Episode Beli lemari es/  kulkas kedua  di kota Ambon

 

Episode Beli lemari es/  kulkas kedua  di kota Ambon

Kehidupan kami masih berlanjut di kota Ambon Manise,  episode drama kulkas lama saya yang existing rusak, sejak lahir baru kali ini mengalami kulkas rusak, saya ingat ibu saya punya kulkas merk National sejak saya kecil bahkan sampai hari ini kulkas itu masih hidup alias berfungsi walau sudah pindah tangan 3x. Amazing kan, entahlah produknya yang kualitasnya turun atau kesalahan pada pemilik dalam mengurus.

Kulkas yang rusak kemarin itu adalah bekas pindahan kawan kantor yang mutasi kerja ke kota lain saat saya pindah ke Ambon jadi semua perabotan nya saya beli kecuali kontrakan rumah beda. Nah kulkas ini masih bagus sebenarnya masih baru.

Cuma setelah beralih ke saya, pernah kasus penutup freezernya rusak entah saya ( saya pernah memang mematahkan covernya ) atau MB  yang rusak dan pernah MB cungkil pakai pisau saat gemes dengan bunga es, padahal kan bisa cabut kabel nya saja. Salah satu yang terberat dari budaya Bule yang satu ini paling tak suka buka colokan kabel misalnya kalau sudah mencolok ya sudah tak usah di off,  di budaya saya itu pemborosan listrik sampai detik ini masalah ini selalu menyeriak ke permukaan.

Saat dia pergi ke masjid misalnya selalu Kipas nya menyala, lampu belajar menyala, lampu teras lupa dimatikan, kan satu detik saja dimatikan akan jadi pembeda di nilai tagihan ( budaya efiesiensi PLN selalu ada dalam kehidupan saya, karena tahu  rasanya bayar tagihan itu berat )

Setelah kerusakan penutup freezer nya dan luka lecet di bagian freezer akibat cungkilan, kulkasnya masih jalan dan normal dan baru minggu lalu terjadi kebocoran Freon tiba tiba, si tersangka Mr Big  memberitahu bahwa rusak, coba tanya teknisi, saya butuh tiga hari cari tahu nomor call centre merk kulkas yang bermasalah karena di google ternyata alamatnya salah dan nomornya salah. Helowww plsss deh di update donk biar kami customer tidak pusing begini.

Setelah berhasil telpon kantor yang benar besoknya dijanjikan teknisi akan datang, ya dan ternyata besoknya libur sehingga baru lusanya baru datang cek, alhasil ya semua barang di kulkas sudah basi pastinya . Sudah 5 hari dari  kejadian, setelah  itu baru dibutuhkan satu hari baru di telpon sama petugas mengenai kelanjutan apa masih garansi atau tidak.

Ternyata sudah taka da spareparts produksi serinya padahal kalau tak salah kalau saya pakai belum dua tahun kalau pemilik pertama mungkin dua tahun juga so total 4 tahun kan ya, ternyata saya dimintai kartu garansinya, dan eng ing ong, saya tak punya,  biasa tradisi pindahan di tempat kerja kami peralihan barang tak pernah ada kartu garansi. Hhhaaha so so tak bisa di perbaiki juga. Alhasil si kulkas akan berubah fungsi jadi rak baju mungkin tapi dari pada memenuhi rumah yang kecil saya hibahkan ke tetangga yang butuh kalau mau taro barang yang bukan makanan ya masih bisa berfungsi kayak lemari loh.

Tips agar Kulkas kalian awet seperti ibu saya punya kulkas bertahan sampai dua dasawarsa :

  • Pastikan selalu dibersihkan tapi jangan di cungkil apalagi pakai pisau kayak  si Bule itu ya.
  • Kalau mau defrost gampang ya sekali sebulan silahkan cabut saja selama satu jam dijamin semua mencair dan bisa dibersikan kalau bagusnya dua minggu sekali lah ya.
  • Pastikan juga jangan memasukkan barang seperti bahan besi, sendok kedalam kulkas. Apalagi ke dalam freezer.
  • Jangan masukkan bahan bersifat asam di bagian freezer, apalagi misalnya air garam itu akan merusak.
  • Pada saat pertama pakai setelah diantar kurir biarkan minimal tiga jam  baru di colok, ini akan sangat berpengaruh.
  • Pastikan kalian simpan kartu GARANSI yah sangat membantu kalau tidak ya kulkasnya wassalam kayak kasus saya.

Episode berlanjut untuk  Tips hunting kulkas / lemari es di Ambon,

  • Cek harga dulu , ada beberapa toko elektronik besar di kota Ambon, ada di VIRGO ( Toko SUBUR MOI ) ada videonya dibawah ya, ini dari kulkas, mesin cuci, AC pun saya beli di toko ini, letaknya di jalan Diponegoro, saya senang disini karena ya setidaknya depan toko ada parkiran.
  • Cek harga juga di toko Mtronik samping bank BNI Cabang Ambon jl Said Parintah, disini juga besar tokonya tapi parkiran crowded juga karena jalan satu arah. Harganya disini sama dengan toko Virgo juga.
  • Cek juga harga di Hypermat ( MCM & ACC ) biasanya kalau ada promo diskon ya menarik tapi kemarin saya cek di Hypermart MCM tidak ada diskon dan barang yang saya mau tidak ada.
  • So saya putuskan balik lagi ke toko Virgo, disana untuk type kulkas paling kecil yang satu pintu bukan yang mini ya, hanya ada SHARP seris SN66,  warna putih, sengaja beli yang paling kecil karena memang Cuma butuh tampungan bahan makanan mentah kayak sosis dan sayur dll. Tidak banyak juga karena saya juga tak minum air es . Kembali mencari yang sesuai fungsi dan kebutuhan saya saat ini tentunya juga harganya.

Harga kulkas  SHARP type  SJ166, kalau harga di kota Ambon Rp  1,6 juta Rupiah, ongkir ke rumah saya di Ambon kena Rp 50,000.Maaf disini tak ada gratis ongkir ya semua harus dibayar. Kalau di Makassar kemarin saya beli harga Cuma Ro 1,450,000 ( beda Ambon dan  Makassar donk , ongkos transport nya ).

Saya bayar cashhhhh ( effornya cari atm sumber dana dulu karena mesin gesek yang ada terbatas dan belum tentu berfungsi) , karena tahu sendiri urusan penggesekan debit dan kredit dalam transaksi jual beli di kota ini tak bisa diandalakan kadang debit saja kena charge.

Sayang lemari es seri ini cuma terbatas garansinya 1 tahun saja.  Dan setelah menunggu 4 jam kemudian barangnya diantarkan kerumah. Warna putih.

So Drama pencarian kulkas dan hunting lemari es di Ambon demikian kisahnya, sayang kulkas lama dan isinya semua harus dibuang karena makanannnya rusak.

Oh ya untuk service centre SHARP di kota Ambon adalah

Jl Anthony Reebok No. 3C  0911 – 311571 – Kota Ambon

Kalau yang di google itu salah sudah saya koreksi ke google nya semoga di approve.

Semoga bermanfaat bagi pendatang atau pun siapapun yang mencari info terkait dunia kulkas dan di mana belinya  di kota Ambon Manise.

Salam Perjuangan, apapun lahan kehidupan kalian J

 

MB : Beta pu suami 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *