Balada Blackberryku ( Tips awet baterei )

Dengan semangat 45, saya tiba-tiba pengen banget share nih, kebetulan baru mengalami, ide-ide postingan begitu banyak ketika terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Alkisah setelah nego alot masalaH gadget kita berdua yang switching beberapa minggu lalu. Dan terjadi sold out pada beberapa gadget Mr Big ( Ipad & Ipod ) yang dia barter dengan Iphone. Nah dari pada ribet saya sebagai istri bijak beri solusi, dari pada saya nenteng-nenteng dua HP kayak orang super sibuk dan akibatnya HP suka jatuh dan baret-baret. Saya putuskan untuk mau pakai satu HP saja, yaitu tetap smartphone blackberry.

Karena Blackberryku sudah usang usianya sudaH dua tahun lebih dan sudah lecet dan ganti batrei sampai ganti charger segala. Saya akan barter Iphone ku yang jarang di gunakan itu ke Mr Big. Dan gantinya gadget Apple dia di jual aja dan hasilnya saya mau upgrade HP ku dengan Blackberry terbaru donk  Q10 ! Kan dari dua menjadi satu gadget mesti di upgrade donk *senyumserakah!

Memang target saya harus upgrade smartphone karena faktor usia nya sudah hampir tiga tahun dan sempat bermasalah tingkat parah yang mengakibatkan kekisruhan di acara saya di postingan ini . Dan memang niatnya cuma pakai satu HP saja dengan catatan harus beli power bank untuk baterei cadangan secara kerjaan saya sehari-hari sangat padat dan job desc ku kan bukan cuma di belakang meja tapi aktif diluar juga. Jadi setelah kesepakatan dengan Mr Big deal, Iphone yang saya gunakan selalu sebagai HP cadangan berpindah tangan ke Mr BIG, saya pun terpaksa ke toko gadget dan setelah berproses panjang untuk pencarian harga termurah nanti saya akan review deh produk yang saya pakai sekarang di postingan berikut nya.

Jadi sekarang terkena sindrom rajin posting biar saya semangat juga utak atik HP ku. Dan karena harganya lumayan mahal, termasuk gadget yang paling mahal yang pernah saya pakai, karena kan baru dan memang kualitasnya okay dan sangat menunjang kinerja sehari-hari secara orang telkomunikasi mesti punya HP yang berkualitas donk *alibiakalbulus . 

HP lama pasti mesti dijual donk kan gak mau rugi, hasil jual ipod sama ipad cuma 65% dari harga HP yang sudah dibeli dan saya selalu displin untuk gadget mesti mengambil budget yang sudah di planningkan. Alhasil saya pun putar otak, saya harus perbaiki semuanya baru jual kan lumayan dapat harga tinggi, jual aja lagi di jual beli online barang bekas yang sudah jadi hobbyku di tulisan ini . Setidaknya aku nombok tak terlalu banyak saya sih ikhlas, makanya episode ganti batrei dan ganti spare part pun terjadi.

Datanglah saya ke toko gadget sebelumnya sempat ke service langsung blackberry karena biaya nya nampaknya lebih mahal dari harga jualnya, jadinya saya pindah langsung ke toko eceran yang harga terjangkau, beli casing luar dan ganti body terus, keypad nya yang sudah usang maklum hampir tiga  tahun kerjanya di pencet terus oleh saya, kemudian kalau ditanya jatuhnya berapa kali? “Unlimited” saking seringnya jatuh ya, saya kan lincah dan gesit kakak…! . 

Jadi perbaikan pun di mulai, karena LCD nya juga rusak ada noda hitam di layar walaupun kecil kayak tompel aja. Dan harga LCD saja sudah separuh harga jual kembali HP nanti. Tapi kan tak mungkin deh jual barang yang ada tompel nya, maksudnya LCD nya rusak, digantilah, lalu body casing diganti termasuk keypad. Terus biaya pasang, karena dua hari berturut-turut saya bolak balik ke tukang service ternyata masalahnya di baterei, akhirnya saya pun langsung beli batrei padahal baru dua bulan lalu saya beli yang original harganya sama dengan ganti LCD sekitar Rp 450 ribu. Jadi di total-total semua pergantian ini sama juga kalau saya jual hasilnya nihil.

Karena sudah terlanjur ya sudah, sekarang sudah beli batrei baru dan semua sudah kinclong, sisa di coba deh malam ini, ntar sisa nunggu penelpon / calon buyer datang liat dan semoga dapat harga yang maksimal yaaaa!

Dan hikmah dari semua ini saya jadinya tahu satu hal, kok bisa BB ku suka bermasalah dengan batereinya dan hasil penilitian dari jawaban tukang service, dan juga hasil googling dari berbagai sumber  adalah sbb :

  1. HP saya suka jatuh, kadang suka taroh dikantong celana, jaket, atau jas, atau tas, pernah sampai adegan loncat ke genangan air hujan segala, karena tarohnya di pintu mobil dan buka pintu broommmm jatuh deh tapi cepat-cepat ambil jadi tak sempat basah bagian dalamnya. Kata  tukang servicenya hal ini berpengaruh pada sistem yang menyebabkan konslet keseringan sehingga sistem ke batrei rusak ya akhirnya bisa merusak baterei juga. Pantas batreiku cepat rusak,jumla jatuhnya tak terhitung. *oops jangan dibocorin ke calon buyer ya, HP nya sudah dibenerin kok dan sudah normal kinclong pula body nya.
  2. Batrei terlanjur habis baru di charge, ini sangat tak baik merusak sistem dan juga sama dengan ketika HP nya kelamaan di charge itu juga tak baik. Paling baik menurut Mas Tukang Service baiknya sediakan batrei cadangan sehingga kalau kehabisan sisa ganti, atau selalu bawa power bank untuk cadangan sehingga ketika lampu tanda merah batrei sudah merah segera colok ke power bank atau ganti batrei cadangan.
  3. Kemasukan air, nah kalau sudah kemasukan air ini akan merusak batrei. Jadi hindari kena hujan atau jatuh ke air.

Adapun untuk menghemat batrei yang sejujurnya kalau masih menggunakan smartphone yang semua aplikasi aktif dijamin dalam sehari bisa charge 2-3x apalagi yang akfitias telpon  aktif. Untuk sedikit menghemat batrei biar tak kebablasan apalagi wanita hyper aktif kayak saya sangat jago menghabiskan baterei.Ada beberapa tips yang saya rangkum dari berbagai sumber sbb :

  • Matikan wifi bisa tak digunakan, supaya posisi tidak selalu mencari jaringan dan menguras baterei
  • Mengubah timeout backlight  di HP, coba lihat HP kita kalau tak disentuh dalam 10 detik atau 5 detik langsung lampu dilayar mati. Nah ini bisa sangat menghemat batrei.
  • Matikan fungsi bluetooth bila tak digunakan.
  • Kurangi persentasi dim backlight, nah coba lihat smartphone nya, makin bright atau cerah makin boros baterei deh. Jadinya mending pasang di posisi 10 % saja. Biar irit.Terlalu terang  juga bikin puyeng !
  • Setting ke jaringan network tertentu apaka 2G only, EDGE only atau 3G Only atau H+, karena kalau di setting di auto 2G& 3G akan sangat menguras batrei, sistem akan terus mencari jaringan yang paling kuat akibatnya batei langsung drop dan mati.

Nah cara paling ampuh supaya tak pusing memikirkan batrei cepat habis ya pakai HP jadul saja, yang layarnya masih black & white, HP low end yang cuma bisa voice & sms dan simpan kontak  dan bahkan ada yang pakai senter segala deh, dijamin bisa tahan sampai 5 hari tak di charge masih menyala, bandel pula, mau dilempar berapa kali pun masih hidup, aku selalu punya cadangan HP jadul itu dengan merk yang pernah sangat berjaya. Jadi kalau ada apa-apa dengan HP kesayangan langsung diganti sama si HP jadul. Kalau gelap senternya bisa dipakai juga.

So sekarang BB lamaku sudah kinclong lagi, siap dijual…. semoga si HP baruku nih bisa bertahan lima tahun lah sesuai harganya yang bikin sakit perut…. !

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *