Memahami tentang LNI ( Letter of No Impediment ) / Certificate of No Impediment ( CNI ) dalam pernikahan campuran

Contoh dokumen CNI/ LNI dari kedutaan USA
Contoh dokumen CNI/ LNI dari kedutaan USA

Yukk kita bahasa masalah birokrasi untuk terkait salah satu syarat menikah dengan WNA, nih banyak yang nanya *serasaahlisaja. Biar mudah juga buat saya kasih link nya, base on pengalaman nih jadi aku mau jelaskan sedikit tentang apa itu CNI ( Bukan MLM loh ya ) atau LNI . 

Jadi salah satu syarat berkas yang mesti di submit untuk calon suami/istri WNA yang akan menikah di Indonesia adalah mesti menyertakan surat ini. CNI ( Certificate of No Impediment) atau Letter Non Impediment ( LNI ) atau surat keterangan bebas menikah yang di keluarkan oleh kedutaan negara WNA berasal. Atau biasanya dibawa dari negara asal WNA.

Untuk Mr Big yang berasal dari USA, LNI nya dalam bentuk kertas biasa yang berisi dua bahasa isinya ada nama lengkap, tempat tanggal lahir, alamat di  negara asal, dan kemudian sang WNA diwajibkan isi itupun hanya ditulis tangan kok. Untuk proses pengambilan surat ini syaratnya *khusus untuk WNA USA  sbb :

  • Tunjukkan Passport yang masih berlaku
  • Social security ID
  • Surat cerai dari pengadilan * jika status duda/janda
  • Bayar USD 50

Jadi inti surat ini sebenarnya untuk memberikan hak kepada catatan sipil atau KUA untuk pelaksanaan pernikahan WNI dengan WNA  dengan benar-benar menjelaskan bahwa si calon pengantin ini statusnya jelas dari negara asal. Nanti CNI/LNI akan di stempel oleh kedutaan asal WNA dan akan banyak di butuhkan untuk proses pembuatan KITAS atau KITAP nanti jika sang WNA menetap di Indonesia, jadi saat memasukkan berkas ke KUA jangan berikan yang asli ya, tunjukkkan saja aslinya, dan serahkan kopi-annya. Pengalaman petugas KUA biasa minta surat asli dan mau menyimpannya, silahkan minta untuk keperluan pengurusan berkas izin tinggal suami kelak.

Untuk prosesnya, bisa masuk ke website resmi kedutaan besar USA untuk melakukan appointment di negara asal suami biar mudah nantinya. Misalnya contoh  dulu Mr Big mendarat di Indonesia tanggal 19, jadi buat appointment di website nya tanggal 20 pagi jam 9. Jadi pada saat kedutaan buka sudah antri disana dan bawa surat print-an yang berisikan janji temu untuk minta surat CNI ini. Biasa disana langsung di persilahkan masuk dan antri masuk beberapa loket. Diberi form surat dan suruh isi, tunjukkan syarat diatas, dan kelengkapan surat lalu di sumpah dan di cap deh stempel timbul baru bayar di kasir USD 50 dan sudah deh. Mudah kok!

Untuk yang mau langsung ke kantor kedutaan bisa langsung kesana, namun kemungkinan antri dan syarat yang sama kok. Tak sesulit yang dibayangkan kok, yang penting surat lengkap. Pasti dapat CNI/LNI nya.

Lagi cari contoh suratnya akan saya posting biar jelas, simple kok ini pengalaman untuk LNI WNA USA, setiap negara punya kebijakan masing-masing untuk memperoleh surat ini. Jadi tetap bisa cari informasi di kedutaan calon suami / istri ( WNA ). Biar infonya akurat. Dan kemungkinan ada negara yang tak punya konsuler di Indonesia, biasanya bisa di dapatkan dari DEPLU dengan tentunya surat pengantar dari negara YBS dengan persyaratan tertentu.

Akhirnya saya posting juga contohnya disini yahhh  itu contoh dari kedutaan USA, kalau tiap negara pasti formatnya beda beda.

Semoga informasi ini membantu bagi yang mau kawin-mawin sama bule 😀

58 thoughts on “Memahami tentang LNI ( Letter of No Impediment ) / Certificate of No Impediment ( CNI ) dalam pernikahan campuran

  • April 3, 2014 at 1:14 pm
    Permalink

    Makasi banget mbak…banyak membantu saya yg akan menikah dg warga paman Sam.sebenarnya saya juga nyari calo yg bisa nolobgin urusin cni tapi Karna mahal dan gak bisa jadinya ngurus sendiri juga…

    Reply
    • April 3, 2014 at 1:18 pm
      Permalink

      iya kalo urus sendiri cuma 500 ribu kan kalo pake calo hahah bisa jutaaan… padahal sangat mudah kok … gak ribet

      Reply
  • June 17, 2014 at 11:47 am
    Permalink

    Mba ini bisa ga diurus di usa sana jadi ga usah disini ato diurus sama calon istrinya aja disini?

    Reply
    • June 17, 2014 at 11:57 am
      Permalink

      surat izin menikah ini kan di Indonesia berarti hanya di urus di kedutaan US di Indonesia bisanya cuma di SBY dan Jkt……………., tak bisa di wakili harus orangnya… jadi kalau mau ambil nnti kalau sudah di indonesia baru ke kedutaan..

      Reply
    • June 17, 2014 at 11:57 am
      Permalink

      kalau nikah nya di LN ya gak perlu surat ini .. ini cuma WN US yang mau nikah di Indonesia..

      Reply
      • December 21, 2015 at 4:23 am
        Permalink

        Mba, saya sudah nikah di U.S. 12 tahun dan punya rencana tinggal di Indonesia untuk beberapa thn mkn 2 tahun, saya pengen ajuin kitas suami dan anak, Apakah saya harus urus LNI/CNI juga di indo?
        Terima kasih.

        Reply
  • July 12, 2014 at 7:36 am
    Permalink

    Maaf Mba saya mau tanya apakah mengajukan CNI bisa langsung di kedatangan pertama kali ke Indoneaia? Atau baru bisa di kedatangan kedua dan selanjutnya? Karena rencananya calon saya akan langsung mau mengajukan di kedatangan pertama. Terima kasih Mba.

    Reply
    • July 12, 2014 at 7:59 am
      Permalink

      Bisa donk say, baiknya appointment dulu ya cek di website kedutaan US n setting time sesuai ketibaan calon di jakarta langsung kok mudah dan gak ribet….

      Reply
  • August 12, 2014 at 1:06 pm
    Permalink

    sekarang ngerti CNI/ LNI, masalahnya suami saya sudah lupa nyimpanya dimana maklum 15 tahun lalu mbak.. ada solusi lain kira-kira mbak? makasih sebelumnya

    Reply
    • August 12, 2014 at 2:14 pm
      Permalink

      wah mbak butuh CNI buat apa? apply KITAS buat suami atau ?

      Reply
  • August 12, 2014 at 10:37 pm
    Permalink

    untuk lengkapi berkas visa 317 penyatuan keluarga mbak, sorry ngaak kasih info sebelumnya.

    Reply
    • August 13, 2014 at 3:40 am
      Permalink

      wah gimana ya……coba aja dulu di attach berkas yang ada mbak…. gak usah CNI nya kalau gak ada……..siapa tahu bisa.. saya belum menemukan case kayak mbak sebelumnya

      Reply
  • August 14, 2014 at 2:00 pm
    Permalink

    Hai mba Salam kenal.
    Akhirnya sy nemu info ini.
    Kebetulan sy ada rencana menikah dengan wna Amerika, dan sy sedang butuh info2 segala ttg pernikahan campuran.
    Bolehkah sy minta contact /emailnya mba? Bila sy ada pertanyaan yg mungkin casenya sama spt mba dan bs share pengalaman ke sy 🙂

    Reply
  • February 23, 2015 at 1:47 pm
    Permalink

    salam

    mb siti pa kabar?
    SIM (surat izin menikah) sudah di KUA semua copy nya ga ada, emang ga kita copy kirain ga penting kemarin ga kepikiran sih hehe, nah syarat buat KITAS musti ada sim ini kan? gimana ya solusinya? apa musti ke kua lagi minta surat yg dulu? males mikir birokrasinya…

    Reply
    • February 24, 2015 at 12:33 am
      Permalink

      iya karena diminta copy nya, seharusnya jangan serahkan yang asli, saya pun serahkan yang asli, untung saya sudah copy banyak sehingga saya pergunakan untuk urusan birokrasi lainnya… solusinya mesti ke KUA lagi untk minta…

      Reply
  • June 14, 2015 at 7:41 am
    Permalink

    Assalamualaikum… mba, mau tanya, kalau mau membuat CNI/LNI USA, apakah WNI nya juga harus datang mendampingi ke kedubes amerika atau cukup yang datang US citizennya aja? Apakah ada dokumen dari WNI yang diminta untuk membuat CNI USA?

    Reply
    • June 14, 2015 at 10:12 am
      Permalink

      hanya US Citizen nya saja, WNI tak diperbolehkan masuk.. tak ada dokumen WNI yang diminta..

      Reply
  • June 14, 2015 at 10:36 am
    Permalink

    Jazakallahu khair mba atas jawabannya.. Alhamdulilah 😀

    Reply
  • September 17, 2015 at 8:11 am
    Permalink

    Permisi.. mbak aq mw nanya2 sputar LNI/CNI ni.. ada cara lain ga supaya calon suami (US Citizen ga perlu ke Kedutaan lg.. sualnya jadwal krjanya ga mmperbolehkan mrk utk mninggalkan tempat krjanya yang posisix Jauh di Papua. Sebelum keberangkatannya utk Cuti ke Negaranya, dia udah buat janji dgn pihak Konsulat US di Bali, sygx pesawat yg ditumpangi trlmbat 1 jam tiba di Bandara Bali sedangkan janjianya di jam 2.30 WIT.. udah naik taxi menuju Konsulat..eh ditengah jalan eh harus mutr balik ke Airport gara2 boss Konsulatnya bilang udah ga ada waktu, kantor tutup jam 3.30.. sedangkan waktu transit cuman 6 jam utk melanjutkan pnerbangan. cuman itu waktu yg dia punya utk dapatin CNI itu..
    Ada ga mbak cara lain yg ga mengharuskan US Citizennya datang ke Konsulat…
    Makasih…

    Reply
    • September 17, 2015 at 12:50 pm
      Permalink

      tak ada cara lain, karena yang mau nikah si WNA dan yang mau dapat surat izin nikah dia dan itu dilakukan di kedutaan negaranya sendiri yang lokasinya tempat pernikahan berlangsung. Solusinya kalau si WNA nya gak bisa nikah di LN saja. Tapi tetap pasti ada dokuemnt yang diminta. Belum pernah saya dengar CNI bisa di wakili. Karena ini hal urgent. Filter-an pertama niat baik seorang calon suami dengan mendapatkan izin dari Kedutaan negara bahwa YBS berhak dan legal untuk menikah dengan mbak. Kalau cinta pasti sang pujaan hati akan rela menempuh apapun untuk menunaikan kwajiban berkas berkasnya.

      Reply
  • September 25, 2015 at 11:31 am
    Permalink

    Hallo mbak siti. Aku mau tanya nnti kn tnggl 21 oct calonku mau urus CNI di US embassy jakarta. Ad syarat tmbhan ga ya. Misal data calon istri, klo ad ap aj ya yg hrs d bawa. Trus nnti surat CNI itu dptny dlm bhs inggris ato udah 2 bhsa. Kan hrs di translate lg klo msh bhsa inggris. Tks mbak 🙂

    Reply
    • September 25, 2015 at 4:52 pm
      Permalink

      dari wni tak btuh apa pun kok, CNI itu 2 bahasa ada bahasa indonesia dan inggrisnya, jadi tak perlu di translate. Mudah sekali kok dapatnya…. asal dokumen wna lengkap dan status lajang atau cerai dengan bukti surat cerai langsung dikasih kok

      Reply
  • September 29, 2015 at 9:30 pm
    Permalink

    hallo mbak salam kenal..
    aku mau tanya. klo kedubes calon suami ga ada di indonesia gimana ya minta CNI nya? calon suami WNA costarica mba, embassy costarica terdekat ada di singapore.
    apakah kira2 kita harus ke sana, atau bisa numpang dapet CNI di kedutaan yg menaungi. klo tidak salah meksiko embassy menaungi costarica,panama dan honduras.
    mungkin mba bisa memberi masukan.
    terima kasih banyak mba.

    Reply
    • September 29, 2015 at 11:10 pm
      Permalink

      biasanya kalau ada kedutaan yang menaungi bisa disana saja, kan jauh harus ke singapore, coba cari info nomor telp kedutaan menaungi dan tanyakan apakah CNI bisa diambil disana atau mesti ke kedutaan langsung di Singapore

      Reply
  • January 27, 2016 at 6:33 am
    Permalink

    halo mbak Siti, thx sebelumnya atas postingan yang sungguh berguna ini. Dulu saya menikah secara resmi di negara suami/Italy. Status suami duda cerai. Namun kami saat itu tidak memerlukan CNI untuk menikah. Sekarang kami tinggal di Indonesia, suami masih pakai VOA. Dalam rangka mau menguris kitas sponsor istri inilah, sekarang saya bingung, kami tidak memiliki CNI ini. Gimana donk mbak?

    Reply
    • January 27, 2016 at 7:10 am
      Permalink

      wah voa tak bisa di upgrade ke kita s mbak Mega,.baiknya pakai VITAS 317 saja nati search aja di blog ini ya..lengkap caranya…nah untuk pelengkap kalau maish diminta CNI ya solusinya ke kedutaan italy saja minta surat semacam keterangan lah bahwa mbak saat ini memang menikah sama si suami,.. karena banyak kejadian pasangan kapur ada CNI tapi tak jadi menikah sebenarnya itu ..alsannya kenapa seklalu minta CNI.. biasanya banyak modus wna mau dapat izin tinggal di indonesia ya pura pura nikah dll itu sih curhatan teman yang kerja di imigrasi kenapa syaratnya di perketat….

      Reply
  • February 16, 2016 at 4:51 pm
    Permalink

    Salam kenal mbak siti.. Makasih byk atas infonya..
    Saya ingin bertanya..apa setelah menikah di indonesia
    Saya bisa honeymoon dgn suami di negaranya USA?
    Syarat apa yg hrs saya lengkapi agar honeymoon bisa sukses!
    Apakah saya harus mengurusnya jauh sebelum menikah atau bagaimana?
    Karena waktunya saya tidak banyak setelah menikah.
    Makasih sebelumnya..

    Reply
    • February 19, 2016 at 2:44 am
      Permalink

      mengungjungi US harus punya visa… visa terbagi ragam, ada visa turis ada visa pasangan … ada visa tunangan.. ngurus ketiga visa untuk amerika ini super ribet … dan tak ada jaminan bisa di approve… walau pasangan kita US. kembali lagi mau visa apa, kalau visa tunangan bisa 1 tahuan apalagi visa spouse kalau sudah nikah makan waktu 6 bulan smpai 1 -2 tahun …kalau sukses.. kalau visa turis bisa lebih cepat tapi belum jaminan di approve…apalagi kalau diketahui si sponsor adalah pacar, pihak Kedutaan US tak mau kalau banyak orang asing masuk negaranya dan tak mau balik lagi apalagi kalau sudah pacaraan sama warganya… info detail tentang visa turis ke usa bisa cek disini..
      http://americanindonesian.com/2014/06/06/cara-apply-visa-turis-ke-amerika/

      Reply
  • March 1, 2016 at 1:59 pm
    Permalink

    asalamualaikum mba Aku seneng banget bisa nemu blog nya mba Siti
    rencananya July tahun depan Aku Mau menikah dengan wna ceko
    tapi masih bingung visa apa yang bisa di pakai untuk 3 bulan soalnya dia cuman bisa stay 3 bulan abis itu balik lagi ke Madinah buat sekolah ..
    terus kalau udah minta stamp buat CNI dikedutaan apa bisa langsung menikah atau harus bikin dokumen lainnya lagi ??

    Reply
    • March 6, 2016 at 4:59 pm
      Permalink

      pernikahan antar bangsa itu super ribet mbak Riri, tak bisa langsung2 begitu apalagi WNA nya ceko, mbak harus tahu birokrasi pernikahan dengan WNA CEKO akan beda sama menikah sama WNA Amerika,…visa sosbud silahkan diambil lalu di perpanjang bisa jadi 3 bulan..dengan 1 x or 2 x perpanjang………….kalau sudah CNI akan banyak rentetan berkas yang harus dilakukan……….

      Reply
  • March 30, 2016 at 12:28 pm
    Permalink

    Mbak Siti… ada warga Mexico mau nikah di Indonesia. Dia tinggal di chicago. Dia sudah dapat surat CNI dari kantor catatan civil negara mexico. Karena menurut kedutaan mexico di Jakarta negaranya tidak melimpahkan kewenangan pada kedutaan mexico untuk mengeluarkan dokumen CNI tersebut. Tapi kua di Indonesia tetap minta yang dari kedutaan Mexico Indonesia. Nah gimana tuh jalan keluar sebaiknya ?

    Reply
    • March 31, 2016 at 8:47 am
      Permalink

      iya memang setahuku yang berhak mengeluarkan surat izin nikah ya kedutaan mexico di Indonesia kan si wna mau nikahnya di Indonesia bukan di Mexico..
      itu yang saya paham..solusinya? wah ini sudah diluar pengetahuan saya nih.. karena KUA tak akan menikahkan jika surat itu tak ada… solusinya menikah di luar indonesia… itu salah satunya… solusi yang saya berikan..

      Reply
  • May 5, 2016 at 4:24 am
    Permalink

    Mba mau nanya, kalau misalnya bikin janji di kedutaan amerika untuk cni, apa bisa kalau datang kesana waktunya lebih cepat dari waktu janji yang ditentukan. Calon suami saya sudah bikin janji di kedutaan tapi waktu yg tersedia cuma 13.30 sama 14.00. Padahal kami pikir jamnya pagi. Bisakah kalau dia bikin janji jam 13.30 tapi datang kesananya jam 9 misalnya?

    Reply
    • May 5, 2016 at 12:53 pm
      Permalink

      bisa silahkan… tapi nunggu diluar kedutaan kan kalau belum jamnya gak boleh masuk

      Reply
  • May 5, 2016 at 4:36 am
    Permalink

    Mba mau tanya, calon saya mau ngurus CNI, kami pikir pilihan waktu yg dikasih kedutaan itu pagi, ternyata pilihannya jam 13.30 dan 14.00 nah kalau misalnya dia bikin janji jam 13.30 terus datangnya pagi, jam 9 misalnya, apakah bisa?

    Reply
    • May 5, 2016 at 12:55 pm
      Permalink

      saranku datang saja tapi jangan masuk dulu.. tunggu disekitaran situ

      Reply
  • June 9, 2016 at 2:50 pm
    Permalink

    Assalamualaikum mba Siti, mau tanya saya akan menikah dgn wn Australia, untuk Cni itu apply nya di Negara dia atau di embassy Aussue di indo? Mohon jawabannya trims

    Reply
    • June 9, 2016 at 2:52 pm
      Permalink

      CNI itu diambil di kedutaan orang asing yang calon mbak di lokasi negara yang mau di tempati menikah ya berarti kedutaan australia di Jakarta… yah…

      Reply
  • June 9, 2016 at 6:49 pm
    Permalink

    Oh begitu ya mbak. Thanks utk infonya.
    Mau tanya lagi nih mbak,untuk pembuatan CNI itu berapa lama ya?rencana nikahnya itu sekitar Bulan maret mungkin jga di akhir desember, nah calon saya ada kunjungan ke indo Bulan agustus nanti, kalo umpama CNI nya d apply agustus, berapa lama berlakunya CNI tsb mb? Bisa di gunakan kah walau sudah berganti tahun?

    Reply
  • July 9, 2016 at 11:54 pm
    Permalink

    Calon suami saya (WNA ) sudah punya 1 istri dan anak. apa ada syarat khusus untuk dia (WNA) memproses LNI ??

    Reply
    • July 10, 2016 at 1:34 pm
      Permalink

      yang pasti surat cerai dr istri tentunya…

      Reply
  • August 1, 2016 at 10:11 am
    Permalink

    Selamat sore mbak, saya lagi binggung mau dapatkan Surat CNI bagaimana?.. sy sama2 WNI cuma beda agama. Salah satu syarat menikah di Singapore hrs bawa surat CNI.
    Nah CNI itu punya kedua2 pasangan atau cukup 1 saja. Terima kasih di tunggu balasannya mbak.

    Reply
    • August 1, 2016 at 1:31 pm
      Permalink

      mbak kiki, maaf telat reply, setahu saya CNI dibutuhkan untuk wna, kalau yang wni kan surat keterangan belum nikah, saya rasa CNI itu istilah international saja di singapore pasti mereka sebut CNI berarti surat ket bebas menikah namun mungkin harus di trasnlate karena kalian kan mau menikah di luar negeri.. coba googling org / pasangan yang nikah di LN siapa tahu bisa menjawab..

      Reply
  • August 2, 2016 at 2:38 am
    Permalink

    Assalamualaikum…mbak, berapa lama masa berlaku cni sejak issued? saya mau apply tanggal 04 agustus nanti, tapi rencana menikah di bulan desember paling cepet, dan paling lambat sekitar maret,,, mohonjawabannya ya mbk,, thanks sebelumnya ^_^

    Reply
    • August 2, 2016 at 10:09 am
      Permalink

      disitu tak ada expirednya kalau dari kedutaan USA…

      Reply
  • August 3, 2016 at 1:08 pm
    Permalink

    Teh sítí tentang legalisir buku nikah
    Apa Bisa ditunda sampai saya Akan tinggal di Negara suami?
    Rencananya saya Akan stay di indo sampai lulus kuliah
    Udah itu saya ikut suami..

    Terimakasih

    Reply
    • August 3, 2016 at 1:13 pm
      Permalink

      iya tak perlu buru buru sih, legalisir buat tiga department itu dibutuhkan saat mau ambil visa di negara suami…

      Reply
  • August 11, 2016 at 11:05 am
    Permalink

    Teh sítí Kalau soal birth certificate yang calon suami itu emang ada masa kadaluarsanya?

    Reply
    • August 11, 2016 at 11:11 am
      Permalink

      kalau pengalaman punya suami kan cuma copy yang diambil dari semacam CAPIL yang di syahkan dan tak ada kok expired datenya…

      Reply
  • April 5, 2017 at 10:54 am
    Permalink

    Salam kenal mbak siti saya mau nanya ya saya wni kawin dengan wna singapore sudah 2 tahun nikah di singapore.dan sekarang saya mau mengurus kitas untuk suami yg saya tanya cni minta dimana ya mbak saya bingung mbak tolong dong dijawab terima kasih

    Reply
    • April 5, 2017 at 9:37 pm
      Permalink

      lah CNI dulu sblum nikah kalau di Indonesia, saya tak tau kalau di singapore dulu sblum nikah pake apa, kalau CNI nya tak ada mungkin surat bukti pelaporan pernikahan dari kedutaannya saja di singapore yang di sertakan sebagai pengganti..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *