Cerita dari Sagoo Festivity 2015 di Makassar

Sagoo Festivity 2015 Makassar
Sagoo Festivity 2015 Makassar

Alhamdulilah banyak berkah di bulan kemarin, bagi saya September lalu sebagai September Ceria sama dengan kisah kisah di bulan september sebelumnya, banyak berkah dan rezeki walau ada pula musibah kecopetannya MB di hari raya idul adha, dan part keduanya berlanjut disini,  tapi lebih banyak nikmat yang diberikan dan patut disyukuri.

header 728 x 90

Kerjaan dengan ragam tantangan tiap hari bergulat dengan target dan tanggung jawab sales  semua dihadapi dengan tantangan dan penuh semangat walau kadang terasa berat tapi seperti kata Pak Trainer saya di setiap training “Kita dibayar untuk yang tak enaknya” hm beliau benar juga, jadi apapun pahit getir proses dalam kerjaan sehari hari tetap saya harus diterima karena itulah managemen bayar gaji saya tiap bulan dan kelengkapan beragam benefitnya.

BE SMART COFFEE di September eventnya padat dengan BE SMART Community, English discussion tetap jalan, mulai dikenal, dan kami sudah susun even Oktober semoga full kegiatan juga untuk membangun branding, saya pun anggap saya dan sahabat saya adalah start up yang sedang berada di incubator. PR  masih banyak namun tetap semangat ngerjain PR nya satu satu, ilmu ilmu SB1M ku mulai ku aplikasikan di sini. Semoga membuahkan hasil karena saya percaya, hasil tak pernah akan menghianati proses. Yeayy semangat !!!

Termasuk rezeki kemarin,  event bertajuk “Sagoo Festivity 2015” dengan tema “ Industry Creative Digital Meningkatkan Ketahanan Ekonomi untuk menghindari  MEA”  nah keren kan temanya. Ini acara berlangsung dua hari dan kebetulan kantor sponsor dan kami ambil bagian di acara, alhamdulilah ada tiket gratisan 2 yahh dan saya kebagian ikutan mewakili, padahal saya bahkan tak pernah dengar gaung akan adanya acara ini nanti diberi tahu di hari H. Kalau beli normal tiketnya lumayan mahal.

Para peserta di hari kedua ini ada 202 orang terdiri dari beragam istansi pemerintah, swasta, para pelaku bisnis kreatif digital yang biasa disebut “start up” hahha saya aja baru ngeh nanti berkali kali disebut baru saya pahama makna para pembicara ngomonging start up, dan pematerinya wih keren keren book, ada Co-founder nya TOKOPEDIA, ada founder pebisnis local, ada founder grosirbersama.co.id, dan banyak lagi pakar pakar bisnis online lainnnya. Selain materi yang syarat ilmu digital marketing tentunya ada melibatkan dinas infokom, praktisi dan dosen. Ada diskusi panelnya, ada sesi tanya jawab berhadiah. Dan paling penting doorprize nya tablet ada dua, dan walau tak menang saya tetap bahagia,

Narsis dulu disini, start up yang akan bersinar
Narsis dulu disini, start up yang akan bersinar
Tiket masuknya, lupa foto goody bag nya...
Tiket masuknya, lupa foto goody bag nya…
Peserta nya ramai, full ruangannya....
Peserta nya ramai, full ruangannya….

Dari sini saya banyak belajar istilah baru, saya akhirnya berkenalan dengan para digital marketer yang ada di Makassar dan baru sadar kalau ternyata ada incubator  para start up ini dan diwadahi oleh Telkom. Besok saya baru mau daftar sebagai salah satu start up Makassar, dan visi saya mau merangkul mereka masuk di komunitas BE SMART COFFEE, nanti  juga akan kita rangkul di komunitas SB1M, wihhh bener kan silatturrahmi selalu membuka pintu pintu rezeki. Selalu bisa melihat peluang dalam kondisi apapun. Dan begitu banyak sebenarnya ilmu yang saya dapat hari ini saya rangkum ya, bisa jadi catatan bermanfaat bagi saya dan kawan kawan yang minat juga mencoba peruntungan di bidang usaha, sbb :

  1. 95% para start up di Amerika gagal, di Indonesia bisa lebih dari itu, dan di usaha perdana saya termasuk didalamnya, pengalaman saya dua kali pindah lokasi baru focus di tempat sekarang, saya dua kali ganti nama baru settle dengan yang sekarang, berbisnis tak semudah yang anda bayangkan harus KUAT dan PANTANG MENYERAH
  2. Dream Big Start Small, nah ini berproses jangan mimpi besar langsung mau besar, ingat bahwa para founder muda nan hebat dan sukses sekarang mengalami kegagalan berkali kali baru seperti sekarang.
  3. Membangun start up harus ada ekosistemnya, benar sekali saya merasakan sendiri saat ini, ketika down, gak ada mentor, sobat sibuk uhhhh stress tingkat tinggi.
  4. 42% pelaku start up gagal karena membuat produk yang tak disukai pasar, ini sangat benar adanya, banyak orang creative mencipta produk tapi ternyata gagal di pasaran, saya pun pernah mengalami.
  5. Ternyata ada 60 juta pengguna internet di Indonesia, namun sebagian besar menggunakan internet untuk bermain game, hmm namun masih besar potensinya. Potensi customers untuk para start up
  6. Selalu mulai dari masalah yang dihadapi orang dijadikan sebagai peluang solusi, setelah melihat adanya permasalahan, cek siapa saja yang mengalami hal tersebut, kalau banyak berarti itu sudah bisa dianggap segmen target market kita, terus reset kecil kecilan dengan memvalidasi beberapa solusi yang cocok dengan ber creative menciptakan solusi smart, contoh fenomena GOJEK pernah saya tulis disini, GOJEK melihat masalah terjadi dikota besar adalah Macet, untuk belanja saja dibutuhkan berjam jam habis waktu karena macet, ini masalah dihadapi orang yang ada di perkotaan padat seperti Jakarta, ada sebuah peluang dari masalah ini, terciptalah GOJEK membantu mensolusikan masalah seperti shopping, couriers, atau antar jemput. Dan hasilnya GOJEK jadi fenomena dan pionieer transprtasi berbasis aplikasi yang menjadi trending topic dimana mana, dan beberapa follower pun mulai mengikuti jejak GOJEK.
  7. Disiplin dalam berinovasi, misalnya dulu IG sebenarnya tak seperti sekarang, awalnya IG itu aplikasi yang bahkan mirip GPS ada letak posisi nya lebih lengkap, namun lama kelamaan inventor nya terus berinovasi dan beberapa fitur dilepas dan focus hanya pada foto saja dan hasilnya sekarang ternyata dengan focus pada satu hal saja membuat sebuah produk sukses di pasaran. Semua ada niche nya kalau terkesan umum dan terlalu banyak fitur membuat produk tersebut kurang diminati.
  8. Create produk akan disukai pasar dan produsen dan brand tersebut akan di cintai consumer, itu adalah dua sisi mata uang, sepaket.
  9. Terus berinovasi jangan berhenti bisa menyimak KODAK, perusahaan raksasa hebat dari Jepang ini Berjaya selama puluhan tahun dan tumbang di era pergeseran nilai dimana kameran sudah tergantikan dengan ponsel pintar.Tak berinovasi seiring perkembangan technology dan Kodak kini tinggal sejarah, NOKIA, siapa yang tak kenal NOKIA di era 90an dan awal 2000 an masih merajai pasar, Siapa yang tak kenal NOKIA communicator yang dulu merepresentasi produk bergengsi dan keren ini, semua VIP yang saya kenal dulu pasti pegang HP ini. Kini kelas NOKIA sudah berbeda.Apple dan Samsung tetap merajai dunia HP saat ini.
  10. Unique selling proposition, ini sangat benar adanya, ketika digambarkan ada 5 orang berdiri memakai baju hitam seragam ada satu malah berdiri dengan tangan dan kaki diatas dengan pakaian cerah mentereng, nah ibarat kata mereka ini produk yang mana yang pertama menarik perhatian? Tentunya yang berdiri pakai tangan dan kaki diatas. Produknya unique. Buat differensiasi kalau tidak akan tumbang digilas yang lain.
  11. Sasbuzz marketing, ini saya baru tahu tadi, ternyata foundernya orang Indonesia usianya 22 tahun, aplikasi ini keren, mengkombinasikan dengan IG dan twitter, keren banget deh ini solusi mirip mirip sih layanan sms yang saya jual di Di$pro Ads Cuma ini pakai tools social media dan yang di sasar by profiling juga pengguna yang sesuai habit yang mau di sasar, ini cocok sekali buat promosi café, toko kue, hotel dll. Dan harganya murah juga. Di brosurnya dia compare masalah harga print brosur dengan harga mendapatkan user/ data base aktif user sosmed tertarget. Canggih deh ini salut lagi karena ini hasil karya anak bangsa.
  12. Beragam istilah keren semakin membahana di otak, accelerator, incubator SME, Indigo, digital lounge, wihhh emang Creative Community, yaahh dan banyak lagi istilah istilah keren, apalagi tadi yang START UP, itu adalah word of the day in that seminar hehheheh…..

Terus tadi doorprize bagi penanya keren keren loh hadiahnya,  rata rata dapat buku  temanya START UP, apalagi hadiah utama Tablet dan power bank, sebagai  seorang yang doyan doorprize jadi acara kayak gini semakin menarik bagi saya, semoga saya bisa berkesempatan tetap bisa upgrade otak setiap saat dengan komunitas positif seperti ini, karena salah satu quota dari pemateri tadi adalah “Komunitas adalah imunitas “  dalam bisnis. Semoga bisa ikutan tahun depan di acara yang sama tentunya dengan tingkat ilmu yang sudah mumpuni, semoga. Ilmunya akan sangat bermanfaat dan sangat menginspirasi.

BLOGSPOT atas 728

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *