Pengalaman menggunakan SINAR MAS di RS HERMINA Makassar

Fasilitas di RS HERMINA Makassar

Pengalaman  menggunakan Sinar Mas di Rumah Sakit Hermina Makassar

Tepatnya tanggal 21 Juni kemarin momen menegangkan sekaligus lucu terjadi lagi, waktu itu saya masih libur lebaran dan masih posisi di Makassar, tak terkira kalau saya malam itu harus ke UGD rumah sakit terdekat.

Jadi ceritanya di Makassar itu memang saya super sibuk pakai tranportasi online ke mana mana, kalau macet saya pakai Roda 2 dan biasanya banyak debu. Apalagi saya langganan flu selama disana, dan puncaknya tanggal 21 Juni 2018 lalu saya kok tidak bisa tidur rada sesak karena banyak lendir flu dalam saluran pernafasan.

Ruang pelayanan RS HERMINA Makassar

Saya cek dan ingat kalau dekat dari rumah sekitar 2 km itu ada rumah sakit baru namanya RS HERMINA awalnya saya pikir itu Rumah sakit ibu dan anak. Setelah cek google ternyata itu rumah sakit umum. Jadilah saya langsung bangun siap siap. Setelah siap siap saya bangunkan Mr Big aku ajak ke rumah sakit dan saya pesan taksi online ini pukul 12.45 tengah malam.

Pasien tengah malam RS Hermina Makassar

Sopir taksi sempat nanya verifikasi siapa tahu saya scam / hoax / order palsu.Maklum saya mau tidur tapi tak bisa tidur dengan kondisi agak sesak karena tak bisa bernafas dengan lega.

Akhirnya kami meluncur ke rumah sakit hanya 8 menit sudah sampai, masuk lewat pintu UGD, hanya 1 orang petugas duduk sambil mencatat disana, saya pun mendekat dan duduk dan bilang saya mau periksa karen flu dan agak sesak nafas tak bisa istirahat.

Setelah memberi rincian informasi si petugas menyuruh saya naik di atas bed dan memeriksa tekanan darah saya, semua normal, sembari datanglah mbak dokter muda berhijab yang saya baru tahu namanya kemudian persis nama artis blasteran Indonesia yang kini juga berhijab. Setelah di periksa dan saya menjelaskan keluh kesahku,  bu dokter sempat bikin kaget katanya siapa tahu infeksi paru, saya langsung bilang saya tiap tahun melakukan medical check up rutin silahkan bisa dibaca disini, dan disana.

Dia sarankan saya nantinya tetap ke dokter ahli pemeriksaan lebih dalam, so bu dokter memberikan resep obat dan sebelumnya saya  harus proses  registerasi dulu di bagian depan halaman pendaftaran pasien. Mr Big yang menemani saya sibuk duduk sedang membaca materi online test Bahasa inggris nya.

Malam itu tak ada pasien sama sekali hanya saya, mungkin di lantai 2 ruang perawatan pasien ada ya, cuma di lantai 1 sepi hening hanya ada satu petugas administrasi dan satpam. Setelah mengisi form pendaftaran pasien menyerahkan KTP dan saya pun info ke mereka untuk menggunakan kartu SINAR MAS dari kantor setelah di cek ternyata bisa di gunakan. Sekitar 10 menit proses pendaftaran akhirnya selesai.

Saya pun ke bagian apotik setor resep dan menunggu sekitar 20 menit selesai deh obatnya di racik saya balik lagi bagian kasir buat gesek kartu SINAR MASnya, si petugas butuh waktu tak sampai 10 menit sudah beres. Lancar jaya karena tak ada antrian.

Kaget juga kami selesai tak sampai 30 menit, dapat 3 jenis obat, dan saya pesan taksi online kembali ke rumah. Malam itu setelah komsumsi obat lumayan ada perubahan lebih lega sedikit jadi bisa istrihat Cuma keesokan harinya jam 9 pagi kok saya merasa masih sesak nafas makin banyak lendir dalam saluran pernafasan.

Call centre RS HERMINA

Dari pada tambah parah, saya pun ajak Mr Big lagi ke rumah sakit HERMINA kembali kali ini saya mencoba mencek dan download aplikasi nya di HP, aplikasi Rumah sakit Hermina, setelah berhasil download, saya login deh baru cek nama nama dokter yang praktek dan jamnya.

Saya buat janji dulu di aplikasi lalu telpon  call centrenya. Saya ambil dokter ahli dalam di jam 11 pagi. Setelah terkonfirmasi via call centre, pendaftaran saya sudah berhasil ternyata langkah langkah  proses berobat di Poli RS HERMINA itu sbb :

  1. Buat janji di aplikasi dengan dokter yang anda inginkan / langsung bisa konfirmasi ke call centre nya juga.
  2. Setelah sampai disana langsung ambil antrian depan CS buat dipanggil dan mendaftar ( langkah ini saya skip karena satpam depan arahkan saya langsung masuk ke ruang tunggu dekat lokasi dokternya. Proses antri di CS ini sangat lama disini karena masih manual, kita di beri nomor antrian angka baru petugas CS ada 3 yang bergantian berteriak manual ke pasien yang jumlah kursi buat menunggu terbatas, ada yang berdiri. Harusnya ada TV/ layar buat pengumuman nomor antrian dan suaranya  harus  pakai sound system. Saya antri lama sekitar 45- 1 jam di fase ini.
  3. Setelah selesai mendaftar saya membawa berkas ke bagian administrasi , ada bagian khusus yang ada suster yang menerima berkas dan memeriksa tekanan darah dan berat badan baru kita disuruh duduk menunggu panggilan masuk ke dalam ruang praktek dokter yang di inginkan.
  4. Saya menunggu lumayan lama sekitar 45 menit, hari padat banyak pasien dan menurut saya cukup semrawut. Kalau bangunan sih semua baru karena terbilang baru satu tahun rumah sakit tersebut. Baru deh saya dipanggil, saya jelaskan kronologis dan obat yang diberikan tadi malam. Ternyata seharusnya sih saya dikasih obat pencahar dahak biar encer dan saluran pernafasan lancar.Si Dokter setelah buat resep beliau meminta saya di beri oksigen ( nebulizer  ) di lantai 2 rumah sakit karena terus terang saya kesulitan bernafas. Namun yang lucu katanya saya kesan asaja dulu nanti kalau sudah kelar masuk lagi ke ruang dokter baru dikasih resep obat. ( Ribet amat harusnya kasih resep saja biar tak antri masuk kembali ).
  5. Drama nya saat naik ke lantai 2 membawa surat dari dokter ke ruangan perawatan anak untuk terapy bicara. Untuk ke dokter ini saya sendiri loh, mr big  tidak ikut dia ada acara sama teman temannya . Setelah ketemu petugas di lantai 2 katanya alatnya sedang digunakna jadi sembari duduk saya disuruh tunggu. Tanpa kejelasan, jadi saya duduk terisak dan kesusahan bernafas, waktu berlalu 30 menit berlalu taka da tanda tanda akan ada itu alat saya bertanya ke petugas buat mempercepat dan cek karena saya susah bernafas. Dengan sedikit nada keras dan marah. Petugas cek lagi dan masih digunakan alatnya.
  6. Setelah 45 menit akhirnya suster ke lantai lain dan membawa masuk alatanya saya pun dibawa deh ke ruangan lain, si suster memberi dosis kedalam alat dan saya diberi semacam masker oksigen baru saya duduk santai dan alat dinyalakan saya pun disuruh bernafas normal, fungsi nebulizer adalah membantu pasien yang sesak nafas karena adanya lendir di paru paru atau saluran pernafasan, perkiran 20 menit saya sudah merasa lega dan baikan, alat pun di buka dan saya kembali ke lantai 1. Kembali ke ruang dokte rsaat pasien keluar saya masuk lagi lapor sama dokter dan dokter kasih resep
  7. Ke bagian kasir buat gesek pembayaran termasuk memberikan kartu asuransi sinar mas nya .
  8. Setelah selesai saya ke bagian apotik menyerahkan resep dan menunggu obatnya sekitar 15 menit obat sudah selesai dan saya

Total prosesnya sangat panjang saya sudah di rumah sakit di jam 10 pagi dan baru kelar di jam 2 siang, saat sahabat saya sudah menjemput untuk ngacir makan siang bersama. Setelah proses nebulizer pun saya merasa sudah normal tadi pagi saya berasa seperti asma.

Jadi ini pengalaman berharga,  untuk gedung rumah sakit Hermina di Makassar ini memang masih baru fasilitasnya semua baru pastinya Cuma beberapa  layanan seperti antrian,  dan saya pikir setelah janjian di aplikasi sudah otomatis memotong antrian ke dokter ternyata kasus saya tidak sama sekali saya malah mulai dari 0 lagi semuanya.

Tapi setidaknya lokasinya dekat dari rumah, dan fasilitas baru. Apalagi asuransi  sinar mas digunakan dengan lancar bagi saya itu sesuatu beda dengan di Ambon saya harus selalu siap uang cash untuk semua urusan dokter.

Ini namanya proses Nebulizer heheh

Demikian sharing tentang episode proses nebulizer dan service di rumah sakit Hermina Makassar. Ragam informasi terkait rumah sakit ini bisa di download di aplikasi HERMINA di playstore.Itu lumayan membantu informasi nama nama dokter ahli di polikliniknya,

Semoga bermanfaat.

lunch bareng sama BFF di Makassar adalah jadwal wajib dalam kehidupan

 

One thought on “Pengalaman menggunakan SINAR MAS di RS HERMINA Makassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *