Cara Tambah daya PLN dari 900 VA ke 1300 VA di kota AMBON

Meteran PLN ( Listrik Pintar ) yang baru
Meteran PLN ( Listrik Pintar ) yang baru

Cara Tambah daya PLN dari 900 VA ke 1300 VA di kota AMBON

Dengan bertamabhanya ragam kebutuhan rumah tangga  yang semua menggunakan listrik sehingga memaksa saya yang akhirnya  tinggal dirumah kontrakan  mengharuskan saya menaikkan daya listrik PLN yang ada dirumah kontrakan kami. Ada cerita dibalik ini, sejak setahun lalu menempati rumah adem kontrakan kami  yang daya nya hanya 900 VA dengan 2 kamar, cukuplah untuk memenuhi kebutuhan 1 kulkas 1 pintu middle. Oven kecil berdaya 300 watt, slow cooker,TV yang jarang dinyalakan,  dispenser, mesin air, Beberapa kipas angin, akuarium kecil, mesin roti, juicer dan printilan alat dapur yang butuh di colok,  yang banyak dinyalakan di saat week end saja. Semua masih lancar sampai suatu hari Si Microwave hasil jarahan diskon dari Mall dibawah ke rumah bersamaan dengan slow cooker yang butuh berjam jam untuk membuat kuah kaldu.

Sejak itu dinyalakan selalu semuanya mati lampu alias mati total dan saklar depan meteran saya harus utak atik setiap kali microwave dinyalakan,  saya beberapa kali menggunakan dan akibatnya parah sekali, TV kesayangan saya rusak, saya bawa ke service Samsung di kota Ambon katanya LCD rusak pengaruh arus listrik naik turun. Wassalam deh itu TV saya berakhir dengan saya lelang di kantor SAMSUNG kota Ambon. Sampai sekarang kami pun tak punya TV lagi.

Mekanisme perubahan daya
Mekanisme perubahan daya

Dari  kejadian itu saya belajar dan tak mau menambah daftar kerusakan alat alat dapur  di rumah , saya langsung inisiatif menghubungi orang PLN yang kebetulan kenal ( salah satu benefit bekerja di kota kecil yang terkoneksi dengan perusahaan lain inipun berkah dari pekerjaan sehari hari )

TATA CARA PROSES MIGRASI DAYA LISTRIK PLN sebagai berikut :

Langkah – langkah yang saya lakukan  berdasarkan pengalaman yang saya lakukan PLN RAYON  AMBON sebagai berikut :

  1. Datang ke kantor pelayanan PLN RAYON AMBON di jl Kapten Ulupaha disamping BCA Ambon
  2. Ambil nomor antrian antri ( CS aktif ada 2 orang bagian koreksi dan bagian migrasi )
  3. Saya maju dicek di koreksi disuruh bayar tagihan dulu dan saya langsung bayar dari Tokopedia di HP ambil antrian lagi di bagian Migrasi ( Upgrade daya ).
  4. Setelah dipanggil bagian migrasi saya jelaskan ( sebelumnya saya sudah menghubungi beberapa teman PLN dan diberi akses lebih cepat dengan menyebut nama mereka dan melibatkan instasi secara saya juga pelanggan corporate ).
  5. Dengan bantuan kata kunci beberapa nama PIC pun jadwal yang seharusnya disuruh datang jam 2 jam lagi langsung di proses saat itu juga, dokumen yang dibutuhkan materai 6000 ( Beli di tempat foto copy –an depan kantor PLN ), KTP, dan bukti pembayaran terakhir.
  6. Dibuatkan lah surat semacam MOU saya tanda tangan disitu diatas materai, walau nama owner rumah berbeda dengan saya tak di permasalahkan karena saya memang sudah mendapatkan persetujuan dari pemilik rumah.
  7. Saya buatkan denah peta alamat rumah biar petugas segera mendatangi lokasi kami.
  8. Setelah selesai saya diberi 3 lembar kertas beriris NOMOR REGISTERASI untuk dibayarkan di kantor Pos atau PPOB lainnya. Setelah dibayar baru menunggu petugas datang.
  9. Saya langsung ke ATM BCA terdekat dan melakukan pembayaran cara pembayaran di ATM ingat pada saat mengklik PEMBAYARAN Masukkkan PLN – lalu tekan NON TAGLIS – Masukkan Nomor REGISTRASI akan muncul sendiri tagihannya .
  10. Saya bayar sejumlah Rp 477,800 untuk meng upgrade daya dari 900 VA ke 1300 VA harga normal seharsnya lebih dari 600-an ka tapi karena ada promo diskon 28 % jadilah lebih murah, diskon ini berlaku sampai 31 Desember 2017.

Adapun mekanisme setelah selesai melakukan pembayaran menunggu SOP petugas yang akan melakukan eksekusi dari website resmi PLN ada range waktu 7 hari kerja bahkan lebih tergantung dari requirementnya, tergantung lokasi nya juga.

Pengalaman saya karena dibantu sama bapak bapak di PLN Cabang Ambon dengan akses full bantuan maksimal dari mereka saya isi form di jam 12 siang, saya bayar langsung balik ke kantor jam 1 dan jam 2 siang sudah di telpon petugas lapangan di cek minta alamat lokasi rumah dan langsung mereka eksekusi. Di pukul 3 sore sudah dapat WA dari bapak bos PLN gambar meteran baru dirumah sudah berganti dan sudah sukses digunakan ….AMAZING …………Terima Kasih PLN, saya saja masih tercengang karena di awal service dari PLN Rayon ya so so.. tapi berkat bantuan dari  bapak bos PLN semuanya di mudahkan dan di lancarkan.Disinilah dibutuhkan ikhtiar untuk membuka phonebook kontak di instansi sesuai kebutuhan.

Untuk detail resminya prosesnya sebagai berikut :

  1. Untuk memudahkan sebaiknya telepon dulu ke Unit PLN terdekat ke bagian pelayanan pelanggan atau ke CALL CENTRE 123.
  2. Kumpulkan dokumen yang diperlukan:
  • Fotocopy rekening listrik terakhir ( Bukti bayar )
  • Fotocopy KTP pemohon (Jika pemohon tidak sama dengan nama pelanggan, maka untuk menghindari adanya konflik dikemudian hari sebaiknya ada surat kuasa, atau surat perjanjian sewa atau surat keterangan lainnya).
  • Denah lokasi bangunan / rumah
  1. Siapkan biaya yang dibutuhkan:
  • Biaya Penyambungan (BP), sebesar selisih kenaikan daya kali tarip yang berlaku.
  • Uang Jaminan Pelanggan (UJL), dikompensasikan dengan UJL yang telah dibayar (sesuai standar PLN).
  • lakukan pembayaran di loket pembayaran Unit PLN terdekat ( bisa ATM/PPOB )
  • 2 lembar fotokopi KTP pemilik rumah ( saya skip )
  • 2 lembar materei Rp 6.000 ( materai 1 saja saya gunakan )
  • Surat kuasa bermaterai (bila diwakilkan) ( tidak di perlukan )
  • 2 lembar fotokopi KTP yang dikuasakan, dan( Tidak perlu )
  • Bukti rekening terakhir ( ada )

Di ruang pelayanaan Kantor PLN Rayon AMBON ada kelompok tariff dari 450 VA sampai tertinggi dan tariff BP ( Biaya penyambungan ) nya. Oh ya saya dengan biaya Rp 477,800 itu sudah include isi refill token 100K ya jadi sebenarnya biaya diluar itu adalah Rp 374800 saja.

Beda kalau mau  upgrade ke 2200 beda tariff lagi perkiraan naik 100k.

Semoga bermanfaat buat teman teman yang butuh informasi tentang how to live in Ambon & Survive hehehe…!!

 

One thought on “Cara Tambah daya PLN dari 900 VA ke 1300 VA di kota AMBON

  • November 9, 2017 at 1:34 pm
    Permalink

    terima kasih atas sharing informasi dan sosialisasinya..sangat membantu bg plg pln.. semakin hari pelayanan pln ambon semakin membaik

    Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *