Jasa expedisi murah untuk pindahan antar kota

Barang Pindahan part 2
Barang Pindahan part 2

Mencari Cargo terjangkau untuk pindahan di Indonesia Timur

Masih lanjutan dari episode terkena badai rotasi/mutasi pekerjaan, akhirnya saya terdampar berpetualang di kota Ambon Manise, tentunya banyak hal yang harus  saya lakukan saat harus berpindah kota,  kalau dulu barang hanya sedikit Cuma 3 koper sudah cukup sekarang sudah status menikah  pasti ada suami, berarti hidup sudah sepaket, kalau mutasi suami pasti ikut atau saya pasti ikut dia, nyambung gak ya, nah berarti barang kami pasti bertambah namun kami berdua sudah sepakat hijrah ke Ambon yang saya rencanakan maksimal dua tahun disana baru mutasi lagi.

Jadi yang dibawa hanya pakaian dan barang barang urgent saja, sebisanya nanti kami akan beli tapi yang penting penting saja. Jadi barang yang dibawa akhirnya terbagi tiga sbb :

  1. Barang yang di hand carry, kebetulan pemberangkatan perdana saya di tanggal 6 September lalu saya sudah bawa 2 travel bag besar dan 1 dos besar, kemudian 4 hari kemudian saya balik mudik lebaran idul adha saya kembali lagi ke Ambon beberapa hari setelahnya saya kembali membawa 3 koli alias 2 koper besar dan 1 dos, selanjutnya beberapa kali job trip yang singgah di Makassar saya selingi dengan membawa beberapa barang biar murah.
  2. Barang yang di packing dan dikirim pakai cargo / expedisi laut, kenapa laut? Biar murah, tahu sendiri kan Kepulauan Maluku ada dimana ? ya semuanya lewat laut, udara pun kan menyebrang lautan, pengiriman kargo itu terbagi 3 , via darat ( ke Ambon kan itu impossible hahaha) via udara ( itu expedisi yang dipakai selama ini dengan tariff mahal ), dan Via Laut ( ini via kapal penumpang atau barang ) tariff laut inilah yang paling murah ternyata. Dengan kondisi bahwa waktu penerimaan akan lebih lama, yang dulu bisa kirim pakai udara itu 4 hari ya pakai laut itu bisa 2 minggu.
  3. Barang yang di insert di dalam mobil saat mobil di kirim via expedisi ke Ambon, ini akan saya loading dalamnya itu TV, Mungkin mesin cuci kalau muat sama kursi teras kesayangan. Ini belum terjadi karena mobil yang mau dibeli belum dapat, maunya mobil kecil karena kondisi jalan dan dunia perparkiran di Ambon.Semoga dapat segera biar saya kembali lincah seperti sedia kala, saya rasanya seperti mati  gaya tanpa kendaraan di kota ini.

Sekarang rumah imut kami di Ambon masih kosong, sedikit demi sedikit sudah ada isi, setelah MB disini hampir dua minggu dan week end kemarin kami  hunting barang yang benar benar kami perlukan di rumah dan pertimbangannya bahwa barang tersebut terjangkau dan simple bisa di lipat dan di masukkan kardus kalau pindah bisa dibawa pulang ( iyeee pengiritan lagi ) .

Setelah bergulat bolak balik Makassar Ambon, akhirnya saya mulai packing barang yang mau dikirim pakai laut, langkah pertamanya adalah mencari kardus bekas rokok yang tahan banting. Beli kardus box rokok buat pindahan di Makassar bisa di dapatkan di :

  • Toko Satu Sama Jl LANDAK Lama Makassar
  • Toko ARTA Jl Veteran Selatan, setelah Bank Panin.
  • Toko dekat toko Arta masih di jalan Veteran Selatan sekitar 3 ruko dari Toko ARTA tadi

Gampang kok mencari toko penjual kardus, karena akan di pajang depan tokonya di tumpuk sampai tinggi bisa kelihatan dari kejauhan. Harga buat kardus paling besar ukuran tinggi sekitar 50 cm dan panjang 1 meter  itu sekitar Rp 18k saya tawar Rp 17k saya ambil 8 dos. Ada juga lebih murah  hanya Rp 10k tapi kardus nya lembek dan dijamin  kalau di pengiriman akan hancur sebelum sampai. Saya coba satu dan hasilnya barang barang saya remuk untung Cuma barang yang soft.Di toko campuran tersebut selain jualan kardus mereka juga sudah jual juga isolasi bening sama isolasi coklat dan juga tali rapiah, komplit pokoknya.

Langkah selanjutnya adalah mencari cargo dengan tariff terjangkau namun bisa sampai dengan selamat di tujuan. Beberapa cargo yang ternama saya sudah listing dibawah ini dengan tariff sebagai berikut :

  • JNE ( ke Ambon kena Rp 28 k / kg ) pengiriman sepeda motor kena Rp 2,8 juta ( mahal euy )
  • TIKI ( Ke Ambon sama Rp 28/kg )
  • PAHALA Express ( Pengiriman sepeda motor juga diatas 2 jutaan )
  • J&T Express kebetulan kantornya sangat dekat rumah, ke Ambon Rp 32k/ kg dikasih diskon 10 %. Barang dijemput dirumah segala loh, tapi saya tak pakai ini masih kemahalan book..!!
  • Pos Indonesia, paket Jumbo ini ke Ambon masih kena Rp 28k/ kg. Maximal 150kg. Yahh tetap masih mahal.
  • Anugerah Cargo, ( PIC Pak Made #0811402889 ) Ini cargo referensi teman yang dipakai saat pindahan dari Kendari ke Makassar katanya harga teman, bahkan kantornya pun saya tak tahu, tapi alamat kantornya ada di JL Pettarani Makassar,  tapi karena referensi saya sisa call, terhubung langsung sama pak Made sang Manager dan langsung saya curcol terkait barang barang yang mau dikirim.

Saya mulailah memasukkan barang penting ke dalam box,  dan hasilnya ada 5 koli. 3 koli + 1 dos meja pun akhirnya di timbang oleh cargo pilihan dan hasilnya adalah 135 kg. Kalau saya timbang secara biasa tanpa memikirkan volumenya sebenarnya itu tak sampai 100kg. Cuma karena ada 1 dos yang lumayan tinggi mereka kenakan tariff volume dengan perkalian tersendiri. Akhirnya  diawal dikasih tariff lumayan murah Rp 12k/ kg. Tapi via laut, door to door dijemput dirumah ditimbang dan diantar sampai tujuan dengan syarat ya lama sesuai jadwal kapal. For me tak masalah………asal sampai dengan selamat. Setelah petugasnya datang kerumah menimbang dan hasil akhir di koli dos besar 1 dos kecil meja lipat buat saya kerja di rumah. Semuanya 135kg. Kemudian negosiasi terus terjadi dari sisi harga. Akhirnya kesepakatan  terjadi Pak Made memberi saya diskon bayarnya lumayan lah So kenanya itu  dibawah Rp 10k/ kg, murah kan yahhhh cuma tetap aja mahal kalau banyak kg. Oh ya harga berdasarkan tujuan yah bukan semua.

Perlengkapan  Pindahan
Toko campuran tempat jualan kardus rokok di jl Veteran utara
Ragam kardus dari kecil sampai besar
Ragam kardus dari kecil sampai besar
Jangan lupa beli tali
Jangan lupa beli tali sama  lakban

Dan butuh waktu sekitar 2 minggu 4 koli akhirnya mendarat cantik di kantorku, sisa minta tolong diantarkan ke rumah maklum alamat rumah tak lengkap waktu itu.

dewaweb_promo_04_728x90

Kebetulan di hari kedua setelah MB mendarat di Ambon barang barang kami sampai jadi tugas dia untuk membuka dos dos nya, yang menyedihkan adalah ada satu frame foto karikatur putih kesayangan framenya pecah padahal dalamnya saya sudah susun bantal biar tak pecah. Namanya juga paket pasti dilempar kecuali  packing kayu baru pasti aman. Ya sudahlah nanti saya akan minta di buat kan frame ulang deh.

Sisanya paketnya sampai dengan selamat, semua sudah di bongkar dan dan memenuhi satu kamar kosong yang dikhususkan untuk barang.

Tips untuk pindahan yang nyaman sbb :

  1. Cari cargo yang murah, kalau dalam jumlah besar cari referensi kenalan, survey dulu sama perusahaan jasa expedisi ternama khusus nya kantor pos.
  2. Beli kardus yang kuat karena dijamin paketnya akan pasti dilempar lempar walau sebenarnya akan di beri karung juga dan dijahit.
  3. Jika barang fragile silahkan packing kayu biar aman dari goncangan.
  4. Langsung pilih door to door saja biar aman, langsung sampai dirumah. Dan pastinya di jemput dirumah saja.
  5. Follow up barangnya dengan menelpon PIC nya biar tahu posisi barang sudah dimana saja. Kadang kurang di follow akan membuat lama sampainya.

Untuk perusahaan expedisi sendiri yang kami gunakan di AMBON untuk keperluan kantor  sbb:

  • PCP, tapi sudah di stop karena layanananya kurang bagus, PIC tak pernah bisa dihubungi
  • J&T express, nah ini expedisi yang lumayan hebat melakukan expansi luar biasa dengan memberikan service buka sampai hari minggu dan menjemput barang dirumah bahkan memberikan flyer dan nomor marketingnya di setiap kunjungan, saya sukaaa layanan begini apalagi di kota kecil kayak Ambon, kirim barang dikasih diskon 10 %. Kalau tariff dari Ambon ke Makassar harga tariff biasa Rp 21,000. Dikasih diskon 10%. Kalau butuh bisa telpon marketingnya nih MARSHEL 08114780123
  • Kantor Pos, kalau tariffnya sih sama saja Cuma karena ada dimana mana ya jadi alternative juga. Namun kami juga secara corporate sudah kerjasama jadi pengiriman suka invoice saja.
  • Over Bagasi di pesawat, nah ini bisa kalian akali saja, saya sering melakukan ini dari pada ribet kirim-kiriman dan lama, saya berangkat dengan banyak barang misalnya 4 koli, bagasi saya dengan penerbangan GA misalnya Cuma dapat 25 kg kalau berdua ya Cuma 50 kg, biasa saya buat 80kg. Sisanya 30 kg saya bayar over bagasi sekitar Rp 26,000/ kg. Lebih murah dengan Lion Air biasanya Cuma Rp 19,000/kg. Lumayan kan irit dari pada lewat pengiriman butuh waktu 3 hari ini bareng naik pesawat langsung sisa diambil di conveyer barang selesai deh bersamaan sampainya tak perlu pakai lama kan yah… anggap saja itu biaya kirim yang lebih murah namun lebih cepat J

Demikian tips pindahan yang nyaman, sharing jalur distribusi, tariff, referensi perusahaan expedisi / pengiriman barang / cargo yang saya gunakan untuk proses pindahan dari Makassar ke kota Ambon.  Semoga bisa bermanfaat buat yang butuh ya.

Untuk pengiriman sepeda motor MB dan mobil sementara belum sampai bulan Desember 2016 nanti akan saya share kembali buat kalian.

Selamat memasuki November ya …November rain in Ambon Manise land 🙂 

Beberapa artikel terkait Ambon bisa dibaca disini :

 

3 thoughts on “Jasa expedisi murah untuk pindahan antar kota

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *