Drama TV Satelit

Pic taken from www.arizonacabletv.com
Pic taken from www.arizonacabletv.com

Kayaknya hidup di dunia ini penuh cerita dan drama ya, atau saya aja yang ada saja dramanya tiap hari-hari :-D, mau cerita drama tv satelit ku  nih biar jadi pengalaman buat yang lain. Jadi ceritanya berawal dari seseorang  Mr Big  yang  galau dirumah nonton TV indonesia yang siarannya katanya penuh dengan adegan “ladyboy” istilah Mr Big. Lihat saja semua acara pasti melibatkan laga b*nci dan adegan pria berperan jadi wanita makanya Mr Big menyebut Indonesia penuh acara “Ladyboy” . Dari stasiun TV 1 – stasiun 15 dan isinya acaranya aneh-aneh semua.Dan bener juga sih kata dia tadi sempat cek siaran di TV lokal, ya siarannya tak berkualitas ada sih satu channel  yang menurutku bagus sisanya acara nyeleneh semua dan kurang mendidik.

Daripada dia suka ngedumel baiklah saya sebagai istri sekaligus menteri keuangan mengambil keputusan mari kita langganan TV Kabel saja.Awalnya mau TV kabel saja, ternyata saya tak menemukan penyedia jasanya waktu itu. Karena TV Kabel yang saya inginkan tak ada di kompleks kami.  Kami pun beralih deh ke TV satelit. Dan kami pun mereview sih beberapa TV satelit  yang promo di pinggir jalan, pasti pilihannya cari yang termurah dengan kualitas bagus. Cari tahu dari pengalaman teman yang sudah pakai. Dan atas saran kakakku saya akhirnya beli putus saja, ya pilihannya beli TV  satelit nya “O**nge TV”. Kan dapat 17 TV  channel gratis selamanya  dan tak mesti ambil paket tiap bulan *katanya!. nanti kalau ada dana lebih kita bisa ambil donk channel yang sesuai kebutuhan kan sisa beli pulsa atau vouchernya dan ambil paketnya. Langsung saya hitung-hitungan, beli satelitnya 700 ribu lah ( sebenarnya IDR 699,999) + paket 100,000 = dikasih bonus all channel sebulan jadi total 800 ribu sudah include pasang alat.Padahal Bahasa marketing salesnya nih “cuma bayar 800 ribu ) dapat satelitnya dan free sebulan Free all channel ( Memang segitu kok harganya ).

Daripada sibuk bayar bulanan saya pikir mending beli putus seperti ini ya jadi kalau mesti pindah tugas misalnya, atau pindah rumah ya satelitnya bisa dibawa-bawa deh dan kan tak mesti ambil paket tiap bulan. Kalau lagi cekak ya nonton yang ada aja yang gratisan.Mereka pun langsung pasang ke esokan harinya disertai drama mati lampu 3 jam, kasihan tukang pasangnya mesti nungguin lampu dulu nyala baru nge-test alatnya. Dan butuh berapa jam sih sampai itu  siaran bisa dinikmati Mr Big.

Dan bulan pertama berlalu, tak ada masalah berarti Mr Big sudah happy dengan tontonannya walaupun sebenarnya andalannya andalah nonton dari laptop berjam jam lihat tontonan Amerika nya  WWE ( World Wrestling Entertainment ) ya ampun menurutku ini acara yang aneh adegan kekerasan yang kadang palsu entah mereka mukul beneran apa akting doang..Baru deh no 2 kesukaannya nonton Universal TV sama Nat Geo Channel. Ehh jangan lupa “AL Jazeerah TV ” Kalau saya jarang sekali nonton, pulang kantor sudah malas nyalakan TV.

Baru beberapa hari ini kok channelnya sisa dua yang channel luar, kasihan banget kita hahha cuma FOX dan Nat Geo. Mr Big ngomel lagi kan katanya saya tertipu pastinya kok janji 17 channel selamanya mana? ya memang kan gabungan channel Indonesia + 3 channel luar, demi suami biar dia diam dikit ya sudah kita beli paket deh. Setelah di utak atik di website kami akhirnya pilih paket yang 18 channel bayarnya 69 ribu.Namanya Paket SMART !

Keliatan simple tapi ternyata RIBET bagi saya yang super sibuk ini, nah kan ini prepaid alis pra bayar, jadi saya mesti beli pulsa isi ulangnya dulu untuk menambah saldo saya yang sisa 2000 perak. Caranya pun mesti via transfer atm bersama dan paling sebbelnya kalau di ATM bersama selang satu hari dari transfer baru bisa aktif paketnya.Kecuali kalau pakai bank nya Sinar Mas baru bisa langsung. Kayaknya lamaaa dehhhh ahhhhh.Karena mau cepat alternatif lain bisa cari Alfamart beli e-voucher nya. Atau mungkin ada merchant yang jualan e-vouchernya di daerah tertentu.

Sore hari sehabis pulang kantor saat itu hujan-hujan  ke Alfamart beli voucher nya yang denom 50 ribu, berarti  beli dua kali.Nah berarti mesti inject 100 ribu ya sama aja ya, tetap aja kita terpaksa inject saldo lebih dari paket yang diinginkan ( penghematan gagal deh ) buktinya mana ada e-voucher 69 ribu sesuai paket favoritku, tetap aja mesti inject 50 ribu atau 100 ribu yang 85 ribu katanya di Alfamart tertentu saja, jadi ujung-ujungnya ya mesti keluarkan uang 100 ribu donk ya .Bahasa marketing selalu indah ya.  Nah setelah dapat saya baru cek lagi saldonya, ekh sudah masuk ternyata dan langsung deh saya ketik perintah via sms sesuai instruksi di website.Namun karena respon kelamaan saya telpon deh call centrenya yang lumayan responsif dan mereka langsung aktifkan saat itu juga, mereka bilang akan aktif dalam beberapa menit silahkan di coba lagi dirumah.

Mr Big yang dirumah udah utak atik, mungkin kalo perlu box decodernya udah nungging bolak balik, remote sudah di pencet semua, TV juga sudah di explore deh kok semua channel yang diinginkan masih terkunci ya.

Saya pun telpon call centre, kayaknya dua hari ini saya sudah cuap cuap di call centre sebanyak lima kali. Dan saya minta aktifasi paket, call centre beri jawaban beberapa saat lagi akan aktif, ya ditunggu 10-15 menit. Satu jam berlalu Mr Big ngedumel kok ini belum aktif, saya telpon lagi, katanya mereka coba refresh kan paling lama deh 1 jam. Dan bahkan disuruh cabut kabel power dari box decoder segala. Tetap saja tak bisa. Heran dehhhhh dan sudah bercampur kesal.Karena kelelahan mengutak atik TV dan sudah larut malam pun akhirnya kami menyerah. Mungkin besok sudah bisa dinikmati.

Keesokan hari nya ternyata Mr Big masih komplain kok TV nya belum bisa nonton siaran favoritnya. Ihhhh saya yang di kantor rada gemes dan darting nih masalah TV kok belum kelar juga ya padahal udah beli vouchernya kata mereka sudah aktif paketnya apalagi masalahnya. Paling repot ketika komplain masalah TV kabel namun berada di luar rumah dimana sang CS akan minta saya melihat  apa yang tampil di layar sementara suami di rumah memandu via BBM. Uhhhhhhhhhhh mantap kan!!

Makanya saya bawaan darting deh, Mr Big dengan berbagai komplain-komplainnya akan selalu via saya saja, makanya kenapa saya bersikeras ke dia mesti belajar bahasa INDONESIA donk supaya mudah komplain langsung tanpa perantara istri yang super sibuk.Merusak hari-hari ku saja.

Terus komplain berlanjut deh…………..dan hingga akhirnya sehabis pulang kantor saya bersegera kerumah untuk menyelesaikan masalah ini, dan sampai rumah dan TV pun sudah menyala, untuk yang ke enam kali saya telpon call centre lagi dan setelah teriak-teriak dengan nada tinggi dan esmosi jiwa permasalahan pun terungkap. Ternyata yang bermasalah adalah no Orange ID nya salah  yaaaa… pantas saja dari awal inject saldo hingga aktifasi tetap aktifasi tak berhasil, secara yang saya inject punya orang dan yang saya akifkan paketnya juga punya orang lain. Mau diobok-obok hingga TV dibanting juga tak akan menyelesaikan masalah. Karena saya sudah penuh luapan emosi di call centre saya ngamuk-ngamuk, saya menyalahkan pegawai call centrenya memberi kan nomor ID yang salah sejak awal. Pantas saja mereka selalu tak bisa memastikan nama saya sebagai pelanggan baru dengan nomor ID yang diberikan. Ternyata di sistem mereka belum terdaftar nama saya alasannnya semua regsiterasi pelanggan baru bulan lalu belum disumbit sama agen sales cabang Makassar, kemungkinan kartu garansi mereka belum kirim ke pusat.

Pantas setiap saya bersikeras coba lihat di sistem apa sudah benar nama saya dengan nomor ID yang diberikan, mereka tak bisa cek itu. Dan saya kan berikan data hanya berdasarkan nomor serial bawah decoder box nya karena saya tak tahu kartu garansi nya taro dimana *mulai pikun. Nah makanya kesalahan dari awal baru terdeteksi deh. Sampai petugas call centrenya yang saya semprot penuh emosi ini menyerahkan permasalahan dengan supervisornya. Saya minta saldo ku di balikin ke nomor ID yang sebenarnya. Saya tak mau tahu mereka bagaimana caranya memberi saya solusi. Bukankah enam kali pembicaraan saya ke call centre mereka sadap rekam. Saya bilang ” ayooo buktikan dengan hasil sadapan rekaman kalian yang salah saya menyebutkan nomor serial atau Call centrenya yang salah kasih ID “. Akhirnya sang supervisor memberi solusi menyuruh saya email kronologis dan komplain ke CS mereka. Malam itu saya tulis email sepanjang 1,5 halaman dan langsung kirim.

Hanya beberapa saat langsung dapat reply bahwa mereka akan bantu selesaikan masalah saya dalam 1-3 hari kerja. Dan malam hari itu juga saya dapat telpon lagi dari Supervisor Call Centre bahwa permasalahan sudah masuk dan sementara di eskalasi untuk diberi solusi. Ya mulai lebih tenang. Keesokan harinya sore hari saya di telpon lagi oleh call centre menginformasikan dan melakukan inject saldo ke nomor ID saya. Mereka minta maaf dan beri solusi saldo dibalikin ke saya sesuai jumlah yang salah inject dan langsung paket smart saya aktif deh. Lalu di susul email yang menjelaskan tentang solusi yang telah dilakukan. Akhirnya drama tv satelit berakhir indah sore itu setelah drama sehari menguras energi.

Tapi lumayan puaslah, janji mereka beri solusi 1-3 hari terpenuhi dan dalam sehari tersolusikan, semoga semua layanan di berbagai lini di negeri ini juga demikian, bukan cuma di layanan service penjualan tapi harapan terbesar saya kedepannya service untuk layanan birokrasi pemerintahan demikian baiknya di kemudian hari.Mari kita berdoa bersama biar urusin surat-surat juga di follow up dengan cepat dan tanpa uang pelapis. Dan saya bermimpi suatu hari kalau ngurus surat di kelurahan akan di follow up via phone dan selesai SLA nya dalam sehari. Semoga ya …mungkin suatu hari nanti… he he

Jadi kesimpulannya untuk terkait langganan TV kabel or TV satelit atau apapun itu  jangan lupa kalau berlangganan sesuatu TULIS baik baik nomor ID nya, dan  pastikan itu benar adanya dan tetap pro aktif meminta hak donk secara kita konsumen sudah membeli. Padahal sore itu waktu saya sudah mengamuk-amuk awalnya petugas call centre nya cuma bilang minta maaf tak bisa bantu karena itu salah saya menginject ke nomor ID dan itu murni kesalahan saya ( Nah loh !!)  dan yang  salah kasih  nomor ID kan mereka!! Atau kemungkinan juga saya salah memberikan nomor serial? akhhh saya jelas lihat foto bbm yang dikirimkan Mr Big kok dan menjelaskan nomor itu ke Call Centre. Berarti kesalahan bukan donk pada saya 🙂 *membela diri.

Hari itu saya senyum puas dan Mr Big masih terpana tak percaya kalau akhirnya itu terselesaikan dalam sehari, soalnya dia tak pernah percaya apapun di negeri ini katanya selalu lalod..akhh tidak juga kok buktinya sesuai janji mereka, cuma memang harus “Ngotot” dan selalu mesti pakai urat dan ber-kerut deh, makanya mesti sering-sering senam muka na  nih biar muka tetap imut imut 🙂

6 thoughts on “Drama TV Satelit

  • November 25, 2013 at 4:42 pm
    Permalink

    kayaknya kalo complainnya pake ngamuk2 dan ngotot pasti cepet kelar. Ini beberapa kali terbukti kalau aku yg complain atau bos aku dulu yang complaint hehee

    Reply
    • November 26, 2013 at 12:37 am
      Permalink

      nah itu dia saya sudah banyak pengalaman kalo kita hard complaint pasti dibantuin cepat selesaikan sampai saya ancam deh mau posting di blog hahha langsung 1×24 jam kelar. Kalo aku nya lemah lembut komplainnya ya dapatnya cuma permintaan maaf

      Reply
    • November 26, 2013 at 12:38 am
      Permalink

      iya saya bilang silahkan nonton sampai puas hahaha ternyata tak betah juga dia tetap dia lebih suka nonton WWE nya…

      Reply
  • November 25, 2013 at 10:21 pm
    Permalink

    Sejujurnya ya baca tulisan ini melelahkan 😀
    aku yang gak ikut marah aja rasanya capek loh mbak, apalagi mbak, pasti sebel tingkat dewa ya..
    udah kapok sih pasang tv kabel berlangganan gitu.. mau lepas ribetnya ampuun! Yang terbaru mau pasang 1st media jg ribet banget akhirnya batal pasang.. buat anak2 nonton dvd ajalah lebih aman

    Reply
    • November 26, 2013 at 12:40 am
      Permalink

      iya mbak Dhira, niat awalnya simple makanya tak mau tv kabel, sekalian yang beli putus dan beli paket saja ternyata kalo nggak tahu jadi ribet….panjang ceritanya dan capek ngurusinnya..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *