Manfaat ACV dalam pola hidup KetoFastosis Life Style ( KFLS)

Merk AVC yang direkomendasikan
Merk AVC yang direkomendasikan

Acv

Apa itu ACV
Apa MANFAAT ACV ?

Bagi pelaku Keto on Fastosis, pasti istilah ACV ini sudah tdk asing lagi.

ACV, Apple Cider Vinegar, atau cuka apel, adalah suatu cairan yang dibuat melalui 2 tahap, yaitu dengan memfermentasikan kandungan gula dari apel menjadi alkohol, lalu dengan penambahan bakteria pada larutan alkohol akan mengubahnya menjadi asam asetat (acetic acid), yaitu bahan aktif cuka tsb.


Cuka organik, yaitu cuka tanpa proses filterisasi, seperti Bragg’s, masih mengandung protein, enzim dan bakteri baik, sehingga produknya terlihat lebih keruh. ( Kalau saya pakai merk TAHESTA )

1 sdm ACV rata-rata  hanya mengandung 3 kalori, sangat kecil yah. Dan tidak bnyak mengandung mineral atau vitamin, namun mengandung sedikit potasium. ACV yang berkualiatas juga mengandung asam amino dan antioksidan.

Lalu, apa sih manfaat dari ACV ini?
Berikut saya coba ulas dari beberapa sumber yahh..😀

  • 1⃣ Asam asetat ACV dapat membunuh bakteri dan atau mencegah pembiakan bakteri mencapai tingkat berbahaya.Oleh karenanya cuka apel ini sering digunakan sebagai desinfektan dan pengawet alami.
  • 2⃣ Membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan menurunkan respon gula darah setelah makan.

Dari jurnal-jurnal (Carol S.Johnson et al J.Diabetescare 2004; Brighenti F J.Pubmed 1995; Maria M White J.Diabetescare 2007) ACV telah terbukti memiliki bnyak manfaat dalam fungsi insulin dan level gula darah, yaitu:

  • (a). Meningkatkan sensitivitas insulin saat makan tinggi karbohidrat 19-34% and secara signifikan menurunkan glukosa darah dan respon insulin
  • (b) Mengurangi gula darah sebesar 34% saat makan 50 gram karbohidrat.
  • (c) 1/5 sdm ACV sebelum tidur dapat mengurangi GDP sebesar 4%.

3⃣ Studi menunjukkan bahwa cuka apel dapat meningkatkan perasaan kenyang dan membantu orang makan lebih sedikit kalori shg dapat menyebabkan penurunan berat badan. (Ostman E J.Pubmed 2005; Jhonston CS J.Pubmed 2005; Kondo T J.Pubmed 2009)

🔻Dan masih banyak lg manfaat lainnya yg sudah diteliti pada animal, sperti penurunan volume kanker, mengurangi resiko penyakit jantung dll.

🔻Dan di atas itu semua dianjurkan untuk tidak berlebihan juga mengkonsumsi ACV. Bukankah sesuatu yg berlebihan juga tidak baik bukan?

🔻Kita bisa mengkonsumsi ACV dengan mengencerkannya dalam sejumlah air ( misalnya segelas air ) dan diminum.Per hari kita bisa mengkonsumsi ACV minimal 1 sdt sampai maksimal 2 sdm.

🔻Kalau dilihat dari manfaatnya, Bagus diminum saat bangun pagi, sesudah makan dan sebelum tidur.
Minimal sehari 1 sdt dan maksimal 2 sdm.
Utk yg Berat Badan yang  kurang atau terlalu kurus, minumnya jangan sebelum makan yah..

Semoga ulasan ini bermanfaat utk mengenal ACV lebih dekat lg dan juga manfaatnya.🤗🤗

〰🔻〰
Rewrite by: NN dan di sharing dalam grup KFLS 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *