Modus Penipuan Scammers dengan versi Call Centre Microsoft

Pic taken from www.tamaratalk.com

Ini lanjutan cerita scammers dari postingan sebelumnya disini , kalau versi dua postingan sebelumnya saya banyak tulis tentang scammers modus cinta, alias love scam, nah sebenarnya versi nya banyak sekali, modusnya meningkat terus tiap saat, mereka juga kan melakukan inovasi donk sama dengan kita – kita yang bekerja pun selalu mencoba inovasi breaktrough yang baru, nah dapat info dari Bund Fey Down yang merupakan pemerhati scammers dan Anti Scam Campaigner, beliau setiap saat tak bosan-bosannya share info terbaru.

Aku baru baca postingan beliau di beberapa komunitas yang tersebar di berbagai belahan dunia, dan saya sempat buka link di youtube mengenai modus barunya, kalau yang sering terjadi di Australia selain love scam mereka menggunakan modus baru, sindikat scammers ini entah dari mana mendapatkan data base warga yang ada di Australia atau dari negara manapun, dan menelpon dan berpura pura mengaku dengan nama berbau bule *tetap donk ya, dengan logat yang aneh, mirip mirip logat English Asia versi India, kan kelihatan aksennya.  Penelpon akan menelpon calon korban dan mengaku sebagai call centre dari Microsoft yang ingin menginformasikan tentang komputer calon korban yang mungkin saja terinfeksi virus dan akibat fatalnya nanti bisa “crash”. Dan apabila calon korban ini sangat awam akan komputer bisa saja tertipu, setelah calon korban menerima pesan dari call centre tadi, berikutnya ada orang baru ( scammers ) yang ambil alih telpon dan mengaku supervisor on the floor wkwkwk ada ada saja istilahnya, nah cerita nya orang kedua ini ngaku supervisor yang menangani lebih lanjut, pura pura suruh buka komputer, tekan ini dan itu.Nanti orang kedua ini berusaha menunjukkan kepada calon korban  bahwa komputer nya sedang mengalami ketidakstabilan karena banyak hal, bisa virus akibatnya lambat loading dan lain lain.

Setelah itu ada lagi orang ketiga yang bicara mengambil alih mengaku supervisor atau certfied enggineer, yang akan mensolusikan masalah calon korban. Jika mau detailnya silahkan nonton recording dibawah ini ya, seru deh, dengarkan aksen dan logatnya kira kira tebak para sindikat ini dari negara mana?

Nanti dilink video ada seri 3 & 4 silahkan dinikmati aja semuanya, setelah lihat dan dengarkan sendiri, bisa tebak aksennya ? nah tebak deh dari aksennya saja sudah bisa ditebak, lucu habis nih scammers nya dikerjain, ngakak saya nonton videonya cuma sampai 4, penasaran yang ke 5 belum ada…

Bagi yang tak mengerti pasti percaya saja lalu membayar dengan kartu kredit. Padahal si penipu tidak melakukan apa apa kecuali mengambil uang dan mencuri data kartu kredit kita. Lihat tadi di video ke dua, berusaha mengarahkan korbannya masuk ke site show my desktop, jadi si scammers mau share / lihat layar kita kemungkinannya nanti diminta bayar KK kan bisa kelihatan tuh nomor kartu kredit dan di hack deh…kalo diladeni memang habis waktu deh..

Jika kita pernah menjadi korban scammers yang mengaku dari Microsoft maka akan ada lagi lanjutannya. Nomor telpon kita akan diberikan pada komplotan mereka lalu ada yang menelpon seolah dari suatu instansi keuangan yang akan mengganti uang kita yang hilang diembat penipu, tapi tentu saja ada uang jasa yang harus dibayar dimuka. Uang tak kembali, uang jasa diembat lagi.

Beberapa tips biar tak  tertipu scammers dengan modus apa pun sbb :

  • Jangan mudah percaya pada tawaran yang tak masuk akal.
  • Jika kita dipaksa untuk memberi tahu data pribadi , bank account lalu diminta mengirim uang pada orang asing maka itu pasti scam.
  • Abaikan telpon, SMS atau Email yang mencurigakan.

Dan jangan lupa rajin berbagi informasi ya ….. biar bermanfaat dan mencegah teman, saudara atau keluarga kita dari jebakan scammers dengan modus apapun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *