Perbandingan fitur website Buka Lapak & Tokopedia

Perbandingan Toped & BL
Perbandingan Toped & BL

Perbandingan fitur website Buka Lapak & Tokopedia

Karena tinggal di kota Ambon Manise dan banyak keterbatasan persediaan bahan makanan khusus untuk diet ketogenic / ketofastosis tentunya pilihan saya hanyalah masuk ke grup WA komunitas pelaku pola hidup diet ketofastosis. Jadi alternative saya hanyalah melalui  belanja online.Kembali lagi ke jaman dulu waktu di Makassar beberapa kebutuhan khusus untuk suplemen saya biasa beli di market place, yang paling banyak saya pakai adalah market place tokopdia.

Sedang market place lainnnya seperti :

Nah ke enam market place ini lah saya biasa melakukan explorasi ke semua fitur fitur dari website semua marketplace diatas dulu saya pernah menuliskan tentang ragam marketplace disini. Namun seiring waktu berlalu saat domisili di Makassar saya hanya banyak bertransaksi di Tokopedia,  untuk buukalapak sendiri account saya sudah buka sejak tahun 2013 bersamaan dengan Tokopedia.  Sering berkembangnya empat tahun ini perkembangan system dan fitur di market place luar biasa. Ada tiga market place yang jor-joran promosi beberapa tahun kemarin.

Mataharimall yang baru menggebrak beberapa tahun belakang ini juga benar benar roadshow dan promosi besar besarab, tokopedia juga beriklan dimana mana di setiap kota bahkan di televise, nah bukalapak baru satu tahun terakhir ini benar benar luar biasa bombasti promosi sampai iklan iklan bukalapak di Televisi mempesonakan para pemirsa saking kreatifnya. Suka sama iklan iklan kreatif bukalapak dan pakai artis mahal loh bintang iklannya.

Namun begitu  entah kenapa saya tetap tak pernah belanja dari bukalapak sampai kemarin ini makanya saya sudah bisa resapi fitur di websitenya, dan bedanya sama fitur di tokopedia yang langganan saya gunakan dari dulu.

Perbedaan Tampilan depan Tokopedia & Buka Lapak

  • Warna dasar Toped / Tokopedia adalah hijau dan putih, sedang buka lapak warna nya merah dan putih
  • Logo Tokopedia adalah burung hantu sedang buka lapak hanya logo BL dengan nuansa merah.
  • Setiap member di tokopedia berhak jadi seller juga dan pembeli juga sama dengan bukalapak bisa jadi pembeli atau pelapak.
  • Dari sisi tampilan yang elegan lebih keren bukalapak sih saat ini, fitur fitur kemudahan di websitenya.
  • Yang paling mencolok di bukalapak itu ada fitur chat langsung dengan pelapaknya sebelum order memastikan soal pengiriman, atau stok terupdate.
  • Dan kelihatannya kecepatan website nya lebih cepat
  • Fitur pembayaran juga bagus, lebih cepat transaksi via kartu kredit sangat cepat .

 

Namun bagi saya setelah membandingkan harga entah kenapa merchant kebutuhan saya selalu nyantol di tokopedia, karena sebelum belanja saya selalu bandingkan keduanya. Dari sisi harga dan biaya kirim. Tokopedia masih mendominasi dan banyak menyediakan pilihan agen pengiriman yang membuat saya senang belanja karena dengan adanya banyak pengiriman kayak kantor pos dan wahana itu lah yang paling murah ke Ambon. Walau dari sisi kecepatan yah sesuai  harganya. Pernah saya order bahan diet keto pakai agen Wahanan butuh waktu 15 hari baru sampai di kota Ambon dari Bekasi. Sampai saya lupa pernah beli barang hahahhaa. Kalau kantor pos relative lebih cepat.

Itulah sedikit summary keunggulan dan kekurangan dari 2 marketplace raksasa milik negeri ini, semoga bisa memberikan inspirasi dan informasi buat  teman teman yang mencari market place buat belanja.

Sampai jumpa di postingan bermanfaat lainnya.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *