Cara buat Surat Jalan & Surat Keterangan kendaraaan dari DIRLANTAS POLDA AMBON & MAKASSAR

Kantor Dirlantas Polda Maluku
Kantor Dirlantas Polda Maluku

Cara Membuat Surat Jalan & Surat keterangan untuk kendaraan yang bermutasi ke kota lain

Sebelumnya saya pernah kisahkan saya boyong kendaraan ke Ambon, lalu untuk membawa kendaraan masuk kota Ambon yang berplat luar Maluku, kebetulan kendaraan saya platnya DD baik mobil dan sepeda motor nya MB.

CARA BUAT SURAT JALAN

Surat ini wajib diambil untuk dibawa saat diperiksa kepolisian maka dianggap kendaraan yang legal bukan curian karena sudah disertai surat jalan. Ya semacam surat izin lah.

Jadi syarat untuk mengirim ke Ambon adalah mengambil surat Jalan dari diektorat lalu lintas ( Dirlantas ) POLRI di Makassar yang beralamat di Jl AP Pettarani  No. 47 Makassar.  Untuk semua urusan birokrasi di Makassar termasuk STNK, atau buat surat seperti ini saya selalu dibantu Mr KASIM Agen STNK BPKB dll yang pernah saya tulis disini. Jadi saya duduk manis saja di kantor beliau sisa telpon saya kalau kelar. Caranya adalah sebagai berikut :

  1. Foto copy STNK kendaraan
  2. Foto copy KTP Pemilik
  3. Foto copy SIM ( Kadang tak diminta hanya jaga jaga saja )
  4. Uang untuk di Makassar kalau tak salah Rp 80,000

Untuk pembayaran taka da kwitansi dan tak ada tariff resmi di dinding dirlantas tapi petugas nya minta segitu ya dikasih segitu.Proses cepat biar pakai calo/agen bisa juga. Sisa masuk menunggu beberapa lama dapat deh suratnya.

Surat JALAN itu isinya sebagai berikut :

Menjelaskan bahwa kendaraan berplat DD ini diijinkan digunakan diluar wilayah POLDA SULSEL dengan kelengkapan identitas nama , alamat, jenis kendaraan, tahun pembuatan, warna, nomor rangka, nomor mesin, dan keterangan akan di bawa ke mana ( kalau saya masukkkan  AMBON-MALUKU). Terus yang paling penting di kalimat terkahir adalah BERLAKU TANGGAL  sampai dengan ini hanya tiga bulan sisanya wajib di perpanjang.

Dan ditanda tangani oleh Direktur DIRLANTAS POLDA SULSEL dengan tanggal saat kira mendapatkan surat tersebut. Jadi kalau misalnya ada sweeping atau operasi rutin bapak petugas akan minta kelengkapan dokumen SIM & STNK jika mobilnya menggunakan plat luar wilayah harus ada SURAT JALAN.

Tariff surat jalan tiap kota berbeda beda dulu saya di Manado waktu membawa kendaraan plat DD disana saya ingat bayarnya itu Rp 75k/bulan dibayar sekali langsung tiga bulan( total Rp 225,000,- dan itu tariff resmi loh, ada tariffnya karena memang di Manado mulai macet dengan kondisi kota kecil dan banyaknya pemilik kendaraan roda empat, zaman saya disana tahun 2007-2011 saja  sudah sering macet tiap hari apalagi sekarang pasti lebih parah lagi. Makanya tariff nya dinaikkan tiap tahun biar niat orang memasukkan mobil dari luar berkurang.

SURAT KETERANGAN penggunaan plat nomor di luar wilayah.

Setelah ternyata saya cek surat jalan saya habis masa berlakunya hari ini, saya tergopoh gopoh Dirlantas POLDA MALUKU letaknya di samping HOTEL SWISSBELL

Petugas jaga di depan
Petugas jaga di depan

DIRLANTAS POLDA MALUKU

JL BENTENG KAPAHA, URITETU,

Sirimau, Kota Ambon, Maluku 97124, Indonesia

Bersampingan  dengan kantor Bea Cukai, nah syarat / berkas dokumen untuk perpanjangan/ buat baru SURAT JALAN / SURAT KETERANGAN kalau di Ambon  adalah sebagai berikut :

  • Foto Copy STNK
  • Foto Copy KTP

Bahkan SIM  saya tak diminta, tanpa harus isi form hanya bertanyake bagian pelayanan di depan, si bapak akan jelaskan syaratnya, mengambil berkas, diantar masuk saya menunggu diluar sekitar 10 menit saya dipanggil masuk, tapi setelah saya duduk dan submit semua berkas ada beberapa caca ( mbak berjilbab ) yang datang dengan tujuan yang sama  malah mereka duluan masuk daripada saya, duduk di antrian lalu masuk ke ruangan, saya pun dipanggil padahal caca sebelum saya duluan malah dikerjakan suratnya karena kursi terbatas diruangan saya menunggu di dalam ruanan meeting,sampai caca tadi kelar, saya di panggil masuk, si petugas mengetik menggunakan pc dan printer disampingnya,kertas sudah ada formatnya sisa dimasukkan kedalam printer dan settingan format di pc juga sudah ada sisa isi data saja, pertanyaan pertana beliau itanyakan itu kendaraan saya? Saya jawab yahh. hanya dalam  beberapa menit dua surat diserahkan kesaya

Menunggu surat keterangan yang satunya
Menunggu surat keterangan yang satunya

Setelahnya saya Tanya karena saya buat surat untuk dua kendaraan, saya Tanya bayar berapa  tariffnya pak? Bapak petugas yang saya lupa namanya karena tak  focus Cuma menjawab “Seikhlasnya saja bu!”

Dalam hati saya mikir berarti uang ini masuk ke laci petugas disitu dan teman temannya tapi kalau ada tariff resmi Negara berarti dananya masuk ke Negara saya lebih iklas bayar mahal asal masuk ke Negara. Langsung otak saya mikir cek dompet ada duit 100-an sih kalau saya kasih Rp 100k apakah dia tak melotot yah, saya melihat suasana sekeliling ada1 bapak bapak berpakaian biasa entah dia anggota polisi atau bukan, dan satunya kayak admin yang buka buka pintu.

Saya cek di tas juga taka da amlop, tadi saya mikir ini tariff resmi jadi saya tak perlu sungkan memberi, karena pergolakan batin semakin keras, saya Tanya lagi “Pak Berapa jadinya ?”

Si bapak menjawab “ SEIKLHASNYA IBU SAJA LAH”!

Saya pun mengambil satu uang merah Rp 100k dan kasih ke bapaknya, si bapak melihat saya entah mungkin melotot karena duitnya dirasa kurang atau gimana, saya perjelas lagi

Pak, kalau dulu di Makassar ada tariff resmi dari dirlantas kalau tak salah, dan ditentukan sudah, di Manado juga ditentukan, disini tak seperti itu ya?” Tanya saya panjang lebar. Si bapak yang mengetikkan surat saya menjawab

“:Bu kalau kami tentukan maka itu bisa dianggap PUNGLI, jadi  ya terserah masyarakat keikhlasannya” !!

Saya sempat mikir beberapa menit dan mengangguk, segera saya siap siap angkat kaki, dalam tatapannya yang entah kecewa sama saya karena cuma kasih 1 lembar uang merah sedang saya buat dua surat,  saya Tanya lagi “ Saya bayar ini cukup pak?  Beliau jawab  dengan penekakanan agak aneh “IBU IKLAS??” saya jawab iya,

Langsung saya ucapkan terima kasih dan langsung ngacir melangkah keluar ruangan KASUBDIT REGIDENT  DIRLANTAS POLDA MALUKU. Saya percepat langkah saya dalam gedung dirlantas dan keluar ke reception dan ucapkan terima kasih kepada kedua penjaga di depan  lalu langsung keluar segera .

Saya langsung ke seblah hotel swissbell ke lobby nya nunggu jemputan, saya masih heran antara shock girang karena murah jadinya padahal saya tadi sudah mikir kalau motor itu kena Rp 75k ya mobil pasti lain lagi minimal Rp 200k or 225k. Berarti harus ready Rp 300k. Tapi disisi lain saya tak bisa legowo jika uang nya masuk Negara saya sangat iklas, tapi uang saya masuk ke laci tanpa kwitansi bayar tanpa tulisan yang tertera disurat itu gimana ya.. Pusing antara takut berdosa, takut mendorong muncul dan eksitensinya pungli yang agak tersamar atau apalah istilahnya.

Surat jalan dan surat keterangan
Surat jalan dan surat keterangan

Saat telpon  MB soal surat dan dia tahu saya beri Rp 100k dan itu bukan masuk di kasir secara resmi tanpa kwitansi dia ngomel ngomel, kata dia  “Pantas saja korupsi/pungli di negeri kalian ini merajalela ya kalian sendiri para penduduk mendukung prakteknya semakin subur seharusnya bilang tadi kalau taka da tariff berarti GRATIS tugas DIRLANTAS kan melayani masyarakat kalian warga sudah baik mau melapor kenapa harus ngasih duit lagi ?” dan saya dapat ceramah panjang deh.

So sangat mudah kok untuk mendapatkan surat jalan untuk kendaraan berplat luar wilayah di kota Ambon, proses tak sampai 30 menit kelar deh.Jangan lupa cek tanggal expirednya yah biar tak kena operasi di jalan  raya.Tahun depan kalau masih disini saya akan menyuruh andalan saya di Ambon saja melakukannya. Yang penting saya sudah tahu alurnya.

BANNER FREE MEMBER

Tonton tutorialnya di video ini :

Artikel terkait birokrasi kendaraan bisa dibaca :

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *