Explore Maluku  28 # Gaba Gaba Resto & Café di Suli Maluku Tengah

Tampak View Gaba Gaba dari tengah tengah Cafe
Tampak View Gaba Gaba dari tengah tengah Cafe

Explore Maluku  28 # Menikmati indahnya Teluk Baguala di  Gaba Gaba Resto & Café

Setelah kembali ke Pulau Ambon beberapa waktu lalu dari petualangan saya di Pulau Seram selama seminggu,  week end gateway minggu ini kami mampir ke Gaba Gaba Resto & Café yang beralamat di

Jl Sisingamangaraja,  Suli, Salahutu, Central Maluku Regency, Maluku

Lokasinya jika kita berasal dari kota Ambon, seblah kanan setelah Penginapan Suli.

Café ini sendiri memiliki lokasi yang cukup luas, lumayan buat resto keluarga beberapa fasilitas yang disediakan setelah memasuki gerbang besi bertuliskan Gaba Gaba. Gaba gaba sendiri berarti daun sagu.

Setelah memasuki gerbang café, parkiran yang hanya muat beberapa mobil menurut saya menjadi kurang maksimal disini, untung sore itu hanya ada 2 mobil jadi saya masih parkir dibagian dalam gerbang, setelah melangkah melewati halaman parkir, bagian kana nada gedung resto  didalamnya tersusun meja kursi kayu dan bagian kasar sisi kanan. Termasuk lemari es yang penuh minuman dingi dibagian utama resto ini, depan gedung resto ini ada sekitar 6 balai balai yang konsepnya tamu duduk melantai,  sedang di tengah tengahnya ada taman taman lumayan luas bisa jadi tempat anak anak bermain lega, ada disediakan ayunan sama perosotan buat anak anak.

Gerbang Resto Gavba GabaGerbang Resto Gavba Gaba
Gerbang Resto Gaba Gaba

Melangkah semakin ke dalam ada lagi gedung terpisah yang berlantai 2 yang juga bagian dari café ini, saya memilih mencari tempat duduk persis di pinggir pantai natsepa. Ya viewnya sepanjang pantai dan pulau Ambon di depan mata. Angin berhembus sepoi sepoi di bagian ini, ada atap nya jadi bisa nyaman juga.

Dari sisi lokasi dan space ya cukup lumayan luas, di beberapa bagian disediakan tempat buat selfie, semacam symbol LOVE besar banyak remaja suka selfie disana.

Salah satu bagian cafe yang ocean view
Salah satu bagian cafe yang ocean view

Adapun menu andalannya kata waitress nya adalah NASI GORENG GABA GABA, di menu listnya ada sea food juga, saya kali ini bersama MrBig, dan hanya saya yang mengorder makan, seperti biasa di setiap restoran yang kita coba ternyata ada minuman keras dia memilih tak memesan apa apa. Karena sudah terlanjur saya Tanya menunya dan menurut mbak nya ya disitu semua halal. Chefnya muslim, ya alhamdulilah berarti saya order saja minum dan makanan yang dianggap terbaik.

 

Ini bagian cafe yang pertama, tertutup dan interiornya maksimal disini
Ini bagian cafe yang pertama, tertutup dan interiornya maksimal disini
List Menu Gaba Gaba Cafe
List Menu Gaba Gaba Cafe

menu-minuman-gaba-gaba

Menu kentang Goreng Gaba Gaba
Menu kentang Goreng Gaba Gaba
Nasi Goreng Biasa Gaba Gaba
Nasi Goreng Biasa Gaba Gaba

Beberapa remaja perempuan berhijab di samping meja juga datang jauh jauh dari Tulehu juga mengorder snack saja. Inilah tampakan menu yang akhirnya datang. Sedikit kecewa nasi goreng saya ternyata yang datang nasi goreng biasa dan saat makan, ada semut besar satu di nasinya, saya nemunnya saat sudah mau habis, ini kalau mrbig lihat bakalan ricuh lagi  bakalan complain berat masa café besar begini pas masak nasi goreng ada semut raksasa merah di nasi goreng.So saya langsung selesai makan walau belum habis, dan minum teh tanpa gula yang saya pesan.

Ini lah hamparan Teluk Baguala yang langsung bisa dinikmati dari meja apalagi di sore hari
Ini lah hamparan Teluk Baguala yang langsung bisa dinikmati dari Gaba Gaba apalagi di sore hari

hangat yang saya pesan, sembari mikir kok bisa ada semut ya warnanya memang nasihnya mirip persis dengan semut merahnya .

Rasanya sih sama saja, sedang kan remaja remaja di samping meja saya memesan pisang goreng, dan roti bakar, saya tanyakan soal rasa mereka menjawab ya, enak nya standard sama dengan yang lain, yang mereka inginkan adalah selfie selfie saja buat sosmed .

Untuk live music nampaknya juga ada, karena saat itu sepi kemungkinan jika malam speaker besar di sudut sudut ruangan akan bergema. Jika mau sejenak duduk santai bersantai sejenak ini tempat yang enak, walau jarak dari kota Ambon sendiri cukup jauh, dari Mall Ambon City Centre ( ACC ) adalah 8 km. Jadi total dari pusat kota Ambon sekitar 20 km.

Lokasi Resto Gaba Gaba
Lokasi Resto Gaba Gaba di Peta Pulau Ambon #garis merah arah dari Pusat Kota Ambon

Untuk suasana, tenang sejuk sepoi sepoi,  dan yang paling saya suka jika mengunjungi setiap tempat adalah view lautnya. Asal tak panas saja. Pemandangan Teluk Baguala dengan keteduhan airnya karena memang teluk makannya banyak nelayan dengan perahu sederhana sedang memancing dan hamparan Jazirah Leihitu terhampar kelihatan. Di Pulau Ambon terdapat 2 jazirah yaitu Jazirah HITU bagian Ambon yang lebih luas dipeta bisa diperhatikan lokasi bandara itu masuk di jazirah HITU, sedang  bagian pulau Ambon yang lebih kecil itu adalah Jazirah Leihitu.

Di sisi kanan ada Pulau Haruku dan Pulau Saparua, jika menyebut nama pulau di Propnsi Maluku anda akan kebingungan karena ada sekitar 1300 pulau. So untuk explore Maluku ini luar biasa butuh waktu . So dari Gaba Gaba Resto & Café ini akan bisa mempelajari lebih indah tentang alam geografi provinsi Maluku yang kaya ini.

Sampai jumpa di explore Maluku berikutnya.

Beberapa artikel terkait Expore Maluku bisa dibaca :

 

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *