11 Tips pemilihan hewan piaraan ala MB & Pasar Hobby di Makassar

RIP Wilma
RIP Wilma

Beberapa bulan  lalu, tepatnya di bulan November, secara resmi MB akhirnya berhasil  membeli pet perdana nya, hahhhhhhhhh ini bule dari kecil tak pernah punya pet hehehe kasihan ya…. cup cup cup, proses pencarian untuk pet jenis apa yang mau kami beli itupun prosesnya lama.Jadi saya summary pertimbangan dalam pemilihan hewan piaraan buat MB. 

Header 728 x 90 (2)

11 Tips untuk pemilihan hewan peliharaan buat MB sebagai berikut :

  1. Biaya perawatan minimal, alias ringan di ongkos, maklum kami bukan berkelimpahan uang, jauh dari itu hehhehe pohon dollar belum tumbuh tumbuh masih sementara di semai bibitnya…,
  2. Kotorannya binatang tersebut tak bau, nahhh banyak binatang biar lucu tapi kalau BAB nya bau hahahh siapa yang mau bersihkan…. Big NOOO!!! contoh kelinci hahha imut imut tapi bau Pup nya Amit amit…coba aja………….
  3. Pakan / makanannnya tak ribet alias praktis, ada kan binatang yang special treatment, vitamin dkk nya saja mahal…. kami tak sanggup deh biayain binatang mending urusin investasi bisnis hehhee ….
  4. Tidak gampang mati alias bandel alias sehat, ada kan binatang yang sensitive dikit dikit sakit dikit dikit dibawa ke dokter hewan hahaha maaf saya aja malas ke dokter apalagi bawa pet ke dokter big no no…
  5. Sangkarnya tak butuh space khusus, alias kagak ribet, rumah imut imut mana muat kalau mau piara ayam atau harimau hahahaha. Gampang lah bisa di angkat angkat sangkarnya dan tak rempong alias praktis
  6. Harga binatang itu masuk akal ya, kemampuan saya untuk tes perdana adalah harga ratusan ribu saja ya… tak berani beli binatang yang sudah 6 digit, ada tuh hewan harganya juta juta padahal mengerikan bagi saya, ada buaya lah, ular lah,.. big no to us…
  7. Bentuk binatanganya cantik dan mudah kalau di belai atau di elus elus, saya kan tak mau elus landak hahaha  dan ini tak mungkin kalau saya piara landak ya, tapi serius ada teman kantor saya punya segala jenis binatang dirumahnya sampai landak juga ada OMG !!!!!!!
  8. Potensi berkembang biak kurang alias gak sembarangan hamil siapa yang mau rawat anak anaknya, hahaha eike belum sempat satu aja dulu biar fokus dan bisa mendalami hubungan batin dengannya, ada tuh kucing sepupu saya ekh baru di piara 3 bulan udah beranak binak haha yang stress ibunya kok bisa hamil ya  tahu sendirilah kucing betina tingkahnya genit genit. Sampai ibu sepupuku stress mikir mau kasih ke mana itu anak anak kucing yang banyak itu.
  9. Warnanya cantik, ini penting biar saya juga adem melihatnya.
  10. Dan ada komunitasnya, biar MB sebagai new pet owner bisa mulai bergaul dengan hobby barunya, maklum banyak hobby yang ditekuni sejak di Indonesia tapi gagal di dalami, contoh  Futsal, tennis, badminton, gitar sampai kita bela belain jam kerja hunting gitar demi dia karena dokter psikiater pernah menyarankan hobby seperti ini bisa meredakan stress hahaha ternyata saya yang strees perjuangan untuk mendapatkan itu gitar itu, sampai saya sudah utak atik OLX, Makassar dagang sampai sudah COD an dan batal, sekarang sang gitar hanya berdebu dalam tas nya yang mulai kena jamuran. Hiks kalau saya mau jual dia marah… hm dassar .
  11. Ada kegiatan perlombaan nya, alias kejuaraan buat pet yang mau kita piara biar seru, apalagi buat MB yang status banyak waktu luang, belum punya anak buat main ya sudah solusinya urus PET.

Nah dari 11 item / kriteria / tips diatas, semua itu jatuhnya pada burung, nah untuk burung sih ada yang BAB nya bau juga makanya saya perkecil lagi pencariannya biar semua 11 ini bisa saya filter kan ke PET baru kami ini.

Dan hasilnya kami jatuh cinta pada LOVE BIRD ( LB ) alias Burung Cinta. Dari segi warna sangat cantik malah mirip burung kakatua, bedanya badan LB lebih kecil. Dan LB tak bisa bicara cuma bisa berkicau, Pup nya tak bau sama sekali, makan/ pakanya millet biasa saja sama kalau mau bagus kicauannnya diberi jagung muda/kangkung kalau saya mah kasih milet saja. Terus kandangnya juga murah dan tak mahal, terus pakannya mudah dibeli di pasar hobby, terus pemeliharaan tak ribet cukup kasih makan, minum kalau ada waktu jemur di pagi hari terus kalau malam segera di bedong alias di tutup selimut di luar sangkar biar tak kedinginan atau biar bisa istiraat tak terganggu suara suara luar dan tak digigit nyamuk nakal. 

Jadi setelah mendalami hal tersebut diatas dan MB mengumpulkan pundi pundi dollarnya yang carut marut selama di Indonesia. Setelah kita amati tetangga juga ada piara burung walau bukan sejenis yang kami ingin beli akhirnya suatu hari di week end kami berburu ke pasar hobby yang ada di Makassar, dimana disitu semua pusat penjualan hewan piaraan nah letaknya ada dimana? ya ada di rekaman youtube dibawah ini,  terletak di Pasar Hobby Todopuly, ujung jalan Todopuly. Bahkan di sekitar tempat ini ada namanya tempat penitipan hewan VON GOWA PET SHOP, jasa pengiriman hewan dan rumah sakit hewan di makassar.

Dan saya dengar di radio tadi bahwa area pasar Hobby todopuly ini akan di renovasi menjadi pasar hewan piaraan / pasar hobby Makassar  berkelas intrnational untuk menarik wisatawan jadinya tempat ini akan menjadi tempat wisata.

Mari kita tunggu janji dari pemeritahan saat ini ya. Nanti saya akan videokan kalau sudah jadi, sekarang masih tak berkelas sama sekali.

Oh ya kembali ke PET, akhirnya kami ke pasar hobby di Makassar alangkah kebetulan di salah satu stand itu ada kenalannya MB yang teman nya selalu ke masjid di kompleks, dan ternyata pemilik stand itu adalah saudara teman MB. Di stand itu bukan cuma hewan piaraan burung cinta saja yang banyak ada burung piaraan lainnya, kayak burung Nuri, burung kenari, burung merpati, burung kakatua, ayam bangkok,  bahkan sampai ayam kate juga ada, dan sampai ikan mahal mahal kayak jenis ikan arwana dan bibit bibitnya juga,   Gayung bersambut deh hari itu , kita di arahkan untuk beli burung LB nya saja, alias Love Bird, yang sedang ranum ranum warnanya, warna hijau muda, kuning dan sedikit kemerahan pokoknya cantik deh. Dikasih harga sepaket dengan sangkar yang kompak juga warna hijaunya, makanan, sarung batik buat sangkar alias bedong batiknya, dikasih diskon, katanya.. total kami bayar 600 ribu dengan sangkar dan burung LB yang berusia 1 tahun sudah pandai berkicau sudah dapat milet sebungkus besar dan dapat selimut batik. Kalau ukuran kata teman saya sih itu sudah murah.

Harga burung cinta di Pasar Hobby todopuly paling murah Rp 300,000 usia sekitar 3 bulan, semakin berumur dan semakin cantik bulu alias tak lazim warnanya semakin mahal, yang warna biru itu harga 1 jutaan yang warna abu abu ala Batman 1,2 juta yang juara kompetisi nasional harganya 60 Juta…siapa juga yang mau beli burung seharga mobil hehhehe.

MB sangat senang sekali, kami bawa pulang dan MB memberi nama WILMA 🙂 the Bule Love bird heeeh  awalnya saya mau kasih nama tweety hehhehe tapi MB tetap mau kasih nama WILMA ya sudahlah, yang muda mengalah. Wilma kemudian menghuni sangkar hijaunya dan di taro diteras, tiap hari MB dengan tekun mulai sembarang eksperimen, wilma dikasih gelang buat manjat manjat dan mainan,  di downloadkan suara suara burung cinta biar bisa berlatih pagi pagi, si Wilma pun dimandikan dan disemprot habis habisan. MB pun mulai mencari di google cara perawatan Burung Cinta.

Tak lama berselang, Wilma yang kami sayangi menunjukan gejala gejala suka turun ke dasar sangka dan meringkuk, kami pikir akh itu biasa saja, soalnya kami bingung mau tanya sama siapa dan suatu sore dengan sedihnya MB menelpon saya saat itu dia pulang dari sholat ashar dia sedih katanya Wilma meninggal, di sangkarnya, dia sedih sekali dan dia menguburkan di halaman yang ada sedikit tanahnya, sejak itu si sangkar hijau  itu kosong.  Sedih juga ketika punya Wilma dalam sangkar dengan tanpa dia, yang  biasanya bersiul ramai kini sepi.

Pasar Hobby di Makassar
Ada bule yang suka ke Pasar Hobby di Makassar
Salah satu stand Pet Shop di Pasar hobby Todopuly
Salah satu stand Pet Shop di Pasar hobby Todopuly
Salah sudut Pasar Hobby Todopuly Makassar
Salah sudut Pasar Hobby Todopuly Makassar

Dan akhirnya setelah satu bulan Wilma pergi kami hunting kembali pengganti Wilma, dan akan saya kisahkan di postingan tersendiri.

Sekarang kami sudah punya pengganti Wilma, sepasang burung cinta dengan warna yang berbeda. Kisahnya ditunggu di postingan berikut ya.

So bagi teman teman yang butuh advice buat pemilihan / tips memilih hewan piaraan bisa mecontek gaya kami haha tergantung keuangan juga sih, dan bagi yang butuh informasi terkait pet shop dan pasar hobby di Makassar informasinya ada di video diatas ya.

Tunggu postingan dan kabar Wilma II kami yang berpasangan hehehe…,nah kalau kalian punya pet binatang apa??

BANNER FREE MEMBER

20 thoughts on “11 Tips pemilihan hewan piaraan ala MB & Pasar Hobby di Makassar

  • January 11, 2016 at 4:36 pm
    Permalink

    sabar bgt ya ngurus pet, walo semudah dan sesimple apapun pet-nya tetep jg kan butuh kesabaran. Klo aku ga suka ada pet sih di rumah hihihi.. tp klo dipikir2 bnr jg klo bs si pet ini pny komunitas dan ikutan lomba, biar hidupnya lebih berwarna hihi..

    Reply
    • January 12, 2016 at 12:48 am
      Permalink

      iya ternyata LB itu ada kompetisi tiap minggu dan banyak hadiahnya… aku baru tahu juga…………..

      Reply
  • January 11, 2016 at 10:26 pm
    Permalink

    sedih ingat Wilma, *kayak kenal aja*, saya suka kucing mbak Siti tapi suami saya gak suka jadinya yg muda ngalah juga,hehe.

    Reply
    • January 12, 2016 at 12:49 am
      Permalink

      hahahaha yaa MB juga gak suka kucing aku juga malas… enakan ikan sih sama burung……….

      Reply
  • January 12, 2016 at 12:48 am
    Permalink

    Wah dirumah aku kaya kebun binatang, ada burung kenari aja ada 6 rame nya luar biasa, lovebird 1 berisik hhhhaaaa trus ikan cupang 3 ma anjing pug pemalas 1 hhhhaaaaa kumplit ya mbak..

    Reply
    • January 12, 2016 at 12:50 am
      Permalink

      hahhhhh rumahmu kok banyak komunitas ya ampun siapa yang urusin………hahaha bayangkan saja sudah rempong…………..

      Reply
      • January 12, 2016 at 12:54 am
        Permalink

        Kalau burung suami mbak, kalau ikan ma anjing aku, jadi tanggung jawab masing masing..

        Reply
        • January 12, 2016 at 2:21 am
          Permalink

          bagi tugas berarti… saya aja ngurus ,, sepasang sudah mulai rasa ribet lol

          Reply
          • January 12, 2016 at 2:23 am
            Permalink

            Hhahaha iya mbak tanggung jawab itu penting kasih hewan hewanya Kalu di cuekin pada Mati Nantinya..

  • January 12, 2016 at 1:34 am
    Permalink

    keluargaku paling ga bisa pelihara unggas2an gitu kak termasuk burung atau ayam di rumah. pasti mati karena sakit, dulu malah punya burung puyuh eh mati digigit tikus huhuu pdhl udah dilampuin dan ga lama ayam negeriku mati kena tetelo. akhirnya dikubur *eh apa dibuang ya sm ortu?!

    skrg peliharaan dirumah cuma kucing doang, itu pun ada lima dan ortu suka ngomel2 tapi kadang disayang malah sampe dikelonin kayak baby kak.
    klo aq pertimbangan pelihara hewan, cari hewan yang bisa dicuekin, hahahaha kyak kucing kan klo dicuekin bisa main sndiri. wlau kadang digangguin juga sih klo mrka lagi tidur siang. :p

    Reply
    • January 12, 2016 at 2:22 am
      Permalink

      hewan yang bisa di ceuekin?? hahahah bagus juga pertimbangannya tak rempong berarti ya…

      Reply
      • January 12, 2016 at 3:43 am
        Permalink

        iya hihihi, maksudnya hewan yg ga menuntut treatment secara terus menerus.
        kalo kucing kan cukup dikasih makan minum dan yg pnting tempat pup dan peenya bersih tiap hari.
        klo sakit, keliatan kok ga mau makan dan diem aja.
        dan kucing bisa main2 sendiri tnp nuntut kita mesti ngusel2 mereka. kcuali kucingnya udah terlanjur “cinta” sama kita kak. bakalan rempooong.

        di rumah, adekku yg cwo punya kucing yg posesif bgt sm dia. jadi klo adekku blm tuangin makanan ke mangkuknya *Walau mangkuknya udh terisi makanan* dia bakalan ngeong trs ke adekku dan ngikutin kemanapun adek pergi. bahkan klo mandi bisa ditungguin di depan pintu kamar mandi. ini kucing kampung pula hihihi

        Reply
        • January 12, 2016 at 9:10 am
          Permalink

          baru tahu saya kalau ada binatang possessif..maklum saya suka cuekin… binatang selama ini,

          Reply
          • January 12, 2016 at 9:45 am
            Permalink

            ada banget kak hihii

            itu baru kucing,

            apalagi anjing lebih posesif lagi sama pemiliknya.

          • January 13, 2016 at 3:37 pm
            Permalink

            iya iya kalau anjing tuh ada kisah Hatchiko di Jepang………….

    • January 12, 2016 at 9:09 am
      Permalink

      Makas kuras kuras itu akuarium Non…. and ganti ganti airnya…

      Reply
    • January 19, 2016 at 3:48 am
      Permalink

      iya butuh perhatian ekstra juga sih buat punya Pet, apa kabar nih mbak lama gak BW ke blog mbak…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *