Tips belanja elektronik via online #MB beli laptop via Toped

Laptop hasil belanja online
Laptop hasil belanja online

Tips belanja elektronik ( Laptop )  via online #MB beli laptop via online

Mau cerita tentang episode beli laptop via online, kalian pasti masih banyak yang ragu beli barang yang agak berbudget besar via marketplace online, bagaimana kalau salah atau system nya tak berfungsi normal dan banyak resiko resiko yang  bisa terjadi.

Itupun sebenarnya menjadi kekawatiran saya, makanya sampai beberapa waktu lalu  belanja online hanya pada stok bahan baku dapur untuk diet ketogenic, perlengkapan rumah tangga, buku buku dan barang barang unik lainnya.

Kali ini MB yang punya kepentingan, bule ini kalau ada keinginan selalu mau cepat, ceritanya laptop nya yang berusia 3 tahun dulu belinya saat pulang kampung, sekarang battery nya soak dan membesar jadi di lepas dan sudah sangat lemot maklum lah hari hari menyala itu laptop tak pernah cuti kayaknya. Apalagi sekarang MB sudah rajin upload video buat youtube dan edit edit video tentunya butuh processor dan RAM yang lebih besar. Punya MB yang dulu masih standard.

Laptop Kesayangan MB
Laptop Kesayangan MB, abaikan spinner&botol airnya

Kami hunting di semua toko computer dikota Ambon, spesifikasi yang di inginkan tak ada yang cocok dan tak seimbang dengan harganya. Di kota Ambon sendiri kalau mau beli laptop ada beberapa alternative sebagai berikut  ( List toko komputer di kota Ambon ) :

  1. Toko WAYAME Teknology di Jl AY Patty, ini salah satu toko laptop dan perlengkapan laptop ternama di kota Ambon, disana juga ada service laptop tapi tentunya harga ya rate nya kota Ambon yang pasti lebih mahal.Saya pernah menulis tentang jalan AY Patty disini. Jalannya hanya 50 meter akan sangat gampang menemukan nya . Kalau di toko ini kurang memuaskan di samping samping toko ada banyak toko elektronik kebanyakan jualan HP tapi ada laptop juga.
  2. Adidas Komputer , jl Imam Bonjol kota Ambon, disini ada 2 toko berderet lokasi di samping Apotik paling terkenal di kota Ambon apotek GIDEON. Stok laptop sedikit tapi menurut penduduk disini yang saya tanya toko ini juga rekomendasi, kami sudah pernah kesana,tak ada spesifikasi yang MB inginkan dan  harga yang sesuai budget kami.
  3. Berkat Komputer , Jl Rijalali Kota Ambon, saya kalau ke kantor pasti lewat sini, Nampak banyak stok di dalam Cuma belum pernah singgah namun melihat banyak nya pelanggan keluar masuk nampaknya toko ini bisa jadi rekomendasi juga.
  4. Zideney Komputer jl sultan babullah no .16, ini saya belum pernah singgah.
  5. HYPERMART Mall Maluku City Mall lantai 1, di bagian elektronik selalu ada beberapa laptop terpajang dengan harga  yang terjangkau. Kalau Cuma mencari spesifikasi biasa bisa langsung kesini bahkan disaat tertentu ada diskon .
  6. Hypermart Mall Ambon City Centre ( ACC ),  Di Passo, disini juga ada stok laptop di jual.
  7. Lantai 2 Ambon Plaza, di sana ada deretan toko elektronik termasuk laptop, karena terlalu ramai dan kurang nyaman saya jarang kesini , ini mirip mirip pasar Cuma bertingkat. ( Ini mall pertama dikota Ambon ) namun sudah usang dan sudah banyak kios tutup di lantai 3 keatas.

Itu dia 7 list yang  melintas di otak saya tentang toko atau tempat beli laptop di kota Ambon.Mungkin  ada toko toko kecil yang terselip tapi saya hanya jelaskan yang umum saja.

Lanjut ke kisah pembelian laptop online MB,  setelah putus asa, ada adegan marah marah, dan putus asa, kebiasaan MB kalau menginginkan sesuatu maunya cepat dan kami ini ada dikota Ambon bukan di kota Makassar, akhirnya pilihan jatuh ke marketplace, MB mulai mencari dari mulai Tokopedia, Buka lapak, jd.id, bhinneka.com. Marketplace besar yang juga ada marketplace spesifikasi elektronik.

Akhirnya pilihan jatuh pada salah satu merchant di Tokopedia, dari spesifikasi dan harga dan letak tokonya di kota Bandung. Kami pun sempat negosiasi untuk upgrade RAM nya dan akhirnya setuju, harga nya pun lumayan dibanding dengan harga di Ambon, walau sempat nombok dengan bayar transaksi tambahan karena upgrade RAM.  Dengan spesifikasi dibawah ini.

Spesifikasi laptop Lenovo
Spesifikasi laptop Lenovo
Bukti Transaksi Belanja di Toped
Bukti Transaksi Belanja di Toped

Sempat was was saat barang sampai, ternyata tak di packing kayu karena saya tak order, saya pikir semua elektronik di packing kayu ternyata  tidak, kecuali di beberapa marketplace khusus elektronik seperti Bhinneka.com  mereka pasti packing kayu jadi aman   cuma memang  harga pasti beda lebih mahal, makanya saat buka pertama semua di cek alhamdulilah aman dari retak saya selalu membayangkan saat melihat barang cargo dari pesawat diturunkan di banting sama kurir pengangkat terbayang barang seperti elektronik yang lumayan harganya dibanting saat pengiriman dengan  transit di beberapa kota. Adduh tanpa packing kayu terbayang bagaimana resikonya.

Packing laptop saat datang tanpa packing kayu
Packing laptop saat datang tanpa packing kayu
Bagian dalam box
Bagian dalam box
Aloha, alhamdulilah laptopnya masih utuh tak retak dan tak caca
Aloha, alhamdulilah laptopnya masih utuh tak retak dan tak cacat
Wajib buat review apa adanya setelah transaksi buat benefit ke seller or pembeli berikutnya
Wajib buat review apa adanya setelah transaksi buat benefit ke seller or pembeli berikutnya

Setelah di unboxing dan di cek ternyata semua lancar, MB sendiri mengecek kelengkapan,  hasil akhirnya kami puas belanja online laptop tanpa harus ke Bandung terbang dan bermacet macetan, semua hanya dalam beberapa menit klik, transaksi selesa dan duduk manis dirumah barang datang dengan sendirinya.

Seller information penting di cek sebelum belanja
Seller information penting di cek sebelum belanja

Ini sementara lagi lihat lihat kamera Vlog professional ini via marketplace maklum belum ada jadwal ke Kotabesar bulan ini, biasanya kalau ke Makassar atau ke Jakarta saat acara kantor selalu tak punya waktu hunting jadi pilihan kami ya marketplace lagi. Kali ini saya mau coba JD.ID  tapi kembali lagi soal harga karena di beberapa market place saya cek harga miring dan beberapa gift ada malah di Lazada dan Tokopedia. So tunggu saja unboxing kamera ku berikutnya ya.

Cek review berapa yang nanya-nanya dan berapa yang terjual
Cek review berapa yang nanya-nanya dan berapa yang terjual
Banyaknya review bintang menjadi acuan seller sebagai toko laris dan terpercaya
Banyaknya review bintang menjadi acuan seller sebagai toko laris dan terpercaya
Bukti invoice ini akan ada di transaction list selama nya
Bukti invoice ini akan ada di transaction list selama nya.

 

Bagi teman teman yang masih ragu bertransaksi online di toko online percayalah padaku,  bisa kok, asal spesifikasi sudah jelas dan konfirmasi ke pemilik merchant jangan ada ambigu ya, baru transaksi.

Tips belanja barang elektronik di Toko online sbb :

  1. Pastikan spesifikasi nya yang diinginkan sesuai, tanya penjualnya berulang kali
  2. Bandingkan harga di semua marketplace.
  3. Lihat review toko /merchant nya apakah bagus atau laku barangnya ini bisa jadi filter dasar sebelum berbelanja di toko tersebut.
  4. Cari marketplace yang sedang promo ongkir lumayanlah biasanya ada diskon potongan 1 kg, sedang elektronik seperti laptop 15 inchi beratnya biasanya 4 kg diluar packing kayu yang biasanya jadi 8 kg.Lumayan kan potongannya, dengan asumsi misalnya kirim ke Ambon dari Jawa itu 180an menjadi 140an dengan nilai barang segitu menurut saya itu sangat logis. Silahkan hitung sendiri ongkos ke Bandung beli laptop dari Ambon lebih besar mana hehehe.
  5. Cek merchant tersebut jualan dikota mana dan sejak kapan jualan, serta berapa banyak produk sold out ada kok di fitur seller, itu penting.
  6. Silahkan chat dulu sama seller sebelum transaksi siapa tahu barang habis apalagi barang mahal kan tak mau buang waktu untuk refund dana dan lain lainnya.
  7. Cek ongkirnya sampai di alamat kalian dan pastikan di PACKING KAYU. Tanyakan ke seller ongkir jadi berapa kalau packing kayu . Japri saja seller minta diskon bisa kok, sisa edit harga nanti dan kalian bisa Flexible kok. Tetap aman karena  menggunakan rekening bersamanya marketplace kan, nanti barang diterima pelanggan baru duit di transfer ke rekening seller.
  8. Cek kembali setelah barang sampai dan berikan review segera.

Demikian update episode beli laptop via online dan sukses semoga laptopnya Awet ya dan nantikan sharing seru lainnya di episode berikut, see ya…………

Baca juga  tema terkait belanja online disini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *