Cerita ketinggalan pesawat part 2

Bookingan tiket yang saya salah persepsi jam keberangkatan

Cerita Ketinggalan Pesawat part 2

Bisa dibilang ini mimpi buruk  part 2 sebagai perantau tapi banyak pembelajaran yang saya dapatkan dari kisah indah di penghujung liburan lebaran kami kali ini. Saya pernah menceritakan kisah salah tanggal lihat jadwal penerbangan saya di kisah blog lama saya disini. Kali ini berulang kembali setelah berlalu sekitar 9 tahun.

Muka Bete harus menunggu 14 jam lagi

Berawal dari planning saya cuti idul fitri yang memang jadwal izin dari bos belum turun di -2 sebelum hari keberangkatan karena memang kondisi perusahaan rules seperti itu. Jadi saya pun request tiket PP nya telat karena menunggu jadwal kepastian pintu  izin dari bos saya  di approve.

-2 hari sebelum berangkat pun saya masukkan request tanggal untuk pembelian tiket tentunya dengan memilih jadwal tiket pesawat maskapai numero uno di negeri ini rugi kan kalau maskapai yang lainnya mumpung dibayarin kantor kan kapan lagi.

So so saya cek terus jadwal yang ada seat nya, karena focus pada brand nya makanya saya pun mulai khilaf masalah jadwal. Jadi untuk penerbangan dari dan ke Ambon alias AMQ dari UPG / Makassar ada 3 maskapai yaitu BATIK AIR, GARUDA dan LION AIR.

So saya pilih yang premium yang pasti dan saya lupa kalau  jadwal penerbanggan GA ke AMQ hanya ada di subuh dini hari dan  pagi hari. Di luar itu sore dan siang hari hanya di layani dua maskapai lainnya yaitu BATIK dan LION AIR.

Akhirnya saya pilih lah jam pagi hari di tanggal 22 Juni untuk keberangkatan ke Makassar dan  kepulangan ke AMBON di tanggal 1 Juli di pukul 4.00 ( ini yang saya ingat adalah sore hari di hari sabtu ) . Ternyata ini waktu subuh hari pemirsah, jadwal penerbangan yang sering saya ambil di hari senin saat week end di Makassar jadwal yang membuat saya dikantor terkantuk kantuk di jam siang.

Alkisah berlanjut setelah saya memberikan jadwal GA saya dapatlah reply jatah tiket sesuai permintaan , langsung saya print dan  simpan. Untuk penerbangan keberangkatan taka da masalah karena memang jadwalnya ya jam 8 pagi hari dan saya sudah hafal jadwal ini. Seperti biasa saya selalu disiplin menggunakan web check in di aplikasi android or di laptop jadi setiap kali saya terbang dengan GARUDA airnlines saya dan MB pasti dapat seat 21 dekat jendela, dimana first row nya kelas ekonomi. Space kaki lebih lega dan enak bagi yang bertubuh jangkung kayak MB.

Liburan pun berlangsung dengan indah dan urusan tiket belum sadar juga nih sampai kemarin saya di telpon oleh GARUDA dari Makassar di reminding Cuma saya langsung  balas bahwa saya sudah ingat kok tiketnya Cuma saya tak di reminding soal jam nya, karena saya sudah sok tahu duluan ke mbak nya kalau saya pasti berangkat dan saya akan web check in beberapa jam lagi.

Pertanda sudah ada di awal juga sih saat saya coba web check in dari laptop dan HP di jam sore kemarin kok belum bisa ya , biasanya setelah 24 jam sebelum keberangkatan seharusnya sudah bisa. Nanti di pukul 4 sore kemarin baru bisa. Ini seharusnya saya sudah sadar tapi  mungkin  mau diberi pelajaran memang.

Sampai tadi pagi yang seharusnya saya sudah terbang  pagi pagi saya masih masak dirumah bersih bersih dan janjian meet up sama sahabat komunitas di sini setelah kemarin seharina 3x tempat berbeda saya janjian sama teman yang berbeda. Saya pagi jam 9 masih sempat ke rumah teman diantar sama MB mengambil barang yang tertinggal, masih sempat ke toko oleh oleh belanja, masih sempat ke Mcdonald sarapan sama sahabat dan masih sempat buru buru ke rumah tante mengembalikan kendaraan yang kami pinjam selama di Makassar. Saya bahkan masih sempat jatuh terduduk depan rumah karena licin hahhaha. Untung tak ada yang lihat. Jam 12 saya buru  buru beres beres, Jam 1 siang saya sudah order GRAB dan meluncur ke bandara.Sampai bandara Hasanuddin sekitar jam hampir jam 2, saya masih sempat memandangi capture tiket di HP saya ke petugas bandara di gerbang ke berangakatan dan menunjuk angka 4.00. Semua masih normal.

Sampai saya mendorong troly bagasi yang terdiri dari 4 travel bag, saya punya 2 dan MB punya 2, plus bad cover yang mau dibawa ke Ambon karena sekarang disana musim hujan non stop dan masing masing kami membawa backpack isi laptop dan hand bag. Sudah bisa dibayangkan bagaimana banyaknya bawaan kami.

Saat melihat antrian di GA counter yang kosong saya  masih merasa aneh, dalam hati ada pertanyaan sejak kapan GA ada penerbangan sore ya, di saat dalma taksi online saya sempat menelpon driver kantor yang bertugas jemput menjelaskan jam kedatangan saya dari Ambon beliau sempat bertanya “ibu naik BATIK? Saya balas bukan naik GA” karena beliau pasti heran kok ada GA di sore hari hahaha tapi saya tetap PEDE bilang saya naik GA hahhahah.

Dan sampai di counter GARUDA mbak petugas menjelaskan kalau saya sudah ketinggalan pesawat dini hari tadi. OMG!!!! Berarti saya salah lihat jam. Seharusnya jam 4 subuh dinihari bukan jam 16:00. Dalam sekejap saya langsung mencari solusi, beruntung tetap menyertai karena kelas tiketnya adalah Y  berarti saya bisa reschedule tanpa biaya yeayyyyyyyyyyy. Saya langsung menjelaskan ke MB tentang ke khilafan saya dan saya suruh dia duduk bersama segerombolan tas bawaan kita saya ngacir ke counter GARUDA dan merubah jadwal  ke jam 4 subuh esok. Alhamdulilah semua lancar saya rubah  jam dan tanpa CHARGE sama sekali. Untung tiket dibelikan kantor kalo beli sendiri saya pasti belinya kelas lain hahah dan pasti kena charge kalau rubah jadwal.

Nah sekarang melihat jam kami masih ada 14 jam lowong. Dan kami harus kemana?  Beberapa pilihan kalau kalian ketinggalan pesawat atau harus menunggu jadwal pesawat berikutnya yang berjarak 14 jam jika kalian berada di bandara sultan hasanuddin Makassar, langkah yang kami lakukan adalah sebagai berikut :

• Reschedule tiket ke jadwal terdekat dan hitung jaraknya
  • Mencari tempat makan yang nyaman dulu biar otak tenang, di deretan gate bagian keberangkatan banyak café ada starbuck ada KFC, ada warung bakso lokalan ada AW, kami masuk di bagian bakso lapangan  tembak bagian agak kedalam agak jauh dari keramaian pesan makanan dan ngeteh sambal mengecek langkah selanjutnya.
  • Setelah puas makan, langsung ke IBIZ Budget hotel yang letaknya persis di area keberangkatan dan kedatangan, cek harga dan rate untuk 1 kamar full rate adalah 500K include breakfast dan untuk rate transit ( maksimal 6 jam ) adalah Rp 355 ribu net. Maksimal masuk check in jam 6 sore. Atau kalau mau tak pakai breakfast hanya 475K / semalam. Setelah berhitung saya masih harus menunggu  14 jam dan tariff half rate hanya 6 jam rugi donk, sisa 8jamnya saya kemana?  So kami batal menginap di ibiz budget.
  • Offering berikutnya karena kami bawa  banyak tas, jadi  ada penitipan luggage airport di IBIZ BUDGET Bandara, mereka berikan tariff penitipan barang di bandara Makassar yaitu Rp 20k/ barang, jadi misalnya saya bawa 5 koper berarti saya titip 5X Rp 20k = Rp 100k untuk unlimited waktu penitipan. Ini masih masuk akal. So saya pun antri deh di reception tiba tiba saat antri ada rombongan pesawat salah satu maskapai yang delayed di Makassar dan ada sekitar 75 penumpangnya di inapkan di IBIZ saya sempat antri 10 menit namun sudah penuh sesak di lobby nya saya memutuskan untuk  keluar dan mencari solusi lain.Tadi awalnya saya mau titip semua barang kemudian saya mau ngelayap dari café ke café di dalam bandara Hasanuddin tapi batal karena tak jadi menitip di IBIZ, nomor telp IBIZ BUDGET HOTEL Bandara Sultan Hasanuddin adalah 0411-3656156 ( semoga diangkat selama saya telpon di bandara tak pernah diangkat jadi saya datangi langsung, saya lihat sendiri petugasnya sibuk dan malas angkat telp )
    Airport luggage service di bandara hasanuddin makassar

Opsi lain seandainya sempat menitipkan barang di IBIZ bisa pesan taksi online ke café or ke mall terdekat dari bandara, TRANSMALL ada sekitar 7 km lah, bisa pesan Ojek online sekitar 30-40k. Lumayan kan bisa cuci mata atau belanja kalau kalian suka mall, atau sekalian ke kota Makassar ke TRANSMALL yang jaraknya 25km  dari bandara, untuk naik taksi online perkiraan 150k. Kalau kalian  beramai ramai bisa murah sih sisa berbagi kalau sendiri ya agak mahal juga sih. Atau ke Mall RATU INDAH jaraknya 20 km dari bandara, ya bisa ditempuh dengan Taksi online sekitar 110an ribu lah kalau kalian pintar memanfaatkan Diskon nya ya bisa 90 an ribu.

Lobby IBIZ BUDGET AIRPORT
  • Opsi terakhir pulang ke rumah ( ini untuk saya, dengan asumsi MB bisa istirahat bisa makan, bisa nonton, biar lelah dan apa kata tetangga saya yah hahaha. Tetangga yang saya titipi kunci hanya terbahak bahak saat saya WA bahwa saya mau pulang kerumah dan ketinggalan pesawat. Sayapun melakukan perbandingan harga GRAB dan GOCAR, saya sekarang senang sekali kalau di Makassar Taksi ONLINE sudah ada 3 GOJEK, GRAB dan UBER, saya punya akun disemuanya, dulu saya hanya pakai GOJEK sekarang GRAB banyak promo diskonnnya apalagi di Makassar saya tak punya kendaraan kecuali rental kendaraan sepupu buat MB.
  • Dan akhirnya saya mendapatkan GOCAR dengan tariff 60 k dengan jarak 15km dari rumah, dan dalam waktu 7 menit GOCAR saya sudah menjemput dengan sigap kami angkat barang barang ke mobil kecil pengemudi GOCAR yang pura pura acting jadi teman kami karena di bandara Makassar sendiri pengemudi taksi online sering di gebukin sama pengemudi taksi manual yang mengintai para penumpang  jadi harus pintar pintar melakukan order dan lokasi penjemputan jangan di area penjemputan tapi  masuk area keberangkatan lebih aman. Dan jangan terlalu focus pada HP cek plat nomor ingat di kepala dan lihat mobil yang stop  biar langsung naik dan aman bagi sopir taksi online nya juga. ( Taktik ini berhasil saya gunakan dari tahun lalu sejak merantau ke kota Ambon, dan tak pernah merepotkan siapapun dirumah, dengan teknologi semua mudah asal tahu caranya J )
  • Kami tiba dirumah menjelang magrib dan masih sempat makan malam order pakai GOFOOD dan masih sempat tidur tidur enak sebelum jam 2 subuh kami kembali ke bandara dengan taksi online untuk kembali ke Kota Ambon Manise.

Tak akan kulupakan hari ini sangat bersejarah tiket saya bertanggal 1 juli 2017 pukul 04.00 berubah menjadi tanggal 2 juli pukul 4.00 WIT. Teringat dulu sering saya melihat bapak bapak tua muka sedih dan berkaca kaca saat mau antri check in di counter dan si mbak petugas langsung menjelaskan kalau penerbangannya semalam bukan sore ini, karena memang manusiawinya manusia melihat jam itu tak melihat aturan milter system 24 jam, di sesi penerbangan ke Ambon memang ada 2 penerbangan di jam 4 subuh dengan jadwal mirip yaitu LION AIR dan GARUDA, jadi saat antri saya sering melihat banyak orang salah jam, harusnya berangkat dini hari malah datangnya sore hari. Kasihan sekali dan itu hari ini terjadi pada saya. Akibatnya terpaksa makan dibandara dengan budget mahal, naik taksi kembali kerumah PP ya hitung hitung pelajaran berharga untuk tetap cekatan bak elang dalam mencermati apapaun dan tetap siaga. Tak boleh lengah walau sejenak. Tetap CEPAT, TEPAT & SENYAP !!   MERDEKAAAA!!!teriak ala ala militer karena saya adalah alumni kodok telo 2007 heheh.