Cerita episode belajar menghafal Alquran bagi wanita bekerja

Cerita episode belajar menghafal Alquran bagi wanita sibuk bekerja

Alquran pink cover cantik buat akhwat dengan PIN biar rajin mengaji
Alquran pink cover cantik buat akhwat  biar rajin mengaji

Salah satu wishes list saya tahun ini secara pribadi adalah bisa tadabbur Alquran dari juz ke juz, kalau selama ini dalam pelaksanaan ibadah solat hanya membaca surah surah dalam juz amma, maka kali ini saya memberanikan diri untuk bisa juga menghafal beberapa juz dalam ALquran.  Saya ingin membuktikan pada kalian semua bahwa wanita muslimah dengan profesi pekerja / kuli kantor pun dengan plus plus job utama istri, dan ibu rumah tangga dan seabreg kegiatan lainnya juga bisa melakukan aktifitas menghafal Alquran dengan perjuangan dan ragam strategy yang pasti. Tanpa bermaksud riya tapi saya menjadikan tulisan ini sebagai journal atau diary  / milestone perkembangan keilmuan  hafalan saya ke depannya. Selama puluhan tahun hidup  selama ini saya cuek dan hanya focus baca Quran saat bulan Ramadhan dan disela sela solat fardhu biasanya hanya bacaan satu lembar jadi kalau solatnya 5 x sehari hanya  5 lembar  sehari itu sangat jauh dari jumlah ideal 1 juz, untuk 1 juz sendiri dikisaran 12 lembar ( pakai Alquran sedang )  per hari seharusnya kalau dibagi solat 5 waktu maka seharusnya untuk mencapai 1 juz sehari adalah 2 lembar lebih perhari.

Ini standarisasi jumlah halaman dalam Alquran berbeda  tergantung  besar Alquran-nya,  ada yang kecil dengan tulisan besar. Ragam Alquran tentunya isinya semua sama,ada 114 surah dan terdiri dari 30 juz,  cuma dalam 1 juz ada yang berjumlah 8 lembar, ada yang 7 lembar dan ada yang 10 lembar, makin besar tulisannya makin banyak lembarannya dalam 1 juz. Kebetulan saya menggunakan Alquran dengan  terjemahan Bahasa Indonesia dan  Bahasa Inggris dengan ketebalan  4 cm. Sengaja menggunakan Alquran ini karena tulisannya besar ini biar mata saya mudah dan nyaman membacanya dan memahami artinya. Tapi karena solat fardu saya di saat dhuhur dan ashar pasti dikantor jadi di kantor saya pakai Alquran sangat kecil dan dengan bantuan aplikasi Alquran di HP saya tracking bacaan saya dirumah jadi semuanya berlanjut dan terupdate  biar target  saya “ONE DAY ONE JUZ”  bisa tercapai. Jadi sebulan dengan jumlah 30 hari bisa selesai 1 Alquran.Itu target saya tahun 2018 ini. Masalah bisa hafalnya nanti  tetap menjadi target ibadah saya tapi kemungkinan akan berproses ( mohon doanya biar saya istiqamah dan dimudahkan  )

Beberapa istilah terkait menghafal Alquran yang teman teman muslim  sering dengar sbb :

  • Tahfidz artinya menghafalkan
  • Tadabbur

Tadabbur asal kata nya adalah “ Tadabbaral Amra wa Fihi “ artinya Mengurus dan merenungkan kesudahan urusan itu .

Tadabbur secara terminology  adalah :memahami makna lafal-lafal Al-Qur’an, dan memikirkan apa yang ayat-ayat Al-Qur’an tunjukkan tatkala tersusun, dan apa yang terkandung di dalamnya, serta apa yang menjadikan makna-makna Al-Qur’an itu sempurna, dari segala isyarat dan peringatan yang tidak tampak dalam lafal Al-Qur’an, serta pengambilan manfaat oleh hati dengan tunduk di hadapan nasehat-nasehat Al-Qur’an, patuh terhadap perintah-perintahnya, serta pengambilan ibrah darinya.

  • Murajaah artinya pengulangan, mengulang hafalan yang sudah di baca .

Kalau kalian sering mendengar kata tadabbur dan murajaah berarti sudah paham maknanya ya, karena kedua kalimat ini akan sering muncul dalam istilah  dunia tahfiz Quran.

Biasanya untuk proses Tahfidz Quran ini focus pada anak anak pesantren dan komunitas pengajian, saya sebenarnya sedang mencari aplikasi atau sekolah online/academy untuk belajar jarak jauh karena saya tetap butuh mentor untuk setor hafalan tiap hari layaknya santri ngaji di pesantren Tahfidz, sewaktu masih tinggal di Makassar saya pernah mencari pesantren Tahfids yang menerima orang dewasa khususnya MR Big yang sangat berminat untuk belajar namun karena ternyata rata rata pesantren Tahfids menerima  anak anak usia dini sehingga waktu itu kami tak mendapatkan kesempatan apalagi ilmu mengaji Mr Big masih terbatas. Harus lancar bacaan dulu baru bisa masuk kelas Tahfidz.

Sementara mencari kursus online untuk program Tahfidz Quran untuk ibu rumah tangga yang sibuk bekerja maka saya sementara ini otodidak dan belajar sendiri. Semoga jadi jalan amal ibadah buat saya pribadi dan menginspirasi Mr Big untuk tetap focus belajar mengaji walau sering patah semangat karena ustad di Ambon  lebih banyak yang tak bisa Bahasa Inggris sehingga transfer ilmunya tak pernah lancar.

Dari bulan November – Desember saya belajar sendiri menghafal dan memurajaah surat surat yang sering saya dan dengarkan , dalam sebulan saya behasil menghafal ketiga surah dibawah ini :

  1. Surah Arrahman 76 ayat (  surah ke 55, juz 27, dalam waktu 1 bulan, karena ada 31 ayat pengulangan yang sama jadi saya hanya perlu menghafal sisa ayat lainnya, jadi mudahkan, apalagi surah ini tiap hari di dengunkan dimasjid belakang kantor saya setiap menjelang waktu solat tiba, jadi otak saya sungguh mudah menghafalnya )
  2. Surah Al – Waqiah ( 96 ayat , surah ke 56 ) dari kecil saya dididik orang tua untuk membaca surah ini tiap hari kata ibu saya amalan ini pembuka pintu rezeki maka nya dulu saya selalu ada buku doa yang ada isi surah ini dan saya sering baca makanya jadi tak asing dengan ayat ayatnya dan ternyata hanya 2 minggu saya sudah hafal dan paham artinya.
  3. Surah al Mulk ( surah ke 67, jumlah 30 ayat, juz ke 29 ), kalau fadhilah surah ini sangat baik di baca tiap hari akan memberi safaat di hari Qiamat dimana setelah di pahami makna kandungan dalam surah ini penuh keagungan kepada Maha Pencipta dan entah kenapa begitu mudah di hafal karena cuma 30 ayat saja, alhamdulilah di bulan Desember ketiga surah ini sudah berhasil saya hafal.

Saya sempat lumayan heran  bahwa ternyata saya secara pribadi yang memberi label diri  sibuk dengan dunia di jam kerja dan target target dunia ternyata dengan focus menyempatkan untuk agama tentunya bisa, hidup puluhan tahun di bumi ini dari kecil saya sudah diajarkan membaca Quran, tiap tahun saya khatamkan saat Ramadhan tapi saya tak pernah peduli mau membaca isi Quran sehari hari, karena kesibukan dunia, namun kini ternyata banyak media mempelajari Alquran dengan  mudah. Beberapa tips yang saya lakukan dalam menghafal tiga surah diatas sbb :

  1. Mempunyai Alquran kecil dengan terjemahan dan saya gunakan jenis Alquran ini saya bawa kemana mana, jangan pernah mengganti jenis Alquran karena ini terkait proses pemetaan otak di hafalan, di awal awal saya salah pernah menggunakan HP dan Alquran.
  2. Pakai teknik 20×20  Akan saya share di postingan tersendiri.
  3. Saat menyetir kekantor di pagi hari ( 15 menit ) dan saat balik dari kantor ( 20 menit, biasa agak macet ) saya gunakan untuk murajaah hafalan hari ini, makanya saya butuh alat elektronik untuk mendengarkan ( rencana membeli device untuk membantu saya mendengarkan di mana saja biar gampang di memory otak ) .

Kebanyakan umat muslim ( Tak semua termasuk saya ini ) biasanya hanya sibuk saat Ramadhan untuk mengaji sekarang saya mulai merubah mindset itu one day one juz saya  target perhari kalau bisa saya pahami artinya dan sering sering dengar tausiah ustad favorit saya di youtube dalam segala aktfitas selalu saya koneksikan ayat yang di kutif dengan ayat yang saya baca dalam Alquran. Dan baru mulai sedikit bisa memahami kandungan nya. Semuanya tergantung diri kita masing masing mau belajar atau tidak tergantung niat dan mau belajar. Pilihan ada ditangan masing masing. Tak ada halangan untuk belajar bisa dengar ceramah cari ustad terdekat atau belajar sendiri juga untuk paham alurnya.  Semoga menginspirasi semua muslim/muslimah untuk sedikit mengambil waktu 1 jam saja sehari buat membaca dan memahami kitab suci nya sendiri.

Tunggu update selanjutnya dari progress  challenge one day one juz  berikutnnya. Karena balik lagi bahwa hidup di dunia fana ini, semua adalah DSAS ( Dunia Sementara Akhirat Selamanya )

Beberapa link youtube terkait tips menghafal Quran saya lampirkan dibawah ini, saya paling sering dengar tips dari Ustad Adi Hidayat.

Beberapa link youtube terkait kandungan alquran versi international bisa di nonton dibawah ini.Semoga menginspirasi dan membuka pintu pintu hidayah bagi  yang mencarinya

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *