Kisi kisi pola hidup Ketofastosis Life Style ( diet keto )

Ini salah satu sukses story team Keto saya di Ambon
Ini salah satu sukses story team Keto saya di Ambon

Tatacara Pola Hidup KF (ketofastosis)

  1. Pola hidup ini bukanlah cara diet untuk kepentingan estetika, tapi untuk kesehatan dengan memanfaatkan homeostatis tubuh
  2. Pola Hidup KF adalah menggunakan Dua  konsep utama:
    • A.Makan untuk hidup, bukan hidup untuk makan
    • B.Puasa untuk jiwa dan proses perbaikan tubuh
  3. Kembali ke point 2.B , maka pilihlah makanan yang memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh, bukan memenuhi kebutuhan mata dan lidah. Dalam KF makanan dipilih adalah low karbohidrat  dan high Fat, Medium protein

4. Sesuai point 2B, untuk menjaga konsep 2A yang paling mudah adalah menjalankan puasa. Jenis puasa di KF adalah :

  1. Intermitent fasting (IF) , dilaksanakan minimal 16/8 (16 jam puasa , 8 jam refill/makan). Puasa dimulai jam 20.00 sampai jam 12 siang. Jam 12 siang mulai makan (pastikan konsep makan untuk hidup, jd jangan over eating)
  2. Dry fasting(DF) puasa sunat umat muslim (senin kamis, atau puasa daud )
  3. Water fasting(WF), puasa tidak refill / makan dalam kurun  waktu hanya minum saja ( air putih, kopi, teh , vco, air kaldu)
  4. Manfaat pola KF mencegah obesitas, mengaktifkan sistem imun tubuh untuk memperbaiki tubuh ( maka sangat bisa dipakai dalam penyembuhan beberapa penyakit seperti diabetes, gerd, cancer, hipertensi, dll)

Pola KF adalah High fat moderat protein dan low carbo. Maka tubuh akan mereplace sumber energi karbo ke lemak. Kondisi ini dikenal dengan istilah Ketosis. Ketika memulai mengubah ke ketosis berikut amunisi yang wajib dimiliki selama mendesain tubuh menjadi ketosis ( jika sudah ketoadapted, maka amunisi ini bisa saja berkurang pemanfaatannya karena tubuh sudah bisa menggunakan sumber lemak dari makanan yg dimakan )

Berikut amunisi wajib dalam diet ketogenik 
1.Virgin Coconut Oil (lemak nabati yg langsung diubah menjadi energi keton untuk menggantikan glukosa dari karbo) sehari 6 sendok makan/terbagi ke 3 kali pemakaian

2.Air kaldu (air sop yg dibuat dengan mengambil kaldu dari tulang hewan)

3.Teh hijau (antioksidan penting untuk mencegah oksidasi dari sejumlah kecil karbo yang dimakan)

Menjalani KF maka akan melewati Tiga  fase

  1. Fase awal/induksi. Di fase ini wajib mengukur GDP ( gula darah puasa ) sebelum melakukan KF. Lalu melakukan IF 16/8. Selama puasa IF hanya diperbolehkan minum VCO, air kaldu, dan teh hijau. Saat buka hanya boleh PROTEIN HEWANI yg mengandung lemak tinggi (very low carbo, maksimum  sehari 10 gram, rajin baca nutrition fact yg ada di dalam kemasan makanan)
  2. Fase konsolidasi, dilakukan jika GDP stabil dibawah 80 dalam waktu 7-10 hari. Lakukan seperti fase induksi hanya makanan bisa ditambah sayuran (sayuran berdaun hijau bebas makannya)
  3. Fase maintenance, dilakukan jika GDP setelah fase konsolidasi dibawah 80 dalam kurun waktu 7-10 hari. Lakukan seperti fase konsolidasi dengan makanan ditambah buah.

Nah itulah sekilas kisi kisi tentang apa itu pola diet KFLS, intinya adalah summary diatas, perubahan visi hidup terhadap makanan, merubah pola makan, waktunya dan asupan dan perbanyak fasting atau puasa. Mudah kan tak ribet cuma memang bagi kita yang hidup dalam pola hidup loading karbo dan disekitar kita penuh dengan menu karbo ya sisa bagaimana filter dan menahan hawa nafsu untuk tetap Ketosis dalam asupan makanan.

Sharing artikel dari grup KF-Makassar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *