Episode Musim hujan di kota Ambon

Jogging pun bawa payung diatas Jembatan Merah Putih yang melegenda itu
Jogging pun bawa payung diatas Jembatan Merah Putih yang melegenda itu

Ramadhan telah berlalu selamat datang bulan Agustus, tepat ini adalah bulan ke 11 saya bermukim di kota Ambon manise ini, dan ini kali perdana saya merasakan musim dinginnya  cuaca di kota ini yang mulai berlangsung sejak bulan Mei,  saya pikir setelah Ramadhan akan berlalu ekh sampai sekarang masih juga hujan mengguyur, baru 1 Agustus kemarin saya melihat matahari terbit dengan cerahnya namun malamnya hujan kembali mengguyur bumi Tanah Maluku. 

Bagi saya  yang beraktifitas di kantor  tiap hari dan alhamdulilah ada kendaraan beratap sih tak masalah tapi bagi orang yang beraktifitas dengan kendaraan roda dua tiap hari juga pasti buat jengah harus pakai mantel tiap hari. Musim hujan di Ambon baru terasa di mulai di bulan April – September.

Langit diatas JMP suatu pagi saat kami jogging dan diguyur hujan
Langit diatas JMP suatu pagi saat kami jogging dan diguyur hujan

Pada prakteknya di awal April hujan belum terasa dahsyatnya baru memasuki Mei sudah mulai intensitas dan dari Mei hingga Agustus ini. Satu hal yang masih bersahabat dalam cuaca extreme kali ini adalah hujan nya tak disertai angina, jadi masih normal.

Menurut penduduk local tiap tahun seperti ini hanya saja tahun lalu tak se ekstrim cuaca kali ini, pulau Ambon dengan luas 755m2 terdiri dari bukit bukit yang banyak juga di huni penduduk,  yang biasa terjadi korban adalah jika terjadi tanah longsor diatas bukit. Semenjak cuaca ekstrim sudah ada korban jiwa yang rumahnya di tumbangi pohon di atas bukit.

Untuk wilayah tempat saya tinggal termasuk di dataran cukup tinggi, untuk urusan banjir masih relative aman, yang rawan banjir adalah daratan tengah kota dibawah, setidaknya jika tiga hari berturut turut hujan tak berhenti maka potensi beberapa area terendam banjir.

Seperti yang pernah saya infokan terkait bentuk kota Ambon sendiri dengan kondisi jalan kecil kecil dan got kecil kecil/ drainase, potensi tersumbat nya drainase sangat bereresiko menimbulkan banjir. So saat ini Ambon bersiaga. Pemkot sendiri sudah menyiapkan beberapa nomor call centre untuk penanganan bencana.

Semua jaket yang saya punya sudah saya pakai, sampai jaket kulit pun akhirnya terpakai saking dinginnya.  Sebenarnya secara kadar suhu Cuma berkisar 23 celcius, tapi sudah merasa dingin apalagi kalau dikantor semua AC dinyalakan saya mulai ingat deh cuaca di  Minnesota hahahha masih jauh dari dinginya disana.

Beberapa tips tips menghadapi musim hujan di kota Ambon :

  1. Siapkan mantel hujan bagi yang berkendara roda dua, sebenarnya di ruas jalan ada penjual mantel kresek yang murah Rp 10k per buah tapi hanya sekali pakai saja.
  2. Selalu bawa persediaan payung
  3. Untuk yang berkendara mobil selalu cek meteran bensin / BBM ya biar tak ribet cari pompa bensin, di Ambon jarak antar pompa bensin agak jauh.
  4. Selalu bawa sandal cadangan buat persiapan kalau keluar di saat hujan bisa ganti sepatu.
  5. Siakan obat / minyak kayuputih di tas / di kendaraan, saat cuaca extreme
  6. Jangan lupa asuransikan kendaraan kalian ( saya buru buru perpanjang asuransi mobil ) karena takut kena banjir di kota kecil ini.

Dan hari ini 1 Agustus matahari mulai bersinari di Kota Ambon, dan jalan aspal pun sudah kering, tumben biasanya 3 bulan terakhir saya tak pernah bisa melihat aspal kering karena hujan kecil non stop tak berhenti.

Teryata di kota Ambon dari tahun ke tahun memang seperti ini, musim  hujannya awet dan tak berhenti. Dan kalau itu itu bersamaan dengan jalur drainase Ambon yang kurang lancar dan arus pasang air laut juga bersamaan biasanya ini yang menimbulkan banjir seperti yang terjadi ditahun 2012 dan 2013 lalu di waktu yang sama. Tahun ini kebetulan arus laut bersahabat dan got serta jalur drainase kota sudah dibersihkan petugas untuk memperlancar air hujan bisa tersalurkan ke laut dan tak menggenangi kota .

Demikian cerita tentang  Musim hujan di Ambon, untuk melihat video bisa nonton video dari “Bule Adventures Channel” dibawah ini .

Artikel terkait  kota Ambon bisa di baca dibawah ini :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *