Cerita berburu alat olahraga ( elliptical crosstrainer type 601 merk Berwyn ) di Ambon

Harga Elliptical 601 merk Berwyn di Ambon
Harga Elliptical 601 merk Berwyn di Ambon

 

 

Membeli alat fitness di rumah adalah salah satu solusi hidup sehat yang lebih simple, kebetulan karena kami masih di Ambon saat ini di kantor saya sebenarnya ada beberapa alat olahraga, tennis meja, alat sepeda statis dan alat multi gym untuk pembentukan otot serta beberapa alat reflexiologi, kami sempat semangat 45 di awal awal alat itu ada.Sebenarnya di belakang kantor ada lapangan badminton dan lapangan tennis serta merangkap lapangan futsal tapi saya tak punya teman untuk berolahraga bersama, rata rata kawan kawan saya malas berolahraga mereka hanya rajin makan. Kecuali grup ketogenik yang ada dikantor.

Untuk ruangan alat dikantor itu cuma karena keseringan pintu untuk ruangan alat tersebut berada terkunci jadi saya jadi malas berolahraga di kantor, belum harus ganti baju jadinya ribet,  maklum karena mungkin alatnya mahal jadi dikunci biar tak sembarang orang  masuk dan menggunakan apalagi itu bukan ruangan gym tapi ruangan serbaguna buat meeting.

Pilihan sepeda statis favorit saya
Pilihan sepeda statis favorit saya

Dikantor juga pada saat bagian tertentu rajin biasa kami undang pelatih Zumba datang ya rutinnya sih sebulan satu kali kalau , kalau team person in contact ( PIC )  nya rajin kalau sibuk ya wassalam tak akan ada olahraga.

Sepeda statis favoritku
Sepeda statis favoritku

Melihat usia semakin berjalan perlu intensitas olahraga dan dirumah MB juga sangat perlu apalagi dengan cuaca sekarang tak jelas berdampak pada jadwal dia jalan di JMP ( Jembatan Merah Putih ) terhenti dengan alasan hujan. Sedang kebugaran perlu di jaga menjalani hidup tak cukup ke masjid atau sekedar berjalan ke warung supermarket dekat rumah. Berolahraga ibarat ibadah wajib kalau saya, kadang kita investasi di HP super mahal tapi untuk investasi alat kesehatan sangat pelit. Ini yang mendasari saya akhirnya memutuskan mencari alat yang efisisen buat kami berdua di pakai bersama di rumah dan yang paling penting saat pindahan kami bisa bawa kemanapun kami pindah tugas lagi.

Pencarian pun dimulai, dari beberapa filter alat yang cocok sbb :

  1. Berat alat tak terlalu berat
  2. Besaran alat jangan terlalu besar
  3. Harus bisa menampung berat badan MB yang saat ini 103 kg
  4. Harus bisa di packing rapid dan muat dalam mobil
  5. Harus berbahan kuat karena yang pakai super big ala namanya Mr Big
  6. Merk kalau bisa merk Eropa ( penting gak sih ya )
  7. Harus ada garansi
  8. Harga yang pasti masuk akal dan ada promo kalau bisa ( hunting promo deh dari tahun 2017 )
  9. Beli langsung on the spot di toko bukan via online dijamin kalau beli alat fitness online harganya akan lebih besar biaya ongkir dari pada harga barangnya.

Beberapa alternative alat fitness yang kami rencanakan di awal untuk dibeli adalah sbb :

  1. Treadmill, kendalanya terlalu berat, terlalu mahal, dan butuh energy listrik ( kami ini kontrak rumah jadi potensi pinda pasti.. jadi option ini di coret dari daftar
  2. Sepeda statis ( saya suka sekali sepeda statis Cuma mrbig tak suka alasan nya kurang jelas, padahal saya pernah dapat yang diskon sisa 1.5 jutaan merk Berwyn yang kokoh dan enak di pakai Cuma karena kesepakatan berdua dan yang pakai pasti yang banyak di rumah jadi sepeda statis nanti kalau kami sudah permanen di Makassar baru beli.
  3. Elliptical ( ini perpaduan antara treadmill dan sepeda statis ) akhirnya ini yang kami beli, karena fungsi kedua alat diatas berpadu disini. Sisi harga untuk mendapatkan terbaik, harus mencari momentum yang tepat.

Sejak tahun lalu akhirnya saya mulai hunting ke toko alat fitness di kota Ambon yang setahu saya di Mall ACC ( Ambon City Centre ) dan Mall Maluku City Mall ( MCM ) hanya ada satu  yaitu OB FIT store. Tiap hari saya bolak balik cek disana, ada beberapa alatnya juga menarik tapi dari sisi kualitas saya lihat bahannya kurang kuat dan solid kalau yang pakai saya dengan ukuran berat badan rata rata wanita asia yang langsing ya Cuma 45an – 50 an kg okay sih tak masalah tapi kalau yang pakai ukuran 100 kg dijamin tak akan awet. Kecuali treadmillnya yang kualitas  bagus  bisa di gunakan.

besaran box elliptical berwyn 601
besaran box elliptical berwyn 601

Pilihan lainnya hanya ada di ACE HARDWARE yang kebetulan ada di MCM Mall lantai 1, ternyata ada juga alat fitness yang lumayan lengkap, walau barang yang masuk tak semua ada tapi lumayan, di tahun lalu sempat promosi jadi bolak balik saya mengecek status barang.

Suatu hari ada promosi diskon untuk alat elliptical merk Berwyn jenisnya ELLIPTICAL 601 sekitar 20% namun kendalanya adalah stok baru habis yang ada Cuma stok yang di display, saya pun negosiasi berulang ke sales nya siapa tahu bisa dapat potongan harga lagi kalau beli barang yang di display.Karena harga alat fitness elliptical ini ternyata memang lumayan mahal cuma kalau lagi diskon kan lumayan budgetnya.

Ternyata nihil tak ada program seperti itu di ACE jadilah saya menunggu dan bersabar browsing juga via online, di beberapa marketplace harga treadmill malah sangat murah di kisaran Rp 5 jutaan. Ini treadmill sudah merk merk TOTAL FITNESS. Sebenarnya maunya crosstrainer  elliptical merk KETTLER JERMAN, tapi karena stok tak ada jadi mencari yang ada saja.Pengalaman teman saya punya elliptical merk Kettler dan bagus tahan lama.

Yang ada di sini ( Ambon )  cuma merk  Berwyn dan Kinetik ( Treadmil ) sama OB FIT yang harga lumayan mahal. Jadilah saya kembali ke jalur offline. Sebenarnya harga alat seperti crosstrainer dan elliptical di marketplace murah murah kisaran 2 jutaan tapi rata rata berat alat tersebut adalah 35 kg ke atas. Kali ongkir ke Ambon 50k/kg = 35×50,000=1050,000 itu ongkir saja. Itu paling murah. So opsi beli online di coret deh padahal ragam alat multi fungsi juga banyak.

Akhirnya kami request lah ke pegawainya untuk indent menunggu barang yang sama bukan barang display, kami pilih tetap beli disini, yang bisa dibantu pengiriman langsung dan pemakaian walau pada akhirnya yang pasang tetap MB dan yang antar ke rumah tetap kami sendiri.

Apa sebenarnya alat elliptical itu atau biasa juga crosstrainer :

Saya baru paham kalau ini sebenarnya berasal dari perpaduan 3 gerakan ( jalan, naik gunung dan ber sepeda ( treadmill,naik tangga dan sepeda )

Elliptical adalah
Pengertian elliptical

Kenapa MB bersikeras memilih alat ini karena fungsi nya yang memadukan beberapa alat olahraga.

Kalau menilik harga corsstrainer di pulau Jawa di kisaran Rp 2 jutaan, dengan Merk FITNESS ID entah merk lainnya kalau saya survey harga crostrainer merk OB FIT di kota Ambon dengan bahan yang lumayan kurang solid karena memang beban maksimun tak sampai 110kg. Harganya hampir 4 jutaan. Di jawa Cuma Rp 2 jutaan tapi kalau dengan ongkir bisa menjadi Rp 3 jutaan.

Jadi setelah di analisa balik lagi lebih efisien beli di Ambon menunggu harga diskon.

Manfaat elliptical ini adalah sbb :

Manfaat Elliptical Crosstrainer
Manfaat Elliptical Crosstrainer

Ini kalau MB nomor 4 yang paling utama, kalau saya semuanya lah… oh ya saya baru cek kalau harga bari jenis elliptical  harga Rp 4, 4 jutaan dan mendapatkan  diskon 20 % lumayan lah.Setelah hitung hitung dengan kualitasnya worthed lah menurut saya. Bahan nya solid dan kokoh.

Kami pun order menunggu kloteralat datang di tahun 2018, nanti per tanggal Januari saat container barang masuk stok treadmill dan elliptical yang  di idamkan datang juga.

Jadi jenis ellipticall/crostrainer yang saya beli adalah type ELLIPTICAL  601 merk BERVYN warna hitam. Berat nya adalah 35kg lumayan besar.Berat maksimum untuk pengguna 110kg. Pemasangan gratis dari ACE langsung dan pengiriman juga gratis ( tapi berhubung dijanji 3 hari kemudian jadi kami antar sendiri dan yang pasang Mr Big dan temannya di rumah butuh 2 jam memasang alat ini ).

Keunggulan elliptical crosstrainer  dibanding treadmill :

  • Tak butuh enegri listrik
  • Lebih kecil
  • Lebih ringan
  • Harga lebih murah
  • Pembakaran kalori lebih banyak

Budget yang kami gunakan pun sebenarnya hasil cross selling barang elektronik yang kami tak gunakan, ada kamera lama, ada juicer Signora kesayangan sejak keto sudah tak digunakan lagi, jadi harus pintar mengatur kas Keuangan keluarga untuk bisa survive, sehat dan tetap  bahagia di kantong.

Setelah kami bawa pulang, butuh 2 jam saat proses pemasangan, dalam instruksi nya ada versi 2 bahasa, namun tak mudah ternyata memasangnya, kami memilih memasang sendiri karena bagian pemasangan hanya bisa  3 hari kemudian. Setelah berhasil terpasang sudah bisa digunakan, dan mulai hari itu kami berdua punya motto, “One day one juz ( mengaji ) one day one video ( edit video youtube ) one day 30 menit olahraga  ( sejam terlalu lama kalau saya cukup 1/2 jam saja sehari ) “tiga hal yang wajib kami lakukan tiap hari dalam kehidupan sehari hari. Semoga istiqamah buat MB agar tetap bugar dan sehat mengejar target  berat badan idealnya Go For 90 Kg.

 

 

 

 

2 thoughts on “Cerita berburu alat olahraga ( elliptical crosstrainer type 601 merk Berwyn ) di Ambon

  • July 25, 2018 at 1:47 am
    Permalink

    Hai sis, aku mampir karena lagi nyari2 review crosstrainer nih..gimana so far pemakaian ELLIPTICAL 601 merk BERVYN nya? karena kebetulan klo ACE, deket dari rumah, klo oke, mau beli juga.hahaha..ini lagi mau browsing juga update harganya skrg brp di web ACE. kindly info yaa..makasih ^^

    Reply
    • August 1, 2018 at 2:26 pm
      Permalink

      menurutku so far bagus, kokoh kuat ..dibanding merk lain,.rekomended kok.. harganya segitu 3 jutaan.. kalo disni ( Ambon )

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *