SAFE HOUSE, Hidupkan wisata kuliner bernuansa timur tengah di Makassar

SAFE HOUSE Makassar
SAFE HOUSE Makassar

Setelah sukses mencoba salah satu café bernuansa Hindustan beberapa hari lalu kunjungan pulang kampung saya ke Makassar kali ini tak saya lewatkan untuk datang ke salah satu café  bernuansa timur tengah  yang juga baru dibuka di kota Makassar beberapa waktu lalu. Namanya Safe HOUSE , nama panjang café ini SAFE SISHA HOUSE.

Salah satu venue panggung live musik di tengah
Salah satu venue panggung live musik di tengah

Sebuah café bernuansa middle easten ( timur tengah ) yang letaknya di tengah kota Makassar, lokasinya di Jl Jenderal Sudirman di sudut jalan berhadapan dengan Gedung IMMIM. Di depan café ada semacam tanki sisa besar sebagai icon SAFE HOUSE.

Di dominasi sofa warna warni
Di dominasi sofa warna warni

Menurut Owner namanya kenapa harus pakai SAFE HOUSE, agar orang yang masuk ke café ini merasa, aman dan nyaman, kenapa memakai SISHA karena disini memang bisa menikmati merokok ala shisa yang pakai pipa dan aroma aroma tertentu.

Ragam menu SAFE HOUSE
Ragam menu SAFE HOUSE

Jadi memang café ini menjadi aternatif wisata kuliner unik di Makassar, menambah daftar wisata kuliner timur tengah di Makassar, membuat variasi jika BCS hadir dengan full concept ala INDIA nah kalau SAFE HOUSE ini lebih ke timur tengahnya. Kalau di café Alboor itu murni lebih condong ke Negara Mesir kalau SAFE HOUSE ini lebih umum timur tengah. Jadi dengan bertambahnya café café dengan segmen kuliner beragam menambah daftar wisata kuliner di Makassar untuk di  jajal. Ini baru menu menu timur tengah ini belum menyasar café café yang spesifik ke  seafood resto yang ada di Makassar jumlahnya bisa ratusan dan rata rata super enak. Kalau di Makassar memang rajanya kuliner seafood.

Chai Tea
Chai Tea

Ada juga tariff buat nge sisha , kayaknya mulai dari harga Rp 100k sampai Rp 150k, ini MB senang banget kalau ngesisha waktu dia tinggal di Dubai katanya sering nge sisha. Kalau saya sama sekali tak paham apa fungsi dari pipa dan tangki nya.

Belum sampai pada makanan khas Makassar yang tinggi lemak yang tersohor itu, coto, pallubasa, konro , dan snack snack khasnya.  So mari kita focus ke SAFE HOUSE.

Roti Maryam Keju & Roti maryam Mixed
Roti Maryam Keju & Roti maryam Mixed

Memasuki pintu kacanya, warna merah  tua mendominasi design nya,dan sofa yang berjejer dengan konsep warna warni memenuhi ruangan tersebut. Di bagian tengah atas ada hiasan lampu lampu khas timur tengah jika menyala berasa di café di Arab Saudi deh.  Di sisi ujung kana nada stage buat live music dan perlengkapannnya dan sisi kiri ada counter dan kasir.

Saya paling suka duduk di café yang ada sofanya nyaman dan empuk dan saya bisa betah duduk berlama lama. Dan di safe sisha house ini semua kursinya ya sofa warna warni dan enak bisa duduk berjam jam dan yang paling menyenangkan adalah AC nya sejuk mungkin karena kurang pengunjung saat itu ya.

Dari sisi menu, saya melihat buku menunya menawarkan menu menu timur tengah ( nasi goreng kebuli ayam, kambing, dll ) dan ragam roti rotian kayak roti Maryam. Selain menu timur tengah tadi SAFE  SISHA HOUSE ini juga menawarkan menu Oriental alis ragam mie goreng dan lainnnya, di tambah lagi dengan western food seperti steak dll. Jangan lupa camilan alias snacknya juga ada bernunsa Indonesia dan timur tengah.

Untuk minuman yang  pasti semua menu makanan diatas juga disediakan menu minuman ya  mulai dari chai tea, soda, teh dan soft drink. Untuk menarik minat pengunjung SAFE SISHA HOUSE ini meracik menu paketan sudah include dengan minuman.

Saya pesan Nasi Goreng Kebuli ayam, paketan sih ini karena sudah lama tak makan nasi ( diet keto saya hancur minggu ini ), dan pesan chai tea tanpa gula, sama roti Maryam rasa keju ( Café ini tak menawarkan paket roti Maryam dengan kari ala MAKASSAR CANAI HOUSE atau ALBOOR CAFÉ). Roti Maryam nya enak, nasi kebulinya berasa biasa saja karena bukan pakai beras brasmati yang saya suka itu, beda sama nasi kebulinya Alboor café yang pakai beras brasmati.

Kebetulan karena saya sudah kekenyangan saya tak sempat mencoba banyak menu karena agenda hari itu agak padat silaturrahim sama teman seperjuangan. Jadi focus ke makanan kurang intens.

Berada di SAFE HOUSE ini enak juga selain dingin dengan dinding kaca disekililing saya bisa mengamati  lalu lalang di jalan jenderal sudirman sebagai jalan protocol di kota Makassar dan sisi jalan sebrangnnya,berasa pemandangan yang menyenangkan juga. Duduk sambil ngetak ngetik juga menyenangkan disini. Kalau tak terlalu suka  menu timur tengah kan ada menu lainnya jadi bisa jadi destinasi tempat kongkow bersama teman teman, atau tempat meeting sama client juga bisa kok.

Jadi sepanjang pengamatan saya saat ini di perkembangan wisata kuliner di Makassar sudah ada beberapa 5 daftar / list tempat makan / café/ resto  yang menyajikan menu timur tengah  ( Arab, Mesir dan India ) di kota Makassar  sbb :

  • Alboor Café ( rekomended, menu Egyptian nya super enak, menunya benar otentik bukan abal abal ) jl Hertasning baru Makassar
  • Bollywood Café Resto ( Segmen anak muda Makassar yang pencinta Bollywood dan mau coba coba menu india dengan tariff terjangkau bisa main kesini )
  • SAFE SISHA HOUSE ( Bisa segmen dewasa / pekerja yang mau ketemu client, mau mencicipi menu arab setelah pulang umrah atau mau nge sisha atau pencinta menu arab kuliner bisa kesini) Jalan Jenderal Sudirman No.39 Makassar
  • Makassar Canai House (Segmen mahasiswa, bagi pencinta kuliner Timur tengah mau makan roti dan kari dengan beragam menu roti rotian bisa main kesini, tempat sangat sederhana dekat kampus UNHAS, harga sangat terjangkau berarti siap resiko panas dll . )
  • Kedai Malindo ( segmen keluarga, café ini menawarkan semua ragam menu, yang ditonjolkan adlaah menu roti kertas yang menjulang tinggi dan menu orientalnya. Di interior sama sekali tak spesifik masuk ke kategori café timur tengah karena dulu pilihan café ala timur tengah sama sekali belum ada. , jl Landak Makassar, detailnya bisa dibaca disini.
  • Rumah Makan Malabar ( saya pernah melihat di beberapa titik di Makassar, ada satu titik di jalan dekat rumah namun tak pernah buka dan sepi makanya saya tak pernah singgah dan mencicipi melihat dari info di website sih mereka menjanjakan menu timur tengah, semoga satu waktu saya bisa mampir di cabang yang masih beroperasi.

Itulah kelima café/resto yang menyajikan menu timur tengah yang ada di kota Makassar, kalau masih ada saya dibantu update ya biar saya bisa mencoba, kebetulan MB sangat  senang dengan menu timur tengah. Kalau saya sekedar penikmat dan pemberi kabar lewat tulisan. Untuk café / resto yang menyajikan menu diatas untuk di kota Ambon sendiri saya belum menemukan yang spesifik semua café/ resto disana lebih focus ke menu menu umum mungkin komunitas pencinta kulinernya juga kurang banyak. Jadinya kami hanya focus pada menu seafood dan oriental.

Sekian oleh oleh wisata kuliner dari Makassar

BANNER FREE MEMBER

Baca juga artikel terkait :

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *