TIPS MENGHADAPI HC (healing crisis) # Ketofastosis Life Style 

Amunisi buat HC
Amunisi buat HC

TIPS MENGHADAPI HC (healing crisis) # Ketofastosis Life Style 

Artikel sharing dari Group KF by Mbak Eva Badru

Good Morning Warriors!

~Tua dan yg muda (maksudnya senior dan junior)

Mengingat banyaknya Member Baru dan nanyanya berulang-ulang  soal keluhan ini-itu saat baru mulai pola hidup Ketofastosis Life Style makanya saya menuliskannya disini sebagai catatan pribadi dan juga buat teman teman yang sedang menjalani pola hidup KFLS

Saya akan berikan postingan khusus tips-tips  untuk pemula biar bisa hadapi beragam gejala HC alias healing crisis, takutnya para anggota baru shock kena HC dan kapok ikut KF khususnya junior di kantor yang sudah mulai sadar akan pentingnya kesehetan KF bukan hanya bertujuan langsing tapi sehat bonusnya langsing dan awet muda sudah pasti.

SESUAI PEPATAH; BERAKIT-RAKIT KE HULU BERENANG-RENANG KE TEPIAN, BERSAKIT-SAKIT DAHULU BERSENANG-SENANG KEMUDIAN

~alias krisis kayak di proses detoks dulu baru sehat nantinya

Mohon ijin suhu, senior, dan para PIC/Admin yang lain, saya boleh dibantu kalau ada yg ditambahkan/dikoreksi silahkan aja;

Saya akan bahas yg ringan2 (umum) aja, kalau kondisi medis khusus lebih berat bisa konsultasi langsung ke suhu dan para senior serta dokter kalau perlu.

GEJALA2 HC DALAM MEMULAI POLA MAKAN RENDAH KARBOHIDRAT (ketogenic/zerocarb);

  1. Keto-flu di fase induksi; pusing, mual, perut kembung atau mules, lemes kayak masuk angin deh!
  2. Kaki keram atau pegal2; misalnya pas bangun tidur kaki tiba2 kram di otot betis dan sakit kayak kenceng gitu..
  3. Konstipasi: sebenernya belum tentu sakit kayak sembelit, bisa aja cuma bab jarang atau emang susah
  4. Mulut bau: bau mulut kayak orang puasa gitu deh, tapi pipisnya juga bau karena adanya keton ini..
  5. Jantung berdebar-debar: apakah ini yg disebut jatuh cinta? Wkwkwk 😂
  6. Kinerja fisik berkurang: gampang lelah, ngantuk, capek deh!
  7. Masalah saat menyusui hingga resiko ketoacidosis (kasus langka)
  8. Masalah batu empedu (agak jarang tapi pernah ditanyakan dan sudah saya bahas)
  9. Rambut rontok (lumayan ada beberapa yg mengalami saat penurunan berat badan dan udah saya jawab juga)
  10. Kolesterol dan asam urat naik (ini mah biasa kayaknya yaa? Hahaha 😂)
  11. Keto-Rash alias merah dan gatal2 di kulit.
  12. Bonus : Bahas Alarm ( bedakan dgn HC )

#Healing Crisis 

Mari kita mulai, untuk kasus paling sering dan kayaknya udah pasti,

  1. nomer 1: keto-flu di fase Induksi.

Di minggu pertama mencoba kf, ada yg merasa kayak masuk angin, pusing, susah fokus, sensi, baper, dll.

SOLUSI 1: AIR & GARAM +LEMAK

Coba minum air yang cukup karena ketika kita makan rendah karbo dan puasa, insulin turun, glikogen alias cadangan gula di tubuh berkurang.

Glikogen segram ikat air 2~4 gram, insulin ikat sodium yg menahan ginjal retensi urin (makanya darah tinggi itu insulin tinggi biasanya).

Jadi pas kf sering pipis deh, alhasil elektrolit ikut kekuras keluar.

Makanya di sarankan  konsumsi garam.

Cukup sesendok teh atau kurang diemut atau campur air, pusing akan reda bahkan hilang 15~30 menit, ulang kalau perlu sampai hilang pusing dan mualnya.

Lebih bagus lagi :  air kuah kaldu, alias bone broth, bisa juga sop ayam, sop iga atau sop buntut, yummy 😋

Banyakin lemak untuk  nambah tenaga dan agar tidak lemas, karena produksi keton belum optimal dan penggunaan ya belum efisien, bisa makan daging yg lebih berlemak dan pakai butter, minum vco ( Virgin coconut Oil )  juga membantu.

Tapi kalau kebanyakan lemak bikin diare dan muntah, kurangi dulu, jika ada gejala lain yg membuat daya tahan tubuh turun silahkan pakai immunomodulator kayak IH (Immunator Honey)

Sabar aja yg penting makan dari hewani, makan sampai kenyang jangan sampai kekurangan protein juga, karena ini bisa timbulin masalah juga.

Dalam beberapa minggu akan jadi pembakar lemak sejati, sabar aja dalam berproses

2. Keram Kaki atau pegal2: ini juga masalah elektrolit yg berkurang karena masa induksi, khususnya magnesium.

SOLUSI 2: Kembali lagi, air dan garam kalau perlu suplemen magnesium, bisa juga pakai magnesium oil disemprot ke bagian yg keram atau Pegel-pegel, sekalian potassium juga natrium/sodium.

Serta tetap, protein jangan sampai kekurangan mentang-mentang harus moderat malah defisiensi, makan yg cukup saat di jendela makan.

3. Konstipasi: Susah atau jarang buang air besar  sebenarnya wajar, karena feses itu 80% isinya bakteri dan serat, bakteri yg berlebihan karena makan karbohidrat.

Sudah jarang makan karbo dan serat otomatis jarang, tapi tak ada masalah kalau tak ada sakit, kalau mau BAB lebih sering ya makan lebih banyak. Itu otomatis pasti.

SOLUSI 3: Perbanyak minum, cukup garam, dan banyak makan khususnya yg berlemak. Butter, VCO, dan lemak lainnya bisa membantu juga serta bumbu-bumbu  spicy.

Stop keju itu bisa bikin susah bab tapi boleh coba dibantu sama kopi, bpc, bisa bikin bab, apalagi kalo ngga diminum, alias enema, hahaha 😂

Kalau perlu pakai serat larut air atau kayak Agar-agar  tanpa karbo/gula jika tidak manjur juga langkah terlahir banget minum susu magnesia ( mylanta, promag cair, Antacid, dll/ hanya darurat aja ya bukan buat suplemen)

4. Mulut bau: itu adalah aroma aseton, keton itu ada acetoacetate, betahydroxybutyrate, dan acetone, berarti udah jadi pembakar lemak dan keton, selamat!

Mulut bau ( kadang keringat juga ) adalah keton yg terbuang tubuh belum efisien memakainya, butuh waktu beberapa minggu utk keto-adapted.

SOLUSI 4: sabar aja, kalau belum hilang  berarti hoki! Hehehe 😂 kurangin karbo/gula sampai nol alias full hewani dulu kalau perlu alpukat dan santan juga.

5. Jantung berdebar: biasanya detak jantung berdebar, biasa karena kekurangan cairan jadi darah harus dipompa lebih kencang utk jaga tekanan darah.

Bisa juga karena metabolisme sudah mulai naik, jadi untuk  menghangatkan badan ( biasanya tangan dingin ) atau kortisol lagi naik gara-gara  kafein atau puasa pada beberapa orang naik adrenalin)

SOLUSI: Kembali lagi, banyakin minum dan garam. Kurangin kopi atau teh yg bersifat diuretic dan mengandung kafein, puasa sesuai protokol dulu kalo kuat baru ditambah. Makan daging yang banyak,

Hati-hati bagi yg diabetes khususnya yg sudah pakai insulin, ciri2-ciri hypoglycemia adalah jantung berdebar, kurangi pengobatan selalu monitor gula darah dan konsultasi dengan pihak medis kalau perlu, begitu juga yg konsumsi obat darah tinggi, hati-hati makin rendah, kurangin pengobatan kalau perlu ngga usah, diskusi dengan dokter.

6. Kinerja fisik berkurang: ini sangat menarik sebenarnya butuh satu pembahasan khusus, karena studi-studi  pada kinerja atlet itu kebanyakan diteliti pakai karbo/gula dan atlet yg diteliti pakai diet Ketogenic jarang, pelopornya Prof Phinney & Jeff Volek.

Atlet Ketogenic yg sudah berhasil akses ke simpanan lemak sebagai sumber tenaga sebenarnya jauh lebih kuat daripada atlit dgn carbo-loading dengan tampung gula dan glikogen yg kecil.

Hanya saja mesti keto-adapted dulu, butuh beberapa minggu sampai beberapa bulan utk benar2 keto-adapted dan jadi pembakar lemak + keton sejati.

SOLUSI 6: Sabar  saja dan tetap minum air plus garam serta makan makanan bergizi tinggi seperti daging atau ikan, supaya ngga malnutrisi kalo aktivitas tinggi kayak berolahraga gitu deh 😉

7. Masalah menyusui: Terdapat beberapa kasus langka ibu yg menyusui memiliki kadar keton yg berlebihan hingga rawan Ketoacidosis.

SOLUSI 7: Ketika hamil dan menyusui harus banyak makan karena yg makan ibu dan bayinya, jadi tak  usah puasa dan perbanyak gizi. Perhatikan gejala-gejala penyakit seperti pusing dan haus banget, meriang, demam, nafsu makan hilang, dan harus segera cek ke dokter.

8. Masalah Batu Empedu: Empedu itu berkontraksi dan mengeluarkan cairan utk cerna lemak. Biasa diet tinggi karbo rendah lemak, atau diet tinggi protein tapi lemak rendah bikin empedu bengong.

Empedu tidak  berkontraksi jadinya cairan mengkristal dan jadi batu, begitu mulai makan lemak kedorong keluar tuh batu yg disalahin makan lemaknya bukan pola makan sebelumnya yg bikin batu itu.

SOLUSI: Jangan takut makan lemak, kalo empedu berkontraksi, cairannya lancar keluar selalu karena cerna lemak, aman-aman  saja. Bahkan yang empedunya sudah diangkat pun Liver tetap mengeluarkan  cairan itu, jadi makan lemak tak  masalah justru harus rutin ya

9. Rambut rontok: ini hanya sementara, biasa 3~6 bulan pertama mulai berasa rambut banyak yang rontok.

Ini hanya sementara. Setelah beberapa bulan, folikel-folikel rambut akan tumbuh, bahkan lebih banyak. Butuh waktu setahun kira-kira  kalau rambutnya panjang ( rambut tumbuh panjang 2~3 tahun lalu berhenti memanjang sampai 3 bulan, setelah itu tumbuh baru di folikel yg sama )

Ada juga sebab lain: diet rendah kalori, penyakit, olahraga berat, kehamilan, menyusui, defisiensi nutrisi, stres psikologis, perubahan pola makan drastis!

SOLUSI 9: Perbanyak makan daging/ikan, telur juga bagus mengandung biotin, jangan sampai kekurangan protein karena rambut adalah serat protein, folikel nya butuh zat besi, biotin, vitamin B12, D dan E, selenium, serta beberapa mineral penting lainnya.

Dan sabar saja! Jangan stres, santai aja yaa.. 😁

10. Kolestrol dan asam urat naik: Pada masa adaptasi wajar, sabar.

Kolesterol naik sementara karena lagi penurunan berat badan itu kolesterol berasal dari lemak badan sendiri yg mencair.

Trigliserida bisa naik sementara itu karena luruh dari lemak badan, lama-lama  akan berkurang.

Kolestrol itu biasa aja fungsi normal, dari otak dan semua sel dilindungi oleh kolestrol, bahkan kekurangan kolestrol yg bahaya bisa bikin depresi dan daya tahan tubuh menurun.

Asam urat naik juga bukannya nambah di dalam tubuh, hanya pembuangannya terhambat keton yg juga terbuang di urin, ntr kalo udah keto-adapted alias efisien pakai keton tidak ada keton terbuang di urin asam urat normal lagi.Asam urat juga sebagai antioksidan di sel-sel  untuk menghalau radikal bebas.

Jadi kolestrol dan asam urat yg naik itu ngga masalah karena memang dari dalam tubuh sendiri, yg masalah tuh kalo gula darah dan glikasi masih tinggi, kalau kolestrol jadi rawan sumbatan serta LDL yg teroksidasi, kalau asam urat rawan peradangan sendi jadi Gout atau batu ginjal, jika insulin dan glukosa masih tinggi.

Bukti dari  bu Kelly udah bertahun-tahun makan daging dan telur, cek darah: koleseterolnya ga ada masalah: http://myzerocarblife.jamesdhogan.com/wp/2015/08/eating-only-meat-and-eggs-did-this-to-my-cholesterol/

Foto Pehidrol
Foto Pehidrol

SOLUSI 10: Sabar saja dan ikuti protokol, asam urat dan kolesterol naik biasa, yg penting gula darah dan insulin rendah. Ga perlu minum obat jenis statin malah bisa bikin diabetes, cukup pantang karbo/gula dan fruktosa (yg bikin kolesterol dan asam urat jadi buruk)

11. Keto-Rash alias bentol-bentol, Merah-merah , dan Gatal-gatal  di kulit: Biasanya ini akibat candida alias jamur atau fungi/ragi yg mati karena makannya mereka; gula berkurang abis, mereka merilis toksin dan bikin meradang sistem imun melawan dan akhirnya kulit jadi biduran. Bisa juga karena kulit sensitif pada keton yang ada dalam keringat.

SOLUSI 11: Selamat bebas dari jamuran, perbanyak makan daging dan perlama puasa kalau bisa serta tambahkan dengan terapi daya tahan tubuh dengan immunomodulator seperti IH, kasih krim pelembab kalau perlu plus: MINUM DAN GARAM. Kalau keringetan sering di lap atau cuci, usahakan jangan keringetan atau kepanasan dan lembab kulitnya.

12. BONUS: Kalau sudah keto-adapted ( beberapa minggu atau bulan sudah Strict KF ) terus timbul gejala; pusing, mules, diare, jerawatan, dll; ITU ALARM BUKAN HC. Cek karbo yg menyusup, kurangin whipcream, keju, yogurt, santan, telur, alpukat, kacang, kue-keto yg ada karbonya walau sedikit lama-lama  jadi bukit atau memang  malah makan karbo/gula dengan sengaja! (-cheating-)

SOLUSI 12: Perpanjang puasa, kuras glukosa yg terlanjur masuk juga bisa dengan olahraga resistens kayak angkat beban untuk menurunkan glikogen.

Kalau sampai keluar dari Ketosis, coba Dry fasting 18~36 jam atau water fasting sesuai bimbingan suhu/senior.

*kalau ada yg mau ditambahkan silahkan, tapi HC kasus berat bisa konsultasi dengan PIC

 Di Makassar ada grup KF Makassar di grup FB 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *