Explore Maluku 40# Rujak terenak sedunia ya Rujak dari Natsepa

Tampilan rujak natsepa dan kelapa muda
Tampilan rujak natsepa dan kelapa muda

Explore Maluku 40 # Rujak terenak sedunia  ya Rujak dari Natsepa

Kalian pasti mengenal rujak  kan? Sekumpulan ragam buah yang di masukkan di piring dan diberi bumbu kacang dan gula merah, dan yang pasti ada rasa pedisnya juga, nah itulah rujak, kalau di Maluku semua orang pasti mengenal yang namanya rujak Natsepa.

Rujak Natsepa menjadi terkenal karena area kawasan tempat pedagangan berderet di  kios kios sepanjang puluhan meter terletak dikawasan pantai Natsepa di desa Suli, Kabupaten Maluku Tengah.Tak jauh dari gerbang Hotel The Natsepa Resort.

Konon jaman dulu zaman koloni Portugis, saat berlimpahnya musim buah penduduk mencari ide memadukan buah ini sebagai santapan lezat bagi tentara Portugis dan akhirnya terciptalah rujak yang terdiri dari banyak buah beda sama rujak dari kota lain, yang berbeda disini adalah kandungan kacanganya yang di  ulek dengan kulit dan banyak sekali, kemudian mereka juga menambahkan tomi tomi semacam asem asem, serta buahnya banyak ragamnya ada nenas, kedondong, mentimun, jambu, papaya matang, mangga, ubi jalar, belimbing sampai bengkoang juga ada.

Rasanya manis gurih dan pedasnya nagih, kami setiap saat pasti kesini kalau ada tamu dari kantor datang ke Ambon yang mana frekwenseinya sangat sering.

Kami bahkan sudah ada langganan khusus untuk kantor kami yaitu rujak natsepa Mama Nona, heheh disni penamaan kios semuanya pakai mama di depannya misalnya Mama Merry dan lain lain, kios nya ada ditengah tengah diantara 50 kios berderet di sepanjang bibir teluk,  kami selalu memesan rujak dari Mama Nona, sampai diantar ke kantor segala, untuk oleh oleh teman teman biasanya sisa menelpon untuk beli bumbunya saja, harga rujak natsepa sepiring adalah Rp 15k.  So beli bumbunya biasanya lebih mahal karena dalam 1 bungkus isinya lumayan bisa dimakan dirumah berkali kali. Teman saya beli bumbu biasanya 1/2 kg itu harganya Rp 75,000,- diantar ke kantor langsung dari Kios Mama Nona bisa di call /sms ‭082399042842‬

Ulekan rujak dengan bumbu kacangnya yang banyak ..hmmm
Ulekan rujak dengan bumbu kacangnya yang banyak ..hmmm

Selain jualan rujak pemilik kios banyak juga jualan  es kelapa muda , ada kudapan snack misalnya sukun dan pisang goreng di meja dan tentunya air mineral sambil memandangi hijaunya air dari Teluk Baguala. Kawasan Natsepa termasuk dari kawasan Teluk Baguala.

deretan lapak mama mama  ahli rujak di Natsepa
deretan lapak mama mama ahli rujak di Natsepa

Sejujuraya saya bukan pencinta rujak sekali dua kali saya beli bumbunya buat oleh oleh saja apalagi sekarang sudah pola hidup KFLS  ( Ketofastosis life style ) untuk saya cukuplah alpokat buah kesukaaan.

View teluk Baguala Nan permai dari lapak Rujak Natsepa
View teluk Baguala Nan permai dari lapak Rujak Natsepa

Untuk pengunjung  yang datang ke Ambon, mencicipi rujak natsepa langsung dari Natsepa adalah keharusan, wilayah ini ditempuh dari kota Ambon sekitar 45 menit berkendara, jaraknya adalah 20km. Biasanya ramai di sore hari dan week end.Deretan kios kecil yang langsung memberikan pemandangan teluk baguala, masing masing kios ada nama berbeda beda dan ragam menu yang di jual pun hampir sama semua. Harga pun sama cuma memang masing masing orang punya langganan  yang pasti dari referensi teman atau sudah langganan pribadi.

Salah satu  harta kuliner di bumi pattimura yang anda bisa cicipi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *