Episode mengurus VISA USA

Alamat Konsulat USA di Surabaya

Beberapa hari ini saya sibuk sekali dengan urusan surat dan dokumen,  tiap hari kerja saya berusaha selalu manfaatkan waktu sambil jalan dan gunakan juga untuk selesaikan urusan dokumen, setelah kemarin berkutat dengan urusan internal kantor sekarang urusan pribadi… mau apply visa biar bisa tengok Mami nya MB. Setelah jatah cuti besar di approve kan kudu harus berangkat donk sesuai alasan kemarin.

Akhirnya setelah berguru banyak di pengalamannya Noni di  postingannya ini saya beranikan diri juga deh untuk segera apply biar kagak rempong nantinya karena di bulan ini selain urusan visa ada dua hal yang mesti saya bereskan yaitu perpanjangan KITAS MB yang expired di Agustus nanti saya mau extend lebih awal. Dan Multi Re Entry Permit ( MERP ) nya mesti dibuatkan juga biar KITAS nya gak expired ketika keluar Indonesia.

Untuk tata cara apply visa turis ( B1/B2 ) nanti saya buat di postingan terpisah ya.. karena bakalan panjang……. saya pengen note aja buat personal pengeluaran saya urus visa ini …………….entah kenapa saya senang sekali mencatat pengeluaran hahhaha biar sadar dan selalu aware ……………..

ini aku copy dari website resmi untuk apply visa USA  untuk rincian biaya semua kelas visa ke USA sbb :

Visa Types and Application Fee Amounts – Sorted by Fee Class
Fee Amount (USD) Fee Amount (IDR) Visa Type Description
$160 1840000 B Business/Tourist
$160 1840000 C-1 Transit
$160 1840000 D Ship/Airline Crew
$160 1840000 F Student (academic)
$160 1840000 I Journalist and Media
$160 1840000 J Exchange Visitors
$160 1840000 M Student (vocational)
$160 1840000 T Victim of Human Trafficking
$240 2760000 K Fiancé(e) or Spouse of U.S. Citizen
$270 3105000 E Treaty Trader/Investor, Australian Professional Specialty
Visa Types and Application Fee Amounts – Sorted by Visa Type
Visa Type Description Fee Amount (USD) Fee Amount (IDR)
B Business/Tourist $160 1840000
T Victim of Human Trafficking $160 1840000
TN/TD NAFTA Professionals $160 1840000
U Victim of Criminal Activity $160 1840000

Banyak macam ternyata visa ke US itu tergantung kelas dan tujuannya, kalau saya pilih B1/B2  ( bisnis & personal )

nah kalau dibawah ini catatan pribadi saya…….buat mengecek kenapa saldo berkurang  terus ………….ini baru visa, belum perpanjangan KITAS, apply MERP bayar lagi donk dan tentunya tiket yang akan merusak cashflow duit kami yang income IDR ini#curcol nieehhhh

No Expenditure Cost IDR
           5,384,000
9 Disc tiket by GFF redeem point            2,500,000
10 Total amount            2,884,000

Total nya lumayan  discount ada saja keajaiban yang terjadi, ceritanya saat pusing mau schedule kan wawancara saya juga pusing lihat website tiketting yang harganya menggila normal tiket ke Sby biasanya cuma 400an sekarang 1,2 juta one way, siapa gak pening dan pulangnya juga demikian, aneh pada hal belum liburan loh, belum kalau saya mesti cari hotel donk buat nginap…masa numpang di rumahnya ibu walikota sih…………untungnya pas ngecek jadwal wawancara adanya tanggal 4 Juni dan pagi lagi saya sinkronkan deh dengan tiket GA ( Garuda  Airlines ) ekh ada subuh-subuh dan juga baliknya ada juga siang menjelang sore. Saya iseng lah telpon GFF (Garuda Frequent Flyer ) call centre ekhh ternyata aku ada poin 8700 masih bisa dapat free penerbangan domestik satu kali..yeee aku bela belain lah booking dan ngacir sembari bawa laptop sembari booking schedule wawancara loh karena harus matching…sampai di counter GA aku pastikan klik wawancara jadwalnya OK di hadapan petugas dan saya issued juga tuh tiket gratisan 🙂 cuma bayar air fare……… nah untuk pulangnya saya mulai pusing lagi..ngecek sisa ada satu seat buat sore karena penerbangan GA ke Makassar dari SBY cuma ada 1 x baliknya juga sekali di sore hari….  saya booking aja tuh tiket yang sisa satu seat..ntar aku issued sembari hunting tiket lainnya.

Setidaknya pas balik kantor kepalaku udah rada tenang deh, dan sampai kantor tiba tiba ingat kalau teman-teman or bos bos juga punya GFF yang point nya kadang kadaluwarsa, memang kalau rezeki tak akan kemana, tiba tiba IT ku yang baik hati buka dompetnya ngasih GFF nya dan kami cek bersama jumlah point nya dan ENG ING ENG ada  35000 point boookkkkkkkkk bisa dapat 7x tiket domestik tuh…………… langsung deh aku ngacir ke kantor GA yang kebetulan ngantor di lantai 1, langsung ku issued deh walau mesti pakai surat kuasa pemilik kartu GFF dan KTP alhasil tiket harga 1,2 juta hanya bayar 157000 deh buat air fare n surcharge nya………alhamdulilah ya……..so tiketnya anggaplan cuma 300-an…selamat deh dari 2.5 juta…………………..dan awalnya mau nginap kan tak mesti bayar hotel lagi yang penting ada pesawat PP. Cuma kawatir saja pas hari H wawancara agak lama atau ada masaalah di dokumen ternyata all process saya di dalam sejak masuk dari depan sampai antri sampai submit berkas dan wawancara dari jam 8 pagi sudah  di kantor Konsulat dan antri dan beres saya keluar dari situ jam 9.15 ya lumayan lah saya masih sempat 15 menit duduk duduk dan cerita sama sepasang suami istri dari Makassar yang juga apply visa … ternyata banyak orang Makassar hari itu sama sama apply total ada 4 keluarga keturunan Tionghoa asal Makassar cuma saya yang pribumi ….nampaknya semua diinfokan approve sih visa nya, oh ya ada dua keluarga kayaknya yang tak di approve ada ibu paruh baya dan anak cowoknya asal Bali yang gak di approve sama ada sekeluarga juga entah dari kota mana soal nya keluarnya cemberut, sisanya anak ABG yang apply visa student semua di approve dan kalanganThe Haves yang nampaknya mau habiskan duit di US sana juga di approve.  Cuma belum dapat passpor nya nih tunggu dirumah beberapa hari ini semoga visa nya udah ada di halaman paspor nanti. Aamin…. Makasih buat Noni yang saya sudah  saya suka gangguin WA malam-malam setiap aku dilanda kepusingan isi form dan lainnya.

Alhasil saking lengkap nya dokument ku tak ada satupun  yang diminta kecuali passpor dan halaman konfirmasi, passpor pun tak diperiksa, dan foto juga tidak kan saya sudah upload sangat sempurna…hahahhah  cuma ditanya ya 10 menit lah,, mau ngapain ke US, kenal suami dimana sampai penghasilan kami berapa ditanyakan dan dia input ke pc nya..yang wawancara bule paruh baya yang juga bisa bahasa Indonesia, itupun cuma di counter kayak mau beli tiket aja padahal aku mikirnya akan dimasukin ke ruang khusus layaknya di interogasi or wawancara kerjaan ….untuk detailnya nanti aku posting lagi yang komplit ya………karena hari ini saya PP jadi kurang tidur dan ini kali kedua saya melakukan perjalanan naik pesawat PP dalam sehari pernah saya posting disini..…………dan badan remuk redam deh…..rasanya mau tidur cepat malam ini………!!

Demikian kisah ngurusin VISA ke Amrik episode pertama tunggu episode komplitnya ya…………….

5 thoughts on “Episode mengurus VISA USA

• June 5, 2014 at 3:25 am
    Permalink

iya wawancara visa emang di loket aja. kalo wawancara yang buat imigran baru masuk ke ruangan.

• June 5, 2014 at 4:31 am
      Permalink

aku pikir disuruh masuk ruang gitu baru wwncara empat mata…ternyata via loket juga… gak seseram yang orang kira kok di SBY apalagi gak banyak orang jadi aku nnti ngurus2 soal dokumen suami di SBY aja deh.. dpd JKT

• June 5, 2014 at 2:43 pm
      Permalink

makasih Non, doakan ya.. masih mau urus buat KITAS 2 nya MB ..kan udah expired di agustus nanti