Suka duka pengguna jalan

SURAT KWINTASI BAYAR KLAIM ASURANSI REVISI
kwitansi pembayaran buat klaim asuransi 

Kemarin menjadi hari yang menyenangkan sekaligus membuat shock sorenya bagi saya,  seharian bermain di acara family gathering kantor dari jam 8 sampai sore. Dan pokoknya kita main di indoor theme park trans studio  sampai puas, sampai kaki saya lelah. Nanti aku sharing di postingan khusus kalau sempat ya.  

Buru buru setelah pengumuman door prize terakhir yang tak membuatku memenangkan iphone 6 sebanyak 10 unit dan 1 sepeda motor keren.Memang rezeki itu sifatnya misteri, tak apalah yang menang ada banyak kok yang tak menang lebih banyak lagi. Saya pun menyetirlah pulang tetap happy karena kami kenyang, dapat saldo T-Cash 1 juta buat makan makan di sana, sorga dunia buat MB, kami bisa makan ice cream Baskin Robbins tanpa merasa berdosa dan makan ice cream jeju sampai beberapa kali. Puas pokoknya.

Hujan deras mengguyur, saya menyetir pelan, di sebuah persimpangan jalan, lampu merah saya pelan mengeram ternyata depan ku juga ada mobil yang pelan, kena deh bemper depanku tergores ke bemper belakang mobil DD 14xx QC saya ingat sekali karena setelah kejadian saya jadi shock tapi tetap stay cool. Si pengemudi yang usianya  masih sangat muda melihat goresan baru datang ke saya, saya beri kode untuk sama sama minggir ke kiri, kalau di filem filem tuh harusnya saya lari saja yahh..  MB yang ada disampingku ngomel ngomel dan panik saya bilang diam saja biar saya bereskan semuanya. Saya suruh MB tetap diam dan sembunyi di mobil ntar kalau lihat ada bule saya bisa terzolimi lebih.

Saya langsung minta maaf tadi agak buyar konsentrasi karena asik ngobrol dan hujan juga merusak konsentrasi pandangan ku kedepan. Langsung saya foto plat mobilnya dan sedikit goresan cat mobil saya nempel di bamper belakang juga saya foto saya tawarkanlah pemuda itu buat saya klaim kan asuransi mobilku. Dan saya minta nomor hape nya buat koordinasi, saya berikan kartu nama dan saya tunjukkan kantor saya, awalnya minta KTP setelah menunjukkan kartu nama dia sudah tak minta lagi, dia cuma minta saya nanti siap menelpon orang tua pemuda itu yang punya mobil tersebut malamnya atau besok.

Saya pun setuju, langsung kami berpisah, setelah saling memberi nomor hape, malamnya saya agak panik akan hal ini, si bapak pemilik mobil pasti menelpon saya. Ternyata semalamn saya tunggui tak ada yang telpon. Siangnya baru di telpon sama pemuda yang kemarin, dia bilang dia takut mengaku ke orang tua nanti dimarahi, dia mau masukkan langsung ke bengkel saja mobilnya.Jadi saya tawarkan saja saya bayar uang klaim all risk Rp 200k, nanti dia sendiri pakai asuransinya yang klaim tak perlu melibatkan asuransi mobilku lagi.

Dia setuju, janjianlah saya di cafe depan kantor ku di jam makan siang, saya pun tak lupa bawa kwitansi resmi, saya tulis detail dikwitansi dan minta SIM sebagai identitas diri, dia tanda tangan dan saya berikan uangnya. Urusan dia akan klaim betulan dengan asuransinya nanti urusan dia dengan Tuhan, yang jelas saya sudah bertanggung jawab kasih dua solusi saya akan perbaiki mobilnya pakai asuransi ku atau pakai asuransi dia dan saya yang akan bayarkan klaimnnya.

Ini pertama kali saya berurusan dengan pengendara lain gara gara saya ceroboh, yang ada mobil saya banyak goresan saat parkir di tempat umum ada saja yang gores pernah juga dikantor saya sambil terima telpon sambil parkir mundur  di parkiran beratap ternyata bagian belakang kan ada tiang penyangga atap saya kurang fokus tergores dikit deh. Sampai sekarng saya belum klaim, kayaknya minggu ini harus klaim karena Mei nanti asuransinya berakhir.

 7 Tips jika terjadi kecelakaan di jalan raya, melibatkan pengendara lain sbb :

  1. Cek kelengkapan SIM dan STNK dari pengendara yang bersinggungan dengan anda , misal menyenggol atau menyerempet, kalau keduanya tak ada, sudah jelas si dia melanggar lalu lintas, yang saya khilaf atas kejadian ini saya baru cek tadi SIM di foto itu kan SIM C, nah harusnya SIM A kan, dia yang tak seharusnya berada di jalan raya. Hiks semoga anak ini tak menipu aku. Semoga duitnya bener dibayarakan klaim asuransi.
  2. Lihat lecet atau spot goresan pastikan itu hasil goresan terbaru yang terjadi, foto buat identifikasi lanjutan.
  3. Tanyakan si pengemudi ada asuransi atau tidak?
  4. Tawarkan untuk perbaiki kerusakan menggunakan asuransi anda kan dalam kebanyakan polis akan menanggung perbaikan kendaraan korban yang ditabrak dengan nilai tertentu.
  5. Atau kalau dia juga punya asuransi tawarkan bayar klaim asuransinya kalau tahun lalu masih dapat 1 kali klaim Rp 200k kalau kontrak terbaru sudah Rp 300k.
  6. Minta maaf jika memang anda salah,
  7. Jangan lupa selalu siapkan kwitansi dalam kendaraan anda untuk jaga jaga kejadian serupa terjadi dan si korban minta bayar uang klaim asuransi sisa isi narasi bahwa ini pembayaran buat klaim goresan di mobil dan setelahnya kasus selesai.

Setelah si pemuda baca narasi kwitansi dia pun tanda tangan dan kami pun salaman, dan duitnya pun saya serahkan ke dia, semoga beneran dia pakai buat klaim asuransi. Kalau tidak urusan dengan saya sudah kelar.

Jangan lupa selalu asuransikan kendaraan ya, baik sepeda motor, mobil atau lainnya. Setidaknya kejadian serupa menimpa solusi menjadi lebih mudah.

Seru ya week end saya minggu ini, semoga ini menjadi penggugur dosa dan 200k nya menjadi jalan rezeki buat bengkel yang kerjasama dengan asuransi. Semua fair kan, jadi semua bahagia. Dan saya pun sekarang sudah bisa tidur dengan tenang.

BANNER FREE MEMBER

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *