Suka duka investasi apartment di Makassar

Fakta dan kisah di balik investasi Apartment ( cease study VIDA VIEW CIPUTRA  di Makassar )

Membeli apartment saat ini di kota Makassar sudah mulai menjadi sesuatu yang biasa saat ini, ya di tahun 2018 dimana  developer sudah mulai banyak membangun project perumahan vertical, dulu di tahun1990-an pernah dibangun sebagai project apartment perdana namun gagal dihempas krisis moneter tahun 1998.

Baru ditahun 2000-an lah akhirnya CIPUTRA menggandeng developer local membangun project apartment perdana mereka di kawasan strategis, kecamatan Panakukang. Mereka resmi launching menjual di tahun 2013 lalu, ketika itu saya termasuk pembeli alias user diawal awal mereka launching.

Jalan berliku saya lalui sebagai  user, perjalanan panjang kontrak akad kredit selama 6 tahun berjalan, oh ya semua berjalan lancar dengan banyak reward yang dijanjikan di awal. Walau sebenarnya banyak yang tak sesuai brosur  yang terjadi setelah lima tahun kemudian ( 2018 ), unit saya lunasi di 2019 bulan Mei.

Perjalanan tak seindah teori marketing di awal, jadi setelah lima tahun berlalu ini, inilah fakta – fakta yang saya alami selama berproses itu, tak bermaksud menjelek jelekkan pihak developer ya tapi hanya ingin sharing kenyataan yang ada buat pembelajaran kedepan untuk investor property vertikal  yang berniat berinvestasi di gedung vertikal seperti Ciputra, Taman Sari, Royal Apartment dll:

  1. Ukuran, dulu di brosur ukurannya beda sama nanti saat pembangunan, bisa saja berbeda beberapa cm dengan alasan perubahan kebijakan, apalagi kalau proses pembangunan makan waktu bertahun tahun. Saya sempat cek brosur saya di tahun 2013 pada saat cek kenyataan ukuran sekarang ternyata berbeda. Pasti karena sudah lama jadi saya juga sudah lupa dan malas complain toh complain belum tentu di tanggapi.
  2. Fasilitas penunjang, dulu saat sebelum eksekusi pembelian biasanya kan fasilitas nya dijelaskan detail kolam renang, fitness centre dan ruko bisnis dan lainnya, ujung ujungnya saat pembangunan yang jadi kolamnya jadi kolam kecil yang kalau saya saja terus terang tak minat nyebur di kolam tersebut. Dulu saya sangat ingat info marketing kolamnya sebesar ukuran Olympic size, ternyata setelah eksekusi pembangunan kolam di kecilkan di ujung lapangan saja sisanya dibuat lapangan dengan rumput imitasi buat gazebo dan lainnya. Ya begitulah faktanya apapun alasannya ya tetap tak sesuai expectacy.
  3. Lama proses pembangunan dulu di janji tiga tahun dan pastinya setiap pembangunan baru ya banyak kendala dan tantangan dan akhirnya molor sampai lima tahun lebih untuk serah terima unit ke saya.
  4. Proses serah terima penuh tantangan tak semulus yang saya bayangkan, tapi ini bukan halangan buat kalian untuk beli apartment atau kostel di Makassar ya, ini saya dapat giliran memang berproses karena proyek unit saya termasuk pioneer di Makassar walaupun sebelumnya ada proyek apartment yang gagal bangun. Tantangannya apa ? saya dikenai denda, harus bayar denda sebelum serah terima. Denda keterlambatan pelunasan DP dalam waktu sekitar 3 minggu saat akad kredit dan saya bayar tanda jadi di Mei 2013 dan baru tanda tangan akad kredit di September 2013 . Padahal saya tak pernah di tagih dari bank, atau dari mereka selama proses pembangunan lima tahun, tak pernah ada update dari mereka,yang rajin follow up pembangunan hanya saya terus menerus ke kantor nya ketika saya ada kesempatan di Makassar, termasuk marketing saya sudah berganti sehingga saya mencari marketing lainnya untuk tetap dapat kabar update proses pembangunan. Denda saya saat itu 8 jutaan harus dibayar sebelum mereka serah terima unit, akhirnya saya menuntut alias naik banding dengan surat langsung ke BM developer, menuliskan tiga halaman curhatan pelanggan dan fakta fakta yang ada, mereka approve cuma 50% saya tuntut sampai 100 % kalau kalian baca surat complain saya pasti stress bacanya detail. Karena saya beda lokasi saya di Ambon tentunya property nya di Makassar jadi lumayan sulit komunikasi langsung, saya ingat di bulan Juli 2018 lalu saat momentum libur lebaran saya manfaatkan datang langsung ketemu BM karena terkesan tak dapat di respon kalau Cuma lewat anak buah nya . Akhirnya saya berhasil menemui BM dan langsng telpon Jakarta dan langsung di approve permohonan penghapusan denda dan dana kompensasi saya karena telat diserah terimakan unit nya dari 3 tahun menjadi 5 tahun saya berhak mendapatkan 3% dari harga net property. Lumayan lah buat modal jasa design interior. Hari itu juga 29 Juli 2018 serah terima kunci langsung mereka berikan pada saya setelah saya cek unitnya  yang ternyata masih belum terlalu bersih saat di serahkan (memang tak ada yang sempurna ).
  5. Setelah serah terima unit di moment tak terlupakan itu yang terkesan di segerakan karena unit saya sebenarnya dari Maret sudah ready Cuma saya tak mau terima unit karena saya tak mau bayar denda dan saya minta dana kompensasi saya yang terkesan mereka tak mau infokan. Harus saya yang cari tahu di perjanjian awal.  Alhasil proses masih panjang, pencairan dana yang dijanjikan itu dalam tiga bulan masuk ke rekening yang sudah saya tuliskan di surat saat serah terima unit ternyata setelah tiga bulan berlalu tak ada kabar saya crosscheck kembali ternyata pengembalian dananya dalam bentuk cek giro. Harus diambil aslinya lagi sama team marketingnya ( penderitaan tiada akhir ) Itu masih berlanjut setelah berhasil mendapatkan cek gironya secara teknis ternyata tak bisa cair di AMBON karena bank sumber pemberi dana tak ada cabangnya di Ambon. Sungguh derita tak ada akhir , akhirnya saya minta tolong ke teman di Makassar, saya buat surat kuasa ber materai 6000 dan cek asli kirim dan dicairkan di Makassar langsung transfer ke rekening. Sungguh proses yang sungguh bertele tele.
  6. Kunci diterima lanjut apartment masih kosong,saya berproses mencari design interior yang cocok, saya gunakan adik saya yang juga arsitek untuk mendesign gambar sesuai keinginan dan pengalaman lihat unit teman teman yang ada di apartment tersebut. Ini pun prosesnya panjang, pencarian design interior yang mengerjakan nya pun saya pilah dari internet dan saya telpon satu per satu di bantu adik saya yang filter. Akhirnya adik saya kerjasama dengan salah satu jasa design kawannya yang saya percayakan mengerjakan proyek tersebut. Setelah melewati banyak seleksi menguras tenaga. Nah untuk proses design unit harus ada deposit ke manajemen apartment sebesar Rp 2,000,000 yang akan dikembalikan jika selesai masa renovasi. Nah dramanya terjadi lagi karena unit saya sebenarnya selesai dalam sebulan Cuma karena ada satu kekeurangan yang harus dikerjakan karena yang urus saya remote dari jauh dan adik saya juga yang control kadang sibuk dengan kerjaanya akhirnya serah terima kunci unit baru diselesaikan di oktober. Saat proses permintaan kembali deposit nya ya drama yang sama terjadi kali ini saya minta ke Developer untuk bantu saya jangan buat susah dengan cek giro bisa kah dana saya di transfer sesuai pada saat saya bayar sangat mudah transfer satu detik selesai. Akhirnya mereka iyakan bantu namun tetap lama, kalau tak salah makan waktu beberapa minggu baru selesai dan itupun karena saya aktif menuntut. Hukum yang berlaku disini jika anda seorang user yang harus aktif tuntut hak kalau tidak ya………..akan slow dan mungkin anda tak akan dapat haknya sama sekali. Dan dramanya berujung pada pemotongan dana 200 ribu dari deposit itupun saya tahu saat terima transferan kok Cuma 1,8 jt ya saya tanyakan ke mereka dan baru dijawab katanya proses renovasi saya makan waktu dua bulan jadi di potong . Saya pikir karena tak ada informasi dari BM ataupun supervisor gedung berarti saya aman saja ternyata tidak sama sekali. Pemotongan tetap terjadi. Inti dari semua ini adalah SERVICE nya kurang di KOMUNIKASIKAN ke user.
  7. Unit sudah ready dan okay saya pun mulai beriklan kalian bisa lihat iklan iklan saya disini. Pencarian penyewa yang sesuai kriteria saya, Kaum karyawan level middle ke atas yang tugas di Makassar, berkeluarga, sewa jangka panjang minimal 1 bulan bukan harian. Ini pun makan waktu dua bulan filter sana sini, sudah puluhan yang telpon mau tempati untuk harian tapi saya filter mendalam jika mencurigakan saya tolak. Karena sejujurnya saya mau unit itu dijadikan hunian berkah bukan tempat pesta pesta atau maksiat.
  8. Oh ya ada beberapa drama terjadi pada saat proses renovasi ini ada beberapa proses drama lagi, ada yang tak bertanggung jawab menggunakan kunci akses yang saya berikan karena lemahnya control dari saya dan adik. Jadi sempat unit saya nampaknya di salah gunakan saat proses renovasi terjadi karena memang waktu proses renovasi awal semua perlengkapan seperti AC, matras semua sudah lengkap. Sejak itu saya sudah take over semua kunci dan amankan. Kontrol penyewapun semua harus telpon ke saya, saya pun belum mau menyerahkan ke pengelola karena saya sangat sayang unit saya, design nya lumayan okay, semua baru cuma sakit hati saja kalau hanya dipakai maksiat semalaman atau di pakai untuk week end dan kotor jadinya. Riweh lah ini kalau masalah sewa menyewa apalagi kalau sudah ke saya harus filter benar niat nya buat apa. Niat awal ini asset jadi berkah bukan hanya cari uang tapi dipakai maksiat.Intinya tetap mencari keberkahan.
  9. Mendapat penyewa perdana di Desember, Di bulan oktober November saya banyak terima telpon karena saya iklankan di olx, website, youtube, sama beberapa website property untuk sewa dua mingguan , sewa harian, sewa bulanan tapi semuanya menurut saya belum dapat feel nya. Sampai kemarin sudah dapat penyewa langsung sebulan dan masalah harga tak masalah. Semoga penyewa saya ini memanfaatkan huniannya dengan baik. Dan semoga ybs nanti mau lanjut dan langsung eksekusi setahun. Semua penuh proses dan tak mudah.
  10. Fakta terakhir yang lumayan membuat saya kecewa adalah semua harus berbayar, parkir pemilik harus bayar bulanan, iuran bulanan, token listrik harus inject dari pengelola gedung, banyak hal baru yang saya baru ketahui, jadi iuran air juga. Intinya semua bayar cost hehe  dulu saat di tawari marketing pasti parkir pemilik ada gratisan ternyata tidak ada saudara saudara anda harus tetap bayar, bayar dan bayar. Beginilah kehidupan di generasi millennial , jadi ingat di kompleks perumahan bayar  bulanan saja biasa ditagih malasnya minta ampun apalagi kalau ditagih mahal mereka selalu protes belum tahu mereka kalau IPL gedung bertingkat bayarnya sesuai luasan rumah.Beginilah investor pemula lihat tagihan 300 an saja sudah mules apalagi kalau unit kosong tak ada income. Yang seru saat penyewa saya ini komunikasi lewat telpon saya tracking dulu seminggu mulai dari nomor HP, data diri yang pasti dan dalam rangka apa di Makassar ( Investor kepo ) kenapa ? saya juga perlu  tahu tamu saya ini mau apa di tempat saya dan ngapain di Makassar. Setelah di analisa dari semua sosmed dan secara nomornya postpaid berbayar tagihan lancar.

 

  1. Fakta terakhir yang juga mengecewakan untuk tower tempat unit saya adalah lantainya 37, kamarnya lebih 1000 tapi kenapa liftnya Cuma tiga , 1 lift barang, dua lift untuk penghuni. Bisa dibayangkan alur manusia ketika semua penuh nanti di pagi or sore hari bisa macet. 1000 orang misalnya mau turun berjamaah bisa macet itu. Kenapa ini pihak pengelola tak pernah pikirkan ya? sepengetahuan saya apartment di Surabaya di Jakarta kadang mereka dalam satu tower disediakan 6 lift. Disesuaikan dengan kapasitas banyaknya gedung. Tapi so far sih sekarang masih lancar karena penghuninya masih sedikit.

 

ini slide sejarah saat proses design interior nya

This slideshow requires JavaScript.

Jika kalian butuh design interior di Makassar, buat apartment, kamar kalian, ruang tamu, dapur, kamar mandi dll langsung follow dan wa dibawah ini

Dispro Design

Demikian fakta investasi apartment perdana di Makassar, banyak drama sedih dan lelah sebenarnya sebagai investor tapi itulah yang harus dijalani, jadi kalau yang nanya soal apartment minimal saya sudah khatam drama a-z dan segala keindahan Bahasa marketingnya.Sebelum kalian beli apartment di Makassar tanya saya dulu yah hahahhaa.

Namun yang menjadi sedikit kebahagian adalah sekarang sudah dapat penghuni minimal bayarankan IPL nya sudah ada, sewanya sudah disiapkan buat investasi kostel berikutnya. Akan saya posting di postingan artikel tentang Kostel Perdana di Makassar. ( Kostel = Kost Hotel )

Saya memang suka investasi perdana dengan harapan bisa maksimal passive income nya nanti. Ternyata no pain no gain, semua harus maksimal effort ya di investasi property juga demikian.

Fakta investasi gedung vertikal ( apartment vida view )  di Makassar sbb :

  • Kenaikan harga lumayan, saya dulu investasi perdana masih dapat harga Rp 303 jtaan, sekarang dengan unit yang sama harganya sudah menjadi 550 juta. Ini bisa di hitung secara matematika ada kenaikan value sebesar  Rp247 juta selama 5 tahun berarti kenaikan harga per tahun sebesar Rp 49,4 juta / tahun. Kalau di persentasikan lagi dari harga awal adalah kenaikan 16 % per tahun . Cukup lumayan lah, samalah dengan investasi saham
  • Selain kenaikan harga asset setelah menunggu 5 tahun lebih, kalau jujur saya dirugikan dalam hal waktu, kenapa ? misalnya seandainnya apartment ini jadi dalam waktu 2 tahun dan langsung saya renovasi interior dan langsung sewakan saya sudah pasti ada dapat dana selama tiga tahun tersebut bisa dihitung kalau seandaianya serah terima di tahun 2015, dan saya sudah sewakan di tahun tersebut maka potensi income yang saya dapat misalnya setahun Rp 30 juta saja x 3 tahun = Rp 90 juta sudah ditangan, tapi karena baru diserah terima 2018 saya mendapat ganti rugi hanya 3% dari harga Cuma sekitar Rp 8,2 jtaan. Bisa dihitung sendiri kerugian saya dari sisi waktunya. Ini yang saya pelajari dari pengalaman perdana ini dan kedepannnya akan saya pastikan bahwa jika ada investasi semacamnya perlu dana kompensasi yang lebih besar dari kerugian waktu investor. Harusnya ada hitungan penalty semakin lama mereka ulur waktu dari perjanjian maka persentasi kompensasi semakin banyak.
  • untuk case study saya menunggu nya 5 tahun maka bisa di sewakan, dan nilai sewanya itu untuk case study saya yang type studio sebulan Rp 5 juta, kalau setahun 5X12 = 60 juta. Paling miniamal Rp 50 juta. Dan persentasinya adalah 9 % dari harga value asset saat ini. Sudah lumayan dibanding kalian beli rumah harga 550 jt lalau kalian sewakan paling dapatnya dibawah itu.Paling banter dibawah 30 jta /setahun. Itulah enaknya investasi apartment yang penuh fasilitas ala hotel. Investasi passive  per bulannya lumayan besar.
  • Jika kalian tidak terikat pekerjaan hectic nan sibuk dan kalian kelola sendiri bisa di sewakan harian dengan harga misalnya Rp 350k/hari minimal sebulan ada 20 hari saja total sudah Rp 7 juta ditangan. Gurih memang kalau di hitung di matematika karena kebutuhan masyarakat Makassar maunya week end di hotel / apartment. Bagusnya apartment fasilitas ala hotel tapi masih lebih murah bisa bawa makanan bisa bawa sekeluarga atau se RT di unit dua kamar. Pengalaman sahabat pemilik unit 2 kamar sebulan dapat minimal Rp 5 jta dari sewakan harian itupun di kelola oleh pengelola jadi owner terima transferan tiap hari jika ada tamu masuk dan saat keluarganya perlu week end juga ya sisa datang saja asal tidak ada tamu.Gurih kan, yang untung pengelolanya juga modal kunci unit beriklan tamu datang terima uang di depan transfer ke owner dan fee nya sudah didapat, tanpa modal harus punya unit. Ala air bnb lah si pengelola ini. Ini juga lah keuntungan punya aset apartment untuk invest sewa cepat perputarannnya.
  • Lokasi strategis yang bergengsi untuk bisnis dan lainnya, kalau di Makassar, lokasi di wilayah kecamatan Panakukang termasuk wilayah bisnis yang sangat mahal dan sangat lengkap fasilitas disana, ruko makananan, toko, travel, sekolah, laundry, warung kopi, mall semua disana. Pantas saja semua rumah disana berubah jadi kantor.So menjual atau menyewakan apartment di lokasi tersebut sungguh mudah, semua orang pasti mau hunian disana. Lokasinya Apartment ini adalah Jl Topaz Raya, di bawah ada musholla di ruko depan ada pizza, sederetan warung kopi berejejer di samping apartment. So lokasinya memang terbaik untuk unit apartment VIDA VIEW ini.
  • Ada tempat berenang gratislah bagi owner, di lantai 7 adalah fasilitas ada kolam renang ( walau ukurannya mengecewakan sekali bagi saya ) ada tempat gym juga minimalis ya semua minmalis lah kalau di apartment, jogging track dan gazebo lumayan kalau butuh rehat sejenak bisa main disini. Walau unit ada yang sewa saya tetap punya akses kunci / kartu naik ke atas bisa lah ke fasillitas nya.
  • Target penyewa saya memang level VIP yang mutasi ke Makassar, biasa bos bos itu suka apartment studio yang lebih kecil karena tidak mau repot dan tentunya bergengsi dari pada rumah kecuali mereka bawa keluarga ya, soal budget kelas VIP ini tidak terlalu rewel karena biasanya kantor yang bayarkan. ( nah ini segmen favorit saya ).Makanya saya design begitu rupa buat kamarnya nyaman untuk bekerja juga.
  • Memiliki apartment juga butuh pemeliharaan, nah kalau kalian tidak mau pusing sebenarnya ada pengelola yang tidak resmi yang biasa mengurus beberapa kamar dan menyewakannya dan mendapatkan komisi mereka yang bersihkan dan menjaga unit kalian sisa terima transferan setiap ada tamu yang masuk .Untuk saya karena trauma pernah disalah gunakan unit saya, jadinya saya kurang sreg menyerahkan kunci unit saya ke pengelola, sayang saya sudah keluar biaya design cukup mahal dan nanti unit saya hanya dijadikan tempat week end orang orang dan merusak inventory nya. Walau pengelola suka info bahwa mereka sangat professional dibidangnya tapi setelah konfirmasi ke manajemen developer mereka sebenarnya bukan pengelola resmi mereka juga semacam makelar saja memegang kunci unit orang mencarikan mereka penghuni dan dapat komisi dari setiap bayaran tamu harian yang datang. So saran saya kalian harus punya anak buah or orang kepercayaan buat mengurus, dalam hidup saya beruntung punya orang orang yang bisa bantu saya walau saya jauh di Ambon, ada pahlawan saya di Makassar namanya Jane, lincah gesit jago bersihkan bisa dipercaya,  satu akses kunci saya percayakan dia cek dan bersihkan setiap saya butuh, apapun kurangnya di lengkapi dan urusan dengan client pun Jane yang wakili saya sisa email berkas penyewa tanda tangan dan jane yang jadi pelaksana lapangannya. Kadang adik saya yang design interior nya DISPRO_PROPERTY_KONTEMPORER bisa kalian  follow IGnya dan jasanya untuk Makassar, kadang dia bantu juga cuma biasa dia lebih sibuk dari saya jadinya Jane adalah Pahlawan urusan property saya di Makassar. Termasuk nanti nih Investasi baru saya bernama KOSTEL CENDEKIA UNHAS MAKASSAR. Ini adalah proyek property ketiga saya, dulu saya ikut seminar property ya, ada prinsip di kelas tersebut katanya kalau urusan asset seharusnya kalau usia kalian 30-an berarti asset sudah seharusnya ( 3+1 =4 aset ) , kalau masih 20an berarti seharusnya asset property yang menghasilkna sudah ada 3. Alhamdlulilah di usia saya 30-an ini hahha sudah tua ya.. asset =4  walau yang  1 baru mulai . Secara kalau di kelas tersebut berarti saya sudah sangat disiplin ya. Harusnya saya sudah menang ya.Mimpi saya dari kecil asset ini memberikan passive income sehingga saya bisa pensiun dini  dan bebas waktu bebas dari per KULI an saya saat ini. Itu mimpi terbesar saya.Untuk prospek property KOSTEL di Makassar akan saya ulas lebih lanjut di website saya yang satu ya, lebih focus pada bisnis .

 

Kalau di tanya apakah saya capek berinvestasi property? Jawabannya tidak  donk, Padahal 5 tahun lalu semua orang sangat takut berinvestasi property gedung bertingkat di Makassar, saya termasuk yang nekat di awal awal yang eksekusi yang lain banyak yang batal, ada sesuatu yang berbeda di dunia property ini yang menarik, rasa nya menjadi owner itu ketika kita tandatangan sewa kontrakan ke user terus si user lihat ekh ownernya ternyata masih muda ya, behhhhhhhhh berasa  hilang derita saya dalam berproses ini, faktanya begitu yang sewa pasti bapak bapak usia 40 an ke atas mereka pasti menhyerahkan ktp kan di kontrak jadi ketahuan. Sedikit pengobat berbagai drama yang saya alami, owner harus tangguh, menuntut hak dan kewajiban dari bisnis property ini kalau kalian lembek akan terzolimi. Dan PR saya ini mau asuransikan lagi unit saya, karena resiko gedung 38 lantai kan besar juga.

Saat ini di Makassar selain project  CIPUTRA ( Vida View Ashton yang sudah dihuni 75% ) dan tower BRENTSVILLE sedang dalam proses pembangunan ada lagi proyek TAMANSARI by WIKA di Makassar yang akan membangun proyek apartmen di bandara Hasanuddin Makassar. Selain itu masih ada ROYAL Apartment yang juga di lokasi wilayah Panakukang,kalau ROYAL ini adalah proyek lama ASINDO yang dulu pernah gagal di tahun 1995an  dan sekarang dibangun kembali. Malah royal apartment ini lebih duluan di huni dibanding VIDA VIEW.

Unit saya adalah type studio 3×7 = 21 m2 di lantai 31, menghadap taman, design nya MINIMALIS fungsional didesign sesuai keinginan saya oleh adik saya @dispro_property_kontemporer semuanya minimalis ala hotel sesuai segmen saya adalah kalangan eksekutif muda/ professional yang sedang dinas di Makassar.

Investor pemula….

Bisa di lihat di beberapa video berikut ini. Sebenarnya nanti kalau saya ke Makassar saya akan buat video nya lagi.

Ada juga unit teman kantor saya yang 2 kamar lebih keren lagi, tentunya sewa nya lebih mahal lantainya saja di wood flooring. Kalau ada yang tertarik mau sewa bisa cek di website  or 99.co

Silahkan cek disana, terus kalau mau investasi apartmen silahkan baca dulu deh info diatas, siapkan hati dan dana .

Kalau ada yang bertanya, bagusan ambil type mana? Kalau saya pasti studio karena segmen sewa saya jangka panjang kaum professional.  Harga nya lebih murah dibanding type lebih besar. Menyewakannya lumayan mahal.

Okay kalau mau tanya tentang apartment bisa follow IG@dispro_property_kontemporer

Untuk yang Di Makassar ada proyek investasi baru yaitu Proyek Kostel Cendekia. Videonya ada dibawah ini ya, silahkan di nonton, proyek ini juga team marketingnya adalah keluarga saya, saya juga sama teman kantor berinvestasi di proyek KOSTEL CENDEKIA UNHAS Makassar ini saat harga masih Rp 130 jtaan.

Penasaran silahkan DM deh di IG diatas, kalau kostel ini lebih menarik dari proyek apartment harga lebih  terjangkau dan full furnished dan ada pengelolanya.

Demikian sharing dari dunia INVESTASI salam Profit hehehe salah Salam Passive Income dari SRIKANDI Bugis.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 thoughts on “Suka duka investasi apartment di Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *