Kembalinya HP MB

HP ajaib MB
HP ajaib MB

Nah cerita ini kisah nyata terjadi lanjutan dari cerita idul adha kami yang warna warni, masih ingat kan  hari lebaran di malam hari nya MB malah kecurian , 2 unit HP nya raib di gondol pencuri dari dalam bawah jok sepeda motor, sampai hari libur jumat kemarin saya habiskan 2 jam buat laporan di kantor polisi.

Nah lanjut cerita bahwa setelah  buat laporan langsung saya  duduk santai di Be Smart Café biasanya sampai malam disana karena malamnya ada acara presentasi public speaking jadi saya tetap harus stand by disana.

Jam 5 sore saya dapat telpon teman dari si A, sohib MB yang awalan namanya memang A, nah kenapa A ini bakalan berlanjut kenapa harus pusing dengan alphabet A, lalu si A tanya saya bahwa salah satu HP MB ada yang temukan dan menelpon ke A, nomor akhir si penemu HP 500, katanya akan menelpon saya nantinya. Setelah saya tutup percakapan, segera saya cek HP saya , bener adanya ada penelpon tadi dengan akhiran 500 namun karena café berisik jadi saya tak dengar segera saya cek inbox sms, di dalamnya ada pesan juga dari nomor akhiran 500. Isinya menginformasikan bahwa dia menemukan HP MB dan mau balikin. Saya masih tak percaya dan otak masih shock.

Segera saya telpon balik, terdengar suara pria dari sana, mengaku bernama Ruslan, aku langsung memberondong pak Ruslan beberapa pertanyaan yang dijawab dengan sangat gugup dan berasa aneh di telingaku.

  • Katanya HP ditemukan dekat tiang listrik pas parkiran Alfmart tadi malam
  • Katanya dia bekerja jadi bagian pengamanan jalan seputaran Alfamart tersebut, bukan satpam bukan tukang parkir
  • Tadi malam dia tak bertugas karena istrinya melahirkan dan dia sekarang ada di rumah sakit bersalin
  • Dia Cuma menemukan satu HP saja, tanpa casing.
  • Dia dapat nomor saya dari pak A yang di telpon sebelumnya dan di kontak MB memang nama pertama dalam list kontak.
  • Dia niat baik mau kembalikan karena dia bukan pencurinya.

Nah dari semua informasi diatas saya masih sempat buat dia gagap karena informasinya banyak yang janggal. Kok bisa bisanya ketemu HP 7 inchi di dekat tiang listrik sedang kedua HP ini di ambil paksa dari bagasi motor dan depan halaman ALfmart tersebut terang benderang lampunya, ada barang jatuh langsung pasti bunyi dan kelihatan, Masa pencuri HP setelah mengambil barang hp nya diambil satu, satunya di  buang kan tak mungkin, malah yang HP besar ini nilainya masih  lebih mahal dari pada hp yang satu.  Yang ganjal lainnnya, pekerjaan dia, saat ditanya dia bingung jawabnya Cuma jawab bagian pengamanan, hahahha Polisi? Satpam? Ini kata lain dari Preman kali ya, terus yang aneh dia bilang semalam tak tugas nah loh kok bisa dia temukan HP nya kalau dia tak bertugas.

Saya sempat bingung di awal, setelah itu saya sampaikan sama si Bapak saya akan segera ketemu beliau di rumah sakit. Nah setelah itu saya koordinasi sama temanku yang polisi, nanya nanya tindakan ku baiknya bagaimana, terus tanya teman yang pengalaman berurusan dengan criminal seperti ini.

Bahkan sahabat saya yang memang urusi criminal blak blakan kasih 2 opsi terbaik buat saya :

  1. Kalau mau ribet, butuh biaya, dan tak harap hp kembali segera silahkan koordinasi dengan polisi yang buat laporan tadi pagi, biar di sergap sekalian.Tapi dia infokan resikonya, saya harus keluar biaya, dan walaupun HP ketemu, tentu akan dijadikan barang bukti. Barang bukti tak akan diserahkan sebelum proses peradilan, dan pasti keluar biaya buat tebus, paling cepat 60 hari atau bahkan lebih. Uhh ribet yaahhh…
  2. Nego sendiri sama penjahatnya, sudah ada jalan sisa datang ketemu, bawa teman pria yang bisa jagain, ketemu ditempat umum, kasih imbalan sudah mengembalikan kalau perlu pura pura aja bego nanya minta tolong siapa tahu ada temannya temukan HP yang satu umpan saja kasih imbalan 500 ribu buat keduanya.

Setelah saya pikir matang matang saya pilih opsi kedua, karena saya tak punya backingan keluarga polisi ya sutralah saya ajak kawan yang saya bisa andalkan malam itu jam 10 setelah event di café selesai, saya jemput teman dirumahnya dan MB ikuti kami dari belakang, wih seru berasa dalam filem filem FBI hahahahaha..

Terus saya sampai depan rumah sakit saya parkir mobil agak jauh dari parkiran rumkit soalnya kan sudah malam, si MB bawa motornya juga agak parkir jauh biar aman. Saya menelpon si tersangka berulang kali tak diangkat, gawat nih nampaknya si tersangka ini sudah tak mau angkat telpon kemungkinan dia takut saya bawa polisi.

Semakin mencekam malam itu, saya pun nekad, coba mengingat nama kamar tempat si istri tersangka menginap di telpon tadi sore dia jelaskan lantai 2 kamar melati. Hm pasti gampang ditemukan.

Beruntunglah rumah sakit ini tak ada pengamanan, kami pura pura mau bawakan pasien bekal, kami mengendap ke atas, dan diatas dengan mudah saya baca nama nama kamar, tapi Melati ini tergembok, wah gawat ada 8 kamar dengan nama bunga yang berbeda, saya telpon kembali si tersangka akhirnya diangkat, si ibu yang bicara alasannya si bapak Ruslan giginya sakit, dan disuruhlah saya masuk di kamar Mawar 5.

Saya sempat panic karena ada seorang pria bertanya kami cari apa, ternyata dia Cuma salah satu kerabat pasien di kamar lain. Teman ku yang menemani bilang dia tunggu diluar kamar saja, saya pun  nekat masuk, tampakah 4 ranjang bertirai hijau di dalam dengan banyak orang  yang tidur di lantai. Maklum ini merupakan rumah sakit pemerintah yang menerima pasien BPJS. Jadi semua fasilitas disini penuh dan tentunya dengan layanan minim, sangat miris melihat di setiap ranjang ada orang tidur dibawah ranjang, dan pasien berbagi ranjang sama kerabat penjaganya, bagi saya tak berperikemanusiaan tapi ya begitulah kenyataannya.

Saat saya buka tirai ranjang pasien pertama, si ibu langsung menunjukkan ke ranjang seblahnya. Saya pun berpindah, segenap saya langsung tahu ketika ada seorang pria bertatto di kedua bahunya tanpa baju hanya menggunakan jeans robek robek dan tiduran di lantai samba menelungkup bersandarkan tangan menghadap ke lantai dan menutupi seluruh wajahnya dengan handuk. Saya langsung tahu si dialah tersangka yang membawa HP tersebut. Dia pura pura tiduran, saya membuka  tirai ranjang kedua tampaklah box bayi dengan bayi laki laki masih merah dan ibu muda lumayan cantik putih dan mungil tiduran dan ibu paruh baya tiduran di sebalhnya diranjang yang sama dan tampak ada seorang lagi tiduran dibawah ranjang pasien dengan penuh tumpukan barang. Saya hanya berdiri sambil tetap jaga diri, langsung si mbak tersenyum dan saya langsung tanya si bapak R mana, si istri pura pura bilang ohh belum ketemu ya, padahal saya sudah pria yang sedang berbaring di lantai dengan  menutup kepala dengan handuk itulah orangnya.

Si Mbak muda langsung mengeluarkan HP yang sudah tak ber casing, aplikasi semua terbuka, settingan bahasa sudah bahasa Indonesia langsung saya ambil saya cek semua benar itu HP MB, langsung saya tersenyum pura pura basa basi, dia bilang dia sudah 3 hari di rumah sakit itu dan tak bisa duduk karena habis operasi. Terus si ibunya di samping pura pura tanya ke saya memangnya hp bapak kenapa? Saya jawab di curi dan hapenya ada 2, saya perjelas lagi ke mereka apakah si bapak Ruslan cuma nemu satu, si mbak jawab Cuma satu, saya perhatikan HP yang di pegangnya hmmm itu HP nya putih bukan BB, saya masih sempat curiga HP MB yang satu masih ada sama mereka atau sudah di jual.

Si ibu paruh baya pura pura nunjukin baby merah di samping saya bahwa itu baby nya laki laki, semacam ada misi terselubung apakah maksudnya ibu ini mau memberi kode kepada saya biar saya simpati dan kasih imbalan banyak duit atau nawarin baby itu dikasih ke saya, karena dia lihat foto di HP itu foto bule. Akhh entahlah beragam modus muncul di benak saya.

Segera setelah saya basa basi sebelum mereka berubah pikiran, saya langsung merogoh kantong saya sudah siapkan duit 300 ribu sebelumnya, saya sempat siapkan 500 jika mereka balikin keduanya. Anggaplah sedekah. Dan langsung saya kasih ke mbak, saya bilang ini ucapan terima kasih sudah mau mengembalikan, segera saya natap baby merah di samping saya dan pamit ke mereka. Langsung ngacir keluar, dan mempercepat langkah turun dan keluar dari rumah sakit.

Wah temanku sempat amazing dan terkagum kagum , katanya saya termasuk berani menemui mereka malam itu, karena kalau saya tak temui mereka malam itu HP itu tak akan kembali.

Malam itu kami pulang ke rumah dengan begitu bahagia, masih unbelievable ini bisa terjadi, terus teman saya ajarin, segera tetap follow up bujuk si tersangka R buat balikin HP satunya lagi.

Besok nya kebetulan saya dan teman teman komunitas pernikahan campran Sul-sel mengadakan kurban bersama, ada beberapa kantong daging kurban yang menjadi bagian saya, langsung saya teringat si R, jadi saya langsung minta tolong teman untuk antarkan salah satu kantong daging tersebut ke kamar tempat si pasien tadi malam. Saya pun sms untuk informasikan kalau saya kirim daging kurban. Seperti biasa tak pernah dibalas lagi dan ternyata mereka sudah keluar dari rumkit tersebut.

Kesimpulan saya sbb :

  1. Si Pencuri HP alias R itu setelah mencuri HP MB mempunyai istri yang sedang habis melahirkan, dia kemungkin butuh duit memang walau pasien BPJS sebenarnya tak bayar sepeserpun tapi tetap donk butuh duit.
  2. Si pencuri HP kemungkinan sudah menjual salah satu HP MB, dan si tersangka R ini kemungkinan butuh dana urgent hari itu , terbukti setelah malam itu keesokan harinya mereka sudah keluar, padahal malam itu aku tanya kapan kelura mereka malah bingung jawabnya.
  3. Si Pencuri HP berpikir, dari pada saya bawa ini HP ke toko untuk dijual butuh waktu mending sms pemiliknya pura pura nemu dan ajak ketemuan di RS biar si pemilik merasa empati bisa saja ngasih duit yang banyak.
  4. Kemungkinan awalnya HP terlocked dan lama baru bisa dibuka.
  5. Kemungkinan awalnya insyaf terus berubah pikiran lagi karena takut jikalau si pemilik bawa polisi kenapa setelah komunikasi 2 kali , hp tak pernah diangkat lagi.

Yahh menurut kawan kawan saya, mereka shock ini HP bisa balik dengan kronologis seperti diatas, kebanyakan penjahat memang pura pura ketemu namun akan minta tebusan duit atau memang hanya ngerjain kita dan tak pernah ada sejarah kembali. Alhamdulilah HP MB satunya tetap kembali, walau dengan imbalan dan sempat MB marah marah karena saya kasih duit, kenapa katanya tak ditangkap atau gak usah dikasih duit. Kalau versi saya ihlaskan duitnya semoga si R dan sekeluarga semuanya diberi hidayah agar tak melakukan kejahatan dan kembali kejalan yang benar.

Semoga diberi rezeki lagi buat beli HP buat MB, dan selalu waspada dalam apapun itu, karena seperti kata bang napi “Kejahatan akan terjadi jika ada kesempatan da nada niat so waspadalah…waspdalah”#sambilmatamengedip

Demikian cerita sambungan kisah idul adha kami… seru dan penuh makna…. Gimana cerita kalian? lebih dramatis dari kisah saya?

10 thoughts on “Kembalinya HP MB

  • September 27, 2015 at 10:42 am
    Permalink

    Wow ceritanya panjang dan lebar dan menegangkan. Mba siti, mungkin si R takut mukanya ketauan sama Mba terus suatu hari ketemu dia malu mugkin. Coba kalo dia jujur, pasti dia yang kasih aja hp nya sambil nunjukkin mukanya. Itu hanya perkiraan aku aja si hehe

    Reply
  • September 27, 2015 at 11:16 am
    Permalink

    iya dia pura pura tiduran saja istrinya yang transaksi sama saya, nampaknya mereka sih kebelet dana buat keluar dari rumkit makanya nekat nelpon mau balikin… atau kita ber positif sangka saja dia nemu dijalan dan mau balikin..alhamdulilah… semoga diberi rezeki buat mereka…

    Reply
    • September 27, 2015 at 1:35 pm
      Permalink

      iya mbak, alhamudilah seru saya nekat saja yahhh saya pikir ini kan rumkit kalau ke rumahnya saya mana berani,… ntar mereka sindikat…

      Reply
      • September 27, 2015 at 1:39 pm
        Permalink

        iya ya untunglah ketemunya di tempat umum, klo sampai diminta kerumah penjahatnya harus dikawal polisi lah mbak, jangan sampai nekad sendirian hehe.

        Reply
        • September 27, 2015 at 2:05 pm
          Permalink

          iya sudah diskusi sebelumnya sama temanku yang polisi dia sarankan nego saja dan bawa teman buat temani. ternyata berhasil….

          Reply
  • September 27, 2015 at 4:12 pm
    Permalink

    wiii.. seruu 😀

    meuni beranieun mba siti. alhamdulillaah balik, meski satu ^^

    Reply
    • September 28, 2015 at 12:47 am
      Permalink

      iya yang kedua sudah dapat foto foto masuk ke dropbox MB, udah tahu wajah yang pegang HP itu cuma belum dapat alamatanya… sudah kami invite pin bb ntar kalau udah bisa connect kami datangin lagi dengan bukti box nya. Seru deh tunggu kelanjutan ceritanya..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *