Cara mengirim paket ke luar negeri ( Amerika ) lewat kantor pos

Resi pengiriman paket ke Luar Negeri
Resi pengiriman paket ke Luar Negeri

Cara mengirim paket ke luar negeri ( Amerika ) via kantor  Pos

Pernah beberapa kali saya berurusan dengan kirim mengirim paket ke luar negeri untuk ibu mertua di MN ( Minnesota , USA ) tutorial lengkapnya ada di video dibawah ini .

Untuk update saja, sejak pindah ke Ambon akhirnya saya kembali berurusan dengan kantor pos untuk pengiriman  paket akhir tahun.

Beberapa langkah langkah pengiriman paket ke luar negeri lewat kantor pos di Ambon sebagai berikut :

  1. Datang ke kantor pos, bawa paketnya di JL Pattimura No. 20 Kota Ambon ( Parkiran disini bermasalah, lebih baik naik angkot atau jalan kaki parkir di tempat lain )
  2. Langsung ke loket 7, timbang dulu paketnya , saya sengaja bawa lakban sendiri dan gunting buat menutup paket karena biasanya ada pemeriksaaan BEA CUKAI.
  3. Ternyata kantor BEA CUKAI Ambon sudah tak ada di kantor pos, adanya di pelabuhan jadi petugas sendiri memeriksa isi paket dan melakban amlop dan mengecek harganya . Yang penting barang barang isinya jelas tak berbahaya. ( Kata petugasnya ini sudah tak dibongkar lagi.)
  4. Petugas mengecek detail alamat di system dan berat paket saya adaah 0.467 Kg berarti masuk di range 250-500 gram.
  5. Biayanya adalah Rp 185 ribu, yeayyyy alhamdulilah ………….. tahun lalu saya bayar 280 ribuan untuk 400 gram dari Makassar wowww kok beda yaaa aseek murahan kirim dari AMBON.

Saya bayar dan diberi resi tiket dan tanda tangan selesai deh. Oh alangkah mudahnya, dibandingkan effort yang saya lakukan kalau harus masuk kantor beacukai di Makassar di buka satu per satu saya tuliskan item barang di foto dan ditanda tangani baru saya kembali menutup paket dan bawa ke loket buat di timbang kalau kelebihan berat saya kurangi lagi. Oh sungguh perjuangan … tapi kali ini amazing… pengiriman lancar kita tunggu ya berapa lama sampainya dikirim per hari ini 28 Desember 2017 dan sampai perkiraan 2 minggu di rumah  Mami mertua.

Kelipatan pengiriman biar irit ingat saja mulai 0-250 gram, 250- 500 gram , 500 gram – 1 kg. Jadi saya selalu siasati untuk pengiriman paket hanya dibawah 500 gram kecuali kaos kaos ya pasti sudah di kisaran 500 gr -1 kg.

Yang ribet adalah system di kantor pos harga berubah  jadi tak bisa di prediksi, tapi pengiriman terakhir di Makassar setahun lalu juga saya kirimanya  200 an ribu untuk 500 gram tapi tetap proses lewat BEA CUKAI.

Di tiap kantor pos tiap daerah pasti berbeda beda jadi aturan pasti ada yang ketat atau ada yang mudah. Kalau di Ambon ini sungguh sangat di mudahkan. So saya jadwalkan akan sering sering mengirimkan hadiah buat Mami mertua beragam aksesories unik berlabel Papua. Hitung hitung membahagiakan orang tua yang super jauh di sana.

Terima Kasih Pos INDONESIA Ambon untuk kemudahannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *