Referensi berobat ke dokter Umum di kota Ambon

Lokasi dokter praktik Dokter Andi Tasrif Azis
Lokasi dokter praktik Dokter Andi Tasrif Azis

Pengalaman berobat  ke dokter di Kota Ambon

Jadi sejak saya tinggal di Ambon sudah memasuki bulan ke enam akhirnya saya tumbang harus ke dokter juga, radangnya parah tidur tak bisa, menelan juga sakit, mesti banyak istighafar nih banyak dosa yang harus digugurkan kayaknya, sebenarnya sebelumnya sudah sering kena pilek / flu namun seringnya saya beli obat flu dengan teman kasih resep dan manjur, malah yang sudah dua kali ke dokter itu MB malah, karena asam urat, kenapa bisa? Yahh karena dekat rumah ada penjual rumah makan padang dan tiap hari dia makan siang disitu, dikiranya itu sehat karena lengkap dengan ubi ubian nya ternyata malah buat asam urat, kakinya jadi bengkak dan sakit. Akhirnya dia minta di bawa ke dokter padahal dia paling tak suka ke dokter. 

Ke dokter mana kah saya bawa MB?  DI kota Ambon rumah sakit terbatas, dengar dengar fasilitasnya no duluan, cerita dramatis pelayanan kesehatan di kota ini membuat saya menjadi saya tak berani ke tempat yang belum ada referensi. Untuk penyakit radang tenggorokanku selama di Makassar saya langganan di dokter THT yang pernah saya tulis ini, sejak kepindahan ke Ambon saya sudah sering nanya ke teman teman langganan dokter mereka  yang terpercaya, terjangkau, murah dan mujarab alias kualitas  okay yang berarti sekali kesana langsung klop minimal langsung sembuh tak harus bolak balik. Biar enak  tak kecewa jadinya, masih ingat dunia service di kota ini bagaimana, seperti kisah di Ambon Jenaka part 1 dan part 2. 

Ruang tunggu dokter praktik Andi Tasrif
Ruang tunggu dokter praktik Andi Tasrif

MB maunya dokter yang laki laki, dia sangat risih kalau diperiksa dokter perempuan dikisahkan di Klinik medical check up tahunan begitu ribetnya saya harus appointment mencari dokter lelaki yang mesti periksa. Terus pengennya dokter yang muslim juga kalau bisa  ( ini MB lebih nyaman ).

Apotik Ainun Farma
Apotik Ainun Farma

Jadilah saya tanya teman yang ternyata baru berobat ke dokter juga kata teman saya, dokternya asli Bugis Makassar dari namanya saja sudah bugis sekali.Rumahnya juga di Makassar,  Praktiknya belakang Rumah Sakit Tentara  tak jauh dari kantor. Dan katanya disana bagus dokternya. Ini bagus nya untuk ukuran Ambon ya.

Tampak dari dalam, jejeran parkiran sepeda motor
Tampak dari dalam, jejeran parkiran sepeda motor

Nama dokternya Dokter Andi Tasrif Azis, dokter umum

Praktiknya di jl Apituleys, bertempat di rumah kayu dua lantai dengan fasilitas ruang tunggu dengan kipas angin dan dilengkapi dengan musholla di lantai 2. Di depan ada apotik juga.Sebenarnya service nya untuk ukuran  Ambon biasa saja petugas yang angkat telpon kadang lucu atau petugas yang memberi obat di apote, petugasnya juga ya service ala ala Ambon namun kalau dokternya logatnya masih kental Bugis nya ( senanglah ketemu sesama Bugis dimanapun ) di tempat praktiknya lebih asik lagi ada musholla. Di ruang tunggu dipasang beberapa CCTV karena ternyata dari dalam meja dokter bisa melihat via tablet nya. Di ruang tunggu juga ada TV buat yagng menunggu.

Makanya saya lebih percaya diri bawa MB ke dokter ini. Apalagi ternyata dokternya bisa juga lah bahasa Inggris. Untuk tariff sekali periksa kadang Rp 50k  kadang Rp 150k tergantung pemeriksaannya dan bagusnya lagi biasa langsung di USG juga. Kalau di Makassar dokter umumnya tak melakukan itu.

Walau terbilang kliniknya sederhana tapi malah saya merasa dokter ini diagnose nya lebih baik dari dokter dokter dulu merawat MB di Siloam. Kadang tak perlu bahasa istilah tinggi untuk menjelaskan penyebab suatu penyakit. Tak neko neko.

Untuk obat di depan ada apotik sederhana, Apotik Ainun, sekali berobat saya bayarnya range harga 300k. Lumayan terjangkaulah ya. Untuk parkiran bisa parkir sepanjang Rumah Sakit Tentara karena rumah tempat praktik memang langsung pinggir jalan jadi bisanya parkir motor depan klinik.Satu lagi yang belum maksimal harusnya  bisa bayar gesek ya via EDC Bank, tapi saya paham karatker orang Ambon masih cinta uang cash dibanding kartu kayak saya hahaha.

Jam Praktek Dokter Andi Tasrif Azis  sebagai berikut :

Hari Kerja , Pagi mulai jam 11 – s/d selesai dan sore mulai pukul 18:00 sampai selesai

Alamat : APOTIK AINUN FARMA

JL Apituley, Ambon, Kel Silale, Nusaniwe, Kota Ambon, Maluku

Depan Rumah Sakit Tentara, Samping SMPN 2 AMBON

Nomor Telpon : 082198413347

Jatah ke dokter nya MB biasanya malam tapi sebelum pulang kantor saya sudah mengambil nomor antrian. Pasienya lumayan banyak juga, biasanya saya habiskan 2 jam disana dari awal sampai selesai. Kalau cuma sekedar sakit biasa, saya rekomendasi lah beliau, bisa periksa asam urat dan lain lain. Tariff pun tak selevel Makassar yang sudah mahal sekali.

Demikian secuil kisah pengalaman berobat ke dokter umum di kota Ambon

BANNER FREE MEMBER

Artikel terkait kota Ambon bisa dibaca :

  1. Kondisi jalan di kota Ambon
  2. Mencari kontrakan di kota Ambon

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *