Olah raga malam atau pagi ?

Pic taken from www.tempo.co
Pic taken from www.tempo.co

Mau share saja informasi yang cenderung simpang siur soal sebaiknya tidak malakukan olahraga malam , karena banyak orang anggap olahraga malam itu buruk, akhh ternyata itu tak selalu benar, buktinya artikel yang saya baca dari www.futuready.com bahwa ternyata banyak manfaat bagi orang yang lebih memilih olahraga malam sbb :

1. Fasilitas tersedia 

Banyak gym menawarkan fasilitas setelah pulang dari kantor dibandingkan saat pagi-pagi buta. Olahraga di gym juga memberikan manfaat sosial, sehingga Anda bisa bertemu teman baru dan lebih termotivasi berolahraga dengan lingkungan gym. Kalau saya kebetulan malam hari baru dapat jatah lapangan tennis indoor dimalam hari sehabis kantoran jadinya ya mestinya olahraga malam deh.
2. Relaksasi 
Olahraga malam membantu relaksasi pikiran setelah beraktivitas seharian sehingga bisa tidur lebih nyenyak. Tapi, sebaiknya hindari olahraga terlalu dekat dengan jam tidur sebab dapat membuat Anda susah tidur.
3. Membakar kalori makan malam
Makan malam sering menjadi hal terberat bagi banyak orang. Namun dengan latihan di gym akan membantu tubuh untuk membakar kalori.
4. Membangun otot 
Penelitian Anthony C Hackney dari Chronobiology International menemukan fakta untuk membangun otot lebih baik dilakukan di malam hari, karena tubuh mengeluarkan hormon testosterone lebih banyak. Hormon ini memainkan peran kunci dalam membentuk otot. Kalau ini mah saya tak perlu otot kok, sudah cukup berotot lah, yang penting sehat jiwa raga deh.
Lesley Alderman, penulis The Book of Times mengatakan bahwa waktu terbaik berolahraga di malam hari adalah pukul 18.00 hingga 20.00 karena suhu tubuh berada di puncaknya. Ini berarti otot lebih fleksibel dan lebih siap.
5. Lebih siap 
Bagi mereka yang sibuk, olahraga di pagi hari mungkin sulit dilakukan. Olahraga dengan terburu-buru pun dapat memicu cedera, sehingga melakukan olahraga di malam hari menjadi waktu terbaik. Ini ya pasti siap karena dah sejak pagi dah siapkan baju dan perlengkapan perang nya 
Sedang untuk olahraga pagi manfaatnya sbb :
1.  Lebih bersemangat 

Olahraga pagi membantu Anda merasa lebih energik sepanjang hari. Ketika melakukan latihan di pagi hari, tubuh akan mengambil lebih banyak oksigen dan peredaran darah akan lancar. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan suntikan energi untuk fisik dan mental yang dibutuhkan untuk beraktivitas sepanjang hari. Iya kalau pagi cuaca enak, udara segar deh cuma kadang masih ngantuk.
2. Membantu fokus dan konsentrasi 
Latihan di pagi hari membuat otak Anda menjadi lebih waspada dan menjadi lebih fokus. Selain itu, olahraga pagi membantu Anda mengurangi stres dan membantu meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Iya pasti fokus donk ya sejak dari rumah kan sudah siap 
3. Kualitas tidur terjaga 
Studi yang dilakukan Dr. Scott Collier dari Appalachian State University mengungkapkan bahwa olahraga pagi adalah cara terbaik untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik. Dalam penelitiannya terungkap orang yang melakukan treadmill setiap pagi cenderung memiliki siklus tidur lebih baik dibandingkan mereka yang tidak berolahraga. Kalau ini saya tak tahu benar tidaknya, belum pernah rasakan perbedaannya.
4. Menjaga berat badan 
Kualitas tidur seseorang dapat mencerminkan berat badannya. Ketika Anda kurang tidur, maka tingkat leptin, hormon yang memberi sinyal kenyang, akan menurun sebanyak 18 persen. Sementara, tingkat ghrelin, hormon yang merangsang nafsu makan justru akan meningkat 28 persen. Kurang tidur juga meningkatkan hormon stres kortisol yang menyebabkan makan berlebihan. Kalau saya alhamdulilah berat badan berada di 48-53 kg so tak terlalu over lah. Olahraga bagiku adalah gaya hidup, kan hidup mesti seimbang.

Karena banyak orang yang bilang kalau olahraga malam hari berbahaya bagi kesehatan buktinya berdasarkan artikel diatas manfaatnya banyak juga, jadi sebenarnya tergantung kemampuan dan ketersediaan waktu, intinya wajib berolahraga, minimal seminggu 2x dan alangkah baiknya jika disertai jalan cepat atau lari. Biar badan selalu segar dan sehat, sangat berbeda loh kondisi badan orang yang berolah raga teratur dan tidak, terbukti tahun lalu waktu kami bertiga kawan kantor ke Prodia untuk medical check up tahunan, saya dan kawan saya sangat rajin olahraga, kalau saya aktif belajar main tennis dan kawan saya aktif nge gym pokoknya dia jagonya aerobik, dan yang satu benar benar tak pernah olahraga. 

Sebenarnya yang jadi pertimbangan adalah saat selesai olahraga kan pastinya akan sangat berkeringat dan wajib mandi donk, nah dampaknya mandi malam inilah yang banyak dikatakan orang bisa buat nyeri sendi dan rematik. Ternyata saat saya pernah tanya ke dokter ahli, malah sang dokter bilang, ya untuk yang usia muda tak masalah si mandi dengan air dingin, namun lebih baik bila menggunakan air hangat saja, karena kalau mandi air dingin di malam hari saat usia sudah tak muda lagi tentunya ketahanan tubuh itu beda dengan yang muda. Jadi saya sih happy happy saja berolahraga malam hari.

Dan salah satu bukti bahwa olahraga teratur itu bagus, suatu saat konsultasi dengan dokter di laboratorium saat medical check up tahunan, ketika memeriksa badan kita dan mendapatkan hasilnya sang dokter sudah langsung bilang kamu olahraganya apa, kok ototnya keras ya…hahahha ternyata bisa terdeteksi sendiri, sedang yang maniac aeoribik juga dari pemeriksaan badannya sudah ketahuan  dia suka olahraga. Sedang kawan yang satu saat memeriksa badannya juga si dokter sudah bilang pasti ini tak pernah ber-olahraga. Dan saya rasakan sendiri bahwa ketika selesai berolahraga itu kok rasanya sangat segar dan kembali selalu berpikir positif, entah terjadi pelepasan hormon apa namun setidaknya efek kebahagian terasa dijiwa, kegalauan pun hilang dan sikap optimisme tumbuh kembali. Kenapa saya juga wanti wanti ke Mr Big buat dia ikutan rutin main futsal nya walaupun resiko cedera juga besar karena dia penjaga gawang. Tapi sejak dia mulai aktif 2 minggu ini nampaknya dia bugar dan potensi stress berkurang. Walau kalau habis main futsal badan-badannya sakit semua, ya namanya olahraga yang bersentuhan dengan bola beda dengan tennis ya raketnya yang menyentuh ke bola bukan saya nya jadi lebih aman.

So apapun kegiatan kalian, olahraga patut dimasukkan dalam gaya hidup, untuk keseimbangan bukan hanya sekedar karena mau menurunkan berat badan atau memangkas lemak. Tapi pilihan yang wajib dilakukan demi kesehatan, kalo tak sehat apalah artinya semua nikmat di dunia… ini…………….. iya kan…??

2 thoughts on “Olah raga malam atau pagi ?

  • March 24, 2014 at 9:58 am
    Permalink

    aku masih on off nih soal lari/jalan di pagi hari. Kadang2 berat bangunnya hahaha

    Reply
    • March 24, 2014 at 10:01 am
      Permalink

      iya sama hari minggu kadang saya begadang malamnya jadi oleng bangun paginya padahal wajib lo lari dalam seminggu minimal 1 jam lah..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *