Cara pelaporan SPT Masa untuk Badan ( CV ) yang status NIHIL

Bukti Penerimaan Setoran Pajak Badan
Bukti Penerimaan Setoran Pajak Badan

Cara pelaporan SPT Masa untuk Badan ( CV ) yang status NIHIL

Sebelum saya lupa proses tiap bulan untuk pelaporan Nihil mari kita tuliskan biar saya gampang mengingat nya. Maklum direktur nya Dispro Ads adek saya sudah merantau ke Palu, dan katanya senang disana akhirnya kembali ke saya lagi lah urusan tetek bengek nih CV.

trade online

Pernah baca kan prosesi pembuatan CV digital bisnis pro disni, nah sekarang karena sudah terdaftar di kantor pajak dan sudah dapat NPWP Badan, berarti punya kewajiban untuk melakukan pelaporan tiap bulan. Batas pelaporan SPT Pajak Badan tiap bulan sebelum tanggal 10.

Yang buat saya ribet adalah stress nya antrian, karena saya dulu suka melaporkan di akhir akhir due date. Sejak Maret 2015 CV itu sudah mulai beroperasi dan karena saya juga merangkap rangkap didalamnya dan teman saya akhir akhirnya semuanya kembali urusannya ke saya.

Jadi baru bulan September akhirnya saya pergi membuat laporan Nihil, ternyata mudah caranya. Kenapa saya laporkan nihil karena memang tak ada transaksi, adanya akhir tahun saja dan beberapa kali project English camp di 2016.

Formulir 1721 / SPT Pasal 21/26 untuk badan
Formulir 1721 / SPT Pasal 21/26 untuk badan

Okay step step pelaporan SPT Nihil untuk badan sbb :

  1. Ambil Formulir 1721 ( SPT Masa Pajak Penghasilan 21 / pasal 26 )
  2. Lembaran SSP

Kedua form ini bisa diambil di bagian reception setelah pintu masuk kebetulan kalau wilayah saya di Makassar Selatan, kantornya paling depan jalan raya, persis depan flyover. Nah memasuki pintu dikiri ada satpam dan bagian umum ditempati bertanya minta saja form SPT 21 untuk badan. Akan diberikan langsung lengkap.

Untuk pengisian Formulir 1721 / SPT Pasal 21 badan sisa isi sbb :

Bagian A Identitas Pemotong

  1. Masa Pajak bulan dan tahun wajib isi
  2. NPWP ( Nomornya jangan salah )
  3. Nama ( Nama perusahaan nya )
  4. Alamat perusahaan
  5. Nomor HP Kantornya
  6. Alamat email kantornya

Bagian B Objek Pajak

Objek pajak dan kolom kolomnya semua di kosongkan saja

Bagian C Pajak Final

Kosongkan saja semuanya

Bagian D Lampiran

Kosongkan juga

Bagian Pernyataan dan Tanda Tangan Pemotong

  1. Centang kotak Pemotong
  2. Nama ( isi nama direktur utama / wakil direktur )
  3. Tanggal ( tanggal hari pelaporan )
  4. Tempat ( saya isi Makassar )
  5. Tanda tangan dan CAP STEMPEL Perusahaan

Cara Pengisian SSP  ( Surat Setoran Pajak ) terdiri dari 3 lembar , nanti akan diberikan 1 lembar untuk arsip wajib pajak

  1. Isi nomor NPWP Perusahaan
  2. Nama Wajib Pajak
  3. Alamat Wajib Pajak
  4. Isi kode akun pajak saya isi 411126 dan kode setoran 100
  5. Isi uraian pembayarn PPH Pasal 25
  6. Centang bulan yang dilaporkan misalnya Oktober kali saja okt
  7. Isi jumlah pembayaran Rp 0
  8. Terbilang NIHIL
  9. Bagian Wajib pajak kanan bawah di beri tanggal dan stempel CAP Perusahaan dan tanda tangan nama jelas
  10. Stempel juga halaman berikutnya karena from SSP ini ada beberapa lembar jadi stempel saja semua lembarannya, isinya sama semua.
SSP Digital Bisnis Pro
SSP Digital Bisnis Pro

Setelah keduanya form diatas terisi, masuk ke tempat antrian pelaporan dan ambil nomor dari mesin  antrian, di mesin antrian pilih pembayaran SPT Masa, lalu nunggu giliran nomor dipanggil. Setelah dipanggil langsung maju serahkan kedua form tadi sekalian biasanya menunjukan npwp aslinya. Biar di cek. Tak seberapa lama petugas akan memprintkan bukti penerimaan surat yang lengkap terisi pelaporan nihil dengan ujung kertas berwarna kuning.

Saya waktu itu melaporkan telat beberapa bulan sekalian saya buat  beberapa bulan. Jadinya langsung dikasih beberapa lembaran bukti penerimaan surat.

Mudah kan, itu kalau badan yang kalian punya itu Nihil kalau yang ada bayar pajaknya pasti beda lagi.

Nah setelah itu selesai deh, silahkan lakukan pelaporan ini tiap bulan sebelum tanggal 10 karena kalau tidak akan kenda denda.

Demikian sedikit sharing tentang pengalaman mengisi form dan melakukan pelaporan pajak Nihil untuk badan ( CV ) yang tak ada kegiatan usaha.

Kenapa harus lapor? Karena sudah terbit npwp perusahaan kalau tidak bisa kena sangsi. Apalagi kalau tak melaporkan SPT Tahunan akan dikenakan denda 1 juta Rupiah.

Untuk pelaporan SPT Masa nihil ini saya lakukan sendiri namun di pelaporan SPT Tahunan kemarin saya menggunakan jasa konsultan pajak karena waktu mepet dan selalu bentrok dengan padatnya kegiatan kantor saya.

Biar teman teman tidak pusing, saya sendiri kadang karena kerja juga dan punya kewajiban juga untuk melakukan pelaporan bulanan maupun tahunan jadi saya serahkan sama konsultan pajak pribadi yang sudah banyak menghandle teman teman saya juga silahkan kontak Mbak Naisa ya di banner dibawah ini, tariff sangat bersahabat, silahkan kontak ya kata kunci dari website nya Mbak Sity 🙂 pasti dikasih diskon

Konsultan Pajak Naisa Consultan
Konsultan Pajak “Naisa Consultan”

 BANNER FREE MEMBER

43 thoughts on “Cara pelaporan SPT Masa untuk Badan ( CV ) yang status NIHIL

  • August 1, 2016 at 10:08 am
    Permalink

    kak mau nanya itu bayar denda gak pas telat ngasih laporan nya? trmksih

    Reply
    • August 1, 2016 at 1:31 pm
      Permalink

      kalau telat denda apalagi kalau tahunan itu dendanya 3 juta loh..kalo laporan bulan katanya denda juga sih.

      Reply
  • August 9, 2016 at 6:07 am
    Permalink

    mba mau tanya kalau kode akun pajak dan kode jenis setoran lihat nya dari mana yah?

    Reply
    • August 9, 2016 at 10:17 am
      Permalink

      untuk kode dikasih sama petugas waktu kesana, kayaknya ada riinciannya dalam buku panduan deh

      Reply
  • September 9, 2016 at 1:43 pm
    Permalink

    Kalau kegiatan perusahaan tidak nihil pd saat pengisian form pajak nya ribaet gak?

    Reply
    • September 10, 2016 at 2:48 am
      Permalink

      gak ribet kok langsung ke kantor pajak saja asal punya waktu banyak enak kok..

      Reply
  • October 3, 2016 at 8:46 am
    Permalink

    kalau telat lapor per bulannya denda berapa yah?

    Reply
    • October 11, 2016 at 8:28 am
      Permalink

      pihak pajak belum pernah mengenakan denda bulanan hanya tahunan 3 juta…

      Reply
  • October 14, 2016 at 12:15 pm
    Permalink

    mau nanya mbak kalo nihil itu berarti bayarnya pas pelaporan SPT tahunan atau gimana?

    Reply
    • October 15, 2016 at 9:18 am
      Permalink

      bisa tahunan bisa bulanan ( masa )

      Reply
  • November 28, 2016 at 12:29 am
    Permalink

    Maaf mbak mau tanya, saya baru dalam hal seperti ini. CV saya baru berjalan bulan oktober kemarin dan sampai saat ini usaha itu belum berjalan, kemungkinan besar sampai 5bulan kedepan. apakah saya harus lapor juga perbulannya?

    Reply
    • November 29, 2016 at 1:50 pm
      Permalink

      tetap harus di laporkan ya dilaporkan nya NIHIL saja. takutnya suatu hari di denda

      Reply
  • December 6, 2016 at 4:16 pm
    Permalink

    Malam mba

    Sy mempunyai CV yg sudah aktif hampir 2 tahun,dan selama itu sy ngga pernah laporan pajak karena tidak ada aktivitas sama sekali,mohon bantu pencerahanya.
    Terima kasih

    Reply
    • December 6, 2016 at 11:42 pm
      Permalink

      sudah pernah ada kegiatan? sebenarnya kewajiban setlah memiliki npwp perusahaan wajib tiap bulan laporkan NIHIL secara bulanan.. karena kita tak pernah tahu kedepannya ada sidak pajak atau tidk bisa kena denda..

      Reply
  • December 20, 2016 at 3:55 am
    Permalink

    Kasusnya sama nih,
    mba siti, SPT Masa untuk Badan yang kolom B. Objek Pajak harus dikosongin ya? tapi kalau ada pegawainya gmn? tks

    Reply
    • December 21, 2016 at 1:14 am
      Permalink

      coba tanyain ke kntor pajak pas isi ada bagian yang bantuin di depan kok..

      Reply
  • December 21, 2016 at 2:12 am
    Permalink

    mba mau nanya dong, ini kan udah bulan desember yaaa sebentr lagi laporan tahunan. saya setiap bulan pasti laporan. yang saya bingung klo buat laporan tahunan itu gimana caranya mba? bisa share mungkin

    Reply
    • December 25, 2016 at 11:36 pm
      Permalink

      kalau laporan tahunan pajak itu di akhir maret mbak dikasih waktu sampai april.. pelaporannya…

      Reply
    • December 26, 2016 at 7:39 am
      Permalink

      pelaporan tahunan bisa ditanyakan ke kebagian konsultasi pajak mba, kalau di kantor tangerang timur di lantai 3. itu gratis kok. dan saran saya lebih baik mba indri tanyakan ke kesecurity jika bukan di daerah tangerang karena rata2 jawaban dari front office akan mengalihkan lagi ke bagian yg bersangkutan, jadi buang2 waktu karena kita sdh ambil antrian dan pas mau di tanya malah di alihkan lagi.

      saya mau memperjelas jawaban mba siti, jabawan mba siti mungkin hanya di beberapa wilayah, tapi kalo di tempat saya di tangerang, bulan desember. dan akhir pelaporan tahunan tanggal 20-an januari. tapi saya selalu konsisten di tanggal 5 januari, agar tdk terjadi masalah.

      Reply
  • December 21, 2016 at 2:13 am
    Permalink

    laporan bulanan CV saya nihil mba

    Reply
    • December 25, 2016 at 11:37 pm
      Permalink

      walau nihil semua tetap dilaporkan

      Reply
  • January 27, 2017 at 7:09 am
    Permalink

    halo mbak siti, saya mau tanya CV saya berdiri bulan september, namun tidak pernah melaporkan apa2 karena cvnya belum beroperasi (sudah punya npwp)
    Kira2 saya harus lapor spt masa atau langsung spt tahunan saja ya?

    Reply
    • January 27, 2017 at 7:27 am
      Permalink

      kewajiban pemilik CV atau PT adalah wajib melakorpak bulanan ( Masa) dan tahunan, mau operasi atau tidak jika sudah punya npwp harusnya sudah wajib di laporkan… cuma kebanyakan orang tak melaporkan karena belum ada transaksi seandainya petugas pajak Indonesia mungkin gesit atau lincah bisa kena bagi kita kita yang sudah punya npwp perusahaan tapi tak pernah melapor…

      Reply
  • January 31, 2017 at 3:41 pm
    Permalink

    selamat malam Mbak Siti,
    saya pernah buat CV di akir tahun 2015,tapi pengurusan dokumen saya cuma sampai daftar NPWP saja,seperti SIUP dan TDP saya belum urus karena saya belum cukup modal untuk rencanna usaha.pertanyaan saya “bagaimaa saya harus lapor SPT dan bagaimana saya memberitahukan bahwa CV saya tidak pernah berjalan dan dibilang belum memenuhi syarat yg ada?” terima kasih

    Reply
    • January 31, 2017 at 3:45 pm
      Permalink

      selamat malam Mbak Siti,
      saya pernah buat CV di akir tahun 2015,tapi pengurusan dokumen saya cuma sampai daftar NPWP saja,seperti SIUP dan TDP saya belum urus karena saya belum cukup modal untuk rencanna usaha.pertanyaan saya “bagaimaa saya harus lapor SPT dan bagaimana saya memberitahukan bahwa CV saya tidak pernah berjalan dan dibilang belum memenuhi syarat yg ada?” terima kasi

      Reply
      • February 3, 2017 at 6:46 am
        Permalink

        kalau belum ada siup sm tdp kok bs ada npwp perusahaan?

        Reply
  • February 4, 2017 at 3:48 am
    Permalink

    Pagi Mbak, saya baru sadar kalo belum melapor pajak badan untuk periode bulan desember. Seharusnya kan saya bayar bulan Januari Dan sekarang sudah tanggal februari. APA saya akan kena denda. Laporan pajak badan saya nihil.

    Reply
    • February 5, 2017 at 11:50 am
      Permalink

      ke kantor pajak aja tak didenda kok

      Reply
  • February 8, 2017 at 10:58 am
    Permalink

    Mau tanya kalo laporan tahunannya ambil formulir no brp dan bgmn carannya ya?

    Reply
    • February 8, 2017 at 1:29 pm
      Permalink

      datang saja ke kantor pajaka ada bagian pelayanan depan sangat lihai membantu….

      Reply
  • February 9, 2017 at 7:46 am
    Permalink

    Bukankah jika nihil kita tidak perlu lapor SPT ps 25?

    Reply
    • February 9, 2017 at 9:41 am
      Permalink

      MAU NIHIL apa tidak WAJIB LAPOR tiap bulan..itulah kewajiban bagi pemlk NPWP perusahaan

      Reply
  • February 10, 2017 at 5:55 pm
    Permalink

    mba mau tanya, gimana yah perusahaan saya berdiri bulan September 2016,, tapi samapai skg belum lapor pajak bulanan , kalau saya lapor skg apakah laporanya perbulan atau langsung 1 kali aja mba. misal dari bulan 9-2., tks sblmnya.

    Reply
    • February 11, 2017 at 1:00 am
      Permalink

      nanti lapor yang terbaru saja kadang disuruh buat berulang selama bulan yang kosong nda apa kok kadang mereka paham….

      Reply
  • February 10, 2017 at 6:21 pm
    Permalink

    mba mau tanya apakah npwp pribadi, dilaporkan juga tiap bulannya.

    Reply
    • February 11, 2017 at 1:00 am
      Permalink

      kalau npwp pribadi cuma sekali setahun…

      Reply
  • February 12, 2017 at 2:05 pm
    Permalink

    Malam Mba Siti..bisa minta no telp kantornya.?

    Reply
  • February 23, 2017 at 6:05 am
    Permalink

    Pagi Mbak Siti

    Saya mau bertanya apakah bisa tidak jika Pajak Masa Bulanan
    saya lapor di Kantor Pajak berbeda ( tdk sesuai dgn domisili perusahaan ).

    Soalnya saya pas ada di kota berbeda selama 6 bulan jadi apakah bisa
    saya lapor di tempat sy domisili sekarang.

    Kondisi perusahaan masih belum jalan ( masih nihil ).

    Thanks

    Reply
    • February 23, 2017 at 11:47 am
      Permalink

      mbak biar gak ribet cari konsultan pajak aja .. saya jg kalau masalah ganti alamat begitu masih bingung..

      Reply
  • March 13, 2017 at 12:38 pm
    Permalink

    mau tnya soal pngisian SPT Tahunan badan nihil gimna caranya??? baru blajar buat laporan soalx

    Reply
    • March 13, 2017 at 1:34 pm
      Permalink

      saya tuliskan cara saya silahkan ikuti panduannya saya juga bukan ahli pajak mbak.. cuma pelaku yang melakukannya..

      Reply
  • March 29, 2017 at 2:04 am
    Permalink

    Pagi Mbak Siti

    Saya mau tanya cara pembuatan neraca yang status usahanya belum berjalan dari tahun 2016 bagaimana ya, soalnya saya kemarin laporan tahunan tapi saya harus buat neraca sama surat pernyataan bahwa belum ada kegiatan gitu mbak.

    kalau surat pernyataanya saya sudah buat, tapi untuk neraca saya bingung.
    apakah punya pemahaman tentang ini? sebelumnya saya sudah cari di internet tentang membuat neraca tapi tdk ada yang memberi contoh tentang neraca yang statusnya tdk ada kegiatan.

    help me mbak..!!

    Reply
    • March 29, 2017 at 12:12 pm
      Permalink

      mbak bisa kontak mbak naisa langsung ya ..ada dibanner dibawah postingan saya baru pasang..biar teman teman tidak salah informasi

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *