya ketika beliau sudah beri izin 🙂

Ibu Ju lagi kerja
Ibu Ju lagi kerja

4.Teknisi listrik ( service listrik ), saya sudah setahun lebih di Ambon per hari ini 18 bulan, dan baru berhasil memasang 1 buah lampu di tempat mencuci sudah setahun kami hanya pakai emergency lamp kalau menggunakan mesin cuci di malam hari. Karena tukang renovasi rumah kontrakna alasan tak paham urusan lampu. Saya menunggu teknisi dari kantor juga berbulan bulan tak pernah bisa di hubungi. Jadi sejak itu saya putus asa menuggu kakak saya saja datang ke Ambon paling jago urusan pasang apapaun terkait listrik dan rumah. Mr Big bisa banyak  hal tapi urusan membuat alur buat listrik dia tak tahu.  So akhirnya baru kemarin dulu saya sukses mendapatkan aistsen tukang listrik yang handal di Ambon. Berawal dari masalah pompa air dirumah tak bisa berfungsi menaikkan air dari tandom bawah ke tandom atas. Ternyata setelah di cek oleh asisten di kantor ternyata bermasalah dengan kapasitor nya yang sudah menggemuk. Akhirnya si asisten pak Edy Suherman menelpon partner kerjanya Pak Sutrisno yang ahli listrik, AC, mesin, apapun terkait kelisitrikan mereka lah ahlinya. Dan ternyata mereka menamai usaha mereka  UD. 3S ( Sutrisno, Suherman dan S…. ) jasa service listrik /AC/ pasang AC/Perbaiki AC di hari sabtu dan Minggu untuk hari kerja senin – jumat  ( bisa diatas jam 5 sore

Servis jasa listrik di AMBON UD.3S
Servis jasa listrik di AMBON UD.3S

Di rumah mereka membelikan kapasitor rusak dan memasang kembali, membuatkan lampu di tempat mesin cuci. Yang mana saya sudah putus asa selama 18 bulan ini.Baru deh saya minta dibuatkan colokan listrik buat oven dll. Sekalian nanti mau pasang water heater ya. Tapi arus listrik tak mencukupi L

So buat teman teman sesame perantau di Kota Ambon yang membutuhkan jasa service untuk kelistrikan, pasang AC/ isi freon , atau termasuk buat surat izin jalan mobil kendaraan yang ada di Ambon bisa pakai jasa mereka, saya tiap 3 bulan langganan di buatkan surat  izin buat mobil dan sepeda motor,  mau pasang lampu dan berkaitan dengan hal itu bisa hubungi  3S ( bisa telp/WA  ke pak Suherman di +6281334223728 silahkan diatur saja jadwalnya dan tariff silahkan di negosiasikan ya.

5.Solusi AIR BERSIH,

Adalagi kalau air mati atau mau beli air,  silahkan telpon tangka pembawa air , 1 tangki bayar 200 ribu, di Ambon itu air bersihnya mengalir terjadwal, ketika anda tinggal di ketinggian tertentu maka aliran air semakin langka jadwalnya semakin lama. Di lokasi saya dalam 2 hari baru mengalir jadi kami menggunakan penampungan tandom air 750 liter ada di bawah dan di atas. Kalau keluarga besar air tak akan cukup. Jadi kalian jangan heran provinsi Maluku yang notabene 92 % terdiri dari limpahan air laut samudra biru ini kekurangan air bersih warganhya harus beli air bersih dimana daratan kepulauan Ambon ini luasnya hanya 400 km2. Please jangan tanya saya kenapa. Tanya pada rumput yang bergoyang.

6.BELI TABUNG GAS, karena mayoritas masyarakat Ambon masih pakai minyak tanah untuk di dapur, maka hanya sebagian orang yang menggunakan kompor gas jadi ketersediaan GAS Elpiji juga terbatas, di tulisan saya pernah ulas tentang agen penjualan GAS ELPIJI di kota Ambon, kalau saya langganan ada di SUPERMARKET DEDES arah jalan ke kebun cengkeh atas. Sebenarnya di beberapa pompa bensin juga ada, di POMPA BENSIN POHON PULE di sana ada stok juga. Dan POMPA BENSIN Pertigaan kebun cengkeh tapi saya tak pernah dapat kalau disini padahal dari rumah sangat dekat. Jangan harap ada pengantaran ya, Jemput sendiri harga Gas Elpiji 12 kg per hari ini Rp 220,000/tabung tanpa tabung ya. Saya tak menemukan tabung 3 kg di kota Ini.

7.BELI AIR MINUM ( GALON ), ini ada beberapa tapi saya langganan di AIDIL mineral water, letaknya di pinggir jalan jendral Sudirman jadi mudah bagi saya akses sisa parkir dan nunggu di isikan, tak ada antar jemput ya, silahkan anda butuh silahkan datang, dan disini sistemnya lucu, kalau kalian tak mau tunggu karena antrianya padat maka akan diberi nomor antrian nanti beberapa lama kalian jemput airnya berdasarkan nomor antrian tadi yang di ikat di kepala gallon airnya. Hanya ada di Ambon system seperti ini. Maklum penduduk kota Ambon banyak sedang yang produsen air bersih cuma beberapa jadi yang butuh yang banyak sabar ya. 1 Galon air Rp 6,000. Kalau saya sudah beli 3 galon dan sekalian beli biar tak bolak balik.

8.SAMPAH RUMAH TANGGA, buang sendiri sampah kalian, Mr Big saat berangkat solat subuh sudah membawa kantong sampah rumah tangga dibuang di penampungan di jalan besar, kami di kompleks kecil hanya 9 rumah membayar retribusi sampah ke pak RT Rp 6,000/ bulan tapi sampah tetap kewajiban di buang sendiri. Jadi harus disiplin. Truk sampah beroperasi di malam hari. Di week end biasa ada anak anak kecil datang ke rumah rumah menawarkan jasa pengambilan sampah baru dikasih uang seadanya. Cuma saya ragu apakah sampah itu dibuang di tempatnya atau di rumah orang makanya saya tak percaya mereka.

9.TEMPAT LAUNDRY

Karena sudah pengalaman melakukan laundry di tempat kost perdana di AMBON di kost PERMI di jl Permi,  ada laundry dibawah lantai 1 saya selalu disana, bersih rapi biasanya saya bawa hanger untuk baju tertentu dan  sudah langganan hatrga Rp 9500/kg. Minimal 3 kg ya ini hanya laundry baju kantor saja. Karena Mr Big hobby mencuci dirumah.

10. Klinik Dokter ( Klinik Agape )

Kalau kalian sakit bisa ke klinik diatas, saya sudah buatkan videonya, di sana ada 3 lantai, ada beberapa dokter praktek, dokter mata, dokter jantung, dokter kandungan dll, dan ada apotek juga di lantai 1. Di dekat klinik agape ada tempat makan juga RM SARI GURIH buat makan malam kalau kelaparan habis antri dokter. Kalau saya langganan dokter Andi Tasrif ada videonya dibawah dan ada dokter Jantung di Klinik Agape. Langganan maksudnya pernah berinterkasi dengan mereka untuk beberapa case semoga kami selalu sehat  terus ya.

11.Rumah Sakit di Ambon, ada RST, kalau butuh pelayanan rawat inap langsung ke RST ( Rumah sakit tentara ) RST.JT Latumeten jr ir sutomo. Tempat Mr Big di rawat di UGD tanggal 6 Desember lalu. Di antara semua pilihan yang ada hanya RST ini lah yang agak sedikit lebih baik dari yang lainnya. Kalau bisa pls jangan sakit deh kalau di Ambon ya………..dan mohon doanya RS SILOAM sudah hampir dibuka gedung sudah selesai 10 lantai. Semoga dengan keberadaan RS SILOAM fasilitas pelayanan kesehatan masyarakat bisa meningkat.

12.Tempat ibadah, Untuk yang muslim ada masjid besar di tengah kota masjid kebanggan muslim/muslimat di Ambon, yaitu  Masjid AL FATAH, lokasi ditengah kota, parkiran luas, di mall ada musholla,  di MCM mushollla lebih baik dibanding ACC. Di lingkungan tempat tinggal saya yang 100 % muslim banyak masjid, kalau untuk tempat ibadah gereja di tengah kota banyak, ada Gereja Silo, Maranata dll.

13. Tempat belanja, kalau tempat belanja saya langganan belanja mingguan di HYPERMART Mall Maluku City Mall ( MCM ) kaerna dekat dari rumah dan parkiran luas, untuk sayur langgana sama pak Sutarmi yang gandeng gandeng sayur sampai depan rumah, kalau butuh sayur juga bisa ke FRISH MART dibawah ini. Atau kalau mau ke tempat yang agak rame ya ke AMBON PLAZA ada FOODMART di lantai 1. Kalau butuh pasar traditional hanya ada satu pilihan PASAR MARDIKA yang selalu becek walau bukan musim hujan.

14.Tempat nonton bioskop, ya ada hanya satu saja AMBON CITY CENTRE.

15.Tempat gaul di Ambon ada puluhan café resto yang bisa kalian datangi di Ambon, mau lihat pemandangan teluk AMBON bisa nongki di WAE LELA Café, atau DERMAGA CAFÉ, mau lihat view ketinggian bisa makan malam di PANORAMA RESTO atau ke ROOF TOP HOTEL THE CITY, lapar di tengah kota dan mau banyak menu pilihan bisa singgah di CROWN RESTO, mau nongkrong di tengah kota di café bisa main ke sekitaran AMBON PLAZA ada deretan café baru NEO CAFÉ , KAYU MANIS CAFÉ, mau makan steak di Ambon dengan harga terjangkau bisa ke MBS BISTRO CAFÉ sederetan KAYU MANIS CAFÉ atau mau real steak bisa ke RESTO HOTEL SWISSBELL atau ke CROWN Café. Mau makan menu makannan Makassar paling banyak di Ambon, Menu coto ? bisa ke coto ANDA dan COTO 3 SAUDARA ada di jl AY PATTY. Kangen minuman bubble bisa ke SHARE TEA di jalan diponegoro. Mau nongki ngopi di Mall MCM bisa ke lantai 2 mall MCM ada beberapa café diatas. Atau kebetulan lagi ada di ACC bisa nongki di MAXX COFFEE.

 

16.Tempat berolahraga terbuka, Ada lapangan Merdeka ( Merdeka Square ) dan taman pattimura, dimana disana ada lapangan hijau dan taman tempat hiburan rakyat atau acara acara, ada air mancur ada lapangan basket disana juga yah, setiap pagi dan sore ramai orang berolahraga. Selain itu ada LAPANGAN KARPAN ( Karang panjang ) diatas ketinggian sama dengan lapangan merdeka ada track buat lari. Hanya ramai saat hari minggu saja karena jauh. Kalau kalian mau fitness ada beberapa tempat fitness di tengah kota Cuma saya tak pernah ikutan hanya Mr Big pernah ikutan itupun jauh di HALONG dan saya hanya olahraga Zumba di kantor dan dirumah menggunakan elliptical kesayangan.

 

17. Tempat week end keluarga / liburan di pulau Ambon ada puluhan pantai cantik yang bisa kalian datangi, Ada pantai LIANG, ada Morella, ada pantai Santai, ada pintu kota beach. Ada pantai natsepa sekaligus makan rujak natsepa. Bisa nginap di resort NATSEPA pemandangan teluk baguala dan ada kolam renang di resort tersebut. Kalau mau dan punya budget lebih bisa ke ORA BEACH di sebrang sana, siapkan dana yang tebal ya dan siap fisik lahir Kalau senang wisata sejarah bisa ke BANDA NAIRA.

18 TRANSPORTASI di Ambon, sekarang sudah ada TRANSPORTASI online, ada ALFAJEK ada BETAJEK semua fungsi tranportasi online ada di sana ada, ALFA SEND dan ALFA FOOD. Memang service belum maksimal tapi sudah ada pilihan lah, ada GRAB juga sudah masuk Ambon dan rencana GOJEK juga menyusul. Ojek tradisional masih ada, dan pastinya angkot alias oto. Yang tingkat kedisiplinan pengemudinya luar biasa perlu dibina, waspadalahhhhh…..

19.PENDIDIKAN ( SEKOLAH ), karena saya belum ada pengalaman menyekolahkan anak dll, jadi saya masih blank tapi pengalaman teman teman kantor ya yang muslim menyekolahkan anak mereka di sekolah islam swasta, dan yang non muslim ada Citrland juga punya sekolah, sisanya sekolah umum yang standarisasinya menurut tetangga saya jauh dibawah kota kota lain.

20.Kursus Bahasa Inggris di kota AMBON, untuk yang berhijrah ke Ambon dengan keluarga ( anak ) dan mau kursus Bahasa Inggris, dikota ini cukup sulit menemukan lembaga kursus yang professional beberapa yang saya cek pernah ada, lama lama tak beroperasi lagi, masih ada beberapa juga seperti smart english, banana English, memang tak banyak pilihan  dan untuk itulah Mr Big hadir menemani saya di kota ini, Kalian bisa pakai jasa dia kursus private via ONLINE dari rumah kalian sisa modal laptop dan koneksi internet. Mr Big sudah ada sertifikasi menajar online dari TEFL bisa di cek di profile beliau. Selain itu Mr Big ini ada client private di Passo, di dekat rumah dan di masjid Al Furqon dan sisanya ada Online juga dari Jakarta untuk karyawan. Ada juga project English bagi karyawan perusahaan saat ini dengan JASA RAHARJA Ambon. Bagi  yang butuh native speaker dimanapun kalian berada di seluruh dunia pun bisa silahkan  email ya, konsultasi / conversation bisa via online dengan bekal smartphone dan koneksi internet kalian bisa belajar Bahasa inggris dari manapun. Bisa langsung kesini ya dan daftar disini 08114604800

Itulah  20 hal yang sangat penting yang meliputi keseharian kalian ketika hijrah dan tinggal di kota Ambon. 20  Hal yang dasar dan umum yang saya telah jalani di kota ini. Meliputi segala aspek kehidupan.

Bagi pendatang baru di Kota Ambon Manise, welcome to Ambon ya, semoga 20 hal tersebut diatas memberikan informasi yang cukup buat kalian yang mau tahu banyak tentang hidup di kota Ambon dari semua aspek kehidupan sehari-hari. Jika ada tambahan akan saya buatkan next 10 aspek lainnya yah

WELCOME TO THE CLUB, dan di nikmati perjalanannya yah Enjoy adventur in AMBON yah….

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *