Pelangi itu selalu kelihatan diatas kepala orang lain

Pic taken from www.mhdfaisal.wordpress.com
Pic taken from www.mhdfaisal.wordpress.com

Judul yang aneh dan panjang ya, mungkin maknanya sebenarnya sama dengan ” Not All Glitter is Gold”  atau sama juga sih dengan pepatah ” Rumput tetangga selalu lebih hijau dari rumput di halaman sendiri!. Sudah nangkap kan maknanya?!! kalau belum yukkk dengerkan curcolan ku sebentar ya. Postingan ini terlintas saat beberapa kali lihat postingan status kawan yang usahanya lagi galau alias. Jadi saat ini kan sekarang saya sih masih berada di kwadran karyawan, sejak bekerja pun saya selalu punya impian terbesar di karir adalah bisa keluar dari kwadran karyawan dan berpindah ke kwadran lainnya, yaitu entreprenuer! Misi pribadi saya tak muluk-muluk, bisa free time, tak ada birokrasi yang ruwet dalam sebuah perusahaan besar yang saat ini saya bernanung, bisa mandiri sepenuhnya, jadi owner kan beda tuh dibanding jadi jongos, dipaksa ini itu, benturan dengan kepentingan bos dan bos atas lagi yang levelannya bisa sampai 6 jenjang. Intinya adalah saya mau jadi orang yang juga punya andil dengan mempekerjakan orang lain punya nilai manfaat lebih dan miris melihat Indonesia ini kok jumlah pengusahanya sangat kecil dibanding negara negara Asian lainnya. Berarti memang jiwa kewirausahaan dinegeri ini masih jauh tertinggal.Nah kalau ini versi saya kenapa saya saat ini getol getolnya saving untuk pensiun dini dan mencari peralihan income yang nanti menjadi income utama jika saya sudah keluar dari kwadran saya saat ini.Kacamata melihat owner/pengusaha/pebisnis/pedagang dll adalah hebat semuanya enak……….dan fun….!!

Nah saya sering dengar dan melihat teman yang murni di kwadran pengusaha, kebetulan di komunitas kawin campur banyak ibu-ibu yang merupakan juragan dibisnis yang di geluti. Ada yang bergerak di furniture, punya toko sendiri, dapat projek dan kelihatannya semuanya selalu enak. Ada yang mengurus showroom motor, ada yang menggeluti bisnis makanan.Terkadang melihat status mereka atau dengar curhatan naik turun usaha mereka tak seindah yang saya lihat. Di kawdran non karyawan atau wirausaha, semuanya benar benar mandiri, kalau bisnis nya tak jalan, tak akan ada income, beda dengan karyawan yang akhir atau awal bulan sudah pasti dapat gaji mau effortnya besar apa kecil tetap gaji jalan, kecuali freelancer ya… jika murni karyawan permanen maka hari hari menjadi indah saat akhir bulan ( bagi saya ) dan bagi pns adalah awal bulan, terserah sang pns mau kerja atau tidak gaji tetap jalan… !! Itulah enaknya jadi karyawan!!

Misalnya, tiba tiba pegawainya lari, pembantunya minggat atau buat onar. atau sopirnya tak disiplin bekerja dan dipecat, mesti cari SDM baru lagi yang bisa diandalkan, dan prosesnya itu tak pernah mudah.  Terus tanggung jawab beban tiap bulan untuk menggaji anak buah, masalah pajak usaha, urusin izin, tempat usaha, promosi usaha, strategi  bisnis.Dan semuanya butuh kekuatan kepemimpinan yang tangguh, kemampuan financial yang mumpuni, dan tentunya dukungan staf yang bersinergi dengan dinamis.Kalau jadi karyawan tak pusing dengan SDM dan semuanya ini hanya fokus target pribadi dikantor dan dapat gaji kalau pengusaha semua item diatas mesti dipikir dan visi misi perusahaan tetap juga harus dipikirkan.

Sang kawan yang juragan toko pernah nyeletuk ” kamu sih enak akhir bulan dah gajian, sedang aku lagi pusing nih omzet turun, pegawai keluar wah bisnis lagi turun nih, mana mesti bayar gaji nih akhir bulan”. Nah dari omongan kawan ini berarti dia melihat pelangi diatas kepalaku, dan aku timpal balik ke dia ” wahhh kamu yang enak, posisi owner, bukan jongos, bos besar, mau cuti atau libur terserah kapanpun bisa, gak mesti izin achieve target dulu baru bisa dikasih cuti, gak dipaksa menjilat ke bos bos lainnnya terkait kepentingan” !!! Nah ini omonganku ke dia yang melihat bahwa pelangi indah itu sebenarnya ada di atas kepala dia bukan di atas kepala saya.

Jadi sebenarnya pelangi itu ada dimana ?? menurutku pelangi itu ada diatas kepala kita semua, memang indahnya hanya bisa dilihat dari kejauhan diatas kepala orang lain, padahal sebenarnya ketika orang lain melihat sang pelangi itu juga ada diatas kepala kita. Ini hanya sebuah persepsi cara melihat dan memandang. Yang jelas pelangi nya bukan dalam bola mata kamu ya kalo itu mah lagu nya Jamrud hihihi…!!

Nilai yang bisa di petik adalah ” Di kwadran manapun anda saat ini, semua ada plus minus nya, di nikmati dan silahkan menjadi “Be Your Best Self” dijamin hidup bahagia dan penuh manfaat……….”!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *