Explore Maluku 27# Baileo Ir Seokarno hadir di Masohi

Baileo Ir Soekarno di Masohi
Baileo Ir Soekarno di Masohi

Explore Maluku 27# Baileo Ir  Sukarno di kota Masohi 

Kelanjutan dari perjalanan saya ke Pulau Seram kali ini saya  setelah berpetulangan di Kabupaten Seram Bagian Timur, saya pun meluncur ke Kabupaten Maluku Tengah, yang beribukota Masohi. Di kota masohi ini ada salah satu objek wisata yang sudah di bangun dari beberapa tahun lalu dan siap launching tahun 2017 ini. 

Namanya adalah Baileo Ir Soekarno, baileo adalah rumah adat atau balai pertemuan yang dimiliki tiap negeri di Maluku.

Tampak patung Ir Soekarno dari dalam
Tampak patung Ir Soekarno dari dalam

Secara terminologi Baileo adalah nama dari rumah adat orang Maluku, dengan bentuk bangunan yang besar, material bangunan sebagian besar berbahan dasar kayu, kokoh dengan cukup banyak ornamen, ukiran yang menghiasi seluruh bagian dari rumah tersebut.

dewaweb_promo_04_728x90

Baileo berfungsi sebagai tempat penyimpanan benda-benda suci, tempat upacara adat, sekaligus sebagai balai warga.  Ciri utama rumah Baileo adalah ukurannya besar, dan memiliki bentuk yang berbeda jika dibandingkan dengan rumah-rumah lain di sekitarnya

Keterangan di bawah Patung di sisi 1
Keterangan di bawah Patung di sisi 1
Sisi lain penjelasan sejarah kota Masohi
Sisi lain penjelasan sejarah kota Masohi

sis-bawah-patung sejarah kota Masohi sisi-patung-2

Baileo sebenarnya pengeritiannya adalah Balai, tempat pertemuan, tempat acara adat, tempat musyawarah dll. Semacam balai pertemuan dan di masa lalu tempat menyimpan barang barang mistis.

Baileo Soekarno adalah balai yang dibangun oleh pemerintah Maluku Tengah yang lokasinya terletak di Jl. Protokoler, Pattimura, letaknya di ujung jalan dan jalan protokoler sendiri sangat lebar dengan trotorar yang juga lebar dan sangat rindang dengan pepohonan.

Selfie tetap wajib yahh
Selfie tetap wajib yahh
Kenangan di Balieo Ir Soekarno
Kenangan di Balieo Ir Soekarno
Ini bagian dalam Baileo nya, masih belum selesai renovasi
Ini bagian dalam Baileo nya, masih belum selesai renovasi

Saat ini masih sementara di renovasi dan diselesaikan, sebenarnya sudah dilakukan pembangunan dari beberapa tahun lalu, budget untuk membuat baileo Soekarno budgetnya konon menghabiskan 3 Milyar.

Saya sempat masuk ke dalam walau kondisi tukang sedang mengerjakan lantai bagian bawah patung Ir Soekarno. Secara resmi belum dibuka, rencananya Baileo Soekarno ini akan jadi objek wisata di Kota Masohi.

Di depan Balai / atau Baileo ini dididrikan patung bapak Proklamator RI Ir Soekarno, tingginya pun proporsional terbuat dari perunggu. Di bagian dasar patung ada beberapa catatan tentang sejarah kota Masohi.

Sayapun  baru tahu dari Baileo Soekarno ini, ternyata ibu kota Maluku Tengah ini mendapatkan namanya dari inisiatif Bapak Proklamator RI yang datang ke Masohi di tahun 1957 mencanangkan dan meletakkan batu pertama di lapangan Nusantara Masohi mencanangkan kota Masohi sebagai ibukota Propinsi Maluku. Bahkan di tahun 1959 Bapak Ir Soekarno kembali melakukan kunjungan ke kota ini memastikan proses pembangunan kota Masohi menjadi ibukota Maluku.

Masohi sendiri berasal dari kata Ma-So-Hi yang artinya adalah saling tolong menolong, detail tentang kota Masohi akan saya posting terpisah.

Bagian balai nya atau ruang pertemuan nya cukup banyak bisa menampung tamu, bentuknya pun sangat modern. Bisa digunakan untuk beragam acara yang menampung audiens atau pentas seni. Semoga bisa di jaga dan dikelola dengan baik.

Detail ukuran nya pun saya belum ada data karena belum buka untuk umum. Semoga saat kembali dinas di Masohi bangunan ini sudah rampung.

 BANNER FREE MEMBER

Beberapa artikel terbaru terkait EXPLORE MALUKU bisa dibaca:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *