Cara pembuatan/perpanjangan STM ( Surat Tanda Melapor Diri )

Foto dari www.honingbijj.blogspot.com
Foto dari www.honingbijj.blogspot.com

Jadi catatan pribadi saya biar tak lupa dan buat teman teman yang pelaku kawin campur akan pastinya berlangganan harus buat nih surat, saya pernah posting terkait ini di sini.

STM itu sebenarnya wajib bagi WNI yang di tinggali WNA, sebagai WNI yang menerima tamu WNA mesti membuat surat laporan ke Kepolisian akan adanya tamu WNA yang menginap dirumahnya. Cuma banyak orang tak mengerti aturan tersebut, demikian pula saya sebagai WNI yang beristrikan WNA dan suami tinggal disini pastinya tiap tahun saya harus buat dan sempat tadi saya tanyakan bisa langsung buat lima tahun saja si bapak malah senyum senyum kebingungan *memangnya SIM waakakakakak

 Berkas yang mesti di siapkan sbb : 

  1. Copy paspor WNA dan copy halaman bagian cap imigrasi terakhir ( misal baru dari luar negeri ) dan potongan kartu imigrasi yang ber cap saat kedatangan di Bandara. 
  2. KITAS WNA 
  3. KTP WNI ( Istri/suami ) 
  4. STM Lama ( saya serahkan copy an nya saja ) 

Step-stepnya :

  1. bawa dokumen ke Kantor Polsek terdekat atau Poltabes atau Polda bagian Reskrim Intel, kalau saya langsung ke Polsek Panakukang, ruangnya di Kanit Reskrim yang ngurusin SKCK dan urus perizinan, disitu cuma ada pengumuman jam layanan dan tarif SKCK,  menunggu 30 menit karena si bapak ngetiknya lama, nanya ini itu, kalau saya tanya detail malah si bapak nampaknya kurang afdol dengan STM ini.
  2. Setelah selesai diketik si bapak suruh saya masuk ke ruangan, ini ada indikasi apa nih, kok tak lewat lubang konter saja kan saya bisa tanda tangan disitu. Saya sudah paham nih ada u dibalik b, jadi saya masuk beliau memberikan surat dan minta saya baca apakah redaksinya sudah benar, lalu saya pun, bilang okay, dan si bapak beri cap, lalu masukin ke amplop, 
  3. Lalu saya jelaskan ke bapak, kalau SKLD kan sudah di hapus, tahun lalu buat STM itu gratis berarti STM ini pun tetap gratis donk, ekh si bapak senyum senyum kecut, karena beliau sudah pusing nyari format dalam hati saya mau mendidik biar para aparat negara ini kerja sesuai tugasnya, bukan berharap dari hasil layanan yang dibuat ke masyarakat, bukankah para pegawai ini sudah di gaji negara kan? jadi seharusnya sudah kewajiban dia ngetik ngetik buat melayani warga negara kayak saya yang taat pajak ini. Namun tak ada yang sempurna tetap si bapak nih nampaknya tak puas, jadi dengan mencoba ikhlas saya sudah siapkan tadi uang warna hijau, tak rela saya kalau ngasih banyak banyak jadinya mendidik yang salah, nanti setiap buat sesuatu selalu berharap uang. Kapan negeri ini bisa benar. Saat ngasih saya bilang ke bapak B, pak ini saya ikhlas dari saya bukan buat STM nya ya karena itu harusnya gratis. Anggap saja biaya foto copy tadi. (Mana ada foto copy 1 lembar 20 ribu, masih kurang iklhas nih! ) .  Dan yang paling kelihatan melihat peluang si bapak B ini minta nomor saya, langsung saya  tanya “Nomor HP saya buat apa pak?” si bapak B bilang ” ohh siapa tahu nanti ibu butuh bantuan bisa call saya” ohhhh saya jawab okay pak, saya kasih lah nomor yang saya jarang pakai biar si bapak happy. Lalu saya tanya lagi maaf pak nama bapak siapa ya, dia jawab si B F. ohh baru ngeh saya lihat cap di stempel memang pak B.F.Karena pak Polisi ini kok tak pakai seragam ya, cuma pakai kemeja kotak kotak sambil merokok, ada sih seragam polisi digantung di dinding yang papan namaya tak kelihatan,  padahal dalam hati saya cuma mau tahu saja kalau ada apa apa kan saya sudah khatam nama beliau nih. Setelah bilang terima kasih saya langsung ngacir pamit dan keluar dari ruangan sumpek itu dan berlalu pergi tanpa menengok ke belakang. Alhamdulilah selamat dari pemalakan, nasib jadi istri WNA walau tak bawa WNA nya tetap saja selalu dilihat uangnya tak berseri padahal asli berseri dan megap megap malah.Ada teman buat STM buat suaminya dipakain 400 ribu …kan stress jadinya … kalau saya 20 ribu sudah hebat kan paling murah. Walau alhasil pak B.F pasti dalam hati dongkol.com.

Lain kali saya mau urusnya di Poltabes saja, disana sudah jelas tarif dicantumkan di dinding ya memang gratis cuma memang sangat ramai dengan para mahasiswa yang buat SKCK. Kalau di polsek kan lebih sepi tapi ya potensi banyak yang mau pungli juga tinggi. 

STM nya tetap isinya sama, nama WNI alamat lengkap dan tanggal kedatangan si WNA yang terbaru. Yang masih mengherankan buat saya adalah misalnya nih si WNA tak keluar ke luar negeri dalam tahun itu masa buat STM lagi sih kan redaksinya sama. Ini saya tanyakan ke pihak terkait belum dapat jawaban pas. Seharusnya kan kalau sudah pegang izin tinggal permanen ataupun terbatas ya tak perlu lapor lapor lagi. Masa misalnya si WNA nya pebisnis, tiap balik trip dari luar negeri setahun bisa 10 kali apa tak rempong tuh bolak balik ketemu aparat yang tiap buat surat berharap dapat duit. Kasihan pasangan WNI nya………..

Demikian curhatan birokrasi kali ini, semoga bermanfaat bagi yang butuh………….

 

 

 

 

34 thoughts on “Cara pembuatan/perpanjangan STM ( Surat Tanda Melapor Diri )

  • September 2, 2014 at 9:30 pm
    Permalink

    kalo ada temen yang dateng cuma buat liburan juga mesti lapor diri kah?

    Reply
    • September 2, 2014 at 11:46 pm
      Permalink

      kalau temannya menginap di tempatnya Mas Arman ya mesti lapor ke polsek terdekat… ribet yaa… perasaan kalau ke Amrik gak mesti lapor laporan polisi deh…ada ada saja ya…

      Reply
        • September 3, 2014 at 6:47 am
          Permalink

          pastikan semua urusan surat harus ada surat nya kayak apa gitu… jadi mesti ngetik dulu pake materei .. makanya saya kemana mana komplit kalau mau urus biriokrasi satu bundelan filing isinya sudah banyak copy an dan persediaan jadi kalau petugas banyak cincong ya saya kasih saja apa yang kurang…………………

          Reply
  • September 3, 2014 at 10:51 am
    Permalink

    Kalau kita mau main ke amrik mesti ada surat undangan dari kolega ngak mba siti?

    Reply
    • September 3, 2014 at 11:01 am
      Permalink

      maksudnya? kalau mau visit ke Amrik mesti ada visa, nah visa itu syaratnya mesti ada sponsor yang undang kita kesana, bisa keluarga, pacar, atau suami…………….

      itu saja kok..

      Reply
    • September 4, 2014 at 5:42 am
      Permalink

      yihhaa sampai kalian bosan akan saya update terus…………..

      Reply
      • September 4, 2014 at 5:45 am
        Permalink

        Kalo info aturan memang harus update, Sit.. Karena sifatnya dinamis.. Contohnya, aku aja yg apply visa Australia bbrp kali sejak 2009 aturannya pasti ada yg beda dikit… Keep up the good work!

        Reply
        • September 4, 2014 at 5:48 am
          Permalink

          iya tiap tahun ada beda dikit sih ..kadang lebih ribet or lebih ringan,.untung untungan he he.. btw ajarin aku trading saham donk…

          Reply
          • September 4, 2014 at 6:25 am
            Permalink

            Loh…gak kebalik, Sit..? Kamu kan sudah main2… Aku sih gak gitu ngerti saham, si M yg bisa…hehehe..

          • September 4, 2014 at 6:29 am
            Permalink

            ohh gitu ya aku trading harian cuman cuan kecil karena modal juga imut imut kayak aku .. he he he

          • September 4, 2014 at 6:37 am
            Permalink

            Kalo gitu aku bantu doa ya… Semoga temanku yg baik ini lebih dimudahkan lagi rejekinya… Amiiiinnnn…

  • November 3, 2014 at 9:31 am
    Permalink

    Mb Siti,
    WNA yang bekerja di indonesia harus ngurus STM juga? dia tinggal villa (sewa)
    apakah STM harus diperpanjang setiap tahun sesuai dengan kitas atau gimana?

    Reply
    • November 3, 2014 at 3:08 pm
      Permalink

      iya pasti, yang mengurus STM sebenarnya ya sponsor si WNA… untuk jaga jaga aja..STM nya per tahun sama dengan izin tinggalnya…….

      Reply
  • January 20, 2015 at 3:45 am
    Permalink

    Mbk Siti yg terhormat. .
    Sy pnya pcar dr prancis. Rencananya thn ini dia akn dtg ke indonesia, krg lebih 1 tahun. Stelah sy bca2, bnyk sekali yg harus diurus untk tgl selama 1 tahun. Yg sya tau, pcr sya harus memakai visa sosbud dan harus ada sponsor. Sy msh awam mbak dgn hal2 ini. Ini pertma kalinya sya pny pacar wna. Mbak bisa bntu jelaskan apa sja yg harus sya urus? Saya tgl di Ambarawa, Semarang. . Terimakasih sebelumnya. .

    Reply
    • January 20, 2015 at 7:31 am
      Permalink

      ini pacarnya cuma mau visit aja kan? kalau cuma mau visit ya bisa kan cuma langsung pakai visa turis, dari prancis kalau nda salah bisa masuk visa turis dikasih waktu 30 hari… bisa di perpanjang 1 x jadi kan lumayan lama, kalau sosbud 60 hari.. dan agak ribet urusannya… ribet…

      Reply
  • June 28, 2015 at 1:07 pm
    Permalink

    kalau kita baru nikah 2 bulan suami pulang ke negaranya hbs itu dia 2 bln kemudian datang lg tuk menjeput saya apakah harus perpanjang STM

    Reply
  • June 28, 2015 at 1:21 pm
    Permalink

    ikut tanya..
    kalau kitabaru nikah 2 bln trus suai pulang ke negaranya 2 bln kmudian dia ke indonesia lg apakah harus perpanjang STM lg.
    waktu saya bikin STM sampi 700 ribu mba siti.

    Reply
    • June 28, 2015 at 1:58 pm
      Permalink

      saya rasa tak perlu, kasihan nanti di palak lagi 700 ribu…sedang hanya berlaku cuma sebentar…

      Reply
  • August 18, 2015 at 7:22 am
    Permalink

    Mbak aku mau tanya kan skrg STM jadi syarat wajib nikah di KUA. Kalo WNa nya gak tinggal disini berarti bisa ya bikinnya gak pakai Kitas?

    Reply
    • August 18, 2015 at 1:45 pm
      Permalink

      STM bisa langsung aja kok ke polsek terdekat yang WNI nya yang sponsor yang buat, data juga ada data WNA nya.. itu kalau si wna tinggal di rumah si wni ya, kalau di hotel sih harusnya hotel nya yang buatkan stm nya…saya dulu wktu nikah tak dimintai STM ..

      Reply
  • November 22, 2015 at 8:09 am
    Permalink

    Mbak Siti, kebetulan ada teman saya dari Amrik mau ke Indonesia dan berencana tinggal selama 3 bulan disini (visit). Saya kurang paham ttg visa untuk tinggal disini. Kalau visa turis berlaku berapa lama ya mbak (1 bulan kah), kalau visa turis habis apakah bisa diperpanjang 2x mengingat dia ingin tinggal selama 3 bulan memanfaatkan liburannya disini. Oh ya mbak, selain STM ini, surat apalagi ya yang dibutuhkan jika mas bule ini hendak menginap di rumah kita?. Kalaupun tidak tinggal di rumah kita dan harus sewa apartemen milik perorangan (bukan hotel/apartemen yg jadi 1 dg hotel) apa prosedurnya sama?. Opsi terakhir adalah menginap di hotel (mengingat mahalnya rate hotel jika dlm kurun wktu 3 bln) bagaimana juga prosedurnya?. Thanks mbak Siti…

    Reply
    • November 22, 2015 at 1:43 pm
      Permalink

      Kalau WNA US kan mudah masuk ke berbagai negara, visa On Arrival saja bisa 30 hari, kayaknya bisa extend satu kali.
      Kalau mau tiga bulan silahkan apply Visa sosial budaya, dikasih 60 hari kalau tak salah dan bsa diperpanjang 2x semoga tak salah sudah lama saya tak berurusan dengan visa..
      kalau cara apply visa bisa di google mudah kok…

      Reply
    • November 22, 2015 at 2:25 pm
      Permalink

      kalau dia mau sewa hotel tak perlu urus apa apa kan hotel yang menguruskan surat surat tamunya… kecuali dia tinggal di rumah mbak ya buat STM di kepolisian .

      Reply
  • December 28, 2015 at 8:13 am
    Permalink

    indonesia banget….. ribet

    Reply
  • January 10, 2016 at 6:21 pm
    Permalink

    Saya dulu wkt blm tahu aturan ini saja, bpk saya mau dipenjara katanya. Stlh diurus oleh ketua rw lingkungan saya, polisi tersebut minta 5 jt. Saya heran bgt dgn polisi kita, jgn mentang2 suami saya bule, jd seenak jidat minta uang segitu. Akhirnya kami mnta keringanan, mereka setuju dgn 500 ribu saja. Mana ada peraturan gitu sih. Ingin lapor, ke mana? Siapa? Sbb yg berlaku jg kepolisian kita sendiri. Sedih jadinya dgn negara sendiri, yg seharusnya menjaga kenyamanan warga, tp mlh seperti ingin memeras.

    Reply
    • January 10, 2016 at 9:24 pm
      Permalink

      Wah parah tuh aparatnya, di sini memang sistem kita tak transparan dan tak ada call centre yang jelas untuk semua pengaduan…..
      Makanya kitanya yang harus tahu Sela dan aturan kalau tidak hidup disini akan lebih berat….

      Reply
      • January 20, 2016 at 1:18 pm
        Permalink

        Iya mbak, sedih sekali baru selesai ijab qabul, tiba2 polisi datang dan mau bawa bpk saya. Saya blg saya tdk tahu klo ada aturan bule hrs melapor ke polres. Keluarga saya sdh lapor ke Rt dan rw setempat, itu yg kita tahu. Tp polisi main mau penjarakan bpk saya. Bpk saya langsung drop, dia pny sakit asma. Bln dpn saya mau pulang dan bawa anak2 jg. Apakah anak2 jg diwajibkan utk melapor jg mbak? Terimakasih

        Reply
  • March 4, 2016 at 5:11 pm
    Permalink

    Selamat malam mbak Siti, saya menikah dengan orang Singapore,Saya tinggal di Batam. Saya mau tanya apakah STM itu harus dibikin ketika suami tinggal ama kita di indonesia ? Berapa lama berlakunya?Bagaimana dengan kondisi saya yang suami sering bolak balik Singapore batam. Dia di Batam on weekdays dan ke Singapore on Sunday . Apakah saya harus bikin STM lagi setiap kali dia datang? Terus tadi siang saya baca berita online bahwa setiap WNA yang datang ke indonesia harus di laporkan ke imigrasi oleh perusahan, hotel atau perorangan yang bersangkutan. Saya bingung sebenarnya saya harus lapor siapa, apakah ke kantor polisi untuk STM atau kantor imigrasi untuk pelaporan orang asing. Terima kasih atas nasehatnya mbak Siti.

    Reply
  • July 29, 2016 at 5:00 am
    Permalink

    Salam mbak, saya dan istri adalah WNI yang sudah jadi Green Card di US. Setelah pulang karena kesalahan kedutaan kita, anak anak kami yang lahir di US malah pulang memakai paspor amerika padahal 2 ortunya indonesia. Sekarang kami sedang dalam proses penyatuan keluarga. Repotnya karena kami juga baru datang ke Indo setelah 25 tahun malah bingung ngurus surat dari mana karena pihak imigrasi, pihak dispenduk dan pihak kemenkum ham serta dari kantor walikota semua aturannya tumpang tindih. Kebiasaan di amerika tertata rapi birokrasinya sampai di negara dewek kok rancu semua ya, bingung lagi ditendang sana ditendang sini dipalakin dll. Serasa jadi orang asing di negri sendiri. BTW terima kasih atas infonya sangat berguna.

    Reply
    • July 29, 2016 at 7:25 am
      Permalink

      selamat datang kembali ke NKRI dengan segala birokrasinya…. semoga nantinya tak terlalu ribet lagi sih,,harapan saya…

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *