Episode sakit MB di Ambon

Pasien nunggu dokter tak kunjung datang
Pasien nunggu dokter tak kunjung datang

Sudah kali kedua cerita sakit nya MB selama di Ambon buat shok teraphy. Kenapa ? setiap MB sakit yang sibuk pasti saya donk. Kisah sakit di Makassar sampai masuk RS juga bisa dibaca disini. Untuk di Ambon sejak domisili disini ke dokter bisa dihitung 3x, 2 kali berobat, 1 kali konsultasi sejak menjalani diet ketogenic. Di Tanggal 15 Maret lalu.So far hasil dari pola hidup Keto genic ini adalah dari berat di Maret itu 117kg menjadi 103 kg. Perjuangan panjang bagi saya karena MB tak istiqamah di pola keto ini berat memang.

Kalau tak salah di bulan Mei lalu lupa tanggalnya  sebelum ulang tahun saya, ada suatu hari saya pulang kantor mendapati MB sudah demam panas berkeringat karena indikasi asam lambung tinggi, saya pulang kantor juga telat karena macet di jalur batu merah. Panik saya jam 8 malam itu, sampai wa tetangga buat bantu, dia tak mau dibawa ke dokter atau rumah sakit padahal saya sudah siap bawa pakaian dan lainnya. Jadi ceritanya pagi itu tanpa makna apa apa dia sudah minum UC1000 2 botol, oh alahhhh ini mah banyak sodanya, asam lambung naik, tak makan sampai sore menggigil.

Tetap sibuk dengan gadget
Tetap sibuk dengan gadget

Saya paksa minum kuah kaldu tak mau, paksa minum air putih yang banyak tak mau. Sampai tengah malam masih keringat dingin dan menggigil. Sampai tetangga dan OB dikantor datang bantuin pijat dan pinjamin heater buat di pinggang karena nyeri semua. Jam 12 berangsur sudah turun panasnya sudah bangun duduk dan  bisa bicara normal. Akhirnya tak jadi ke Rumah sakit. Saya sempat was was sampai  pagi.

Paginya saya tak ke kantor tapi mengawasi pekermbangannya, karena MB kelemahananya adalah malas minum air putih dan susah diberi tahu. Kalau menurut dia tak suka dia tak akan makan. Yang sulit itu. Jadi kalau sakit susah sembuhnya karena tak mau dengar asupan terbaik buat si dia sendiri. Keras kepala benar si mister ini.

Kali ini tanggal 27 Oktober 2017, sehari sebelum kejadian dia minta izin mau ikutan sama anak pesantren pergi berenang di waterpark alias waterboom di salah satu kompleks ternama di kota Ambon, dari jam 12 sampai sore dan dia tak makan siang, malamnya pulang keletihan deh. Baru makan bersama jam 8 malam setelah dia selesai Ngajar online nya sama muridnya di Jakarta.

Badan sudah panas saat istirahat besok subuh batuk dan diare dan muntah sampai dia muntahkan setengah ember, panic saya nya ini terjadi jam 6 subuh. Terpaksa niat kekantor tak jadi saya berkantor dari meja dapur sambil mengawasi dan membantu apapun yang dibutuhkan, kompres, buat air kaldu, cari info di google dan berdoa menelpon sana sini.

Terbayang pasti lemas semua asupan makanan keluar lewat mulut saya sendiri yang mengangkta muntahnya. Nanti agak siang badannya mulai hangat, demam turun Cuma mengandalkan air putih dan tanpa yang lain kartu air kaldu dia tak suka andalan ku adalah madu IH dan VCO saya campur sebagai amanusi diet keto itupun Cuma setengah sendok.

Jam  11 saya ngacir belikan makan siang kesukaannya Cream soup KFC dan ayam beberapa potong, mana sempat masak tukang sayur tak datang datang juga. Baru jam 1 dia mulai makan ayam nya dan soupnya baru deh istirahat bolak balik ke kamar tidur dan kamar mandi. Padahal kuncinya minum air banyak minum air garam, air kaldu aja sudah membantu.

Jam tiga sore saya bujuk ke dokter langganan karena sejak Maret tak pernah kesana Cuma mau ngecek semua kesehatan MB tapi butuh waktu membujuk sampai disana pak dokter lagi ada acara di RS sampai sore jadi jam 3 sore kami pulang. MB sudah tak mau ke dokter lagi malam nya dan hanya mau minum obat  demam saja.

Hari yang melelahkan saya terbangun jam 4.30 sampai malam lagi  tak sedetik pun saya santai sambil tetap koordinasi kerja dengan kantor dan mengecek kondisinya sesekali telpon bapak saya minta di doakan. Nelangsa sekali di tanah rantau tanpa sanak saudara.

Kalau ada seperti ini jadi ribet, ada kewajiban di kantor dan mengurusi keluarga. Semoga tetap selalu dikuatkan dan sehatkan kesehatan kami berdua disini. Di Ambon sendiri fasilitas kesehatan sangat memprihatinkan jadi kalau bisa diupayakan jaga kesehatan semaksimal mungkin.

Demikian health story MB selama di Kota Ambon, dua kali dengan kasus yang sama telat makan jadi lemas dan diare. Rencana week end saya mau bawa ke dokter mau di medical check up sekalian.

Ternyata sampai sekembalinya dari dokter si MB tak mau ke dokter, saya deh yang chattingan sama pak dokternya disarankan minum banyak air putih sekarang Ambon sudah mulai musim panas, seriusan cuaca di Ambon agak aneh dan berbeda dengan cuaca di kota kota lainnya, dari bulan Mei tahun 2017 itu musim hujan tanpa henti anehnya ketika saya terbang keluar kota. Dan baru minggu kedua oktober ini hujan mulai berhenti dan mulai musim panas.

BB MB 28 Oktober 2017 setelah diare
BB MB 28 Oktober 2017 setelah diare

Dan berkat sakit diarenya MB kemarin amazing deh tiba tiba berat badan nya menyentuh 102 kg, itu adalah record. Semoga terus istiqamah terus walau dengan beragam cobaan, demi mendukung dietnya pula saya harus melelang  juicer signora yang pernah kami beli dan membeli slow cooker merk Miyako buat air kaldu dan sup sup-an karena dalam diet ketogenic untuk asupan sayur memang dibatasi demikian juga dengan buah sangat terbatas jadi slow juicer anadalan saya lebih banyak diam dan tak pernah digunakan. Slow juicer signora yang pernah saya unboxing divideo ini  berhasil saya lelang di tokopedia dengan harga banting 50 % karena masih mulus duitnya beli slow cooker dan microwave, the power of  marketplace, sekarang barang apapun bisa dijual duitnya buat beli yang lain lumayan kan, so always become smart wife hehehe …! 

SLOW COOKER Pengganti SLOW JUICER
SLOW COOKER Pengganti SLOW JUICER
Buat soup kaldu tiap hari yang sangat penting dalam pola diet KF lifestyle
Buat soup kaldu tiap hari yang sangat penting dalam pola diet KF lifestyle
BB ku setelah diet keto 6 bulan dari 53 kg menjadi 45 kg
BB ku setelah diet keto 6 bulan dari 53 kg menjadi 45 kg.

Begitulah kehidupan kami di Ambon, rencana sih mau medical check up sebelum akhir tahun tapi tunggu MB dulu di bujuk bujuk benci sekali dia ke dokter, dan sejujurnya  fasilitas kesehatan di kota ini sangat terbatas jadi upayan selalu sehat ya jangan sampai ke UGD atau masuk rumah sakit dijamin makan hati deh.Semoga rumah sakit Siloam yang katanya terbesar di Indonesia timur  segera di launching biar kami yang para perantau di kota ini juga mendapat sedikit layanan kesehatan. Sekarang sih MB  sudah sehat  sudah beraktifitas, sudah bisa naik kendaraan sendiri ke masjid, semoga selalu sehat ya biar istrinya tetap happy dan orang di sekitar tak dibuat shock.

Selamat ber week end teman teman semua dan enjoy the end of October.

Baca juga cerita

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *