Semua Serba E …. Eh Online !!!

Gambar milik www.examiner.com
Gambar milik www.examiner.com

Ini gara gara isi SPT Pajak tahunan ini langsung ide nulis ini meluncur, apa hubungannya ya? ada donk, ternyata sekarang ngisi SPT juga sudah e filling, istilah kerennya untuk pelaporan online jadi cuma duduk doank dan semua DONE dalam waktu singkat.Nih lagi terdampar di Kabupaten Bulukumba, salah satu kabupaten di ujung sulawesi, ayoo ada yang ingat peta sulawesi kan, tadi sempat visit ke kantor pajak, dan mereka lagi sosialisasi sistem online perpajakan, sistem pelaporan sekarang sudah canggih euy…. Asik ya, gak perlu ribet, kalau tahun tahun sebelumnya saya mesti print dulu kalau sudah cocokkan angka angkanya lalu tanda tangan dan masukin amplop deh kasih ke bagian Financial and Administration dan mereka kompulir ke petugas pajak. Hahhh ribet dan seorang kan bisa 3 kertas + amplopnya , jadi kalau karyawannya ribuan kalikan saja hanya untuk submit SPT ini bakalan ada 3000 lembar kertas, yang terbuang sia sia pindah ke kantor pajak. Berapa banyak space di butuhkan untuk nampung file file kertas tersebut. Oh ya penasaran? bisa kunjungi www.pajak.go.id dalam link nya semua ada, e-reg, e-filling, e-spt, e-reg pokoknya semua diawali dengan E, semua mudah, untuk yang pertama kali ya mesti registerasi dulu ya, lalu ada verifikasi ke email untuk pin nya, jadi pin jangan lupa setiap kali masuk pakai itu. Semua mudah kok silahkan baca saja petunjuknya.

Nah selain kantor pajak, sekarang semua perusahaan sudah menerapkan sistem paperless dengan  electronic billing, electronic payment, semua serba di awali dengan E deh. Sangat efisien menurutku. Saya juga amati semua perusahaan kartu kredit sudah menerapkan pilihan electronic billing by email, sisa dikasih pin  dan bisa cek sendiri tagihan tiap bulan.Asik kan, Untuk di dunia telekomunikasi selain semua pelanggan postpaid sudah dialihkan ke e-bill by email dan ditambah lagi sekarang ada  e-wallet atau e-money, jadi menggunakan simcard sebagai e-wallet, jadi orang sudah tak perlu bawa uang cash belanja di tempat tertentu, sisa menggunakan saldo e-wallet nya Kalau di Telkomsel produknya adalah Telkomsel Cash atau T Cash. di provider lain juga sudah mulai kembangkan. Kalau saya adalah pengguna setia T Cash selain dalam sehari saya bisa melakukan 5 kali transaksi beli pulsa buat kebutuhan keluarga, saya juga beli token listrik pra bayar untuk dirumah, dan sistem setor/inject  saldo sangat mudah beberapa perbankan besar sudah kerjasama jadi ketika melakuka transaksi di #828# semua mudah sisa pencet pencet HP sudah deh, tagihan terbayar……..mudah kan asal saldo nya ada :-D!!

Nah selain kantor pajak yang sudah online, telco industry, kartu kredit, asuransi, bahkan kalau di Telkomsel ada layanan CS online loh, bisa di klik disini deh https://my.telkomsel.com silahkan masukin nomor HP nya, nanti banyak hal yang bisa dilakukan sendiri, cek tagihan bahkan sampai periode tertentu bisa, bakan bisa ganti kartu, apalagi komplain juga bisa. Benar benar dunia ini semakin mudah, sisa ada jaringan internet dan buka websitenya.Dan tentunya efek GO Green Ini bisa membuat dunia ini lebih baiklah.

Harapan terbesar saya sih suatu hari istilah e KTP itu bisa benar benar menjadi E KTP, bukan cuma namanya saja tapi proses mendapatkannya juga harusnya sudah online donk, bukan cara tradisional lagi, kayak layanan passport online, nanti kedepannya KTP online, KK Online, urus surat dan birokrasi sisa online, urus KITAS suami sisa duduk manis di rumah dan submit dan kirim tanpa mesti ber keringat bolak balik ke tiga kantor dan ber koordinasi sana sini, kan waktunya di efisienkan donk, ya kapan ya urusin birokrasi itu bakalan semua online ?? *ngarep.com semoga masa itu segera datang………………!!!Maklum karena pelaku kapur itu identik dengan banyak birokrasinya.

Ada lagi nih satu harapanku ntar hidupnya jadi E- Life juga kali yaaahhhhhhhhhhhhhhh…. !!! *mulaingawur …..!!!

4 thoughts on “Semua Serba E …. Eh Online !!!

  • March 26, 2014 at 7:49 am
    Permalink

    Maunya sim, surat2 dari kelurahal dll jg bs req online ya hihi. Ehhhh termasuk urusan kendaraan deh

    Reply
    • March 26, 2014 at 8:10 am
      Permalink

      iya aku impiannya begitu Non, biar hidp lebih simple..dan mudah………..

      Reply
  • March 26, 2014 at 3:35 pm
    Permalink

    Kembalian pajak itu ada gak sih dari pemerintah ? atau cuma laporan aja yah?

    Reply
    • March 26, 2014 at 3:45 pm
      Permalink

      disini tak ada istilah pengembalian pajak layaknya di amrik or di eropa….yang ada rakyat ketahuan bayarnya dikit jadi dikejar2 pajak.. he he kebalikanya… soalnya banyak org yang sllu buat seolah olah nihil padahal aset nya banyak

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *