Info tentang Pelaporan Orang Asing ( POA ) Online

WNA ini sudah dilaporkan dan terdaftar di Dukcapil, Imigrasi dan Kepolisian NK
WNA ini sudah dilaporkan dan terdaftar di Dukcapil Makassar, Kanim Makassar dan Kepolisian NKRI

Header 728 x 90 (2)

Tadi sore saat perjalanan di mobil saya tiba tiba dengar iklan di radio terkait himbauan pemerintah khususnya himbauan masyarakat buat pelaporan orang asing via online di website resmi imigrasi. Ternyata dirjen imigrasi sedang banyak menghimbau di beragam media buat penertiban WNA di Indonesia.

Mari kita sedikit bicara teori ya, keimigrasian’ dalam UU Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian didefinisikan sebagai ‘hal ihwal lalu lintas orang yang masuk atau keluar wilayah Indonesia serta pengawasannya dalam rangka menjaga tegaknya kedaulatan negara’. Dalam hal lalu lintas Orang Asing serta keberadaan dan kegiatannya di wilayah Indonesia, Pemerintah Republik Indonesia menerapkan Kebijakan Selektif (selective policy). Esensi dari kebijakan ini merupakan landasan utama dari setiap peraturan Keimigrasian bagi Orang Asing, yaitu hanya Orang Asing yang bermanfaat dan tidak membahayakan keamanan dan ketertiban umum yang diperbolehkan masuk dan berada di wilayah Indonesia.

Penjamin (sponsor) bertanggung jawab atas keberadaan dan kegiatan Orang Asing yang dijaminnya. Demikian halnya dengan Pemilik/Pengurus tempat penginapan atau perorangan yang berkewajiban untuk memberikan data mengenai Orang Asing yang menginap di tempat penginapan atau tempat tinggalnya. Oleh karena itu, Direktorat Jenderal Imigrasi meminta Pelaporan Orang Asing dari setiap Pemilik/Pengurus tempat penginapan dan perorangan yang memberikan kesempatan menginap bagi Orang Asing kepada Kantor Imigrasi setempat melalui Aplikasi Pelaporan Orang Asing ini dalam waktu1×24 jam sejak Orang Asing tersebut mulai menginap.

Dalam Aplikasi Pelaporan Orang Asing ini, yang dimaksud dengan ‘tempat penginapan’ antara lain hotel, apartemen, mess perusahaan, losmen, guest house, villa, tempat kos, rumah kontrakan, dan jenis penginapan lainnya yang bersifat komersil atau merupakan fasilitas akomodasi milik perusahaan. Sedangkan yang dimaksud dengan ‘tempat tinggal’ adalah akomodasi milik perorangan yang bersifat nonkomersil selain jenis tempat penginapan sebagaimana disebutkan sebelumnya.

Tata cara penggunaan aplikasi ini, batas waktu pelaporan, dan hal terkait lainnya dapat Anda lihat pada menu ‘Tata Cara Pelaporan’.

kepentingan nasional dan tegaknya kedaulatan negara. Tidak melaksanakan kewajiban untuk melaporkan dan memberikan data Orang Asing yang menginap di tempat penginapan atau di tempat tinggal Anda dikenakan pidana kurungan paling lama 3 (tiga) bulan atau denda paling banyak 25 (dua puluh lima) juta rupiah.

Nah tata caranya agak panjang ya  saya kutip dari website resmi imigrasi www.imigrasi.go.id

Silahkan di amati dan semoga tak pusing  🙂

Oh ya sebelum aturan keimigrasian di Bulan Februari seperti yang pernah saya tulis di sini tentang no more SKLD ( Buku POA ) nah, sekarang aturannya lebih praktis online. Ternyata website imigrasi bagus dan menurutku simple ya…

Nah  saya  rangkum tadi ada 3 kategori pelaporan

  1. Pelaporan dari pelaku bisnis penerima WNA ( hotel/apartment / mess perusahaan )
  2. Pelaporan dari pelaku bisnis ( Wisma/losmen/sewa / rumah kost  )
  3. Pelaporan perorangan ( WNA yang menginap di rumah penduduk )

Sebenarnya tujuan utamanya untuk ketertiban pencatatan WNA dan keamanan bersama, biar jika ada hal terkait inteligen atau  bencana atau mencegah adanya WNA illegal atau aksi terorisme, biar terdata dan mudah di lacak.

Untuk yang pemegang izin tinggal terbatas dan tetap ( KITAS & KITAP ) tak perlu di daftarkan karena seperti postingan saya ini bahwa pemegang KITAS masih harus buat STM ( Surat Tanda Melapor ) di Polsek terdekat. Jadi itu pun ter_record sampai ke POLDA.

Ini lebih khusus ke pemegang visa turis/ visa on arrival. Atau mungkin ada pemegang KITAS yang bolak balik Indonesia karena suatu hal.

Dan kaget lihat ancaman hukuman penjara dan pidana hahahha kurungan penjara atau denda 25 juta bagi sponsor. Seharusnya para sponsor WNA tetap taat atas aturan ini dan rajin melaporkan keberadaan WNA di lingkup tempat tinggal atau usahanya.

Halaman pelaporan orang asing ( POA )
Halaman di website bagian  pelaporan orang asing ( POA )
Pengisian data nama pelapor dan WNA
Pengisian data nama pelapor dan WNA
Pelaporan oleh pelaku usaha dan cara pengisiannya
Lanjutannnya

Info lengkap silahkan tata_cara_pelaporan WNA

Untuk lebih mendalami terkait SKLD ( Surat Keterangan Lapor Diri ) silahkan baca ini, terkait POA juga disni,  dan untuk info terkait STM bisa dibaca disini. Cara apply STM, Cara perpanjangan STM.

Semoga bermanfaat ya……

sumber : www.imigrasi.go.id

Belajar sb1m yuk

9 thoughts on “Info tentang Pelaporan Orang Asing ( POA ) Online

  • September 21, 2015 at 1:46 pm
    Permalink

    Makasih infonya, Sit..👍🏼😀 Aku selalu baca tulisanmu soal hal beginian meski tidak selalu komentar..😊

    Reply
    • September 21, 2015 at 2:50 pm
      Permalink

      terima kasih ternyata masih stay tune yaahh ,..btw bagaimana kabar sudah lahiran kah? kok gak ada postingan update ya..

      Reply
      • September 21, 2015 at 4:11 pm
        Permalink

        Masih stay tuned cuma gak sesering dulu.., maklum perempuan hamil itu ternyata gampang cape apalagi di bulan-bulan terakhir😥 Jangankan bikin tulisan baru, baca bentar aja langsung ngantuk😴 Tapi untunglah sebulan lagi brojol day..yayyy😃 Pasti ntar update koq😉

        Reply
        • September 21, 2015 at 4:18 pm
          Permalink

          wahhh kami menunggu kisah kisahnya… di oz apa di Indonesia nih?

          Reply
          • September 21, 2015 at 4:30 pm
            Permalink

            Hahaha..😆kisah-kisah.. Draft mah udah banyak tapi ya itu.., 😥mata gampang ngantuk dan tangan cepet cape dan nyeri😏 Sejak hamil nih di seputar Indonesia aja.. Kamu juga gak sesering dulu update-nya, pasti sibuk ya.. Semoga kamu dan keluarga sehat-sehat aja ya..

          • September 21, 2015 at 4:34 pm
            Permalink

            iya super sibuk super padat, kerja kantoran tetap kudu wajib klo gak kan gk dpt gaji, urus wna sudah sepaket ahhaa, terus pontang panting urus pondasi bisnis kecil kecilan yang sulit jg jika di sampingkan, uhhh banyak dahh tapi tetap berusaha dinikmati semaksimal mungkin, berproses, semoga lancar lahiran dan kami tunggu draft menjadi postingan ya……..

          • September 21, 2015 at 10:13 pm
            Permalink

            Ah iya dirimu kan masuk kategori super woman😃 Salut deh sama tekad dan usahamu..👍🏼 Semoga lancar ya..
            Oh ya amin makasih banyak buat doanya.. Semoga semua lancar juga buatku.. Duh jadi kangen bikin tulisan lagi😉

  • September 21, 2015 at 3:29 pm
    Permalink

    wah.. aku buta lho soal2 bginian hihihi.. info mbak ini sangat berguna. makasih udh share ^ ^

    Reply
    • September 22, 2015 at 12:43 am
      Permalink

      iya say memang harus di infokan biasanya orang tak terlalu paham kalau gak dengar himbauan saya aja baru ngeh saat dengar radio kemarin kan malas buka buka website kalau tak ada yang pemicunya.. kayak info radio, info sms atau di koran….

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *