Cerita membeli AC di kota AMBON

Episode membeli AC di kota AMBON
Episode membeli AC di kota AMBON

Hunting AC di kota Ambon

Saya sedikit sharing pengalaman membeli AC di Kota Ambon yang penuh perjuangan, memang kadang  hal kecil dianggap sepele karena tak pernah merasakan deritanya kalau melakukan sendiri anda akan merasakan sendiri, ibarat sebuah episode dalam sebuah sinetron bersambung heheh

Yang pasti yang kalian lakukan pertama kali ketika mau membeli AC yang pasti mencari brand yang berkualitas, saya cek lah dikantor saya, merk tentu berbeda beda, tapi dikantor kebanyakan merk Panasonic dulu namanya Nasional . Mungkin kerjasama B2B kali ya, terus sepanjan g  kompleks tetangga saya selalu pasti melihat AC outdoor mereka kebanyakan ada LG, Samsung dan AKARI. Ternyata beragam  merk juga .

Akhirnya langkah selanjutnya adalah mencari toko elektronik spesifikasi banyak stok AC di kota ini dan pilihan jatuh pada ketiga dibawah ini :

  1. HYPERMART Maluku City Mall dan Hypermart Ambon City Centre, saya beberapa kali survey di kedua tempat tersebut ada sebenarnya kadang kadang promo AC merk tertentu Cuma merk nya aneh. Dan  yang paling saya kurang suka adalah kadang tak ada yang melayani di counter elektronik dengan penjelasan yang baik dan masuk akal. Padahal sebagai konsumen buat membeli elektronik dengan budget 3-4 juta tentunya saya harus benar benar paham produk dan kualitas dan mana yang lebih menguntungkan secara harga dan kualitas sangat butuh informasi sebanyak mungkin untuk tidak menyesal di kemudian hari. Yang lucu ada suatu moment ketika saya ke Hypermart MCM di episode libur natal, dimana stok barang sudah kurang stok AC pun juga Cuma beberapa, yang lucu saat saya bertanya  ada yang layani satu orang  setelah menjelaskan beberapa hal dia menawari saya AC Teman dia yang mau dijual masih baru merk SAMSUNG tapi barang ada di teman dia. Bisa dibayangkan pekerja seperti ini saya datang ke HYPERMART   cari AC di sana malah di tawarkan AC teman dia yang masih baru dan mau di jual karena pindah tugas ( Helooooooooooooo, kalo saya jadi bos dia saya pecat orang seperti ini ). Alasan  di jual  pindah tugas ( whattt,..kenapa beli….?? Ada ada saja alasan tak masuk akal) logikanya saya pasti lebih percaya barang yang ada di toko dari pada percaya sama dia dan temannya. Hal kedua yang buat saya ilfil di Hypermart sudah jelas jelas misalnya di keternagan di AC bahwa GRATIS item dibawah :
  • Pipa Tembaga 5m Ketebalan 0.6mm (Verified Standard)
  • Kabel AC 5m
  • Pipa Air Fleksibel 2m
  • Duct Tape (Lem) 1 Pc
  • Bracket Outdoor 1 Pc

Kalau di AMBON entah di kota lain ya saya baru punya pengalaman hunting , pasang AC di Ambon dan Makassar. Di Makassar beli AC free semuanya bahkan di beberapa toko dikasih GRATIS PEMASANGAN  ! GARANSI pula…! Kalau di AMBON ini kalau di hypermart ya, biaya pemasangan berbeda biasanya ongkir kalau ke rumah kontrakan saya dekat tak sampai 2 km jadi kenanya 50K tapi pemasangan perkiraan Rp 250K jadi sudah total Rp 300k ini belum masuk katanya alat alat diatas misal pipa tembaga dan kabelnya nanti di  hitung lagi padahal di stiker AC nya jelas jelas semua tertulis diatas FREE. Inilah indahnya hidup di Indonesia timur dimana harga yang kami bayar harus berkali lipat dengan produk yang sama di Indonesia bagian barat.

Jadi setelah saya hitung hitung kok harganya jadi mahal juga misalnya dikasih harga dibawah Rp 3 juta  tapi setelah semuanya termasuk ya harga jadi bengkak belum lagi yang paling menyebalkan biasanya jasa pemasangan seperti ini ada permintaan uang rokok lah sama yang masang.   Jadi Opsi beli di HYPERMART pun saya CORET, di Hypermart ACC pun saya lihat stok AC kosong.

  1. Toko VIRGO ( TOKO SUBUR MOI ) Jl Diponegoro No.3 Ambon, satu satunya deretan toko elektronik dikawasan Urimessing diantara ruko kantor dan supermarket disana, saya dulu sering kesini menemani teman beli Kulkas dan ragam barang elektronik selain stok banyak mungkin service disini lebih baik, saat masuk saya tanyakan masalah AC, langsung di layani sama Mbak Susi mungkin specialist bagian AC, saya ala ala detektif menanyakna merk dan harga satu per satu dan keunggulan dan kekurangan masing masing. Saya suka nya dari Mbak Susi ini aksen dan logat lembut kayak orang Jawa mungkin ya, terus dia informative semua merk dia tak memihak satu brand dan tak memaksa. Dia melayani saya dengan sabar yang ala ala emak emak irit kalau belanja pasti lihat barang tanya komsumsi watt, kualitas,  harga pasti, biaya pemasangan dan kebanyakan konsumen beli yang mana. Bahkan saya sempatkan minta sama mbak Susi menuliskan di kertas masing masing merk AC yang saya minta spesifikasi dan harga sudah termasuk komponen BIAYA PEMASANGAN ( Rp 200k ) dan biaya alat alat ( Bracket dll = Rp 300k ) . Dia menuliskan semua harga merk SAMSUNG, SHARP, LG, AKARI dll di selembar kertas dan menuliskan nomor HP nya disitu agar saya bisa follow up informasi merk  yang jadi saya ambil dan hari itu -1 hari sebelum natal jadi teknisi semua tak ada yang bisa memasang AC hari itu. Jadinya saya cancel transaksi. Saya bawa pulanglah secarik harga itu.
Toko VIRGO JL Diponegoro AMBON
Toko VIRGO JL Diponegoro AMBON

 

3.TOKO DUTA ELEKTRONIK JL SAID PARINTAH- AMBON

Toko ini termasuk  toko elektronik dengan banyak stok barang, saya sebagai konsumen cerdas harus cek ri cek bukan Cuma satu opsi kan jadilah saya sempatkan kesini padahal ribet sekali area ini parkiran penuh, jadi harus punya strategi parkiran . Sampai di Duta Elektronik saya langsung di layani spesialis yang bagian AC, stok disana Cuma 2 merk dan saya pun tanya menurut dia pribadi sebagai specialist AC merk mana yang rekomendasi dan jawaban paling saya tak suka adalah ( SEMUA MERK BAGUS BU! ) ahhhh  saya sangat benci jawaban ini. Setelah di cek disini lebih seru lagi, ADA BIAYA KIRIM kalau ke rumah saya kena Rp 50k kecuali kalau unit di antar sendiri ya dikurangi biaya tersebut. BIAYA PEMASANGAN juga ada. Biaya alat alat juga ada. Sisi price tak jauh beda sama yang diatas ( VIRGO ) tapi pelayanan SPG nya disini PARAH. Bahkan saya tak tahun nama SPG nya. Saat ada pelanggan lain datang tanya AC si mbak SPG pun berlalu meninggalkan saya yang masih sibuk menghitung akumulasi harga karena ribetnya komponen – komponennya. Sebanranya merk LG di toko ini murah kena Rp 3.2 juta sudah termasuk semuanya untuk AC ½ PK tapi pelayanan sungguh membuat saya ilfil alias kurang semangat. Saya pun berlalu meninggalkan toko memutuskan akan kembali ke Mbak SUSI untuk transaksi  karena dari tiga tempat di AMBON ternyata semua ada komponen tersebut dan sisa mencari service terbaik.

Hari itu juga saya langsung ke VIRGO langsung disambut bu susi Nampak sekali mbak ini sudah sangat paham dunia sales bagaimana mengingat nama pelanggan dan ingat yang pernah nanya merk apa dan kebutuhannya apa, pasti dia adalah sales terbaik disana. Jadilah saya hanya menanyakan flash back harga kembali dan menunjuk brand yang ada disitu dan saya kembali bertanya merk  yang dibeli oleh customer hari itu  yang mana ternyata merk AKARI sesuai di display harga paling murah dan langsung mbak susi telpon dan ya bisanya di pasang besok pagi atau siang. Dan dengan ucapan Bismillah saya langsung setuju beli AC merk AKARI hahhaa langsung deh saya ke kasir dan di AMBON kebanyakan toko ya jika bayar pakai kartu biasanya baik debit atau kartu kredit tetap kena 2% terbayangkan kalau misalnya gesek pakai debit yang kena 2% dari harga Rp 3 juta  lumayan buat beli cemilan keto. Kalau di VIRGO  untuk debit bank BNI dan BCA  tak ada biaya yang lain kena charge. Ini yang sangat menyebalkan di kota ini, hampir semua toko  kecuali toko toko besar ya mengenakan charge  buat penggunaaan kartu saat pembayaran bahkan debit pun kena. Makanya disini masih akrab dengan pembayaran CASH.

Berlanjut setelah bayar saya menerima kwitansi resmi dan dijanji besok akan diantarkan unit dan diberi nomor telpon Teknisi yang akan memasang AC. Keesokan harinya saya sudah koordinasi dengan teknisi dan jam 11 siang sudah selesai di pasang dirumah, prosesnya cepat. Kami bayar manual ke teknisi terpisah cash Rp 200k. Karena ternyata Pihak toko hanya bermitra dengan mereka tetap konsumen yang bayar manual ke mereka saat selesai pemasangan. Ya lumayanlah untuk harga kota Ambon saya merasa AC merk AKARI ini murah dapat harga Rp 2,7 juta diluar bayar teknisi Rp 200k. Untuk ½ PK garansi 3 tahun.

Murah kan untuk ukuran AMBON ini sudah termurah seduni
Murah kan untuk ukuran AMBON ini sudah termurah.

Awalnya maunya merk SAMSUNG tapi harga SAMSUNG kena Rp3,150 k lumayan beda jauh saya rasa kualitas juga tak jauh beda, komsumsi watt pun sama, hanya dipakai saat di panas kok.

Itulah drama dan episode yang saya harus lewati ketika beli AC di kota Ambon. Beda episode saat saya beli mesin cuci tahun lalu, saat beli sofa juga penuh drama,  pengalaman setiap produk berbeda dan menurut saya beli AC lumayan rempong, karena ada unsur pemasangan yang buat ribet.

Oh ya buat informasi yang TEKNISI Pasang AC saya namanya Pak Sutrisno nomor kontaknnya 081239866076 siapa tahu butuh Jasa nya khusus untuk  yang ada di AMBON

Demikian informasi terkini dari dunia persilatan di Ambon, ekh dunia per –AC-an, setelah saya pernah cerita dunia kisruh area parkiran, jalan jalan sempitnya, café-café gaulnya, dan suasana malam di bulan Desember di kota Ambon semoga bermanfaat bagi yang belum pernah tinggal di kota ini atau mendapat episode bertugas disini seperti saya J ENJOY AMBON  pokoknya …..! Keep smiling deh…!!

Kisah terkait di AMBON bisa di baca disini :

 

 

 

3 thoughts on “Cerita membeli AC di kota AMBON

  • January 6, 2018 at 12:12 pm
    Permalink

    Makasih infonya…smpe kapan d ambon bu? Pdhal klo sy sih ad rekomendasi yg bs pasang ac..krna pngalaman beli samsung 1 PK 3jt d hypermart pas diskon dan dpasang sndri oleh teknisi langganan dmana qt sering service ac drmh…hehehe….harganya 200rb jg…dah komplit pasang…hehehe

    Reply
  • November 6, 2018 at 7:14 pm
    Permalink

    Tks infonya mas. Mak mak ini sdh terbantu. Tinggal cari toko virgo itu. Tpi ini thn kapan ya. Mantu baru kmi kepanasan. Minta x ac. Cm aku ga paham per ac an mka kubiarkn pake kipas anginn. Kasian jg pada ke anginan penganten baru tu. Smga edok pgi sy dapat ac n yg penting teknisi pasang x. Stlh itu sku butuh jg info ttg kompor gas. Salam ya mas.

    Reply
    • November 9, 2018 at 1:25 pm
      Permalink

      untuk teknisi bisa telpon mas sutrisno di nomor ini 081239866076..ini tahun 2017 toko virgo masih ada kok di jl diponegoro.

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *