Berenang di Pulau Gusung Tallang ( Lae-lae kecil )

Tampak pulau Gusung Tallang dari Speed Boat
Tampak pulau Gusung Tallang dari Speed Boat

header 728 x 90 3

Week end pertama di April ini adalah berenang ke pantai, apalagi karena minggu lalu jadwal ke pulau samalona batal akhirnya semalam setelah berantem alot karena kisruh parkir dengan tetangga saya tetap putuskan besok subuh mau main ke pantai, biar mr big juga bisa happy ketemu air laut, dia sangat suka berenang memang. 

Nah akhirnya yang ikut bersamaku cuma jenk Ina yang lain masih molor semua, teman temanku saya kontak subuh subuh belum ada yang bangun, akhirnya kami janjian ketemuan dikantorku baru sama sama ke pelabuhan keberangkatan. Mari kita summary wisata pantai kali ini

Pulau Gusung Tallang, pulau kecil yang merupakan pulau terdekat dari pulau lae lae, dan pulau kayangan, untuk menuju kesana bisa di tempuh dengan waktu 10 menit naik kapal motor yang bisa menampung 8 orang dengan tempat di belakang KAMPUNG POPSA atau dermaga POPSA tak jauh dari pelabuhan Makassar Jl Pasar Ikan, nah dibelakang Popsa itu ada 2 jalanan yang langsung masuk ke pelabuhan kapal kapal kecil yang masing masing ada dermaga kecil sederhana, disitulah tertambat beberapa kapal kecil yang akan membawa penumpang ke pulau sebelah. Ada yang tujuan ke pulau kodingareng, samalona, kayangan, Gusung Tallang dan lainnya.

setelah parkir kendaraan di dalam kawasan menuju dermaga, kita akan melangkah ke dermaga pemberangkatan yang bisa menampung beberapa puluh orang duduk menunggu kapal yang mau ke seberang. Harga tiket kesana Rp 20 ribu sudah Pulang Pergi. Akan ada karcis yang diberikan, lalu tunggu beberapa sampai kapal muat beberapa orang, jam 7.45 pagi akhirnya kami naik ke kapal dan tiba disana jam 7.55 pm. Sengaja kami ambil waktu pagi dimana cuaca masih sangat bersahabat dan tak panas.  Sampai disana kalau datang rombongan baiknya sewa tempat duduk duduk, untuk yang kecil  bisa di sewa Rp 50 ribu / seharian, maksudanya beberapa jam. Karena disni tak ada penginapan. Pulau ini sangat kecil sekali dalam 10 menit saya berlari mengelilingi pulau dan selesai malah bisa 5 menit saja.

Ukuranya tak sampai 1 km2 dan jarak dari Makassar cuma 1,6 km makanya sangat dekat tak sampai 10 menit dengan speed boat,  sudah sampai disana.Pulau ini juga disebut  Laelae Kecil , kini menjadi pilihan warga Makassar untuk menikmati liburan akhir pekan sambil berekreasi pantai.

Pulau ini dulunya adalah sebuah tanggul yang  memanjang dari utara ke selatan sepanjang 1 km yang berfungsi untuk meredam ombak yang masuk ke areal pelabuhan Makassar. Namun, karena proses sendimentasi yang terjadi secara terus-menerus dan sudah berlansung lama, sehingga di bagian sisi utara tanggul terjadi penumpukan pasir putih yang lama kelamaan semakin membesar dan melebar sehingga membentuk lah pulau.

Di awal terbentukya, pulau ini tandus dan tidak berpenghuni. Akan tetapi, karena semakin banyaknya pengunjung yang datang untuk berekreasi, sehingga sebagian masyarakat sekitar pulau tersebut memanfaatkan untuk membangun pendopo sebagai tempat untuk beristrahat.Yang digunakan untuk tempat duduk dan bakar ikan sehabis berenang, pengunjung paling banyak hari ini dari etnis tionghoa, yang pribumi cuma beberapa dan Mr Big. Kebanyakan pengunjung itu berendam di air laut biar sehat. Ada juga berenang, ada yang bakar bakar ikan dan bermain di pantai.

Jika mahir berenang dan snorkeling, dapat memberi makan ikan-ikan yang jumlahnya cukup banyak. Dengan hanya bermodalkan mie instan, nasi, atau roti yang di masukan ke dalam botol, ikan-ikan tersebut akan datang menghampiri Anda. Untuk yang hobi diving pulau ini sangat cocok untuk muck diving.

Kalau tadi saya tak berenang karena waktunya mepet alias saya juga tak bawa perlengkapan, Mr Big sempat berenang dan berendam sebentar dan naik dan menghabiskan cemilan yang kami bawa, kami sewa tempat istirahat satu yang paling kecil kalau mau yang besar sewanya Rp 150 ribu bisa seharian sekali bayar saja dan duduk bersenda gurau sembari ngemil memandang lautan luas.Wisata kayak gini akan sangat seru kalau bawa rombongan keluarga, sayang kalau cuma bertiga tak seru.

oh ya di pulau ini ada ibu dan keluarganya tinggal ditengah pulau, beliau katanya sudah tinggal disana sejak tahun 1950-an dan sang ibulah yang merawat semua rumah rumah pendopo disitu dan menyediakan warung kecil buat pesan teh, kopi, snack, atau mie goreng, atau bisa minta jasa beliau bakar kan ikan yang dibawa atau bisa pesan ikan juga buat dibakarkan tapi pesan sehari sebelumnya ya……………. Nanti tukang perahu yang antar akan jemput sesuai jam kesepakatan. Sisa komunikasikan saja.

Siapa tahu ada teman teman yang minat kesana bisa kontak kawan saya ini jenk ina  ya, dia dah hafal dan kenal kontak person yang bawa speed boat kesana. Beliau juga bisa bantu jadi tour guide nya …………

Petulangan Mr BIG di mulai!! Yukk mareeee
Petulangan Mr BIG di mulai!! Yukk mareeee
Beli tiket dulu....!!!Harga nya itu PP ya..jangan salah....!!
Beli tiket dulu….!!!Harga nya itu PP ya..jangan salah….!!
Jalur ke dermaga
Jalur ke dermaga
Dermaga Popsa
Dermaga Popsa
Berangkat dari dermaga Popsa
Berangkat dari dermaga Popsa
Salah satu pinggiran bibir pantai yang sudah di tembok
Salah satu pinggiran bibir pantai yang sudah di tembok
Pasir disini tak halus, jadi harus hati hati dan sebaiknya bawa sepatu diving kalau kesini
Pasir disini tak halus, jadi harus hati hati dan sebaiknya bawa sepatu diving kalau kesini
Kalau sewa pendopo ini Rp 150 ribu seharian!
Kalau sewa pendopo ini Rp 150 ribu seharian!
Saat tiba di pantai Gusung, perkenalkan jenk Ina, sahabat & tour guide dan teman melancongku
Saat tiba di pantai Gusung, perkenalkan jenk Ina, sahabat, tour guide dan teman melancongku
Tampak pendopo tempat bakar bakar ikan atau istirahat para pengunjung
Tampak pendopo tempat bakar bakar ikan atau istirahat para pengunjung
Disini bisa berendam, berenang atau kasih makan ikan pakai biskuit tapi sebaiknya pakai sepatu ya....!!
Disini bisa berendam, berenang atau kasih makan ikan pakai biskuit tapi sebaiknya pakai sepatu ya….!!

Beberapa daya tarik Gusung Tallang yang membuat setiap week end ada saja beberapa kelompok turis lokal datang kesini karena :

  • Untuk yang mau berenang di laut dan airnya bersih bisa memilih tempat ini
  • Jarak yang sangat dekat dari kota Makassar cuma 5 menit jadi murah dan cepat di jangkau
  • Pulaunya kecil dan masih bersih dan pasir putih walau bukan pasir halus
  • Bisa wisata diving ataupun cuma berendam atau mungkin untuk alasan kesehatan berendam di air laut makanya banyak lansia yang berendam disini
  • Total budget PP kesana untuk per orang ya tak sampai Rp 100,000 sudah dapat pendopo, dan tentunya sudah bisa beli cemilan atau ngopi ngopi disana, apalagi kalau rombongan bisa sewa patungan jadi budgetnya cuma  20ribu perak per orang.
  • View bisa melihat pemandangan pulau sekitar dan kota Makassar, keren lah view nya.
  • Alternatif kalau stress lihat manusia di daratan kebanyakan mending ke pulau ini aja seharian asal jangan bunuh diri saja yaa……….!!

BANNER FREE MEMBER

3 thoughts on “Berenang di Pulau Gusung Tallang ( Lae-lae kecil )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *