Cara integrasi KITAS ke KITAP sponsor istri/suami WNI

Surat permohonan dari Kemenkumham Sulsel untuk integrasi KITAS ke KITAP
Surat permohonan dari Kemenkumham Sulsel untuk integrasi KITAS ke KITAP

Cara integrasi KITAS ke KITAP sponsor istri wni part 1

Akhirnya yang kalian tunggu tunggu sharing ilmu birokrasi terdahsyat tahun ini, integrasi KITAS ke KITAP sponsor Istri WNI sudah bisa kalian baca dan bisa ATM juga biar gampang. Setelah MB sudah tiga kali mendapatkan KITAS sejak 2013 hingga 2016. Usia pernikahan sudah 2,8 tahun sudah bisa donk ya. Langsung ke TKP ya… :

KITAP adalah Kartu Izin Tinggal Tetap masa berlaku 5 tahun,  KITAP ini bisa diberikan melalui dua proses apakah di sponsori oleh Perusahaan KITAP Perusahaan atau Sponsor pasangan WNI boleh suami atau istri nya yang WNI. Kali ini saya mau sharing mengenai Integrasi alias alih status KITAS sponsor istri ke KITAP Sponsor Istri karena MB / suami itu masuk dan tinggal di Indonesia murni di sponsori oleh pasangan ( istri ) . WNA yang  berhak mendapatkan KITAP juga tak bisa langsung proses awal harus KITAS yang berlaku 1 tahun buat perorangan atau 2 tahun untuk pelajar/ mahasiswa ( I ) . Umumnya KITAS Sponsor  pasangan WNI cuma diberi waktu 1 tahun dan biasanya di perpanjang lagi.

KITAP ini biayanya lebih mahal karena durasi izin tinggalnya lama, lebih mudah bagi kami pasangan campur pengurusannya hemat waktu, kalau sudah KITAP nanti bisa perpanjangan 1 x lagi lalu setelahnya bisa ambil KITAP seumur hidup dan tiap 5 tahun sisa melapor saja ke kantor imigrasi biayanya pun lebih murah.

header 728 x 90 3

Kenapa harus pakai KITAS atau KITAP? Ya bisa terbayangkan si WNA kalau tinggal disini pakai visa social budaya yang diperpanjang sampai 4x itu passport nya bisa penuh cap dan di periode perpanjangan ke 4 si WNA harus ke luar Indonesia dulu baru masuk lagi. Ribet kan dan banyak biaya. Solusinya ya KITAS dan KITAP bagi yang tinggal menetap. Oh ya KITAS atau KITAP ini di paketkan dengan Multi Re Entry Permit ( cap dengan durasi sama dengan izin tinggal ) sebagai izin buat bisa masuk dan keluar dari Indonesia selama masa periode KITAS / KITAP berlaku  dan walau keluar negeri ketika masuk lagi KITAS/KITAP nya tetap berlaku. Kecuali meninggalkan Indonesia lebih dari 6 bulan maka KITAS/KITAP nya akan hangus dan kalau mau buat mulai dari 0 lagi.

Semoga paham ya, dan untuk mendapatkan KITAP prosesnya harus mulai dari KITAS dulu ya. Caranya bisa di baca disini atau disni.

Sekarang lanjut ke tema terhangat tahun ini, cara pembuatan KITAP sponsor istri dan berkas pendukungnua sebagai berkut.

Syarat wajib buat bisa integrasi KITAP

  • Minimal usia pernikahan 2 tahun
  • Minimal sudah apply KITAS
  • Minimal pengurusan minimal 3 bulan sebelum KITAS expired, MB punya KITAS berakhir di Agustus 2016. Dan saya mulai urus di April 2016.

Berkas yang diperlukan sebagai berikut :

  1. Copy Paspor WNA halaman depan yang ada data WNA
  2. Copy SKTT ( Surat Keterangan Tempat Tinggal Sementara ) dari catatan sipil
  3. Copy halaman visa pertama kedatangan di Indonesia ( MB pakai visa social budaya 60 hari )
  4. Copy halaman paspor yang ada visa ITAS terbaru  ( ITAS 2015-2016 )
  5. Copy KITAS Terbaru ( KITAS Berlaku saat ini )
  6. Copy KTP Sponsor ( istri )
  7. Copy KK Sponsor istri (
  8. Copy buku nikah
  9. Copy CNI /LNI
  10. Copy STM ( Tiap kanim beda, di Makassar ini tak diminta )
  11. Surat pernyataan Integrasi ( di isi tulisan tangan WNA dan tanda tangan + materei 6000 )
  12. Surat pernyataan dan jaminan ( form bisa dibeli di Koperasi KANIM + materi 6000 )
  13. Surat permohonan ketik sendiri isinya permintaan integrasi KITAS ke KITAP
  14. Surat Keterangan Domisili dari Lurah ( ambil pengantar dr RT lalu ke lurah )
  15. Isi form PERDIM yang diisi data WNA dan WNI
  16. Passfoto WNA secukupnya ( siapkan latar merah 2×3, 3×4,4×6 )
  17. Masukkan semuanya dalam map merah GRATIS dari imigrasi
  18. Passpor asli dan KITAS asli akan di masukkan juga dan di simpan selama proses berlangsung

Langkah langkah  proses pembuatan KITAP / alih status dari KITAS ke KITAP sebagai berikut

  1. Submit semua berkas diatas ke KANIM Imigrasi sesuai domisili anda, di bagian Warga Negara asing, di Makassar kantor di jl perintis kemerdekaan km 13, lantai 2. Berkas saya masuk tanggal 22 April ( 4 bulan sebelum KITAS berakhir ) di hari jumat jam 2 sore.
  2. Akan di infokan kelengkapan dan semua surat dan di periksa, lalu akan diminta nomor kontak yang bisa di hubungi untuk di kontak untuk tahap survey.
  3. Hari senin tanggal 25 April pihak Imigrasi menelpon untuk informasi mau survey besok hari di rumah dan sponsor WNI dan WNA harus ada dirumah dan di foto bersama, tanggal 26 April 2016 pukul 9.30 WITA ada dua petugas yang datang ke rumah naik sepeda motor. Basa basi sebentar nanya  WNA berapa lama disini dan kemudian mereka ambil gambar buat laporan sekaligus menanyakan lokasi kantor lurah buat minta surat keterangan bahwa si WNA benar tinggal di wilayah kelurahan sesuai dokumen. Setelah kunjungan yang tak sampai 10 menit itu kedua petugas lanjut ke kantor lurah saya tak jauh dari rumah.
  4. Tanggal 10 Mey 2016 saya di telpon bagian layanan WNA imigrasi untuk datang melakukan pembayaran untuk biaya  ITAP dan MERP 2 tahun yang sudah dipaketkan. Total pembayarn adalah Rp5,305,000 terdiri dari biaya ITAP 5 tahun adalah 3,5 juta, biaya MERP untuk 2 tahun sebesar Rp 1,750,000 dan biaya Biometrik / jasa informasi Rp 55,000. Aturan terbaru WNA harus sudah melakukan pembayaran sebelum permohonan dilanjutkan ke Kantor Hukum dan HAM. Kalau dulu nanti di wajibkan bayar setelah semuanya di approve sampai dirjen Imigrasi layaknya proses integrasi Visa Sosbud suami menjadi KITAS. Sekarang