Tips & Trik jualan barang bekas ( di Olx ) part 2

Salaj satu transaksi terbaru yang romantis dibawah pohon di sebuah bangku di bawah pengawasan satpam kantor lol
Salah satu transaksi terbaru yang romantis dibawah pohon samping kantor karena cafe t4 transaksi tutup #byebye my Q10 welcome my Q20

Tips & Trik jualan barang bekas di Olx 

Ini udah lama saya mau curcol masalah seseruan jual barkas via online, pernah saya ceritakan di kisah sukses saya di awal awal situs online barkas pertama lagi hits di Indonesia bisa dibaca disini, lalu saya sukses jualan barang yang dulu tak terpikirkan akan bisa jadi uang, dari tahun 2013 sampai sekarang saya adalah pemilik account setia di lapak tersebut dan telah banyak mendulang sukses mulai menjualkan semua barkas ibu, tante, bahkan barang masih baru yang tak pernah dipakaipun bisa laku disitu.Pernah saya kisahkan suka duka jualan barkas disini.

Kalau dihitung-hitung sampai sekarang mungkin sudah ada hampir 100 items barang saya atau lebih yang sudah laku di sana, prestasi terbesar dan terlama adalah menjualkan sepeda motor kesayangan kakak saya yang memang jenis type nya special, jarang yang punya, dan yang minati juga jarang,  harganya pun okay, dan saya butuh waktu sekitar 1 tahun lebih untuk bisa menclosingkan sepeda motor tersebut, alhamdulilah ya, dan buyernya dari  mana? Orang asli Papua yang ada di Jayapura,  lucunya transaksinya pakai uang cash, kalau gak salah harga sepeda motor besar itu dulu 22 juta ya, dan kami COD dikantor,  terus adik ku waktu itu masih disini, dan saya janjian dikantor, karena mau transaksi semahal itu dengan pakai uang cash, saya masukkan perantara buyer ini ke ruangan meeting, numpang bentar soalnya gak enak dilihat orang hitung uang biru biru yang begitu banyak. Hahahhhhh seru kalau ingat, habis transaksi saya buatkan kwitansi ber matrei saya tanda tangan, saya kasih copy surat kuasa buat balik nama BPKB terus saya turun ke bawah transaksi sepeda motornya dan terakhir kami salaman dan dia pergi membawa sepeda motor berwarna merah kesayangan kakak saya. Langsung setelah itu adik saya saya suruh pulang naik Gojek haahah… terus saya langsung ke bank yang bisa setor tunai, duit yang banyak tadi saya setor tunai semua dan langsung transfer ke rekening kakak saya…

Wihhh berasa sukses luar biasa hari itu, perjuangan  sampai tahunan itu saya mulai dengan scaling harga, nego banyak orang, janjian sana sini, ribetlah pokoknya, susah jual barang yang gak lazim memang karena kelas peminatnya hanya orang orang tertentu beda sama jualan hape yang merk umum , diposting sekali dengan harga wajar besoknya sudah  puluhan telpon sampai kadang jam 12 malam pun ada yang telpon.

Header 728 x 90 (2)

Kecuali harga yang dipasang ketinggian bakalan dapat sms dan telpon nego tak tahu diri, kenapa saya bilang begitu karena nego nya sinting gak pakai feeling , kita seller pasang harga 2 juta misalnya karena mungkin ketinggian jadi dia  ( calon buyer ) langsung nyerocos, 1 juta aja ya, wihhhh disitu kadang saya mau mengamuk  atau memutilasi orang tersebut saking dongkolnya, tawar tak pakai otak. Biasanya saya tak layani orang kayak gitu atau kalau lagi iseng saya jawab, saya tak terima nego, kalau mau silahkan kalau tidak saya tunggu buyer yang lain sampai ada. Hahhhhhh harus dibalas dengan keras juga . Ini yang bikin dongkol berurusan dengan calon di buyer di situs online barkas itu kendalanya kadang  tak beretika orang orang yang nawar. Ada yang tiba tiba add WA padahal saya paling malas layani jual beli beginian lewat WA mengganggu  privacy, kalau sms tak masalah karena engange nya tak lama, selesai transaksi ya selesai.

dewaweb-728x90

Ada yang miscall, adooh gak modal bingits, ada yang sms terus yang bayar biasa sms nya saya ahahhah ini lebih kere lagi, memalukan dunia perdagangan internasional.  Tadi saya sudah jelaskan sukses story termahal yang pernah saya transaksikan, dan pernah juga loh rumah seharga 800 juta laku karena iklan saya disitu. Saya dapat fee dari sepupu saya yang sales rumah, ini juga beruntung karena sales rumahnya jujur dapat referensi dari iklan saya, masih ingat feenya 8 juta potong pajak  jadinya 7.2 juta kayaknya. Duitnya waktu itu saya apakan yahh kayaknya dibelikan emas batangan hahaha buat investasi.

Terus, kalau jualan termurah hhahahh barang bekas warkop lama, dikisahkan disini saya pernah usaha warkop dan dua kali pindah lokasi, nah menyisakan  banyak barang , karena tempat terbaru ini beda konsep lagi. Jadi semua kursi di warkop lama habis saya jual, via online juga, tabung gas, kompor gas, piring pirng kecil dan gelas gelas, ada loh buyer yang membeli karena mereka mau dapat barang dengan harga lumayan, ingat buyer ku adalan TNI datang ke bekas café lama hanya naik sepeda motor dan tahu gak kompor gas, sama tabung gas kecil dan piring dan gelas, dan rice cooker saja semuanya diangkut kedalam sepedamotor maticnya sampai diikat sampai depan dia aja ditaro kompor. Ihhh seru saya aja sampai tak percaya itu  barang bisa dibawa . Memang bapak  TNI ini kreatif banget, oh ya beliau juga selain TNI abdi Negara adalah beliau juga ngurus warkop dikantor dia, jadi kata dia yang sangat atletis ini, setelah apel pagi subuh subuh langsung jaga warkop semacam kantin dikantornya dan jualan disana sama istri sampai sore. Bihhhh salut deh eike sama beliau, tetap semangat jadi abdi Negara dan tetap semangat menjemput rezeki lewat ber niaga.

Terus transaksi kecil kecil terakhir yang kalau MB suka mentertawai saya kalau saya suka foto barang sisa  warkop saya posting dan jual ( hobby & bakat ), bahkan pernah MB tak percaya kalau itu bisa laku, ada saja yang beli, piring rotan ada 8 sisa buat kerupuk diatas meja kan kalau di café tuh, saya masukkan malamnya di situs barkas dan besok nya udah ada bapak bapak telpon mau COD besoknya, saya saja yang menunda lusa karena saya lupa bawa barangnya di mobil tanpa ribet ditawar tanpa di cek langsung transaksi duit dikasih dan saya kasih kantongan nya. Done deh saya suka transaksi tak pakai ribet kayak begini. Karena saya sudah kasih harga wajar harga murah, harga beli sebiji 15 ribu , terus jumlahnya 8  itu totalnya 100 kan, saya tulis disitu no nego deh itu sudah termurah jelas fotonya masih okay dan saya kasih harga Cuma 50 ka hahhaha wajar saja transaksinya semulus itu. Aku diketawain MB katanya begituan aja di jual, soalnya pas belinya juga pake duit dari pada memenuhi rumah yang sempit mending semua jadi uang.Emak emak mata duitan ya..   duit 5 M itu tak komplit kalau tak ada 50k nya.. jangan sepelekan uang kecil…

Sebenarnya modal saya di awal awal buka café itu  belum balik 100 persen ya tak mungkin lah tapi berkat situs jual online barkas ini lumayan banyak juga yang laku, tenda juga sudah laku, yang belum laku perintilan kecil saja yang memang saya tak posting buat dijual karena sibuk, nanti hari minggu depan saya mau kumpulin dan foto langsung dan tulis harga kolektif saja . Biar jadi duit lagi buat nutupin modal.

Berdasarkan pengalaman saya berkutat di dunia online barkas mau pun lapak marketpace barang baru saya infokan beberapa tips agar cepat laku ini berlaku untuk olx.co.id yang saya gunakan beberapa tahun ini  sebagai berikut :

  1. Cek harga dulu di olx untuk kategori dan type produk yang sama, cek lokasinya samakan harga wajar yang ada dikota anda, contoh blackberry Q10 saya laku di harga 1.45 juta, kalau saya  cek lokasi di Jakarta harga bisa lebih murah, terus di Makassar harga bisa lebih tinggi 50k. Jadi pasang harga di range 1,5 juta  Contoh kasus Blackberry Q10  seri dua yang akhirnya saya jual kembali hari ini, laku diharga 1,45 juta masih diatas rata rata di olx yang harga 1.3 an juta.   Harga awal saya  pasang harga gila 2.3 juta, karena ingat beli barunya 5 juta cuihhh hahahha gila saja nih Hape penurunan harganya kayak loncat kayak air terjun Niagara. Beli second nya saja, misalnya adik saya beli hp yang sama tapi second di harga 2.1 juta dalam 8 bulan kemudian dia jual sisa 1.4 juta. Gila kan turunnnya. Ini yang pernah saya posting masalah devaluasi nilai di barang elektronik bisa dibaca disini.  Balik lagi ke Q10 saya kemarin, ternyata harga seluruh Indonesia untuk jenis hp yang sama sisa 1.3 an ahhahah. Pantas saja banyak sms yang masuk minta nego. Jadi semalam saya rubah ke 1.5 juta, ini namanya scaling harga Biar starteginya nanti ada yang nawar kan nawar itu kan dari atas ke bawah kan….Dan setelah tiga hari tayang, saya scaling lagi semalam saya turunkan 50 ribu jadi 1,45 juta harapannnya akan ada nego dan saya turunkan di harga 1.4 juta. Si buyer ini sudah WA dari pagi, dia pura pura nanya lagi  harga  berapa saya langsung balas agak keras, silahka cek konten iklan deh ada kok harga disitu terus dia balas lagi bisa nego gak, saya pintar pintarnya jawab karena hari ini juga ada yang mau ambil setelah jumat dengan harga segitu tentunya saya tunggu penawaran tertinggi, kalau mau silahkan ambil sekarang kalau tidak saya tunggu buyer yang mau hahaha. Dan betul adanya, si buyer langsung telpon tadi dan dia sudah depan kantor,  dan transaksi deh apalagi dia lihat barangnya kwitansi komplit barang super mulus eike kasih bonus casing pula pintar kan J smart selling aahhahahah
  2. Centang Nego lebih baik kalau mau agak ribet dikit, ada kecenderungan dari para buyer jika berhasil nego biar beda 50 k itu mereka happy padahal sudah dinaikin harganya 50 k sebelumnya kan. Cuma memang negosiasi sama pelanggan itu melelahkan dan menyebalkan. Tapi itulah resiko jual beli terus pakai centang nego.
  3. Jangan centang nego kalau mau tak pusing dengan telp permintaan banting harga, bahkan walau pun tanpa nego disitu dicentang orang masih aja nego. Buyer ini kadang tak suka membaca asal lihat judul dan telpon langsung.
  4. Narasi / materi iklan dipanjangkan, detail di jelaskan barangnya apa, type nya apa, seri nya apa, warna apa, box ada apa tidak? Lecet nya ada? Mulus atau kurang mulus berapa persen? Minusnya apa? Pemakaian berapa lama, garansi berapa lama, kelengkapan apa saja, bonusnya apa saja, terus jangan lupa infokan Cuma mau COD atau bisa kirim ke luar kota, infokan juga mau nego via sms atau, contoh jualan BB Q10 transkasi tadi pagi itu saya lengkapi hanya MAU COD depan kantor xxxx pojok kiri kantor ada café, transaksinya malah romantic dibawah pohon karena café depan kantor tutup kan puasa hahahha itu tempat ngademnya driver biasanya. Narasinya juga di clearkan kalau mau komunikasi pakai SMS Only or Telpon saja. Biar enak transaksinya.
  5. Pakai strategi pemanis, tawarkan bonus misalnya casing kan, otomatis HP second pasti ada casingnya lagian buat apa disimpan, ingat teori menjual tawarkan nilai tambah, bilang aja di narasinya bonus casing hape menarik, casing lipat cantik, padahal itu kan Copy Writing saja yah… Ini  selalu menjadi sesuatu yang buat buyer pilih beli dikita.
  6. Pasang foto yang menarik dan jelas, upayakan lebih dari satu, misal kalau HP saya pasti foto box, foto dalam nya box lengkap dengan HP dan saya buka aksesoris HP di gelar baru di foto, sekalian foto terpisah bonus nya kayak casing. Dijamin buyer akan sangat senang dan tak perlu banyak komentar dan banyak cincong kalau detail fotonya bagus dan narasi nya jelas.
  7. Pakai yang berbayar, ini saya sudah gunakan setahun terakhir fitur berbayar dari OLX, kategori pembayaran ini berbeda beda tergantung kategori, kalau paling mahal itu kategori property, hitunganya per minggu, kan beda tuh harganya property sama barang barang biasa, kalau paling banyak yang saya jual ya  ( kayak punya warung saja yah ) barang keperluan pribadi dan HP, kalau elektronik / Gadget itu biasanya Cuma bayar Rp 5,000/ bulan.  Saya selalu inject saldo 100k sebulan buat semua jualan jualan barkas ku ahhahhaha. Worthed banget lah menurut saya,  bayar 5000 ribu itu buat dapat label istimewa diiklan jadi kelihatan bold, saat ketika kata pencarian maka muncullah nantinya iklan kita, anggaplah di prioritaskan dibanding yang FREE alias tak berbayar. Apalagi kalau kategori barang itu yang jual ratusan bisa dibayangkan pasti sudah paling bawah.  Kalau jaman dulu masih nama lama tokobagus itu ada namanya sundul iklan ala ala kaskus, sisa klik dan akan di pasang di top teratas. Sekarang itu sudah tak ada lagi.Jadi rata rata semua iklan iklan saya disana berbayar. Kecuali property karena sekarang yang bisa dijual di olx sekarang harus ada gambar nyata bukan gambar brosur, kalau dulu enak foto foto brosur bisa dipasang, sekarang  tak bisa, posting iklan biasa saja tanpa foto langsung di reject. Apalagi property harus ada foto rumah yang jelas sudah jadi, atau minmal ada gambar rumah yang sedang dibangun. Makanya saya jadi kesulitan bantuin sepupuku jualan online karena rata rata rumah jualan dia baru jualan di brosur saja belum dibangun nanti closing baru deh mereka mulai bangun.
  8. Inject saldo di account Olx nya saya minimal selalu ready 100k, dan kalau dulunya sangat ribet karena Cuma menerima media pembayaran bank BCA ternyata sekarang sudah bisa transfer antar bank, saya hanya perlu transaksi sms banking dan biasanya saldo sudah ter top up, kecuali kalau saya  transaksinya malam  hari biasanya kalau transfer antar bank besok baru bisa ter top up dan toh sekarang olx sudah banyak  jenis rekening bank jadi lebih mudah bisa top saldo buat fitur berbayar.

Untuk rincian fitur berbayar di OLX ini aku rincikan dari website nya :

Definisi Fitur Berbayar OLX

  1. Fitur berbayar adalah sejumlah fitur yang disediakan oleh OLX Indonesia yang saat ini dapat digunakan untuk melakukan promosi iklan maupun untuk memasang ulang iklan yang sudah habis masa aktifnya.
  2. Saldo OLX adalah sejumlah nilai yang telah anda bayarkan untuk dapat digunakan berkenaan dengan fitur berbayar yang disediakan pada Layanan OLX Indonesia.
  3. Label Istimewa adalah fitur berbayar dimana iklan anda akan diberikan label “istimewa” yang menandakan kondisi produk yang anda jual. Iklan tersebut akan tetap berlabel istimewa selama masa aktif fitur Label Istimewa dari iklan anda masih berlaku.
  4. Latar kuning adalah fitur berbayar dimana iklan anda akan lebih mudah terlihat. Iklan tersebut akan diberikan latar belakang kuning, sehingga berbeda dengan iklan lainnya selama masa aktif fitur Latar Kuning dari iklan anda masih berlaku.
  5. Pasang Ulang adalah fitur berbayar untuk mengaktifkan kembali iklan anda yang sudah habis masa aktifnya.
  6. Sundul Iklan adalah fitur berbayar untuk menaikkan posisi iklan ke paling atas seperti saat iklan anda baru saja ditayangkan dengan ketentuan apabila ada iklan yang lebih baru dari yang iklan anda, ataupun apabila ada orang lain yang menggunakan layanan ini, iklan anda akan perlahan-lahan akan turun ke urutan berikutnya.
  7. Sundul Plus adalah fitur berbayar untuk menaikkan posisi iklan ke paling atas seperti saat iklan anda baru saja ditayangkan yang juga memperpanjang masa aktif iklan. Tentunya sama seperti dengan fitur sundul apabila ada iklan yang lebih baru dari iklan anda, ataupun apabila ada orang lain yang menggunakan layanan ini, iklan anda akan perlahan-lahan turun ke urutan berikutnya.
  8. Top Listing adalah fitur berbayar untuk membuat agar iklan anda terus menerus berada di bagian atas dari halaman tertentu di kategori produk yang anda iklankan selama masa aktif fitur Top Listing dari iklan anda masih berlaku.

Kalau saranku tak usah pakai yang lain lain saya sudah sangat nyaman dengan fitur LABEL ISTIMEWA paling murah dan masih efektif kalaus sundul iklan 12500/minggu itu kalau taka da iklan jenis barang sama kalau ada turun deh kitanya. Terus kalau mau perpanjangan masa, gampang sisa copy materi iklan lama, ya mulai pasang iklan baru saja, dan ambil gambar barang sebelumnya iklan kan lagi, langsung pakai label istimewa pasti langsung di approve deh. Karena kalau mau sundul iklan bayar lebih mahal.  Toh buyer bakal search semua jenis barang dicari nah kalau iklan kita di bold label istimewa sangat kentara kok nih saya capture contoh nya

Contoh Fitur Label Istimewa di OLX
Contoh Fitur Label Istimewa di OLX

Fitur lain mirip miriplah, intinya kalau mau Berjaya cepat di  jualan yang margin gede, main di fitur berbayar wajib dan kalau perlu pakai TOP LISTING kalau Cuma barang second cukup LABEL ISTIMEWA dijamin cepat laku modal Cuma 5000 kok anggaplah uang parkir.

Tips dan Triks nya 8 saja dulu ya, jika ada experience baru lagi akan saya share, dan kalau bisa saya analisa tingkat kesuksesan jualan barkas saya di lapak olx saya  bisa bilang 80 % dari keseluruhan, nilai ini menurut saya bagus kok layak buat dimanfaatkan. Ini murni pengalaman menggunakan sejak jadi member di tahun 2013 silam dan sudah berhasil menjual hampir 100 item ahhahahha.. itu barkas semua, kalian tak akan percaya saya pernah transaksi kursi bekas warkop di parkiran kantor sam a buyer ku yang pegawai instansi berseragam katanya buat istrinya, cerdasnya saya pilih parkiran agak keluar hari itu jadi si bapak saat sudah ditelpon saya suruh parkir samping mobil saya, transaski deh kita hahhah untung banyak mobil dan parkiran luas jadi enak bertransaksi 🙂 kalau HP mah gampang nongkrong di cafe depan kantor yang persis parkiran ………………PRESTASI donk ya……………

Demikian curcol suka duka berjualan barkas ( barang bekas ) di online khususnya olx.co.id dan ragam tips berjualan biar cepat laku dari saya. Murni ini hanya buat sharing saja buat teman teman biar dirumahnya barang bekas tak menumpuk dan bisa di manfaatkan hasilnya buat yang lain. Biarkanlah orang yang butuh barang anda menggunakannya dan mendapatkannya dengan harga wajar. Tapi kalau tak mau duit ya silahkan sedekahkan saja dijamin Yang maha pemberi akan menggantikanya segera.

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *