Tampilan KITAP Terbaru 2016

Tampilan KITAP buat WNA terbaru 2016
Tampilan KITAP buat WNA terbaru 2016

Tampilan KITAP Terbaru 2016

Alhamdulilah per tanggal 20 Juni 2016 kemarin,  sebagai hadiah  memasuki tahun ketiga nya MB di Indonesia, akhirnya KITAP  nya akhirnya selesai juga, butuh perjuangan dari tanggal 22 April di submit dan akhirnya di KITAP terbit mulai berlaku dari tanggal 31 Mei 2016.

Bagian belakang KITAP
Bagian belakang KITAP

Namun baru di serahkan dari Kanim itu di tanggal 20 Juni saat acara IMC 2016 berlangsung, jadi prosesnya 58 hari total dari proses awal  submit dokumen dengan melewati tiga step, kantor imigrasi, kantor hukum dan HAM dan masuk ke dirjen imigrasi.

Sekarang KITAP terbaru warnanya beda,  warnanya kuning  dan hanya mencantumkan nama , nomor dan tanggal lahir si WNA, beda dengan KITAS sebelumnya warna kuning ngejreng dan lengkap nama istri sebagai sponsor WNA.

Kalau KITAP ini masih dalam bentuk kertas jadi kami laminating saja, dan copy buat jaga jaga saja, selanjutanya saya akan mengurus KTP WNA buat MB.

Langkah langkah akan saya share kembali di postingan di website ini, saya rasa langkahnya tak akan beda jauh sama pembuatan SKTTS yang pernah saya ulas disini, semoga pembuatan KTP WNA juga sudah gratis di dukcapil Makassar.dewaweb_promo_04_728x90

Satu lagi PR MB nih, halaman kosong di paspor nya habis, sisa 2 halaman pengesahan, ya ampun berasa dia kayak seleb saja, cap banyak sekali, yah maklum lah 3x KITAS ya tiga halaman juga belum lagi halaman halaman waktu kerja di dubai, cap visa masuk dan keluarnya banyak sekali. Pusing kalau mau copy paspor dia. Kata petugas imigrasi nanti kalau sudah ganti buku paspor sisa ke kantor imigrasi lagi buat dikasih cap di paspor terbaru untuk cap ITAS dan Cap MERP, untuk KITAP MB dapat MERP nya itu untuk 2 tahun, artinya bisa bolak balik ke LN. Nanti setelah 2 tahun apply lagi MERP berikutnya maksimal 2 tahun.

Untuk visa Izin Tinggal Tetapnya ada di cap di salah satu halaman paspor akan tertera nomor dan tanggal berlaku dari tahun 2016 sampai tahun 2021.Kemudian akan ada cap tambahan disitu yaitu MERP atau Multi Re Entry Permit berlaku hanya dua tahun dari 2016 hingga 2018, nanti kami wajib untuk apply MERP setelah 2 tahun itu expired.  Ingat jangan sampai lupa di cap, ada kejadian di daerah lain, entah karena lupa di cap di passpor jadi kasus dibandara saat si WNA akan kembali ke Indonesia, walau ada KITAP nya tapi di stempel ITAP di passpor tak ada, dasar hukum pengeluaran KITAP kan dari cap ITAP di passport itu.

dewaweb_promo_04_728x90

Total bayar untuk KITAP 5 tahun ini adalah Rp 5,3 juta terdiri dari ITAP , Biometrik, dan MERP 2 tahun. Intinya sekarang sudah bisa tenang tak perlu repot tiap tahun ke kantor imigrasi. Menghemat  waktu dan sedikit uang.  Nanti setelah 5 tahun kedepan sisa buatkan KITAP Seumur hidup biar tiap 5 tahun sisa melapor saja.

Demikian  sharing birokrasi kali ini, semoga  bermanfaat

BANNER FREE MEMBER

Silahkan lihat juga ragam info experience birokrasi WNA dan nikah campur dibawah ini

8 thoughts on “Tampilan KITAP Terbaru 2016

  • June 24, 2016 at 6:51 am
    Permalink

    Kitap nya mirip sama kitas suamiku yg pertama mbak Siti, tapi untuk kitas warnanya biru campur merah gitu, dan gak ada tulisan nama sponsornya. btw hari selasa kemarin saya juga dah masukin berkas untuk alih status kitas ke kitap, sekarang lagi nunggu petugas imigrasinya survey lagi ke rumah, semoga bisa cepet selesai juga, soalnya ada salah satu wna dsini yg juga lagi ngajuin kitap dah 2 bulan lebih tapi belum ada kabarnya, bikin deg2 an ini, takut di tolak, sayang uangnya 🙁

    Reply
    • June 24, 2016 at 7:31 am
      Permalink

      asik…. wah mantap kalau gitu sabar saja yahh..emang selain kalian ada wna lain di Ternate ya…so btw lebaran dimana nih?

      Reply
      • June 24, 2016 at 12:06 pm
        Permalink

        ada katanya orang Iran mbak, tapi aku juga belum pernah ketemu, ini yg ngasih tau juga orang imigrasinya sendiri :-D. Lebaran di Ternate aja mbak, MB dh balik kh dari perjalanan religinya?

        Reply
        • June 24, 2016 at 1:00 pm
          Permalink

          sudah, dia fokus ibadah di makassar saja nnti dekat lebaran kita mau ke pinrang.. pulkamp… mungkin habis lebaran mau ke surabaya..ada urusan sekaligus perbarui paspor MB yang sudah full cap nya.

          Reply
  • September 21, 2016 at 1:11 pm
    Permalink

    makasih infonya, merp itu sekarang wajib dibayar ya biar ga keluar negeri?

    Reply
    • September 21, 2016 at 11:37 pm
      Permalink

      dari dulu kan wajib bayar.. tapi KITAS usdah ada tempelan MERP nya jadi tak usah bayar kecuali kitap di tahun ketiga wajib bayar MERP lagi langsung 2 tahun

      Reply
  • January 18, 2017 at 11:40 pm
    Permalink

    Halo mbak siti,

    Selamat tahun baruu..

    Akhirnya dari bikin kitas, skrg mau nanya mbak siti untuk KITAP, rencananya mau bikin febuari ini.

    Lagi bingung kan paspor suami habis masa berlakunya oktober 2017, sebaiknya perpanjang paspor dulu, jadi itapnya di paspor baru ya? Yang saya bingung, kalo pake paspor baru, nanti ITAS dan MERPnya disuruh pindahin ke paspor baru dulu ngga ya?

    Thanks mbakk..doain lancar juga kitap suamii..

    Reply
    • January 21, 2017 at 12:55 pm
      Permalink

      wah saya juga baru mau buatkan suami paspor baru, sy belum tahu apakah harus cap ulang di paspor baru semuanya sy belum nanya nih.. ke kantor imigrasi..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *