Tips memilih Hosting & Domain yang Baik ( cerita migrasi hosting ke provider lokal )

Saya upgrade paket dari Hunter ke Warrior ( Hosting dewaweb )
Saya upgrade paket dari Hunter ke Warrior ( hosting dewa web )

Tips memilih Hosting & domain yang baik  ( Cerita Migrasi kan domain ke Hosting Indonesia ) 

Sudah lama sebenarnya mau punya domain di hosting sendiri cuma karena sudah terlanjur dari 2014 saya sudah pakai TDL ( Top Domain Level yang pakai dot.com tapi saya pakai hosting di WP namun banyak keterbatasan buat menggunakan pludgin disana, sebagai IMERS newbie saya banyak mau praktek Cuma  tanpa Hosting berdiri sendiri saya pun rasanya kesuilitan memaksimalkan website saya.

Akun saya di dewa web
Akun saya di dewa web

Jadilah saya memutuskan upgrade  dan migrasikan domain saya ke hosting lokal Indonesia yang sudah saya pakai sebelumnya cuma paket yang saya ambil waktu itu paket biasa. Beberapa pertimbangan mengapa saya memakai hosting Indonesia  & Tips pemilihan Hosting untuk website berdasarkan pengalaman saya beberapa tahun terakhir sebagai berikut :

  • Service after salesnya mudah, menggunakan Bahasa Indonesia haha
  • Ada chat after sales nya jadi anytime saya butuh sisa masuk login dan chat terserah masalah apapaun 24 jam ada, entah kenapa ya kalau orang Indonesia sangat senang dengan layanan after sales yang 2 arah, kalau bule bule suka email complain, kalau saya di hosting luar negeri kalau complain lama pakai tiket  segala, beda jam beda waktu uhh ribet
  • Harga pakai rupiah kalau hosting bule pastinya harga dollar cin
  • Banyak promo diskonnya
  • DI promosikan oleh komunitas IMERS tempat saya belajar jadi pasti sudah terpercaya
  • Kualitas untuk mengakomodir traffic ribuan masih handal lah asal jangan ambil paket yang termurah.
  • Ada afiliasinya juga, bisa dimanfaatkan dan dimaksimalkan  asal ingat benar benar yang dirasa servicenya excellent jangan asal mau fee affialiasi saja.
  • Untuk hosting yang saya pilih ini servicenya cepat diantara yang lain karena ada  fasiltas chat 24jam

Tapi ingat kalau mau pindah hosting jangan lakukan beberapa kesalahan yang saya lakukan dibawah ini :

  • Pindah hosting saat menjelang jatuh tempo bayar domain
  • Proses migrasi domain dari hosting yang berbeda akan makan waktu lama jadi persiapkan banyak waktu sebelumnya
  • Semua follower saya kok pada ter remove deh jadinya mulai dari 0 ( hiks sedihnya hatiku ada sekitar  700 followers 🙂 berasa di pertamina mulai dari 0 ya ..!

Saya kena bayaran hosting di perpanjang di wp karena saya memutuskan migrasikan hosting ke hosting Indonesia -5 hari dari jatuh tempo bayaran hosting lama. Solusinya saya perpanjang dulu baru dimigrasikan ( rugi 18$)

Karena saya tak mau pusing dan ribet, dan saya sudah benar benar mau memiliki hosting sendiri jadi bisa bebas banyak hal manage blog ku. Caranya buat migrasikan hosting ke dewa web sebagai berikut :

  1. Langsung masuk di login client area bagi yang sudah member atau bisa klik disini
  2. Langsung pilih paket yang diinginkan ada macam macam di sesuaikan dengan kebutuhan masing masing ya
  3. Masukkan dulu nama domain yang mau dimigrasikan atau dipilih
  4. Masuk ke area pembayaran
  5. Bisa pilih kartu kredit, debit, transfer dan lainnya
  6. Kalau sudah membayar, konfirmasi kembali dengan masuk ke login are ake bagian tiket
  7. Dan segera klik bagian kanan CHAT sama NINJA dewa web
  8. Sisa masukkan nama dan nomor HP langsung akan di respon
  9. Tanyakan tiket dan proses konfirmasi dan silahkan buat tiket kembali untuk migrasikan website anda misalnya saya americanindonesian.com saya mau migrasikan ke hosting saya di dewa web yang baru saya beli, ingat user dan password diberikan biar mereka pindahkan semuanya, jika sebelumnya ada hosting di  tempat lain bisa berikan user cpanel dan password sekalian,
  10. Dan tunggu untuk case saya karena website saya ada 2000 foto dan butuh waktu 5 hari buat proses migrasi semuanya. Saya tak mau pusing migrasikan snediri awalnya mau pakai hosting bule alias luar negeri ya terbayang ribetnya saya harus email tanpa fasilitas chat ihhh ribet dan lama.
  11. Selesai deh nanti dewa web akan email dan reply tiketnya dan kita bisa akses user wp admin kita dan beraktifitas secara normal.
  12. Pada perjalanannya kadang traffic akan turun semua counting visitor dimulai dari 0 lagi dan beberapa settingan kadang harus menyesuaikan itulah resiko memigrasikan website jadi memang sebaikanya jangan sering sering apalagi jika website nya sudah bagus traffic nya.
  13. Resmilah 13 April 2017 saya sudah resmi pakai hosting sendiri di website ini, ibarat website baru harus berbenah kembali so maafkan jika beberapa hari di awal migrasi beberapa link dari website tiba tiba masuk ke web nothing found, tapi semua sudah di bereskan team dewa web kok sekarnag sudah lancar jaya, sisa berbenah mempercantik tampilan nya saja. Beri saya waktu libur untuk membenahi nya yah..

Mudah kan tapi saya  rugi karena masih harus perpanjang di hosting lama. Tapi sekarang saya sudah bebas  mengutak atik wp theme ku dan iklan iklan nya.Selesai, so far dari pengalaman pribadi memiliki 2 domain di dewa web dan sekarang saya pakai hosting warrior nya dewa web, kalau saya mau beri angka dari 1-10 Ya saya  berikan  8.5 service mereka cepat dibanding  beberapa er domain hosting  yang saya masih pakai karena beberapa domain  saya masa expired domainnnya beda waktu dan agak ribet mindah migrasikan satu per satu namun, namun kedepannya saya mau satukan semua hosting saya ke maksimal 2 provider hosting biar saya tak pusing mengurus nya, saran saya buat semua domain anda masa expirednya di bulan yang sama, biar tak pusing masalah pembayarannya dan kalau perlu hostingnya di satukan biar tak ribet tapi ingat ambil paket yang lumayan besar kapasitansya biar website nya tetap bisa di akses maksimal oleh  para visitor setianya. Kalau lalod orang akan malas buka dan baca. Yang mau coba paket paket dewa web bisa di klik di banner dibawah ini dan dapatkan paket promo promo seasonal mereka.

Nanti akan saya share pengalaman saya berurusan dengan hosting luar negeri bagaimana service mereka, ditunggu ya 🙂

Opps jangan lupa nonton video dibawah ini hasil oprak oprek kemarin dari data save tuturial proses upgrade hostingnya

Beberapa artikel terkait bisa dibaca :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *