Explore Maluku 37#Tempat nongkrong di Kota Langgur & Tual ( Maluku Tenggara )

Tempat Nongkrong di Kota Langgur & Tual

Assalamualaikum dari Kota Tual, Maluku Tenggara! Pusing mendengar nama kota ini? belum pernah lihat di peta Indonesia? cek gambar dibawah ini !.  Sudah beberapa hari ini saya ada tugas dinas kantor di kota yang berjarak 600 km lebih dari kota Ambon ini,atau 1,2 jam perjalanan via pesawat terbang dari Kota Ambon ke Kota Langgur ( kepulauan kei kecil ) Kabupaten Maluku Tenggara menggunakan pesawat ATR. Dan itu semua di pisahkan lautan Banda. Untuk kisah tentang Kota Langgur dan Tual bisa dibaca tersendiri. Selama tiga hari disini saya dibawa makan siang dan makan malam di tempat yang berbeda, sederhana dan tenang, itulah suasana kota Langgur dan Tual, Nah tempat nongkrongnya ada dimana saja ? saya sedikit rangkum ya dibawah ini. Tempat Nongkrong di kota Langgur dan Tual sebagai berikut :

Posisi kota Tual & Langgur dari Kota Ambon
Posisi kota Tual & Langgur dari Kota Ambon

 

  • Café Corner / Kebab Kim ( Jl Jenderal Sudirman Kota Langgur ) 

Cafe corner ini tak jauh dari hotel kami menginap hanya berjalan kaki saja. Hotel SUITA yang tak jauh dari satu satunya swalayan yang ada kota kecil bernama Langgur “Gota Swalayan” Persis depan jalan Jenderal Sudirman memutar ada kebab di sebuah café kecil.
Terletak di ruko kecil dengan 6 meja kecil didalamnya, café corner ini lah yang pertama membuka gerai kebab dengan brand KIM KEBAB. Ragam Rasa di tawarkan, selain kebab ada Bitter ballen, chicken pop, dan ragam minumam, hangat & dingin.
Kami memesan Kebab Jumbo dan kebab Tuna Melt untuk saya yang pelaku diet keto ini ( padahal kulit kebab tak bisa saya makan yah#cheating lagi ) . Bitter ballen dan Chicken Pop. Serta minumanya Americano, untuk pertama kali saya minum kopi sejak menjalani pola hidup keto kopi adalah sehat tapi murni tanpa gula boleh digabung dengan whipcream.
Untuk rasa ya, kebab nya tak ada sayur didalamnya, itu sih kemungkinan bahan baku yang sulit di kota kecil ini. Lumayanlah bagi pendatang yang dinas di kota ini untuk dua atau tiga hari bisa makan kebab kalau kangen kebab. Karena selama tiga hari di Langgur dan Tual saya sudah coba warung tegal, warung ikan bakar, terus fast food CFC di supermarket terbesar disini dan yah terakhir kebab ini, namun besok ada tempat yang fantastis yang akan saya sharing.
Buat yang penasaran dengan tampilan kebabnya silahkan cek foto foto di video ini .

  • WARUNG SARABBA

Salah satu warung diatas laut terletak di jembatan penghubung antara kota Tual dan Langgur namanya Jembatan Watdek, ibarat pantainya kedua kota yang bersambungan inilah,ada taman kota yang di branding rokok ternama, dan biasanya kalau sore ada jualan durian dan jualan minuman / snack serta arena main-mainan odong odong buat anak anak. Jarak antara pulau di kepualuan Tual itu dekat, antara kepulauan Kei Kecil dan Pulau Dullah dimana kota Tual berada sedang Langgur ( LUV ) itu terletak di Pulau Kei Kecil. Sarabba ini nama tempat nongkrong / warung rumah kayu ditengah laut dekat jembatan watdek, ini masuk wilayah Tual, sebuah rumah panggung dengan banyak meja, disana bisa pesan ikan segar dan ada keramba ikan ditengah tengahnya, sayang saat saya kesana malam hari dan gelap jadi susah mengambil gambar. Dan hujan pula. Tempatnya sangat sederhana, kalau siang view nya laut luas dan dua buah pulau di hubungkan jembatan pendek. Saya pesan ikan bobara bakar dan ya rasanya enak tapi kurang segar. Harganya range 35-70k/ ekor. Saya yakin ownernya warung ini adalah salah satu dari tiga suku ini ( Bugis-Makassar atau Toraja ), karena sarabba sendiri makanan terbuat dari jahe khas dari Makassar, setiap sore saat saya kalau lewat beberapa kali melewati jembatan Watdek banyak pegawai PNS santai di sore hari disana.Apalagi awal bulan, awal gajian 

  • CFC SWALAYAN GOTA

Gato adalah salah satu swalayan yang ada di kota Langgur, lumayan lengkap saya sempat belanja keju edam murah disini demi keperluan keto saya karena harganya diskon keras saya langsung borong, maklum disini keju tak terlalu disukai so saya diuntungkan pencari keju dimanapun berada. Mencari diskon produk yang sebulan masa expired habis akan di karting besar.Bahkan di GATO saya belanja borong bumbu masak BAMBOE yang di referensikan untuk diet keto sedang di Ambon tak selengkap ini varianya dan terakhir saya belanja beragam cetakan kue, roti yang murah murah dan lengkap.Saya anggap itu sebagai early birthday present soalnhya saya keliling di supermarket di Ambon biasanya tak menemukan semurah itu dan selengkap itu.
Di depan Swalayan Ada CFC yang mixed menunya dengan menu beragam. Bahkan ada menu nasi goreng dan es campur. Biasa pelaku bisnis kuliner di daerah biasa mengambil franchise dan memodifikasi sendiri. Seru saja, saya pesan Chicken lada hitam no rice dan teman teman pesan nasi goreng dan yang datang menu nasi goreng sepiring besar .
Harga kisaran Rp 20-an sampai Rp 30-an k, untuk minum saya selalu minta air mineral saja. Saya beberapa kali mencari café nampaknya belum ada. Kata kawan kantor yang ditempatkan di Tual disini masih belum banyak untuk hiburan. Kecuali lautnya dan pantainya yang super indah. Di Maluku pasirnya putih, lautnya hijau toska airnya bening, kadar garamnya rendah jadi kalau snorkeling enak dan tak pedis di mata ibarat laut di wilayah lain.
Bisa search nama nama tenar kayak Pantai Ngarbulot ( Pasir Panjang ) pasirnya putih dan halus, belum pantai pantai lainnya. Kepulauan Kei memiliki pantai pantai yang indah bukan kepalang.
Sekarang kalau mau ke Tual teman teman bisa terbang dari jawa ke Makassar baru terbang ke Ambon dan lalu dari Ambon terbang ke bandara Karel Satsuit Tubun di Langgur . Dari Ambon menuju Langgur dengan pesawat ATR ada beberapa maskapai dan dua kali sehari. Kisaran Rp 700-800-an di hari normal.
Akan saya posting bagaimana panduan terbang ke Tual, di postingan berikutnya. Sampai jumpa di explore Maluku berikutnya.

Baca juga artikel terkait explore Maluku :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *